Usaha Sampingan

Usaha Sampingan – Waktu luang yang kamu miliki selepas bekerja di kantor bisa menjadi peluang besar untuk dimanfaatkan. Kamu bisa melakukan usaha sampingan di saat weekend atau di waktu lainnya yang memungkinkan. Sayangnya, tidak semua orang menyadari kesempatan ini.

Dengan menjalankan usaha di waktu luang, kamu bisa mendapatkan penghasilan tambahan. Bahkan hasilnya bisa menjadi rencana keuangan jangka panjang yang menjanjikan. Jangan jadikan waktu kerja yang sibuk sebagai alasan tidak bisa menjalankan usaha kecil-kecilan ini.

Rekomendasi Usaha Sampingan Modal Kecil

1. Menjual Pulsa Elektrik

Menjual Pulsa Elektrik

Bagi seorang karyawan, usaha kecil-kecilan dengan jual pulsa elektrik bisa menjadi pilihan. Hal ini karena teman kantor, teman kos, dan orang-orang di sekitar merupakan pangsa pasar yang tepat untuk usaha ini.

Kamu bisa memulai membuka usaha pulsa ini dengan modal yang kecil lho. Tidak selalu harus menyewa tempat terlebih dahulu karena tempat dan waktu usaha ini memang fleksibel. Menjual pulsa elektrik bisa dengan modal mulai dari Rp50 ribu sampai Rp1 jutaan saja.

2. Laundry Kiloan

Laundry Kiloan

Jasa laundry kiloan saat ini semakin menjamur, terutama di dekat area perkantoran atau kost. Di zaman serba praktis ini banyak yang lebih memilih jasa laundry karena lebih praktis dan menghemat waktu. Oleh karena itu, kamu bisa mencari celah yang tepat untuk memulainya.

Mengingat banyaknya pesaing jasa laudry yang mungkin sudah ada di sekitar. Namun jika memperhatikan pangsa pasar yang sesuai, bukan tidak mungkin usaha laudry yang dijalankan bisa sukses.

Kamu bisa memulai bisnis ini mulai dengan modal sekitar Rp7-8 juta saja. Dari modal tersebut, digunakan untuk membeli sebuah mesin cucui tabung otomatis dan pengeringnya. Sedangkan setengahnya lagi untuk timbangan, setrika, detergent, plastik, dan gaji satu orang pekerja.

Baca Juga  Teks Anekdot

3. Cuci Motor atau Mobil

Cuci Motor atau Mobil

Banyak orang yang rela mengantre berjam-jam hanya untuk mendapat giliran mencuci kendaraan. Binsis ini memang tak pernah sepi mengingat menggunakan kendaraan yang bersih menjadi keinginan banyak orang.

Adapun modal yang perlu disiapkan sebenarnya relatif terjangkau. Sebaiknya kamu memulainya dengan usaha cuci motor terlebih dahulu jika masih pemula.  Peralatan yang dibutuhkan diantaranya kompresor, pompa air, sabun motor, kain lap, dan alat semir ban motor.

Modal yang harus dikeluarkan sekitar Rp2 juta saja untuk jasa cuci motor sederhana, sedangkan maksimalnya sekitar Rp10 juta.

4. Jasa Desain Grafis

Jasa Desain Grafis

Apakah kamu karyawan yang bekerja di bidang desain grafis? Jika iya, tidak ada salahnya memanfaatkan waktu luang di sela-sela pekerjaan utama. Caranya dengan menawarkan jasa ke rekan-rekan atau melalui media sosial.

Saat ini, kebutuhan akan desain kartu nama, baju, logo, maskot, poster, dan lainnya memang selalu ada. Kamu bisa menawarkan jasa yang dimiliki di beberapa situs seperti projects.co.id, 99designs.com, upwork.com, dan lain sebagainya.

Modal usaha sampingan ini tentunya skill yang mumpuni, koneksi internet yang stabil, dan kemampuan kamu menawarkan desain yang sudah dibuat. Jangan lupa untuk menampilkan portofolio untuk menarik calon customer ya.

5. Les Privat

Les Privat

Pada dasarnya, jasa les privat ini banyak dilakukan para mahasiswa yang ingin menambah uang saku atau biaya kuliah. Kamu tidak hanya bisa menawarkan mengajar pelajaran sekolah, namun juga bahasa asing yang mungkin dikuasai.

Modal untuk membuka les privat relatif kecil, bahkan hanya biaya transportasi saja apabila metode yang dilakukan adalah mendatangi murid. Jika ingin membuka les di rumah, siapkan ruang belajar yang nyaman dan tidak perlu mewah.

Baca Juga  Kartu Kredit

6. Menjahit Pakaian

Menjahit Pakaian

Jika kamu memiliki keterampilan menjahit, maka jangan sia-siakan hal itu. Jadikan sebagai ide usaha sampingan untuk menghasilkan uang. Modal yang perlu disiapkan tentunya mesin jahit yang bisa dibeli dalam keadaan baru atau second.

Siapkan dana setidaknya Rp2 juta untuk membeli mesin jahit, mesin obras, dan perlengkapan jahit lainnya. Selanjutnya, tawarkan jasa kamu mulai dari orang-orang terdekat terlebih dahulu. Jangan lupa untuk membatasi jumlah pesanan jahit sesuai dengan kemampuan dan waktu yang dimiliki.

7. Menjual Pakaian Murah/Preloved

Menjual Pakaian Murah Preloved

Tahukah kamu saat ini pakaian bekas atau preloved tengah banyak digandrungi. Pengelolaannya pun cukup sederhana. Cukup siapkan modal sekitar Rp1 juta membeli pakaian preloved untuk dijual kembali.

Untuk memasarkannya, lebih efektif jika menggunakan media sosial seperti Instagram atau aplikasi marketplace. Pastikan kamu menjual pakaian preloved yang cukup menarik. Misalnya pakaian dengan style korea yang saat ini banyak diminati.

8. Menjual Makanan Pagi (Sarapan)

Menjual Makanan Pagi (Sarapan)

Jika kamu termasuk karyawan yang bekerja dengan sistem shift, usaha sampingan ini bisa menjadi pilihan. Seperti yang telah diketahui, banyak karyawan yang tidak sempat membuat sarapan sendiri sehingga membelinya di luar.

Tidak perlu khawatir, usaha seperti ini pada dasarnya tidak membutuhkan ruang spesifik. Kamu bisa memanfaatkan halaman depan rumah untuk menjual makanan pagi untuk sarapan. Menunya pun sederhana dan tidak memakan waktu lama untuk membuatnya.

Misalnya dengan menjual nasi uduk, nasi kuning, gorengan, bubur ayam, kopi, dan sebagainya. Adapun modal yang perlu disiapkan sekitar Rp3-4 juta per bulan. Sebagian besar digunakan untuk membeli bahan baku utnuk beras, telur, tahu, tempe, ayam, dan lain sebagainya.

9. Membuka Warung Kopi di Malam Hari

Membuka Warung Kopi di Malam Hari

Kebanyakan orang memiliki jam kerja dari pagi sampai sore . Tak heran jika banyak yang mencari warung kopi di malam hari untuk melepas rasa penat. Malam hari memang merupakan waktu yang pas untuk ngopi dan membeli camilan.

Baca Juga  Pengertian Periklanan

Usaha warung kopi ini sangat cocok dibuka di sekitar kampus atau sekitar pabrik. Dengan modal sekitar Rp10 juta, kamu sudah bisa menyiapkan meja, kursi, gelas, sendok, dan lain sebagainya. Termasuk juga untuk sewa tempat apabila rumah kamu tidak memungkinkan untuk berjualan.

10. Menjual Beraneka Ragam Kue

Menjual Beraneka Ragam Kue

Punya hobi memasak aneka jenis kue? Manfaatkan hobi dan kemampuan yang kamu miliki sehingga bisa menghasilkan uang tambahan yang  menggiurkan. Kamu bisa membuat kue selepas kerja dari kantor atau di hari sabut dan minggu.

Untuk memasarkannya, bisa dijual keesokan harinya di kantor atau tetangga di dekat rumah. pastinya akan menyenangkan bila bisa menyalurkan hobi sekaligus mendapatkan penghasilan tambahan. Adapun jenis-jenis kue yang bisa dijual dan banyak diminati pun beraneka ragam.

Mulai dari kue basah seperti bika ambon, dadar gulung, bolu coklat, banana cake, dan onde-onde. Sedangkan kue kering bisa menjadi pilihan ketika menjelang hari raya. Untuk memulai bisnis ini modal yang diperlukan sekitar Rp5-10 juta di bulan pertama.

Bahkan lebih kecil apabila kamu hendak menjualnya pada teman-teman kantor terlebih dahulu. Manfaatkan peralatan dapur yang ada di rumah terlebih dahulu kemudian lengkapi jika belum memilikinya.

Bagaimana, apakah kamu siap mengeksekusi ide usaha sampingan yang sudah disebutkan di atas? Wujudkan rencana keuanganmu dengan mendapatkan penghasilan tambahan di luar perkerjaan kantor.

Note: Buat kalian yang ingin mendapatkan bantuan UMKM untuk modal usaha sampingan silahkan segera daftar bantuan UMKM gelombang terbaru tahun sekarang ini.

Dengan ketekunan dan kesabaran, bukan tidak mungkin penghasilan dari usaha sampingan melebihi gaji bulanan kantor. Itulah yang diberikan oleh toraccino mengenai pembahasan usaha sampingan yang cocok sambil kerja sebagai karyawan, mahasiswa, pelajar dan lainnya.