Ukuran Story Instagram

Membuat story Instagram, kita sering sekali menemukan masalah seperti adanya gambar yang terpotong. Selain itu ada juga video yang tidak bisa ditampilkan secara full. Untuk mencegah hal tersebut, Anda harus tahu terlebih dahulu ukuran story Instagram.

Instagram sudah menetapkan sendiri berapa ukuran dari story yang mereka terima. Sebenarnya ukuran berapa pun bisa dibuat untuk story meski terkadang harus terpotong. Selain itu, anda juga bisa mengecilkan ukuran gambar. Sayangnya dengan mengecilkan, gambar jadi tidak jelas.

Maka dari itu toraccino akan memberikan ukuran story instagram yang tepat agar tidak terpotong atau buram. Karena dengan ukuran story IG yang benar maka hasilnya akan terlihat bagus dan profesional dalam menggunakan sosial media yakni Instagram.

Ukuran Story Instagram Foto

ukuran story instagram

Ukuran foto yang bisa digunakan untuk stories Instagram sebenarnya ada banyak. Meski ukuran besar sekalipun bisa digunakan. Namun, gambar tidak akan bisa penuh dari atas hingga ke bawah.

Selain itu Anda juga harus mencubit kedalam untuk membuat ukuran gambar jadi lebih kecil. Tentu hal ini tidak ingin dilakukan karena bisa membuat gambar tidak terlihat dengan jelas. Apalagi pada gambar tersebut memuat informasi yang penting.

Ukuran standar yang ditetapkan oleh Instagram untuk stories dalam bentuk foto adalah:

  • Memiliki aspek rasio 9:16, apabila aspek rasio nya terlalu besar maka akan ada bagian yang terpotong.
  • Jika menggunakan, ukuran dari stories Instagram menjadi 1.080 x 1.920 pixel, ukuran 720 x 1280 pixel, dan 450 x 800 pixel.

Semakin kecil pixel yang dimiliki oleh foto kualitasnya akan semakin rendah. Meski demikian semua bagian akan terlihat dengan jelas pada stories Instagram.

Selanjutnya, jika ingin menggunakan foto ada baiknya memperhatikan format dari foto itu sendiri. Instagram mendukung beberapa jenis format foto yang terdiri dari JPG, JPEG, dan PNG. Di luar itu kemungkinan besar tidak akan bisa dipakai.

Ukuran Story Instagram Video

Selanjutnya jika menggunakan video, ukuran stories pada Instagram juga memiliki pakem. Untuk bisa menggunakan video dengan baik, Anda wajib mengetahui beberapa persyaratan di bawah ini.

  • Memiliki aspek rasio 9:16, hampir sama dengan aspek rasio untuk foto. Apabila lebih dari itu kemungkinan besar akan terpotong.
  • Selanjutnya untuk ukuran pixel sangat disarankan menggunakan 080 x 1.920 pixel saja.
  • Resolusi pixel paling kecil yang masih disarankan adalah 720p untuk semua jenis video agar terlihat dengan jelas.

Selain memperhatikan aturan yang sudah dibahas di atas. File video yang akan diposting menjadi stories Instagram juga harus memiliki jenis file MP4 atau MOV. Selain dua format itu tidak akan bisa digunakan.

Selanjutnya ukuran dari video juga akan dibatasi. Satu video yang akan diunggah harus memiliki ukuran maksimal 4 GB. Apabila lebih dari itu ada baiknya untuk dikompres terlebih dahulu.

Baca juga: Filter Instagram Yang Bagus

Aplikasi Pembuat Story Instagram (Template)

Untuk membuat resolusi dengan akurat biasanya para desainer menggunakan aplikasi seperti Photoshop. Jika anda memiliki keterbatasan untuk menggunakannya, bisa memanfaatkan aplikasi yang menyediakan template story Instagram di bawah ini.

1. Canva

Canva

Aplikasi pertama yang bisa digunakan untuk membuat story dengan ukuran yang tepat adalah Canva. Anda bisa menggunakan aplikasi ini karena koleksi template yang disediakan ada banyak. Anda hanya perlu memilih yang sudah ada lalu melakukan proses pengeditan.

Canva menyediakan cukup banyak kategori postingan. Salah satunya adalah Story Instagram. Dalam Story Instagram ini pun akan terbagi menjadi beberapa tema sesuai dengan yang sedang trending atau yang paling banyak digunakan. Jadi, Anda tidak akan kehabisan ide.

Jika ingin menggunakan canva, ada baiknya untuk melakukan proses langganan terlebih dahulu. Dengan begitu, telur konten yang ada di dalamnya akan terbuka termasuk beberapa fitur premium. Dengan menggunakan kemampuan ini, Anda bisa mendapatkan Story yang sempurna.

2. Nichi

Nichi

Aplikasi ini memuat cukup banyak template atau layout yang bisa digunakan untuk membuat stories. Ada ratusan bahan yang bisa digunakan secara gratis. Selain itu, ada juga aset yang bisa digunakan untuk mengotak-atik tampilan dari stories agar lebih menarik.

Aplikasi bernama Nichi ini memiliki konsep seperti animasi dan gambar ala Jepang. Tidak mengherankan Jika beberapa komponen di dalamnya mirip dengan yang ada pada anime atau sejenisnya. Ada yang suka sekali dengan hal berbau Jepang, akan cocok dengan aplikasi ini.

Berbagai jenis stories yang dibuat akan menjadi lebih estetik. Tuangkan seluruh kreativitas untuk membuat berbagai jenis layout yang menarik. Selanjutnya simpan pada ponsel dan langsung bagikan ke story Instagram.

3. Story Maker

Story Maker

Jika melihat ukuran Story Instagram yang sudah dibahas di atas, sebagian besar dari kita akan mengalami pusing. Apalagi mereka yang tidak terbiasa dan mempunyai desain. Mau tidak mau mereka harus bekerja keras untuk bisa membuat ukuran tersebut lalu mengisi bagian dalamnya dengan konten yang menarik.

Apabila anda termasuk orang yang seperti itu, ada baiknya untuk menggunakan Story Maker. Aplikasi ini berisi berbagai jenis template yang sudah memiliki ukuran Sesuai dengan standar Instagram. Jadi tidak perlu lagi melakukan proses pengukuran terlebih dahulu. Berbagai sumber yang ada bisa langsung dipakai dan dimodifikasi.

Dengan menggunakan aplikasi ini anda bisa melakukan pengeditan atau manipulasi pada teks hingga foto. Hasil akhir dari Story juga menjadi lebih estetik dan menarik. Anda bisa langsung mempostingnya pada Instagram.

4. Insta Story Art

insta story art

Salah satu kelebihan dari aplikasi ini selain tidak memerlukan proses pengukuran dan resolusi adalah tema. Ada banyak sekali tema yang ditawarkan mulai dari tema pernikahan hingga travelling. Anda bisa menggunakan tema tersebut untuk dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan.

Biasanya proses pengeditan yang dilakukan hanya membutuhkan foto. Selanjutnya anda bisa mengetik sendiri teks yang ada di sana. Kombinasi antara teks dan gambar akan membentuk Story yang lebih menarik dan siap diposting pada Instagram.

5. Mojito

Mojito

Mojito memiliki setidaknya lebih dari 1000 template yang bisa digunakan secara gratis. Anda bisa melakukan modifikasi pada layout yang sudah ada. Modifikasi yang bisa dilakukan terdiri dari teks, gambar, animasi, hingga musik yang ingin dimasukkan.

Koleksi aset yang dimiliki oleh aplikasi ini sangat banyak. Hanya dengan apa yang ada pada aplikasi, Anda bisa membuat stories yang lebih menarik. Jadi tidak perlu melakukan proses pengeditan lebih lanjut jika ingin melakukan posting pada Instagram.

Mujito memiliki ukuran yang tidak terlalu besar. Jadi bisa dipasang pada ponsel apapun jenisnya. Yang paling penting RAM yang dimiliki di atas 2 GB agar saat pengeditan dilakukan tidak terjadi macet.

6. StoryChic

Storychic

Alternatif terakhir yang bisa digunakan untuk membuat Story Instagram dengan ukuran yang tepat adalah StoryChic. Aplikasi ini memiliki setidaknya 500 template yang terdiri dari Story statis dan animasi. Semuanya bisa digunakan untuk membuat tampilan Story menjadi lebih menarik.

Setiap template yang digunakan bisa diutak-atik sesuai dengan kebutuhan. Anda bisa mengubah bagian tulisan, warna, menambahkan gambar, hingga memberikan efek yang menarik. Intinya dengan aplikasi ini anda bisa membuat Story yang lebih estetik.

Sebagian besar layout atau template yang ada di sini bisa digunakan secara gratis. Jadi, Jika Anda malas melakukan otak-atik dengan menggunakan Canva atau aplikasi lain, Storychic bisa menjadi pilihan yang tepat.

Baca juga: Nama Efek Instagram yang lagi Hits

Tips Membuat Stories Instagram

Sebelum membuat story Instagram ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar hasilnya lebih baik. Simak selengkapnya dalam beberapa poin di bawah ini.

1. Selalu memperhatikan ukuran atau resolusi

Selalu memperhatikan ukuran atau resolusi

Salah satu tips yang harus diperhatikan dengan baik oleh mereka hanya akan membuat stories adalah resolusi. Jika memperhatikan resolusi atau ukuran dari video ataupun foto, stories yang akan diposting tidak akan mengalami blur atau tidak jelas.

Itulah kenapa ukuran story Instagram harus dipahami dengan baik. Untuk selengkapnya sudah dibahas di atas. Resolusinya sudah sangat jelas agar gambar tidak terpotong ataupun menjadi kurang jelas saat dilihat oleh orang lain.

2. Gambar atau video sudah siap posting

Gambar atau video sudah siap posting

Sebelum melakukan posting ada baiknya selalu mempersiapkan seluruh data baik itu gambar atau video. Konten ini harus benar-benar sudah final dan hanya tinggal di posting saja. Jika belum, lebih baik diperbaiki terlebih dahulu hingga sempurna.

Jangan sampai konten tersebut tidak bersih sehingga Anda harus menambahkan teks melalui story. Hal itu memang bisa dilakukan tapi tidak akan maksimal hasilnya. Apalagi koleksi font yang ada di sana juga terbatas.

Intinya jangan hanya mengandalkan berbagai fitur yang ada pada stories. Anda bisa memanfaatkannya tapi jangan digunakan sebagai alat utama. Manfaatkan sebagai penunjang agar stories yang akan Anda posting jadi lebih baik.

3. Tambahkan animasi atau stiker

Tambahkan animasi atau stiker

Sambungan dari nomor 2, Anda bisa menambahkan elemen animasi atau stiker yang dimiliki oleh Instagram. Bagian ini digunakan sebagai pelengkap agar foto atau video yang diposting menjadi lebih menarik dan disukai oleh banyak orang.

Animasi atau stiker yang dipilih juga harus sesuai dengan konten. Dengan begitu orang lain akan melihatnya tanpa langsung melakukan skip. Terlebih jika konten itu dalam bentuk video, mereka harus melihatnya sampai habis untuk memahami maksud dan tujuannya.

4. Buat lebih interaktif

Buat lebih interaktif

Beberapa konten yang digunakan sebagai stories Instagram harus lebih interaktif. Instagram sudah menyediakan cukup banyak fitur yang digunakan untuk membuat interaksi dengan orang lain. Misal dengan menambahkan pilihan, membuat semacam pilihan ganda, hingga mengirim pertanyaan.

Berbagai hal bisa dilakukan agar ada interaksi antara pembuat stories dan orang lain. Fitur ini sangat penting khususnya untuk pemilik brand atau perusahaan. Dengan melakukan ini mereka akan tahu bagaimana interaksi dan sebesar apa jangkauan dari stories yang mereka buat.

5. Bisa dalam bentuk carousel

Bisa dalam bentuk carousel

Jika ingin membuat konten yang lebih menarik, Anda bisa membuat konsep carousel. Story dari kiri ke kanan akan memuat berbagai informasi yang menarik. Orang yang melihatnya akan tertarik karena sejak awal membuat mereka penasaran.

Stories jenis ini sangat cocok untuk mereka yang sedang melakukan promosi. Selain itu untuk melakukan branding juga bisa dilakukan dengan cara ini. Intinya, cara ini dilakukan untuk menaikkan interaksi. Bahkan bisa menaikkan penjualan.

Mengetahui ukuran story Instagram sangat penting untuk siapapun. Apalagi anda bekerja di bidang pemasaran atau marketing. Apabila sering melakukan kesalahan saat melakukan posting, promosi yang dilakukan tidak akan bisa maksimal. Target  juga tidak akan bisa tercapai.

Baca juga: Ukuran Kartu Nama

Untuk itu persiapkan materi untuk membuat Story Instagram dengan baik. Hal pertama yang bisa dilakukan adalah memanfaatkan aplikasi yang berisi berbagai jenis template. Jika ingin melakukan secara manual bisa memanfaatkan aplikasi seperti Photoshop. Semoga ulasan toraccino ini bermanfaat, terimakasih.