Ukuran Kertas F4

Ukuran Kertas F4 – Penggunaan ukuran kertas yang sesuai dalam membuat dokumen merupakan hal penting. Sebagian orang masih bingung mengatur ukuran kertas yang sesuai ketika mengetik dokumen.

Ukuran kertas F4 menjadi salah satu pilihan yang tepat jika kamu sedang mengerjakan sebuah dokumen. Sehingga dengan mengetahui berapa ukuran kertas F4 di Word atau mau melakukan print hasilnya akan maksimal.

Ukuran kertas yang satu ini termasuk yang populer digunakan di Indonesia dan negara lainnya di kawasan Asia Tenggara. F4 sendiri tidak digunakan secara global seperti yang tercantum di Wikipedia. Adapun dimensi kertas F4 sendiri lebih besar dibanding A4 yang juga populer.

Ukuran Kertas F4 dalam Resolusi Piksel

Kertas F4 ketika digambarkan dalam piksel memang berbeda ketika menggunakan satuan cm, mm, dan inci. Ketika ingin mengungkapkan suatu ukuran dengan piksel, kamu harus mengetahui besar DPI-nya terlebh dahulu.

Adapun DPI dalam ukuran kertas merupakan singkatan dari dots per inch. DPI menggambarkan jumlah titik tinta per inci yang akan dikeluarkan mesin pencetak dokumen. Jika sudah menentukan DPI, maka kertas ukuran F4 akan menyesuaikannya.

Ukuran Kertas Resolusi Lebar Tinggi
F4 72 dpi 595 piksel 935 piksel
F4 96 dpi 793 piksel 1247 piksel
F4 150 dpi 1240 piksel 1948 piksel
F4 300 dpi 2481 piksel 3897 piksel

Ukuran Kertas F4 dalam Satuan MM

Kertas berukuran F4 jika dikonversikan ke satuan MM atau milimeter akan menjadi 210 x 330 mm.

Ukuran Kertas F4 dalam Satuan CM

Kertas berdimensi F4  bisa juga diubah menjadi satuan CM atau centimeter, maka ukurannya menjadi 21×33 cm.

Ukuran Kertas F4 dalam Satuan Inci

Kertas dengan ukuran F4 bisa dikonversikan menjadi satuan inci, dimana ukurannya menjadi 8.27×12.99 inci.

Tabel Konversi Kertas Ukuran F4

Agar mudah dipahami, simak perubahan dimensi kertas F4 ke satuan populer mm, cm, dan inci berikut ini.

Ukuran Kertas MM CM INCI
F4 210 x 330 mm 21 x 33 cm 8.27 x 12.99 inci

Perbedaan Ukuran Kertas F4 dengan Legal

Perbedaan Ukuran Kertas F4 dengan Legal

Meski berbeda, tidak sedikit yang masih menyamakan kertas berdimensi F4 dengan kertas legal. Jika diperhatikan lebih dalam, maka ukurannya memang tidak sama dan cukup mengecoh. Kamu bisa melihat perbedaannya pada dimensi masing-masing ukuran kertas ini.

Walaupun selisih ukurannya tidak terlalu besar, namun akan sangat merepotkan jika tidak melakukan setting dengan benar di Word. Kesalahan dalam setting ukuran kertas akan membuat hasilnya agak berantakan.

Di program Ms. Word sendiri, ukuran kertas legal ialah 21.59×35.56 cm. Sedangkan ukuran F4 sendiri adalah sebesar 21 x 33 cm. Selisih ukuran 2.54 cm tersebut membuat kedua ukuran kertas ini tidak bisa disamakan.

Jika diperhatikan, kertas ukuran legal memang lebih panjang dibanding F4.  Nah, hal ini akan berpengaruh terhadap dokumen yang hendak dicetak nantinya.  Oleh karena itu, setting dengan benar ukuran kertas sebelum mencetak dokumen ya.

Cara Setting Kertas Ukuran F4

1. Menggunakan Ms. Word

Menggunakan Ms. Word

Lakukan setting yang tepat ketika kamu ingin mengetik dokumen F4 di Microsoft Word. Mungkin hal ini belum begitu terasa ketika sekedar mengetik saja. Namun jika  dokumen yang dikerjakan harus dicetak, kamu juga wajib memahami cara setting ini.

Dengan demikian, kamu tidak perlu ribet mengatur ulang setiap halaman yang sedang dikerjakan. Perbedaan ukuran kertas saat mengetik bisa sangat merepotkan jika penggunanya hendak mencetak dokumen.

  • Langkah pertama, buka aplikasi Microsoft Word.
  • Buka file atau dokumen yang hendak di edit.
  • Pada menu Bar, buka
  • Selanjutnya pilih Size untuk menentukan ukuran kertas.
  • Akan ditampilkan menu drop down, klik More Pages Sizes.
  • Isikan kolom Width (lebar) dan Height (tinggi) sesuai ukuran kertas F4.
  • Klik Apply to lalu pilh Whole Document. Opsi ini dipilih agar setting kertas F4 diterapkan pada semua halaman dokumen Ms. Word yang dikerjakan saat ini.
  • Klik

2. Menggunakan Photoshop

Menggunakan Photoshop

Untuk project atau pekerjaan tertentu, mungkin kamu juga perlu mengatur kertas F4 di Photoshop, berikut langkah-langkahnya.

  • Buka software Photoshop.
  • Pada menu File, klik New untuk memulai project baru. Jika kamu ingin membuka file yang sudah ada sebelumnya, klik Open lalu cari file tersebut.
  • Akan muncul kotak dialog untuk ukuran gambar, klik Custom.
  • Masukkan ukuran F4 sesuai satuan yang diketahui.

3. Menggunakan Ms. Excel

Menggunakan Ms. Excel

Kertas dimensi F4 juga kerap kali dibutuhkan ketika sedang mengerjakan pekerjaan tertentu di Ms. Excel. Misalnya ketika kamu mengerjakan sebuah laporan lalu hendak mencetaknya. Agar ukurannya pas, tentu pengguna harus melakukan setting dengan benar sehingga hasil cetak tidak berantakan.

  • Buka aplikasi Excel.
  • Pilih Page Layout pada Menu Bar.
  • Klik opsi Size lalu pilih bagian paling bawah yaitu More Paper Size.
  • Selanjutnya, klik Option di bagian Page Setup.
  • Klik Print Paper Size lalu
  • Masukkan ukuran F4 pada kolom Width dan Height beserta satuan yang diplih.
  • Klik OK.
  • Selesai, kini dokumen Excel kamu sudah siap di print dalam ukuran F4.

Tips Mencetak Dokumen Ukuran F4

Tips Mencetak Dokumen Ukuran F4

Kini kamu sudah memahami beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melakukan setting kertas berukuran F4. Proses mencetak dokumen berukuran F4 juga tidak kalah mudah dilakukan.

Tanpa setting yang benar, terkadang hasil cetak dokumen akan berbeda dan terpotong. Oleh karena itu, simak langkah-langkah cetak dokumen F4 berikut ini.

  • Buka Word lalu klik File.
  • Setelah itu, klik Print atau bisa juga dengan menekan kombinasi tombol Ctrl+P.
  • Klik pilihan Printer Properties.
  • Pada kotak Paper Size, silahkan ubah ukuran kertas menjadi ukuran F4 sesuai satuan yang diketahui. Misalnya jika menggunakan satuan inci, masukkan 8.5 pada kolom width dan 13 pada kolom height.
  • Tutup dialog Printer Settings lalu pilih OK.
  • Selanjutnya, klik Print untuk mencetak dokumen.

Penggunaan Ukuran Kertas F4

Penggunaan Ukuran Kertas F4

Kertas berukuran F4 seringkali digunakan untuk berbagai macam tujuan. Misalnya untuk membuat laporan dan kegiatan pencetakan. Tidak hanya itu, kamu mungkin sering melihat kertas F4 untuk pembuatan formulir, soal-soal ujian, form pendaftaran, dan berbagai jenis dokumen lainnya.

Adapun penggunakan kertas berukuran F4 ini sama populernya dengan kertas A4. Menariknya, penggunaan kertas F4 ini banyak digunakan untuk tujuan formal di Asia Tenggara saja. Di Indonesia sendiri, penggunaan kertas seri F ini memang begitu sering di berbagai kalangan.

Sedangkan di luar Asia Tenggara, kertas F4 sangat jarang digunakan. Jenis kertas yang paling sering digunakan adalah kertas foolscap yang ukurannya mirip. Jadi, F4 dan A4 merupakan kertas yang paling banyak digunakan di pasaran saat ini.

Contoh kertas berukuran seri A misalnya A1, A2, A3, A4, A5, A6, A7, A8, A9, dan A10. Tidak jauh berbeda dengan kertas berukuran F4, ukuran kertas lainnya juga memiliki kegunaannya tersendiri. Namun secara garis besar, baik kertas ukuran seri F maupun A digunakan untuk pencetakan dokumen.

Tips Memilih Kertas Berukuran A4

Kertas F4 dikenal pula dengan sebutan kertas folio. Penggunaan kertas ini lebih banyak untuk perkantoran dan binsis fotokopi. Jika kamu bekerja di bidang tersebut, sangat penting untuk memilih kertas A4 yang berkualitas.

Mengingat ukuran kertas ini memang yang paling sering digunakan nantinya. Bagi pebisnsi fotokopi, biasanya akan membeli kertas F4 untuk stok yang lumayan banyak. Oleh karena itu, berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk memilih kertas F4.

1. Menentukan Merek Kertas

Menentukan Merek Kertas

Di pasaran, ada banyak merek kertas yang bisa dipilih dengan berbagai ukuran. Salah satu ukuran yang banyak disediakan adalah kertas F4. Nah, mungkin kamu akan mendapati kertas F4 dari beberapa merek.

Meski ukurannya sama, merek yang berbeda menawarkan harga yang berbeda pula. Selain itu, kualitas kertas pun beagam. Ada yang kualitas kertasnya premium dan ada pula yang biasa saja. Kamu harus memilihnya dengan benar agar penggunaannya sesuai dengan tujuan.

Sebelum menentukan merek apa yang hendak dibeli, sebaiknya pikirkan terlebih dahulu tujuan penggunaan kertas. Apabila kertas digunakan untuk mencetak dokumen penting, sebaiknya beli yang berkualitas. Misalnya untuk kebutuhan file-file penting di kantor.

Sedangkan jika tujuannya hanya untuk menggandakan dokumen biasa, memilih merek yang biasa saja bukan jadi masalah. Terlebih jika kertas tersebut hanya ditujukan untuk lembar coretan saja. Tentu kamu bisa memilih yang murah saja.

2. Perhatikan Gramasi Kertas F4

Perhatikan Gramasi Kertas F4

Kamu yang bekerja di bidang fotocopy dokumen mungkin sudah tidak asing dengan istilah GSM atau gramasi. Pada dasarnya, istilah ini mengacu pada berat dari kertas itu sendiri. Meski ukurannya sama, terkadang kertas F4 memang memiliki gramasi yang berbeda.

Adapun  kertas F4 yang paling banyak digunakan adalah jenis 70 GSM. Selain itu, ada pula memilih berat kertas F4 sebesar 60 GSM dan 80 GSM. Sebelum menentukan GSM mana yang hendak dibeli, kamu juga harus memperkirakan penggunaannya terlebih dahulu.

Jika sekedar untuk fotocopy, sebaiknya pilih kertas F4 jenis  60 GSM dan 70 GSM. Sedangkan jenis 80 GSM biasanya dipilih untuk mencetak dokumen perkantoran yang bersifat penting. Hal ini karena berat kertas itu sendiri menentukan daya tahan dokumen yang dicetak.

3. Pilih Warna dan Bahan yang Tepat

Pilih Warna dan Bahan yang Tepat

Tahukah kamu bahwa kertas F4 terdiri dari beberapa warna? Pada dasarnya, warna putih memang yang paling sering digunakan untuk berbagai macam tujuan.

Namun, kamu juga bisa memilih warna lainnya seperti merah muda, kuning, hijau, dan biru. Selain itu, harga kertas F4 yang berwarna biasanya lebih mahal dibanding yang berwarna putih. Ada pula kertas buram yang penggunaannya untuk sekedar corat-coret jawaban soal ujian.

4. Memilih Supplier Kertas yang Tepat

Memilih Supplier Kertas yang Tepat

Tips berikutnya yang perlu diperhatikan adalah memilih supplier kertas yang tepat. Terutama jika kamu hendak membelinya dalam jumlah besar. Biasanya pemilik fotocopy akan menyediakan stok kertas F4 yang cukup banyak.

Baca juga: Ukuran Kertas A2

Pemilihan supplier yang tepat merupakan hal yang sangat penting. Begitu pula untuk urusan dokumen perkantoran, tentunya supplier yang kredibel dan terpercaya sangat dibutuhkan.

Ukuran kertas F4 memang tidak bisa dipisahkan dari pekerjaan dan urusan administrasi sehari-hari. Bagi kamu yang masih asing dengan ukuran kertas ini, sebaiknya pahami terlebih cara setting-nya agar tidak salah. Terutama jika hendak mencetak dokumen menggunakan kertas F4.