Ukuran Kertas A2

Kertas ukuran seri A cukup populer digunakan di tanah air maupun di negara lain. Salah satunya kertas berukuran A2 yang banyak ditemukan di tempat fotocopy Penggunaan ukuran kertas A2 harus disesuaikan dengan tujuan pencetakan dokumen yang kamu lakukan.

Adapun kertas sendiri tidak hanya digunakan sebagai media tulisan teks, melainkan juga untuk mencetak gambar. Banyaknya ukuran kertas membuat penggunanya harus teliti agar bisa melakukan setting dengan benar di Ms. Word maupun software lainnya.

Ukuran Kertas Seri A

Pada dasarnya, ukuran kertas seri A dibahas dalam standar ISO 216. Kertas seri A ini diukur berdasarkan lebar dan tingginya dalam satuan baku seperti piksel, mm, cm, dan inci. Dengan demikian, kertas yang diproduksi di seluruh dunia harus menggunakan satuan baku ini.

Meskipun merek kertas tersebut berbeda, ukurannya tetap sama berdasarkan seri dan satuan baku yang digunakan. Standarisasi ini penting diperhatikan untuk berbagai keperluan administrasi.

ISO 216 menyatakan bahwa terdapat 11 jenis kertas seri A yaitu A0, A1, A2, A3, A4, A5, A6, A7, A8, A9, dan A10. Setiap ukuran kertas memiliki kegunaannya masing-masing. Termasuk kertas berukuran A2 yang akan dibahas berikut ini.

Ukuran Kertas A2 dalam Satuan Baku

1. Ukuran A2 dalam Inci

Kertas berukuran A2 jika dikonversikan ke satuan inci maka akan menjadi 16.54 x 23.39 inci. Dimana lebarnya adalah 16.54 inci dan tingginya 23.39 inci.

2. Ukuran A2 dalam Cm

Ukuran A2 juga kerap kali dinyatakan dalam satuan cm atau centimeter, maka ukurannya menjadi 42.0×59.4 cm. Lebarnya 42.0 cm sedangkan tingginya 59.4 cm.

3. Ukuran A2 dalam Mm

Konversi kertas berukuran A2 ke satuan baku mm atau milimeter adalah menjadi 420×594 mm. Dengan lebar 420 mm dan tingginya 594 mm.

Tabel Ukuran Kertas A2

Agar lebih mudah memahaminya, berikut konversi kertas berukuran A2 ke satuan mm, cm, dan inci dalam sebuah tabel.

Ukuran Kertas MM CM INCI
A2 420 x 594 mm 42.0 x 59.4 cm 16.54 x 23.39 in
Baca Juga  Pengertian Analisis

Cara Setting Ukuran Kertas A2 di Ms. Word

Cara Setting Ukuran Kertas A2 di Ms. Word

Pekerjaan yang menggunakan Microsoft Word tidak bisa lepas dari penggunaan ukuran kertas yang sesuai. Mungkin kamu tidak akan terlalu memikirkan ukuran kertas ketika mengetikkan pekerjaan di Word.

Namun, lain halnya jika hendak mencetak dokumen yang dikerjakan. Kamu perlu memahami cara setting ukuran kertas yang baik dan benar agar hasilnya sesuai. Berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk melakukan setting ukuran kertas A2 di aplikasi Ms.Word.

  • Langkah pertama, nyalakan perangkat komputer atau laptop terlebih dahulu.
  • Setelah itu, buka aplikasi Microsoft Word.
  • Pada Menu Bar, pilih tab Page Layout.
  • Selanjutnya, klik Icon Size.
  • Klik More Paper Size.
  • Silahkan atur Paper Size atau Ukuran Kertas menjadi A2 dengan memasukkan angka yang sesuai di kolom Width dan Height.
  • Klik Ok.

Cara Mengubah Ukuran Kertas A2 di Printer

Cara Mengubah Ukuran Kertas A2 di Printer

Pekerjaan terkait dokumen memang tidak bisa dipisahkan dari penggunaan printer. Printer sendiri berfungsi sebagai perwujudan teks atau gambar ke sebuah kertas. Oleh karena itu, kamu perlu mengatur ukuran kertas pada printer agar hasilnya sesuai keinginan.

Pengaturan ini penting dilakukan karena tidak semua printer bisa mendeteksi ukuran kertas secara otomatis. Tanpa pengaturan yang benar, terkadang hasil print akan terpotong dan cacat karena ukuran kertas tidak sesuai.

Untuk lebih jelasnya, berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk mengubah ukuran kertas A2 di printer.

  • Nyalakan perangkat komputer atau laptop lalu buka aplikasi Word.
  • Pilih opsi Print atau bisa dengan menekan shortcut Ctrl+P.
  • Selanjutnya, pilih More Paper Size.
  • Atur ukuran kertas sesuai yang diinginkan. Dalam tutorial kali ini, masukkan ukuran kertas A2 sesuai satuan baku di kolom Width dan Height.
  • Klik

Ada banyak ukuran kertas yang bisa dipiliih untuk membuat berbagai dokumen penting. Oleh karena itu, kamu perlu memahami cara mengaturnya pada menu Paper Size agar ketika dicetak hasilnya sesuai.

Kertas Ukuran A2 dan Kegunaannya

Kertas Ukuran A2 dan Kegunaannya

Pada dasarnya, ukuran spesifik kertas A2 adalah 23.39×33.11 inci atau 420×594 mm. Adapun kertas seri A sendiri berawal dari A0 yang ukurannya 841×189 mm. Jika diperhatikan dengan seksama, sebenarnya kertas A0,A1, A2, dan seterusnya memang saling berkaitan.

Misalnya kertas A2 yang memiliki salah satu sisi yang sama dengan kertas berukuran A1. Hal ini karena kertas ukuran A2 memang merupakan setengah dari ukuran A1. Dari sekian banyak kertas seri A, salah satu ukuran yang banyak digunakan adalah A2.

Meski penggunaannya tidak sebanyak A4 dan A5, tetap saja keberadaannya cukup penting. Adapun kertas A2 sendiri populer digunakan untuk mencetak poster. Tidak hanya itu, kertas ini juga kerap kali digunakan untuk mencetak foto berukuran besar.

Baca Juga  Pengertian Periklanan

Misalnya foto keluarga, foto pahlawan, foto tokoh, foto presiden, dan lain sebagainya. Meski untuk tujuan tersebut tidak selalu kertas berukuran A2 yang dipilih.

Jenis-Jenis Kertas untuk Ukuran A2

Sebenarnya jenis kertas yang biasa digunakan untuk ukuran A2 ini terdiri dari beberapa macam, yaitu sebagai berikut.

1. Kertas Ivory

Kertas Ivory

Kertas ivory memiliki dua sisi yang berbeda, di satu sisi terasa licin sedangkan di sisi lainnya tidak terlalu. Adapun penggunaan kertas ini biasanya untuk dibuat paper bag ataupun tempat kosmetik. Tidak hanya itu, jenis kertas ini memang cukup tebal dan tidak gampang rusak.

2. Kertas Dupleks

Kertas Dupleks

Jenis kertas dupleks memiliki dua sisi warna yang berbeda. Satu sisinya berwarna putih, sedangkan yang satunya berwarna abu-abu. Kertas dupleks seringkali digunakan sebagai pembungkus makanan.

3. Kertas HVS

Kertas HVS

Mungkin kamu belum mengetahui ternyata kertas HVS juga ada yang berukuran A2 lho. Jenis kertas ini memiliki permujaan kasar. Penggunaannya seringkali untuk pencetakan buku dan fotokopi.

4. Kertas Kalkir

Kertas Kalkir

Jenis kertas berikutnya yang seringkali memakai ukuran A2 adalah kertas kalkir. Kertas ini cukup unik karena bersifat transparan dan permukaannya terasa halus. Adapun penggunaan jenis kertas ini seringkali untuk dunia industri dan pendidikan.

Ukuran Kertas A2 dan Ukuran ANSI

Ukuran Kertas A2 dan Ukuran ANSI

Tidak banyak yang mengetahui kertas berukuran A2 ternyata ukurannya mirip dengan salah satu ukuran ANSI. Ukuran ini adalah sebesar 17×22 inci atau 432×559 mm. Tidak hanya  ISO, standar ukuran kertas lainnya adalah ANSI (American National Standards Institute).

Pada standar internasional ini, ukuran kertas letter (8.5×11 inci) dikenal dengan sebutan ANSI A. Untuk ukuran kertas tabloid/ledger disebut dengan ANSI B. Ada pula ukuran ANSI C dan sebagainya.

Sedangkan cara pengukurannya sendiri tidak jauh berbeda dengan standar ISO. Jadi, kamu tinggal membagi satu ukuran kertas menjadi dua untuk ukuran yang baru. Tidak hanya itu, tersedia juga ukuran kertas yang seringkali digunakan untuk tujuan arsitektur.

Biasanya ukuran seperti ini diberi istilah Arch, misalnya Arch A, Arch B, Arch C, Arch D, Arch F, hingga Arch E3.

Tips Mencetak Poster di Kertas A2

Dibutuhkan teknik yang tepat jika ingin membawa desain digital ke dunia nyata. Artinya, kamu perlu mempersiapkan ukuran kertas dan peralatan lainnya yang dibutuhkan. Hal ini penting diperhatikan terutama bagi kamu yang seringkali bekerja dengan pencetakan poster.

Misalnya ketika hendak mencetak desain poster untuk kampanye, pertunjukkan, maupun pesta. Nah, kamu tidak selalu harus pergi ke tukang profesional untuk menyelesaikan tugas tersebut. Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mencetak poster A2.

1. Desain dalam CMYK

Desain dalam CMYK

Dibanding RGB, lebih disarankan untuk bekerja di ruang warna CMYK. Termasuk jika kamu hendak membawa hasil desain poster ke toko percetakan. Melalui software Photoshop, silahkan beralih dari menu Image lalu pilih Mode. Setelah itu, pilih CMYK Color.

Baca Juga  Teks Anekdot

Adapun mode CMYK lebih disarankan bukan tanpa alasan. Mode warna ini akan memberikan representasi yang lebih akurat mengenai warna yang hendak dicetak.

2. Menggunakan Vektor Jika Dibutuhkan

Menggunakan Vektor Jika Dibutuhkan

Gambar jenis vektor sangat disarankan ketika kamu hendak mencetak poster. Sebaiknya kamu sering mencoba gambar vektor di software seperti Adobe Ilustrator karena dinilai lebih efektif.

Selain itu, ukuran file bisa lebih ringan. Namun, kamu juga mengaturnya agar hasil cetak tetap tajam dilihat.

3. Bekerja di Resolusi 300 Dpi

Bekerja di Resolusi 300 Dpi

Pada dasarnya, file poster seringkali berukuran cukup besar. Resolusi yang terlalu rendah akan membuat poster kurang maksimal dan hasilnya tidak sesuai ekspetasi. Oleh karena itu, resolusi yang paling disarankan adalah ukuran 300 dpi (dot per inch atau titik per inci).

Semakin banyak titik yang membentuk poster, maka resolusinya semakin tinggi.  Kualitas poster akan semakin bagus jika resolusinya juga besar. Apabila resolusi terlalu rendah, poster yang dihasilkan akan buram dan pecah-pecah.

Oleh karena itu, kamu perlu mengatur titik per inci dengan benar saat mengedit poster. Adapun resolusi yang disarankan untuk poster A2 adalah sebesar 300 dpi.

4. Memilih Kertas Poster Sendiri

Memilih Kertas Poster Sendiri

Jika ingin mencetak poster, kamu juga bisa memilih ukuran kertas sendiri. Salah satu ukuran kertas yang paling banyak digunakan adalah ukuran A2 atau 594×420 mm. Adapun pilihan jenis dan berat kertas bisa disesuaikan dengan printer yang digunakan.

Sebagai referensi, mungkin kamu bisa menggunakan kertas 170 GSM atau Gloss Art FSC. GSM sendiri diartkan sebagai gram per meter persegi yang menentukan berapa berat stok kertas yang digunakan.

5. Menyiapkan Final File Format PDF

Menyiapkan Final File Format PDF

Kamu juga perlu menyiapkan final file poster dengan format PDF. Sesuai penjelasan sebelumnya, file PDF tersebut berada pada resolusi cetak 300 dpi. Namun, pada dasarnya hal ini juga tergantung dari gambar pada poster.

Jika gambar tidak terlalu rumit dan untuk tujuan yang tidak terlalu formal, mungkin kamu bisa memilih mencetaknya dengan file jpg saja.

6. Perhatikan Jenis Printer

Perhatikan Jenis Printer

Sebelum mencetak poster, pastikan printer yang kamu gunakan sudah cukup mendukung. Jika dipaksakan, hasil cetak tidak akan maksimal. Jika tidak memiliki printer yang memadai, kamu bisa memilih mencetaknya di toko pencetakan saja.

Dengan mengenal ukuran kertas A2 dan cara mengaturnya, kamu akan terbantu dalam proses pencetakan dokumen. Sesuai ulasan di atas yang dibahas toraccino.id, bisa disimpulkan bahwa penggunaan kertas tidak bisa sembarangan ketika berurusan dengan file atau dokumen.