Ukuran Kartu Nama

Kartu nama telah lama dikenal sebagai salah satu benda penting dalam dunia bisnis. Tak hanya sekadar menjadi pengenal saja, namun kartu nama pastinya dapat memperlihatkan posisi dan jabatan seseorang. Ukuran kartu nama yang ada di setiap negara ternyata juga beda-beda, lho.

Perbedaan ukuran pada kartu nama juga disesuaikan dengan standar masing-masing negara dan ukuran tersebut sudah pakem. Di Indonesia sendiri, kartu nama memiliki ukuran yang sudah distandardisasi oleh SNI sehingga secara resmi berlaku di Indonesia.

Fungsi serta Manfaat Kartu Nama

1. Profil Diri

Profil Diri

Meskipun berukuran kecil, kartu nama bisa menjadi wadah untuk menunjukkan profil dirimu kepada orang lain. Profil diri kamu akan disajikan secara singkat namun tetap memperhatikan kejelasan agar orang lain dapat memahaminya.

Profil ini penting kamu kenalkan pada orang lain, terutama orang-orang yang berkaitan dengan pekerjaanmu. Melalui profil diri dalam kartu nama kamu itulah mereka akan mencari kebenaran tentang bisnis yang sedang kamu jalankan saat itu.

2. Personal Branding

Personal Branding

Dengan kartu nama yang kamu berikan pada orang lain, mereka akan dapat membaca secara singkat profil dirimu. Melalui kartu nama itulah kamu bisa melakukan pengenalan diri secara eksklusif, tentunya singkat namun jelas.

Orang yang menerima kartu namamu juga akan lebih percaya, terutama jika mereka adalah calon konsumen maupun calon klien dalam bisnismu. Dengan adanya kartu nama, mereka lebih percaya bahwa kamu memang benar-benar pebisnis yang bisa diandalkan.

3. Informasi Perusahaan

Informasi Perusahaan

Selain memperkenalkan identitas kamu, kartu nama juga bisa digunakan sebagai pengenalan perusahaan tempat kamu bekerja. Bagi pemilik kartu nama, benda itu bisa dimanfaatkan sebagai alat untuk meyakinkan orang lain.

Sedangkan bagi penerima kartu nama, benda itu bisa digunakan sebagai informasi mengenai posisi pemberi kartu nama di perusahaan tempatnya bekerja.

4. Bukti Profesionalitas

Bukti Profesionalitas

Karena banyak digunakan oleh pebisnis, memiliki kartu nama bisa menjadi tanpa profesionalitasmu, lho. Hal ini bisa menjadi nilai yang bagus untuk pemilik kartu nama dalam dunia bisnis saat ia akan berhubungan dengan para pebisnis lainnya.

Kadang hal inilah yang dimanfaatkan banyak orang untuk memperluas relasinya dengan orang lain dalam dunia kerja.

Baca juga: Ukuran Kertas A2

Macam Macam Ukuran Kartu Nama di Setiap Negara di Dunia

Ukuran pakem kartu nama pada umumnya memang berbeda-beda sesuai dengan standardisasi tempat percetakannya. Namun, di Indonesia sendiri kamu bisa membuat kartu nama sesuai standar yang ada, seperti SNI atau ISO.

Berikut beberapa ukuran standar untuk kartu nama di beberapa negara.

1. Indonesia

Indonesia

Di Indonesia sendiri, ukuran untuk kartu nama mengikuti Standar Nasional Indonesia (SNI) yang sudah ditetapkan. Ukuran kartu tersebut adalah 90 x 55 mm atau 9 x 5,5 cm.

Beberapa negara juga memiliki standar ukuran yang sama dengan SNI, seperti Australia, New Zealand, Denmark, Taiwan, Norwegia, India, Vietnam, Kolombia, dan Swedia.

2. Jepang

Jepang

Sedikit mirip, ukuran standar untuk kartu nama di negara Jepang ini hanya berbeda 1 mm saja dari ukuran kartu SNI.

Jepang menetapkan ukuran standar kartu namanya menjadi 91 x 55 mm atau 9,1 x 5,5 mm. Setelah dicetak, tentu kamu tak akan bisa melihat perbedaan ukuran keduanya.

3. Amerika

Amerika

Ukuran standar kartu nama di Amerika adalah 89 mm x 51 mm atau 8,9 cm x 5,1 cm atau dalam ukuran inci menjadi 3,5 x 2 inci.

Tak hanya Amerika, standar ukuran ini juga dipakai oleh beberapa negara, seperti Mexico, Sri Lanka, Finlandia, Rusia, Korea Selatan, Bulgaria, Kanada, dan Belanda.

4. Hungaria

Hungaria

Ukuran kartu nama di Hungaria sama dengan ukuran standar di Republik Ceko, yakni 90 x 50 mm atau 9 x 5 cm.

Namun dari sumber lain juga menyebutkan bahwa ukuran kartu Republik Ceko sama dengan ukuran standari di Amerika.

5. China

China

Meskipun bersebelahan dengan Korea Selatan dan Jepang, China juga memiliki ukuran standar kartu nama yang berbeda. Negara tirai bambu ini memiliki ukuran standar untuk kartu nama yakni 90 x 54 mm atau 9 x 5,4 cm.

Ukuran kartu ini juga dipakai di beberapa negara berbeda, seperti Malaysia, Hongkong, dan Singapura.

6. Eropa

Eropa

Ukuran standar kartu nama di Eropa disebut-sebut sama seperti ukuran kartu kredit, yakni 85 x 55 mm atau 8,5 x 5,5 cm. Ciri khas dari kartu nama negara-negara Eropa adalah bagian sudutnya yang harus melingkar seperti kartu kredit.

Standar ukuran ini banyak digunakan di Inggris, Turki, Swiss, Spanyol, Belgia, Italia, Portugal, dan negara lainnya yang ada di Eropa.

7. Asia

Asia

Meskipun hanya berbeda lebar 1 mm saja, ukuran standar untuk kartu nama di Asia tetap dikatakan berbeda dengan Indonesia, yakni 90 x 54 mm atau  9 x 5,4 cm.

Jika dapat disimpulkan, ukuran kartu negara-negara di Asia memang kebanyakan lebih panjang dibandingkan ukuran di benua lainnya.

8. ISO

ISO

Meskipun masing-masing negara memiliki ukuran standarnya masing-masing, tetap ada ukuran internasional yang bisa dipakai. Ukuran itu adalah ukuran standar yang dikeluarkan oleh ISO, yakni 74 x 52 mm atau 7,4 x 5,2 cm.

Baca juga: Ukuran Kertas F4

Jenis Kertas untuk Kartu Nama

Agar kamu tak salah pilih saat menentukan kertas mana yang akan digunakan untuk kartu nama, berikut beberapa informasi jenis kertas yang perlu kamu ketahui.

1. Brief Card

Brief Card

Brief card merupakan jenis kertas untuk kartu nama yang memiliki permukaan halus serta biasanya tidak dilaminasi. Tak hanya dijadikan kertas untuk mencetak kartu nama, brief card juga biasa digunakan untuk cetak sertifikat, buku gambar, kartu undangan, dan lain sebagainya.

Kertas ini sering disebut juga dengan kertas manila yang punya beberapa ukuran, seperti 160 gr hingga 260 gr.

2. Glossy Photo Paper

Glossy Photo Paper

Seperti namanya, glossy photo paper memiliki permukaan yang mengkilap dan terasa agak licin jika dipegang. Menggunakan kertas ini untuk cetak kartu nama dapat membuat tampilannya lebih mewah dan eksklusif.

Sayangnya kertas ini kurang bagus, kusam, atau pudar saat dilihat dalam keadaan cahaya redup. Agar terlihat lebih bagus, kamu bisa menambahkan laminasi pada kartu nama.

3. Kertas Standard

Kertas Standard

Kertas standar kartu nama paling sering digunakan para pebisnis untuk mencetak kartu nama yang bagus. Kertas yang harganya murah ini biasanya akan dimodifikasi seperti pemberian laminating doff, glossy, foil gold, maupun silver agar tampilannya lebih bagus.

Kertas ini cocok kamu pilih terutama jika ingin mencetak dalam jumlah banyak tapi tetap hemat biaya.

4. Translucent

Translucent

Kertas translucent merupakan kertas yang transparan atau tembus pandang, sehingga kamu bisa menampilkan kartu nama yang unik. Kertas ini akan sangat cocok jika kamu ingin menampilkan sisi kreatifmu pada orang lain.

Baca juga: Ukuran Kertas A3

Beberapa informasi mengenai manfaat, ukuran kartu nama beserta jenis kertasnya semoga bisa menjadi hal yang bermanfaat untuk kamu. Tak hanya ukuran dan jenis kertas, kamu juga perlu mempertimbangkan desain kartu nama agar terlihat lebih menarik.