Ukuran ID Card

Pada kesempatan ini kami akan mengulas tentang ukuran ID card yang sesuai standar, maka dari itu buat kamu yang ingin mengetahui standar ukuran id card KTP, B5, Adobe, BRI, Panitia 17 Agustusan dan lainnya.

Ukuran ID card biasanya bervariasi antara satu dengan lainnya. Selain itu bahasa yang digunakan juga lebih beragam. Untuk ID card yang sifatnya formal biasanya memakai bahan yang lebih baik. Sementara itu untuk ID card standar biasanya memakai kertas yang cukup tebal.

Untuk mengetahui lebih jauh tentang ID card beserta hal-hal yang ada di sekitarnya, Anda bisa menyimak dalam artikel di bawah ini. Berbagai informasi akan tersedia sehingga Anda akan memiliki informasi yang lengkap. Apalagi bekerja di lingkungan percetakan, informasi akan berguna.

Jenis Ukuran ID Card Standar ISO

ID card Sesuai dengan standar ISO memiliki beberapa ukuran yang berbeda-beda. Berikut beberapa ukuran yang sering digunakan sebagai kartu identitas.

1. ID-1

ID-1

Salah satu ID card yang paling banyak digunakan dan sesuai kenal standar ISO adalah ID-1. Ukuran dari kartu identitas ini adalah 85.60 × 53.98 mm (3.370 × 2,125 in). Ukuran ini sesuai dengan standar CR80.

ID card ini memiliki pinggiran membulat dengan radius 2,88 – 3,48 mm. Penggunaan kartu dengan standar ini biasanya berada di sekitar kartu identitas resmi, ATM, kartu kredit, dan kartu member.

2. ID-2

ID-2

Kartu jenis ini juga bisa digunakan sebagai salah satu standar ISO. Hanya saja penggunaannya, dilakukan pada beberapa negara. Di Indonesia sendiri penggunaan kartu jenis ini jarang dilakukan.

Ukuran dari ID-2 adalah 105 × 74 mm (4,134 × 2,913 in). Biasanya digunakan untuk kartu identitas warga negara yang berada di kawasan Jerman dan Kroasia.

3. ID-3

ID-3

Memiliki ukuran 125 × 88 mm (4.921 × 3.465 in). Biasanya identitas jenis ini bentuknya sedikit lebih besar dan banyak digunakan untuk Visa atau Passport. Jika anda sudah memiliki identitas ini coba ambil dan lakukan pengukuran. Biasanya standar ISO yang digunakan akan sama.

Baca juga: Ukuran KTP

Jenis Ukuran ID Card Umum

Selanjutnya untuk ukuran umum yang paling banyak digunakan di Indonesia, ID card memiliki beberapa jenis. Simak selengkapnya di bawah ini.

1. ID Card KTP

ID Card KTP

ID card dalam bentuk KTP atau e-ktp biasanya memiliki standar ISO 7810. Kartu yang paling umum digunakan ini memiliki ukuran panjang dan lebar 8.56 cm x 53.98 cm atau 85.60 mm x 53.98 mm.

Ukuran ini sudah paham dan tidak akan diubah sama sekali. Kartu identitas juga akan memiliki pinggiran berbentuk membulat dan tidak. Jadi sangat aman saat digenggam.

2. Name Tag

Name Tag

Selanjutnya name tag yang paling banyak digunakan di luar sana biasanya memiliki ukuran yang berbeda-beda. Ada yang ukurannya besar dan juga kecil sesuai dengan kebutuhan. Beberapa ukuran yang paling banyak digunakan terdiri dari 5.8 cm x 8.6 cm, 8.1cm x 11.2 cm, 9.5 cm x 11.9 cm, dan 9.7 cm x 13.7 cm.

Name tag ini biasanya akan dimasukkan ke dalam wadah tertentu. Wadah ini akan memiliki tali yang biasanya dipakai di area leher. Selain itu ada juga yang memiliki penjepit di bagian belakang untuk diletakkan pada saku kemeja.

3. ID Card Panitia

ID Card Panitia

Jika Anda sedang menjalankan event tertentu, biasanya akan ada ID card yang digunakan oleh panitia. ID card jenis ini biasanya menggunakan kertas dengan ukuran B1, B3, B3, ataupun B4.

4. ID Card PNS

ID Card PNS

Selanjutnya jika anda merupakan seorang PNS atau pegawai lembaga resmi dari pemerintah, memiliki ID card resmi. Biasanya ID card yang digunakan memiliki ukuran 54 mm x 86 mm.

Baca juga: Ukuran Story Instagram

Fungsi ID Card

Beberapa fungsi ID card yang harus diperhatikan oleh semua orang. Fungsi ini biasanya digunakan untuk keperluan formal maupun non formal, berikut selengkapnya.

1. Identitas resmi seseorang

Identitas resmi seseorang

Fungsi ID card yang pertama adalah identitas resmi dari seseorang. Identitas resmi ini bisa identitas pada lembaga tertentu ataupun identitas secara nasional. Dengan kartu identitas akan terlihat dengan jelas status seseorang.

Identitas resmi ini sangat penting karena sering digunakan untuk berbagai keperluan kependudukan. Dengan menggunakan identitas resmi seseorang juga bisa melakukan berbagai jenis aktivitas seperti membuka rekening hingga mengurus berbagai surat penting.

Itulah kenapa identitas resmi ini harus dimiliki oleh semua orang. Jika terjadi masalah atau ada penggantian identitas harus segera dilakukan update. Dengan melakukan ini, identitas baru bisa didapatkan dan bisa segera manfaatkan untuk berbagai keperluan.

2. Penanda keanggotaan

Penanda keanggotaan

Selanjutnya identitas juga digunakan sebagai keanggotaan dari lembaga tertentu atau perusahaan. Dengan memiliki identitas resmi tersebut maka anda secara resmi akan menjadi bagian lembaga tersebut. Identitas biasanya juga akan memuat beberapa hal penting lainnya.

Biasanya penanda keanggotaan ini digunakan dalam bentuk name tag. Saat ingin keluar dan masuk ke dalam perusahaan biasanya harus menunjukkan kartu tersebut. Pihak keamanan akan mengenali kartu tersebut dan mengizinkan anda untuk keluar dan masuk.

Tanpa menggunakan identitas itu biasanya tidak akan diizinkan untuk masuk. Bahkan meski sudah kenal dengan penjaga sekalipun, identitas harus dibawa sebagai penanda resmi dan juga aturan yang berlaku.  Ukuran ID card ini biasanya agak lebih besar.

3. Memberikan kesan resmi dan terstruktur

Memberikan kesan resmi dan terstruktur

Kartu identitas juga akan memberikan kesan resmi dan juga terstruktur dengan baik. Lembaga yang menggunakannya akan semakin tertata dengan baik. Jadi semua orang tidak bisa melakukan berbagai hal secara sembarangan tanpa memakai kartu identitas.

Kesan resmi ini juga berlaku untuk membedakan mana saja antara pegawai ataupun konsumen dan tamu. Jadi, meski jumlah pegawai ada banyak untuk mengenalinya bisa dilakukan dengan sangat mudah.

4. Memudahkan proses pencatatan

Memudahkan proses pencatatan

Proses pencatatan juga bisa dilakukan dengan mudah hanya dengan bermodalkan nomor identitas pada ID card. Biasanya ID card resmi akan memiliki nomor tertentu yang unik dan satu dengan lainnya tidak akan sama.

Saat melakukan pendataan atau pelacakan biasanya nomor itu akan digunakan. Karena memiliki perbedaan, seseorang bisa dilacak hanya dengan menggunakan nomor tersebut. Selanjutnya, nomor akan digunakan untuk mencari identitas secara lengkap karena sudah tercatat pada database.

5. Menampilkan status atau posisi

Menampilkan status atau posisi

Pada perusahaan atau organisasi contoh, ID card juga digunakan untuk menampilkan status dari seseorang. Biasanya posisi seseorang akan tercetak di sana bersama dengan nama atau julukannya.

Dengan menampilkan status atau posisi seseorang, siapa saja yang ada di sana kan tahu dengan baik. Jadi tidak akan selalu bertanya siapa orang dengan posisi ini. Dengan menampilkan status ini seseorang juga akan bisa bersikap dan menjaga diri dengan baik. Apalagi di depan atasannya.

Baca juga: Ukuran Kartu Nama

Ciri Fisik ID Card

Ciri fisik ID card perhatikan dengan baik karena setiap jenisnya akan memiliki ciri yang berbeda-beda. Secara umum ciri fisik dari ID card terdiri dari.

1. Kelenturan Bahan

Kelenturan Bahan

Menurut standar ISO, Salah satu ciri fisik dari ID card yang harus diperhatikan dengan baik adalah kelenturannya. Bahan yang lentur dan juga kuat harus digunakan agar ID card tidak akan mudah rusak meski digunakan hingga bertahun-tahun.

Apabila bahan terlalu kaku dan tidak lentur, ID card akan mudah sekali mengalami patah atau rusak. Itulah kenapa bahan yang lentur banyak digunakan meski memiliki ketebalan yang tinggi serta kuat.

2. Ketahanan Terhadap Air

Ketahanan Terhadap Air

Bahan ID card harus tahan dengan air. Apalagi ID card yang ada di luar sana memiliki beberapa jenis. Jika bahan yang digunakan tidak tahan dengan air maka risiko terjadi patah atau rusak kan besar. ID card hanya akan bertahan selama beberapa saat.

ID card yang sesuai dengan standar harus tahan dengan air. Bahkan meski terendam dengan air sekalipun tidak akan mengalami kerusakan sama sekali. ID card ini agar aman dibawa kemanapun. Bahkan meski terkena hujan sekalipun tidak akan mengalami masalah.

3. Ketahanan pada Suhu dan Kelembaban

Ketahanan pada Suhu dan Kelembaban

ID card juga harus tahan terhadap suhu dan juga kelembaban yang ada di sekitarnya. Apabila ID card tidak tahan dengan suhu kemungkinan besar akan mengalami leleh ataupun bagian atasnya mengalami perubahan warna.

ID card jenis ini biasanya tidak akan tahan jika digunakan di cuaca yang sangat panas. Itulah kenapa salah satu standar dari ISO, mensyaratkan ciri fisik yang harus tahan terhadap cuaca khususnya suhu yang terlalu ekstrem.

4. Toksisitas

Toksisitas

ID card yang digunakan harus aman dan tidak mengandung racun yang cukup tinggi. Itulah kenapa kandungan toksisitas pada ID card harus rendah sehingga pengguna akan aman saat menyentuhnya.

Toksisitas ini juga harus diperhatikan karena bisa saja ID card tersebut disentuh oleh anak kecil. Meski digigit sekalipun tidak akan menyebabkan racun berpindah dan menyebabkan masalah pada kesehatan.

5. Pinggiran kartu

Pinggiran kartu

Pinggiran dari kartu umumnya beragam mulai dari lancip seperti yang ada pada kartu nama ataupun yang agak oval seperti pada kartu KTP. Biasanya untuk standar ISO menggunakan pinggiran membulat sehingga tidak akan berbahaya dan menusuk penggunaannya.

Baca juga: Ukuran Kertas F4

Bahan ID Card Terbaik

Secara umum bahan ID card terdiri dari dua. Pertama adalah bahan berupa PVC dan kedua terbuat dari art paper. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang bahan ID card simak selengkapnya berikut ini.

1. Bahan PVC

Jenis bahan yang banyak digunakan untuk membuat ID card. Ini dikenal memiliki kekuatan cukup tinggi dan juga kelenturan yang sempurna. Ukuran dari bahan juga cukup tebal sehingga tidak akan mudah mengalami kerusakan.

Biasanya bahan PVC terdiri dari beberapa lapisan. Lapisan paling atas digunakan untuk mencetak identitas. Selain itu ada juga divisi yang digunakan untuk menempelkan identitas yang transparan agar menyatu. Untuk ukuran ID card, biasanya sesuai standar ISO dan sudah terpotong.

2. Bahan art paper

Bahan kedua yang biasanya digunakan untuk membuat ID card adalah art paper. Bahan ini biasanya memiliki ketebalan atau gramasi sekitar 300. Karena terbuat dari kertas kemungkinan untuk rusak akan sangat besar.

Itulah kenapa bahan art paper ini biasanya digunakan untuk identitas sekali pakai. Bisa ID card digunakan saat ada acara. Setelah acara selesai Dika tidak akan digunakan lagi sehingga tidak membutuhkan bahan keras seperti PVC.

Memperhatikan ukuran ID card sangat penting. Apalagi ID card memiliki standar yang berbeda-beda antara jenis satu dengan lainnya. Dengan memperhatikan hal ini, Anda tidak akan salah dalam membuat kartu identitas yang sesuai dengan kebutuhan.

Setelah membaca ulasan di atas Anda juga akan tahu apa saja yang berhubungan dengan bahan ID card hingga standar ISO. Jadi, pembuatan ID card tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Butuh pengukuran yang tepat dan juga memahami fungsinya terlebih dahulu. Semoga bermanfaat ulasan www.toraccino.id

Leave a Comment