Test Wartegg

Test Wartegg – Jika kamu sudah berada di tahap psikotes, Tandanya kamu akan selangkah lebih dekat menuju pekerjaan yang kamu impikan. Psikotes merupakan sebuah tes yang digunakan untuk memahami kejiwaan atau mental seseorang. Biasanya psikotes ini digunakan sebagai salah satu tahapan untuk masuk ke dalam sebuah perusahaan ataupun organisasi. Tahapan psikotest akan menjadi hal penting dalam rangakian recruitment.

Psikotes itu sendiri memiliki beberapa jenis diantaranya seperti : Penalaran logika algoritma, Test Wartegg, Analog verbal test, DAM test, Edwards personal preference schedule (EPPS), Kraepelin atau tes pauli, dan Test army alpha intelegence. Setiap jenis psikotes tentunya memiliki fungsi dan tujuannya masing – masing. Dan soal yang dihadapkan tidak sama antara antara psikotest satu dengan psikotest yang lainnya.

Nah pada ulasan kali ini kami akan membahas mengenai salah satu jenis psikotes,  yaitu Test Wartegg. Test wartegg ini biasanya dilakukan untuk mengetahui kepribadian seseorang. Jika kamu penasaran mengenai Test Wartegg ini, Yuk mari simak dan juga ikuti ulasan yang ada di bawah ini. Agar kamu bisa menambah wawasan kamu mengenai salah jenis satu tes psikologi yaitu Test Wartegg.

Pengertian Test Wartegg

Pengertian Test Wartegg

Test wartegg merupakan tes yang harus  kamu lakukan dengan cara melengkapi sebuah gambar. Test wartegg ini juga merupakan salah satu jenis psikotest Yang seringkali digunakan pada tahapan rekrutmen di sebuah perusahaan ataupun di sebuah organisasi. Dengan menggunakan tes ini kamu akan mengetahui kepribadian dari seseorang yang sedang melamar di sebuah perusahaan ataupun di suatu organisasi

Tes wartegg Ini pertama kali dicetuskan oleh seorang bernama krugger dan sander dari University o leipzi, Lalu setelah itu dikembangkan oleh seorang bernama Ehrig wartegg dan juga seorang rekan nya yang bernama Marian Kinget. Pada sebuah teori yang terdapat didalam psikoanalisa Mengatakan bahwasanya manusia ini dibentuk oleh suatu pengalaman yang ada di masa lalunya dan juga tidak terlepas dari dirinya saat ini.

Keinget yang merupakan pencetus dari test ini bersasumsi bawasanya delapan stimulus yang terdapat pada test ini dapat memberikan sarana untuk sebuah subjek, agar bisa mengeksplorasi berbagai pola yang terdapat di dalam test tersebut, dan kemudian merepresentasikan menjadi berbagai macam nilai  yang relevan.

Spesifikasi Test Wartegg

Spesifikasi yang di miliki oleh test wartegg ini yaitu test wartegg ini merupakan sebuah soal yang berisikan beberapa form yang di bagi atas delapan bagian atau delapan kotak. Kotak – kotak tersebut memiliki sebuah ukuran yakni 4 x 4 cm. Pada tiap – tiap kotak terdapat sebuah tanda atau pola di dalam nya, tentunya pola yang ada di sana berbeda – beda antara kotak satu dengan kotak yang lain nya.

Mulai dari kotak kecil yang diberi warna hitam, titik, garis kurva, tiga garis kurva, dua garis yang saling memotong, dan juga titik-titik yang tersusun melengkung. Dari ke – 8 kotak tersebut kemudian peserta akan di berikan beberapa instruksi seperti di bawah ini :

  1. Peserta akan diberikan waktu selama 30 menit untuk membuat sebuah gambar, sesuai dengan imajinasi yang dimiliki oleh seorang peserta. Imajinasi yang digambarkan oleh seorang peserta berlandaskan dengan mengembangkan garis kurva, titik – titik, sampai dengan garis lengkung yang ada di dalam masing-masing kotak tersebut. Kamu diharuskan untuk menggunakan imajinasi Kamu sekreatif mungkin.
  2. Peserta juga diharuskan untuk memberikan nomor urut kepada kotak – kotak yang ada di dalam soal tersebut, sesuai dengan gambar yang terlebih dahulu dikerjakan oleh seorang peserta. Serta peserta juga akan diperintahkan untuk memberikan nomor urut kepada kotak – kotak tersebut sesuai dengan gambar mana yang paling mudah ketika sedang dikerjakan,  gambar mana yang paling sulit ketika dikerjakan, gambar mana yang paling tidak disukai, dan gambar mana yang paling di suka

Rasionalisasi Alat Tes Wartegg

Rasionalisasi Alat Tes Wartegg

Muncul nya sebuah test yang bernama test wartegg ini di dasari oleh gestalt psychology, atau lebih tepat nya yaitu ganzheit psychology yang di kembangkan di sebauah universitas yang bertempat di jerman dengan nama University Of Leipzig yang saat itu berada di bawah seorang pimpinan bernama Felix . Krueger dan juga F. Sander. Teori ganzheit psychology tidak hanya melihat hasil dari test wartegg tersebut sebagai sebuah objek.

Akan tetapi ia mengasumsikan bahwa subjek yang mengerjakan test tersebut perlu di masukkan ke dalam struktur. Struktur yang di maksud disini merupakan sebuah struktur yang terdiri dari satuan set orientasi dan juga diposisi tertentu, dan memiliki sifat yang dinamis dan juga cenderung kepada ” Pemberian bentuk ” dari objek tersebut menuju sebuah narasi yang menunjukkan sebuah pengalaman.

Pengalaman yang di hasilkan dari struktur individu yang memiliki ciri – ciri tertentu. Akan tetapi dalam kehidupan yang kita jalankan sehari – hari, Karekteristik yang di hasilkan dari struktur individu itu sendiri terkesan sulit di pahami, sehingga perlu adanya standarisasi khusus. Ketika subjek di hadapkan dengan sebuah bentuk yang memberikan sebuah kebebasa namun tetap terbatasi, akan menghasilkan rangkaian struktur psikis.

Karena hal itu lah test wartegg ini di asumsikan sebagai sebuah test yang dapat memberikan sebuah stimulus yang teradapat di dalam tiap – tiap kotak nya. Kesimpulan nya tets ini memberikan sebuah gambaran mengenai personalisasi seseorang di dalam setaip kotak nya. untuk saat ini standarisai yang terdapat di dalam test wartegg itu sendiri hanya berupa pola – pola yang terdapat di dalam kotak – kotak tersebut.

Contoh Gambar Test Wartegg Beserta Keterangannya

Umumnya gambar seperti inilah yang disajikan pada saat kamu sedang melakukan salah satu test psikotest yaitu test wartegg. Jika kamu ingin mengetahui lebih lanjut mengenai keterangan apa saja yang terdapat dalam gambar – gambar tersebut. Yuk mari simak dan juga pahami penjelasan yang akan kami jabarkan di bawah ini

  • Gambar 1

Gambar pertama merupakan sebuah titik yang berada di tengah-tengah kotak. Gambar ini merepresentasikan bagaimana seseorang menempatkan diri pada sebuah lingkungan baru yang berbeda

  • Gambar 2

Gambar ke – 2 merupakan sebuah coretan garis yang melengkung menyerupai gelombang. Gambar yang melengkung dan menyerupai gelombang tersebut Merepresentasikan sebuah kehidupan yang di miliki oleh seseorang yang dinamis dan juga bebas.

  • Gambar 3

Gambar ke – 3 Merupakan sebuah gambar yang berisikan beberapa garis vertikal dengan sebuah yang  pola meninggi seperti anak tangga. Pada gambar ini menunjukkan sebuah Ambisi dan juga keyakinan yang dimiliki oleh seorang peserta ketika dia tengah meraih sebuah cita-cita ataupun kesuksesan.

  • Gambar 4

Gambar ke – 4 merupakan sebuah gambar yang berisikan persegi berwarna hitam yang terletak pada bagian sebelah kanan atas kotak. Gambar ini merepresentasikan bagaimana cara berpikir yang di miliki oleh seorang pelamar atau cara seorang pelamar ketika sedang di hadapkan dengan sebuah permasalahan.

  • Gambar 5

Gambar ke – 5 ini merupakan sebuah garis diagonal yang menyerupai huruf T, yang beriringan akan tetapi terpisah – pisah. Pada gambar ini merepresentasikan bagaimana cara seorang pelamar ketika sedang berpikir

  • Gambar 6

Gambar ke – 6 ini merupakan sebuah garis horizontal dan juga vertikal yang terpisah. Gambar ini merepresentasikan suatu realitas dan juga kesederhanaan yang dimiliki oleh seorang pelamar.

  • Gambar 7

Gambar ke – 8r ini merupakan sebuah titik-titik yang membentuk sebuah garis yang melengkung. Pada gambar ini merepresentasikan kehidupan dan juga perasaan yang di miliki oleh seorang pelamar. Apakah orang tersebut memiliki sifat yang terkesan stabil dan juga dewasa atau kekanak – kanakan.

  • Gambar 8

Gambar ke – 8 ini merupakan sebuah gambar berbentuk garis yang melengkung ke bawah dan menyerupai sebuah payung. Pada gambar ini merepresentasikan kebijaksanaan yang dimiliki oleh seorang pelamar.

A. Analisis isi kotak

Kotak A merupakan gambaran sebuah asal dan juga identitas

Kotak B merupakan gambaransebuah keaktifan, ekspressi emosi, dan juga identitas

Kotak C merupakan gambaran sebuah ambisi dan juga tujuan

Kotak D merupakan gambaran sebuah masalah, bebdan dan juga kesulitan

Kotak E merupakan gambaran sebuah dorongan, agresi, dan juga ketegangan.

Kotak F merupakan gambaran sebuah spektrum yang berada diantara keberpihakan dan juga integrasi

Kotak G merupakan gambaran sebuah kepekaan, kemarahan dan juga kelembutan

Kotak H merupakan gambaran sebuah pembelaan diri, dan juga perlindungan.

B Analisis Kombinasi kotak

Kotak A dan juga H, menggambarkan sebuah citra diri, dan harga

Kotak B dan juga G, menggambarkan sebuah reaksi yang di timbulkan terhadap orang lain, sosialisasi, dan juga pergaulan

Kotak C dan juga E, menggambarkan sebuah prestasi dan juga produktivitas

Kotak D dan juga F, menggambarkan sebuah sikap terhadap sebuah permasalahan atau pun dunia pada umumnya, dan juga perspektif.

Kepribadian Yang Tertera Di Dalam Test Wartegg

Kepribadian Yang Tertera Di Dalam Test Wartegg

Di dalam sebuah Test Wartegg tersebut, seperti yang telah dikatakan tadi bahwasanya tersebut menggambarkan sebuah kepribadian yang dimiliki oleh seorang pelamar. Di bawah ini kami akan menjelaskan mengenai kepribadian apa saja yang terdapat di dalam tes wartegg.  dalam test wartegg, jika yuk mari simak dan juga pahami ulasan berikut ini.

  • Emosi

Aspek – aspek yang terdapat di dalam sebuah emosi ini yaitu seclusive dan out going yang berhubungan dengan sesuatu yang sering di sebut sebagai extraversion dan juga introversion.

  • Out going

Personalisasi yang berorientasikan kepada dunia luar,  mereka cenderung mudah untuk berhubungan dengan berbagai macam orang. Mereka merupakan pribadi yang gembira, bebas dari ketegangan dan juga easy going yang seringkali memudahkan mereka ketika di hadapkan dengan sebuah lingkungan baru. Secara emosional mereka merupakan pribadi yang terkesan dingin, minat dan juga perhatian mereka lebih sering berfuktuasi dan juga dangkal.

  • Seciusive

Personalisasi yang kurang dalam hal orientasi pada lingkungan yang terdapat di luar dirinya. Perhatian mereka lebih terfokuskan kepada diri nya sendiri, mereka melihat sebuah hal dari sudut pandang dan juga sikap pribadi dari dalam dirinya. Mereka juga merupakan seorang yang bersifat sangat sensitif dan juga mudah untuk mendapatkan depresi.

  • Imajinasi

Combining : jenis ini mengambil material secara langsung dari faktor lingkungannya dan dikoordinasikan oleh prinsip target dan menghasilkan bentuk yang sesuai untuk seluruh dunia. Pikiran kreatif ini bergantung pada dunia nyata. Mungkin ada perasaan terselubung yang ditunjukkan melalui gambar yang menunjukkan kecenderungan berselera meskipun faktanya itu biasa

  • Creative

Digambarkan dengan tidak adanya asosiasi dengan dunia nyata. Orang menyukai hal-hal yang bersifat teoretis atau gambaran yang penuh gairah, penalaran, atau supernatural. Jika pikiran kreatif berlebihan, itu akan menjadi hambatan untuk menyesuaikan diri dengan kehidupan sehari-hari.

Pratical : orang dengan kecerdasan yang spektakuler, bertindak dengan dasar yang bergantung pada wawasan, persepsi dan digambarkan, di samping hal-hal lain, oleh sebuah perspektif standar. Arahnya berpusat pada realitas, benda padat dan pemikiran induktif.

Spekulatif : berfokus pada standar, pemikiran, hipotesis lebih dari kenyataan, persepsi dan masalah fungsional.

  • Aktivitas

Dinamis : latihan yang kuat menggabungkan semua struktur dan tingkat sentakan energi yang dimiliki sentakan tingkat energi dari yang serba guna hingga yang tidak hati-hati. Orang dengan latihan dinamis menyukai hal-hal baru, pasti, energik, tidak takut, dan juga memiliki sedikit rasa kesal. Mereka memiliki energi yang memungkinkan mereka untuk dapat menyelesaikan berbagai latihan secara bersamaan.

Terkendali : dijelaskan oleh konsistensi perilaku dan juga kapasitas untuk menetapkan pilihan yang tegas. Mereka biasanya membuat rencana sebelum bertindak. Pertimbangan mereka terlibat, mereka suka diam dan meminta. Perilakunya tampaknya bisa ditebak dan diam-diam. Dalam keadaan yang ekstrim, itu bisa menjadi obsesi, kompulsif yang tertekan.

Motivasi utama di balik pembuatan rencana adalah untuk digunakan sebagai sumber perspektif atau alasan untuk memahami karakter seseorang, namun itu tidak berarti bahwa karakter merupakan perpaduan dari komponen-komponen independen karena karakter tidak dapat dipisahkan. Kapasitas seperti tindakan, pikiran, dan sebagainya direncanakan secara sederhana untuk menunjukkan berbagai komponen perilaku yang dapat diperhatikan atau semuanya sebagai ide operasional.

Tips Sukses Test Wartegg Agar Lulus Rekrutmen

Tips Sukses Test Wartegg Agar Lulus Rekrutmen

Beberapa dari kamu tentunya sangat penasaran mengenai tips dan juga trik yang bisa di lakukan untuk lolos pada saat psikotest jenis Test warteg ini. Kebetulan di bawah ini kami akan menjabarkan mengenai tips dan juga trik sukses test warteg. Sebetulnya untuk mengerjakan test ini kamu hanya melakukan pengisian test warteg tersebut sesuai dengan imajinasi yang ada pada kepala kamu.

Lalu sesuatu yang kamu gambarkan di dalam test tersebut akan menggambarkan mengenai kepribadian yang kamu miliki. Akan tetapi kami memiliki beberapa tips dan juga trik sukses test warteg yang akan membuat kepribadian kamu seolah sangat di butuhkan oleh sebuah perusahaan. Jika kamu penasaran mengenai tips and trik sukses test warteg, kami akan menjabarkan nya pada paragraf yang ada di bawah ini. Yuk mari simak dan pahami!

  1. Hal pertama yang paling mendasar yang harus kamu lakukan untuk sukses test warteg ini adalah berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan kamu. Percaya bahwa rahmat yang maha kuasa selalu hadir setiap kamu berdoa.
  2. Lalu kamu juga perlu membuat rencana terlebih dahulu sebelum mengerjakan test warteg. Rencana yang di maksud disini adalah rencana kamu untuk menggambar pada soal test warteg. Akan tetapi kamu juga jangan terlalu banyak berfikir untuk mengerjakan test ini. Gunakan waktu yang kamu miliki dengan sebaik mungkin.
  3. Ketika kamu mendapat panggilan untuk melakukan psikotest terkhusus dengan jenis warteg, kamu bisa mencoba untuk berlatih terlebih dahulu. Ini merupakan sebuah tips yang sangat ampuh untuk kamu gunakan. Karena ketika sebelum nya kamu telah berlatih, tentunya ketika kamu mengerjakan test tersebut, semuanya akan terasa sangat mudah.
  4. Dalam mengerjakan sebuah tes wartel ada baiknya kamu menggambarkannya cara kombinasi misalnya 1,3,2,4, Lalu setelah itu dilanjut dengan 8,7,6,5. Atau Selain itu kamu juga bisa mengkombinasikan kan sesuai dengan yang kamu inginkan. Dengan catatan ketika kamu mengkombinasikannya kamu tidak dibolehkan untuk terlalu mengacak urutan tersebut. Jika kamu mengerjakan test tersebut dengan berurutan, maka kamu akan di nilai memiliki kepribadian yang konservatif dan juga terkesan kamu. Akan tetapi jika kamu mengajaknya dalam urutan yang tepat, Kamu akan dinilai sebagai seseorang yang memiliki tingkat kreativitas dan juga inovatif yang tinggi.
  5. Sebaiknya ketika kamu mengerjakan tugas ini mulailah dengan mengerjakan gambar yang paling mudah,  dan tidak perlu terlalu banyak berfikir.
  6. Gambar lah sebuah pola ataupun sesuatu yang anti mainstream. Dengan begitu kamu akan di nilai sebagai pribadi yang memiliki tingkat kreativitas yang tinggi.
  7. Bentuk gambar yang tersedia pada kotak 3,5, 4, dan juga 6, Gambarlah sebuah benda mati atau bentuk yang menunjukkan sifat kemaskulinan misalnya gedung bertingkat, kamera, tiang listrik, dan lain sebagainya.
  8. Untuk gambar yang terdapat pada kotak 1, 2, 8, dan juga 7, Gambarlah sesuatu yang dapat menunjukkan sifat feminim misalnya seperti kupu – kupu.
  9. Sebaik ketika kamu sedang mengerjakan tes warteg ini hindari untuk mendahulukan gambar yang terdapat di nomor 5 dan juga 7. Karena jika kamu mendahului pengerjaan di nomor – nomor tersebut maka kamu akan dinilai mengalami sebuah orientasi yang aneh ataupun kelainan seksual.
  10. Agar tidak terjadi hal – hal yang tidak di inginkan, kamu di harapkan untuk mempersiapkan terlebih dahulu alat tulis yang akan kamu gunakan. Mulai dari pensil, penghapus, pulpen dan lain sebagai nya.
  11. Gambarlah sesuatu yang jelas dan juga mudah untuk dipahami, serta juga jangan terlalu sering menggunakan penghapus. Karena jika kamu keseringan melakukan hal tersebut, maka kamu akan dinilai sebagai orang yang tidak terencana dan juga peragu.
  12. Dan yang terakhir Jangan menggambar terlalu kuat ketika menggunakan pensil,  Karena pada dasarnya garis-garis yang terjadi di sana merupakan garis yang lembut. Jika kamu melakukan hal itu maka kamu akan dinilai sebagai seorang yang keras kepala.
  13. Untuk meyakinkan orang lain terkhusus pimpinan perusahaan, tentunya kamu harus menunjukan sikap yakin pula ketika kamu sedang mengerjakan test tersebut.

Tetaplah bersikap tenang, karena segala sesuatu yang di lakukan terburu – buru tidak akan menghasilkan sebuah hasil yang maksimal.  Jadi kami menyarankan untuk kamu agar bersikap tenang ketika sedang mengerjakan test warteg tersebut.

Contoh Test Warteg

Berikut ini kami akan memberikan beberapa contoh dari hasil test warteg yang telah dilakukan atau dikerjakan oleh beberapa orang, Jika kamu penasaran mengenai contoh dari hasil test warteg tersebut, maka kamu diharuskan untuk menyimak contoh-contoh yang tersedia di bawah ini. Agar nantinya kamu memiliki sebuah gambaran untuk mengerjakan test warteg tersebut.

Contoh Test Warteg Contoh Test Warteg Contoh Test Warteg Contoh Test Warteg

Kerjakanlah test wartegg tersebut dengan fokus agar kamu dapat mengerjakannya dengan maksimal, Serta memanfaatkan waktu yang diberikan dengan sebaik mungkin. Jawaban yang dihasilkan dari test Wartegg tersebut, tidak ada jawaban yang salah dan juga benar. Akan tetapi jawaban yang kamu berikan pada saat mengerjakan test wartegg merupakan cerminan dari diri kepribadian yang kamu miliki.

Buat kamu yang sedang melamar kerja jangan lupa baca contoh soal psikotes beserta jawabannya, karena ini bisa menambah wawasan kamu dalam melamar perkerjaan.

Akhir Kata

Itulah tadi ulasan kami mengenai Test Wartegg yang merupakan salah satu jenis psikotest. Semoga apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat untuk kamu ke depan,  dan juga Semoga kamu selalu dalam lindungan yang maha kuasa. Sekian dari kami mohon maaf bila ada kesalahan, dan sampai jumpa di ulasan – ulasan kami selanjutnya di www.toraccino.id