Teks Ulasan

Teks Ulasan – Sebagai seseorang intelek tentunya kita harus membaca karya-karya ilmiah seperti jurnal, buku, dan karya-karya ilmiah yang lainnya. Ketika kita tengah membaca suatu karya ilmiah tentunya penting bagi kita untuk mengetahui dan juga memahami apa yang dimaksud di dalam karya ilmiah tersebut. Agar kita tidak hanya sekedar membaca, akan tetapi juga memahami nya.

Di sisi lain kita juga bisa mengkomunikasikan sesuatu yang kita dapat dalam karya ilmiah tersebut,  kita bisa Mengkomunikasikannya melalui ruang-ruang diskusi ataupun tulisan-tulisan formal seperti laporan penelitian skripsi tugas akhir ataupun proposal penelitian. Oleh karena itu seorang mahasiswa  perlu  memiliki kemampuan dalam hal mengulas.

Dalam artikel kali ini kami akan menjelaskan dan mengulas mengenai teks ulasan yang meliputi pengertian teks ulasan, tujuan teks ulasan,ciri-ciri teks ulasan, struktur teks ulasan, kaidah kebahasaan teks ulasan, serta Kami juga akan memberikan contoh dari teks ulasan itu sendiri. Jika kamu penasaran dengan teks ulasan tersebut, Mari simak ulasan berikut dengan seksama.

Pengertian Teks Ulasan

Contoh Soal Psikotest
Contoh Soal Psikotest

Teks ulasan merupakan sebuah teks yang berisikan ulasan, review, atau penilaian terhadap sesuatu Karya seperti drama, buku, ataupun sebuah film. Teks ulasan sering juga disebut sebagai teks resensi. Ketika memberikan sebuah ulasan seorang pengulas harus memberikan ulasan yang mengkritik agar berkontribusi ke dalam kemajuan tulisan tersebut.

Sebetulnya teks ulasan ini tidak hanya dituliskan menjadi sebuah tulisan yang formal seperti karya ilmiah, buku, atau tulisan formalinnya. Kamu bisa menuliskan teks ulasan ini menjadi sebuah artikel atau menjadi sebuah bahan untuk di diskusikan bersama dengan kerabat ataupun teman-teman kamu. Teks ini juga bisa di jadikan sebagai teks untuk mengulas sebuah peristiwa.

Teks ulasan juga biasanya disebut sebagai teks review. Sebuah teks ulasan biasanya dituliskan dalam suatu bentuk artikel, Sehingga teks ulasan ini bisa disebut juga sebagai teks artikel ulasan.Teks ini juga memiliki fungsi yaitu untuk menilai, mengajukan kritik dan juga menimbang terhadap suatu karya atau sebuah peristiwa yang telah di ulas.

Tujuan Teks Ulasan

teks ulasan
teks ulasan

Tentunya dalam setiap teks yang ada, Memiliki suatu tujuan ketika membuatnya.  di bawah ini kami akan menjabarkan mengenai tujuan tujuan dari teks ulasan itu sendiri. Yuk mari simak pada paragraf agar tujuan yang di harapkan dari teks ulasan tersebut.

  1. Teks ulasan dibuat untuk menunjukkan suatu pandangan atau pun suatu penilaian dari seorang penulis resensi terhadap suatu karya.
  2. Teks ulasan juga dapat memberitahukan sebuah informasi kepada publik mengenai kelayakan yang dimiliki oleh suatu karya.
  3. Teks ulasan ini juga bertujuan untuk membantu pembaca dalam memahami suatu karya.
  4. Menyampaikan sebuah informasi kepada para pembaca mengenai kelebihan serta kekurangan karya yang diulas atau diresensi.
  5. Tujuan dari teks ulasan ini juga untuk memberikan suatu perbandingan dari karya satu dengan karya yang lainnya , yang sejenis.
  6. Memberikan suatu informasi yang komprehensif mengenai sebuah karya.
  7. Mengajak dan juga memberitahukan sebuah informasi Untuk didiskusikan, dipikirkan, dan juga direnungkan mengenai persoalan yang terdapat di dalam sebuah karya.
  8. Memberikan suatu pertimbangan kepada para pembaca, apakah karya tersebut pantas ataupun tidak untuk dinikmati.
  9. Memudahkan para pembaca untuk mengetahui keterkaitan dari karya satu dengan karya yang lainnya.
  10. Memberikan suatu pertimbangan untuk para pembaca sebelum mereka memutuskan untuk memilih, membeli, atau pun menikmati suatu karya.

Ciri Ciri Teks Ulasan

teks ulasan
teks ulasan

Tentunya setiap teks memiliki sebuah ciri-ciri yang berfungsi agar kita dapat dengan mudah mengenali teks tersebut. Berikut ini kami akan menjabarkan mengenai ciri – ciri yang terdapat di dalam sebuah teks ulasan, yuk mari simak dan pahami paragraf berikut ini :

  • Struktur dari teks ulasan terdiri dari tafsiran rangkuman evaluasi dan juga orientasi.
  • Memuat sebuah informasi berlandaskan dari cara pandang atau opini seorang penulis mengenai suatu produk atau karya.
  • Opini yang dimuat di dalam teks ulasan berlandaskan pada fakta yang diinterpretasikan.
  • Teks ulasan ini juga memiliki nama lain yaitu resensi.

Struktur Teks Ulasan

teks ulasan
teks ulasan

Sebuah struktur diciptakan untuk dapat memudahkan pada saat proses  pembangunan sebuah teks ataupun tulisan sehingga menjadi sebuah teks yang utuh. Teks ulasan memiliki beberapa struktur yang akan kami jabarkan pada bagian yang ada di bawah ini :

1. Orientasi

Orientasi merupakan sebuah bagian yang ditunjukkan sebagai pembuka dalam mengulas suatu  Karya seperti buku, film, ataupun sebuah pertunjukkan drama yang akan diulas. Bagian orientasi ini memberikan informasi mengenai gambaran umum terkait dengan suatu karya yang akan diulas.

2. Tafsiran

Tafsiran merupakan sebuah bagian yang bersisikan deskripsi mendetail tentang suatu karya yang tengah di ulas. Biasanya bagian ini memuat tentang keunikan suatu kaya, bagian – bagian yang menjadi sorotan dari suatu karya, kualitas suatu karya, keunggulan suatu karya, dan lain sebagainya.

3. Evaluasi

Evaluasi merupakan suatu bagian yang cukup penting dalam teks ulasan tersebut, Karena di dalam bagian evaluasi ini berisikan mengenai pandangan dan juga opini yang diberikan oleh seorang pengulas. Evaluasi baru akan dilakukan ketika dirasa tafsiran yang diberikan sudah cukup terhadap suatu karya. Agar nantinya orang lain dapat memiliki evaluasi nya sendiri.

Pada bagian evaluasi ini juga seorang penulis akan memberikan pandangannya mengenai kelebihan dan juga kekurangan yang di miliki oleh suatu karya suatu karya. Seorang pengulas diharapkan untuk memberikan evaluasi berupa kritik yang membangun, agar nantinya dapat mengambil peran dalam meningkatkan tulisan atau karya yang telah di ulas.

4. Rangkuman

Rangkuman adalah suatu bagian yang berisikan kesimpulan dari ulasan yang diberikan untuk sebuah karya. Biasanya pada bagian ini, pengulas akan memberikan pandangan mengenai karya tersebut, apakah karya tersebut berkualitas atau tidak untuk di tonton ataupun di baca oleh seorang konsumen.

Kaidah Kebahasaan Teks Ulasan

teks ulasan
teks ulasan

Tentunya untuk membuat sebuah teks ulasan yang baik kita perlu menggunakan kaidah kebahasaan yang terdapat dalam teks ulasan tersebut. Berikut ini kami akan menjabarkan mengenai kaidah kebahasaan apa saja yang dipakai di dalam teks ulasan tersebut. Mari simak dan pahami Paragraf berikut dengan seksama .

1. Istilah

Istilah merupakan suatu kata atau gabungan dari sebuah kata yang dengan cermat mengungkapkan suatu makna proses, konsep, sifat, ataupun sebuh keadaan yang khas di dalam bidang tertentu. Istilah khusus merupakan suatu kata yang hanya dimengerti oleh orang-orang yang berkecimpung di dalam bidang tersebut.

  • Contoh istilah umum : ikan, bunga, film.
  • Contoh istilah khusus : Gurame, mawar,komedi.

2. Sinonim dan antonim

Sinonim merupakan sebuah kata yang memiliki Suatu bentuk yang berbeda namun terdapat sebuah makna atau arti yang sama di dalamnya. Contoh nya adalah : “Pembicaraan mereka serupa mirip dengan sebuah pembicaraan alam yang ada di dalam adegan film Romeo dan juga Juliet”

Sedangkan antonim merupakan sebuah kata yang berlawanan.

  • Contoh nya adalah : Suka >< TIdak suka

3. Nomina

Nomina biasa juga disebut sebagai kata benda,  nomina adalah ragam kelas kata yang menyatakan nama sebuah tempat, seseorang, ataupun segala benda yang dibedakan.

Nomina ini terbagi menjadi dua buah jenis, yaitu nomina konkret, contohnya : Meja, bola dan buku. Serta nomina abstrak, contoh nya: angin dan fikiran.

Kata benda atau nomina ini juga dibagikan menjadi dua bagian,  yaitu nomina dasar dan juga nomina turunan . Contoh dari nomina dasar itu sepert i: jalan dan rumah . Sedangkan contoh dari nomina turunan itu seperti :  jalanan dan perumahan.

  • Imbuhan : pe – an , – an.

4. Verba atau kata kerja

Herba atau yang biasa juga disebut dengan sebutan kata kerja ini terbagi menjadi dua bagian. Yaitu verba aktif dan juga verba pasif.

Verba aktif merupakan sebuah verba yang subjeknya berfungsi untuk berperan sebagai pelaku atau menunjukkan perbuatan ataupun tindakan. Contoh nya seperti : “Davin memiliki ikan lele”

Sedangkan verba aktif  merupakan suatu verba yang subjeknya memiliki peran sebagai hasil, sasaran tindakan, ataupun penderita. Contohnya seperti : “ Sebuah Film drama Korea kini banyak sekali di tayangkan di channel televisi Indonesia”.

5. Kata ganti

Kata ganti dalam bahasa Indonesia sering juga disebut sebagai pronomina.  pronomina atau kata ganti tersendiri merupakan suatu jenis ragam sastra yang dapat menggantikan sebuah nomina dan juga frasa nomina. Contoh dari kata ganti tersebut adalah sebagai berikut ini :

  • Kata ganti orang = dia, ia, saudara, Ibu, bapak, tuan, dia, nyonya.
  • Kata ganti pemilik = Nya, mu, ku.
  • Kata ganti petunjuk = ini, itu.
  • Kata ganti penghubung = yang.
  • Kata ganti tak tentu = masing-masing, sesuatu, barangsiapa, siapa.

6. Konjungsi

Konjungsi merupakan sebuah kata Tugas atau yang biasa juga disebut dengan kata penghubung,  fungsi dari konjungsi tersebut, menghubungkan atara kalimat satu dengan kalimat lain nya, paragraf satu dengan paragraf lain nya, dan juga kata satu dengan kata yang lain nya. Konjungsi juga sering digunakan dalam mengulas suatu drama ataupun film.

Umumnya konjungsi dapat berupa :

  • Konjungsi koordinatif. contohnya = tetapi, atau, dan.
  • Konjungsi subordinatif. contohnya = agar, sebagai, alih-alih, meskipun, jika, sebab, sesudah, karena, sementara, maka, sebelum.
  • Konjungsi korelatif. contohnya = Maupun… baik
  • Konjungsi antarkalimat. contohnya = disamping itu, selanjutnya, sebaliknya.

7. Preposisi

Preposisi merupakan sebuah ragam sastra bahasa yang berisikan tugas dan berperan sebagai sebuah unsur yang membentuk frasa preposisional. Contoh nya : Pada, ke, di, secara, dari, dari pada, tanpa, dengan,.

8. Artikel

Artikel yang di maksud di dalam kaidah kebahasaan yang ada di teks ulasan ini merupakan sebuah kata tugas yang berfungsi untuk membatasi makna dalam jumlah nomina. Contoh nya : sang, si.

9. Kalimat kompleks dan kalimat simpleks

Kalimat kompleks merupakan sebuah kalimat yang didalamnya memiliki dua verba utama ataupun lebih . Contohnya : “Surti mencuci motor, sedangkan sumi mengelap jendela”

Kalimat simpleks merupakan sebuah kalimat yang hanya memiliki satu verba utama di dalamnya. Contoh nya : “Dina kenyang sehabis memakan roti”

10. Menggunakan ungkapan sebuah perbandingan ( perbedaan / persamaan )

Kaidah kebahasaan yang terdapat di dalam teks ulasan juga menggunakan sebuah ungkapan perbandingan yang bisa berupa persamaan ataupun perbedaan dari suatu kalimat atau kata.

  • Contoh nya :  demikian halnya, dari pada, sebagaimana, sebagainya, berbeda dengan, serupa dengan, seperti halnya, dan seperti.

11. Menggunakan kata kerja relasional dan juga kata kerja material.

Kata kerja relasional merupakan sebuah kata kerja yang fungsinya untuk membentuk predikat suatu nominal ( kata – kata kopulaitf), Dan juga berfungsi untuk memperjelas predikat ( kata kerja bantu ).

Sedangkan kata kerja material yaitu merupakan sebuah kata kerja yang dapat menyatakan suatu kegiatan proses atau fisik. contoh nya seperti : berbicara, minum, makan, membawa, menunggu, melamun, mendengarkan, bertepuk tangan, bertanya, memukul, melebur, dan lain sebagainya.

  • Contoh dari kata kerja relasional yang berperan sebagai kopulatif : disebut, bernama, menjadi, yakni, adalah, yaitu, ialah, merupakan, dan lain – lain nya.
  • Contoh dari kata kerja relasional yang berperan sebagai sebuah kata pembantu : Jadi, pasti, Mungkin, wajib, harap, boleh, bisa, ada, akan, dan lain-lainnya.

Jenis Jenis Teks Ulasan

teks ulasan
teks ulasan

Berdasarkan dengan isi yang terdapat di dalam teks ulasan tersebut, teks ulasan ini terbagi menjadi beberapa jenis.  berikut ini kami akan menjelaskan mengenai jenis-jenis yang ada di dalam teks ulasan tersebut. Yuk mari simak penjelasan berikut ini :

1. Teks ulasan informatif

jenis teks ulasan informatif berisikan mengenai gambaran umum suatu karya, padat dan juga singkat. Teks ulasan atau resensi informatif ini tidak menjelaskan mengenai keseluruhan yang terdapat di dalam suatu karya. melainkan hanya menuliskan hal-hal penting yang terdapat di dalam karya tersebut.

2. Teks ulasan deskriptif

teks ulasan deskriptif merupakan teks ulasan yang berisikan ulasan atau resensi mengenai pendeskripsian terhadap suatu karya. Teks ulasan jenis deskriptif ini biasanya digunakan dalam mengulas suatu karya fiksi agar mendapatkan sebuah gambaran yang jelas tentang penting nya sebuah informasi, menfaatnya, serta kekuatan argumentatif yang di miliki pada sebuah karya

3. Teks ulasan kritis.

resensi atau teks ulasan jenis ini merupakan sebuah teks ulasan dari suatu karya yang diulas secara terperinci dan berlandaskan kepada sebuah metode atau pendekatan untuk sebuah ilmu pengetahuan yang di tentukan.Teks ulasan jenis ini ditulis secara objektif tanpa dipengaruhi oleh pihak manapun dan kritis untuk membangun evaluasi yang lebih terasa.

Contoh Teks Ulasan Film Singkat

Contoh Soal Psikotest
Contoh Soal Psikotest

Tenggelamnya Kapal Van Der Dijk

Orientasi :

Film Tenggelamnya Kapal van der wijck atau yang sering juga di sebut – sebut sebagai TKVDW merupakan sebuah film yang diangkat dan diadaptasikan dari novel roman yang ditulis oleh Buya Hamka. film yang bergenre Romance ini dibintangi oleh artis-artis ternama di antara nya seperti Pevita Pearce Reza Rahardian dan juga Herjunot Ali.

Film Ini pertama kali dirilis pada akhir tahun 2013 tepatnya pada tanggal 13 Desember 2013. untuk saat ini, Jika kamu ingin menyaksikan film tersebut kamu bisa mendownloadnya di berbagai media dikenal internet. film yang disutradarai oleh seorang sutradara terkenal di Indonesia bernama Sunil Soraya ini sukses menjadi film yang cukup laris pada tahun 2013.

Film ini berkisah tentang perantauan yang dilakukan oleh Zainuddin, yang di perankan herjunot ali. Dia melakukan perantauannya dari tanah Makassar ke batipuh, kota padang panjang yang merupakan tanah kelahiran ayahnya. Di kota tersebut ia bertemu dengan hayati ( yang diperankan oleh Pevita Pearce ). Hayati adalah seorang wanita yang menjadi sebuah bunga persekutuan di kota Minangkabau, Tak lama kemudian Zainuddin jatuh hati kepada seorang hayati lalu kemudian dia memberikan kata-kata yang dapat membuat seorang wanita terbawa ke dalam setiap rangkaian kata yang dibuat oleh Zainudin.

Setelah melihat alur alur cerita yang berisikan romantisme di awal film ini penonton akan dihadapkan dengan konflik – konflik yang terjadi pada pertengahan film. Mula-mula konflik yang muncul merupakan konflik yang dihasilkan dari hubungan hayati dan juga Zainuddin, hubungan mereka tidak direstui oleh ninik – mamak serta kepala suku karena dianggap Zainuddin ini bukanlah orang yang mapan .

Lalu kemudian sebelum meninggalkan batipuh, keduanya menuliskan sebuah ikrar setia yang berisikan pernyataan bahwa mereka akan menempuh dan menjalani hidup bersama – sama pada masa mendatang.Namun kenyataan menghantam benda Zainuddin, Iya kemudian kembali bertemu dengan hayati di sebuah pertunjukan Opera, dengan hati yang berdarah-darah. Dikarenakan Zainudin mendapati hayati sedang bersama dengan seorang lelaki yaitu suami dari hayati sendiri. Akhirnya kisah cinta yang dimiliki oleh Zainudin dan Hayati kini berada dalam masa yang sangat berat.

Evaluasi :

Film yang berdurasi dua setengah jam lebih ini mempertontonkan seni artistik dan juga properti – properti seperti pada tahun 1930 an. Akan tetapi suasana yang diberikan oleh film tersebut tidak terlalu membawa kita ke pada zaman itu. Sebuah hal yang sangat terasa ketika adanya satu adegan atau alur cerita yang terkesan lambat dan ada beberapa scene yang sama – sekali tidak menarik. Salah satunya seperti yang bisa kita lihat pada sebuah adegan pada saaat Zainudin dan juga hayati sedang melakukan surat-menyurat . Akibatnya permasalahan yang terjadi seperti kurang kemenarikan film ini dan juga hanya ada beberapa part yang menarik kemudian kembali datar lagi.

Spesial efek yang bisa kita lihat pada saat kapal tersebut tenggelam, begitu sangat terasa biasa saja malah terkesan agak memaksakan. Kita bisa melihat sebuah adegan pada saat kapal Titanic tenggelam yaitu dikarenakan menabrak sebongkah karang, Akan tetapi sangat berbeda dengan Kapal Van Der wicjk ini, yang tidak memiliki alasan jelas mengenai apa yang menyebabkan kapal itu tenggelam.

Rangkuman :

Di luar daripada kekurangan yang kita bahasa di film ini tetap merupakan sebuah film yang cukup menarik untuk dapat kamu tonton. Pemakaian kata-kata yang menarik serta kostum yang apik dari seorang tokoh bernama Samuel Wattimena menjadikan film ini di nobatkan menjadi salah satu film terbaik pada tahun 2013. Karya sastra yang dipakai dalam film ini berisikan sebuah karya sastra puisi yang sangat cocok bila kamu menontonnya dengan keluarga tercinta.

Contoh Ulasan Buku : Karang Setan

Orientasi :

Karang setan merupakan sebuah novel riliskan ke-19 dari sebuah novel berseri  petualangan lima sekawan karya seorang novelis terkenal yang berasal dari inggris bernama Enid blyton. Novel petualangan ini berisikan sebuah kisah dari petualangan yang dilakukan oleh lima sekawan ke sebuah mercusuar milik si utik yang lokasinya tepat berada di atas Karang setan.

Ada sebuah legenda yang mengatakan bahwasanya di tempat tersebut terdapat sebuah harta karun yang tersembunyi di sana. Kemudian lima sekawan itu pun penasaran dan memutuskan untuk melakukan penelitian ke dalam gua, untuk mencari keberadaan harta itu. Karakter yang ada di dalam lima sekawan itu antara lain adalah George, Julian, dick, anne, dan seekor anjing yang bernama Timmy. Berbeda dengan petualangan – petualangan yang pernah mereka lalui sebelumnya. Petualangan yang akan mereka lakukan saat ini akan lebih menarik karena mereka ditemani oleh si utik dan juga monyetnya si iseng

Tafsiran :

Pada awal cerita dari buku ini, Sang penulis menuliskan bahwasanya teman dari ayah nya george, akan mendatangi pondok kirrin untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan. Kedua orang sarjana memiliki satu kesamaan,  yaitu suka bekerja di dalam kesunyian.  pada di kelompok lima sekawan itu juga akan mendatangi tempat tersebut untuk mengisi waktu dari sisa liburan yang mereka miliki.

Karena hal itu tentunya pondok Kirin akan sangat ramai oleh sekelompok anak – anak, terlebih Teman dari Pak quentin tersebut membawa anaknya yang bernama utik dan juga monyetnya yang disebut-sebut sebagai si iseng. Karena kedua sarjana tersebut harus bekerja di dalam keadaan yang sunyi, maka mereka memutuskan untuk memerintah lima sekawan dan juga si utik beserta monyet nya agar berlibur ke sebuah mercusuar yang dimiliki oleh si utik Yang merupakan sebuah hadiah ulang tahun dari ayahnya.

Akan tetapi rupanya, dahulu kala mercusuar tersebut digunakan oleh seseorang yang merupakan pencoleng ulung untuk menyesatkan kapal-kapal yang melintas. Hingga saat ini dua keturunan dari seorang pencoleng tersebut masih mencari tempat tersembunyi yang di gunakan untuk menaruh harta hasil rampasan si pencoleng. Mereka merasa terganggu dengan adanya kehadiran dari kelompok lima sekawan beserta si utik dan juga monyetnya tersebut. Akhirnya kelima Sekawan tersebut beserta utik dan monyet nya dikurung di dalam mercusuar.

Pada bab berikutnya pembaca akan di suguhkan dengan petualangan – petualangan serta tantangan yang menarik dan akan membuat pembaca terkagum – kagum ketika membacanya. Dari mulai bab awal sampai dengan bab akhir buku ini memiliki sebuah cerita yang tersusun rapi  menjadi sebuah kesatuan yang utuh dan saling melengkapi.

Novel ini disajikan dengan bahasa bahasa yang menarik dan lebih apik sehingga membuat pembaca seperti dibawa ke dalam suasana petualangan Lima sekawan tersebut. Kekonyolan yang dimiliki oleh tim isi anjing dan juga keisengan yang dimiliki oleh eh si monyet  membuat novel menjadi lebih menarik. Menurut kami pribadi hanya ada satu kekurangan yang terdapat dalam buku ini,  Akhiran dari cerita petualangan tersebut kurang menarik atau bisa di katakan juga kurang mengesankan.

Namun dikarenakan cara penyampaian yang apik pada buku ini,  yang dilakukan oleh penulis dalam cerita tersebut, Membuat para pembaca seperti terhanyut ke dalam setiap part atau bagian yang disampaikan oleh penulis. Jadi kekurangan yang terdapat di bagian tersebut terkesan seperti angin lalu saja.

Evaluasi :

Meskipun novel ini disebut-sebut sebagai bagian dari seri petualangan lima sekawan, akan tetapi dari novel tersebut sama sekali tidak bersangkut paut dengan petualangan-petualangan yang sebelumnya. Pada dasarnya novel lima sekawan ini merupakan sebuah novel yang memiliki tempat dan juga latar yang berbeda-beda di setiap serinya. Yang menjadi kesamaan dari seri novel tersebut adalah tokoh dari cerita lima sekawan tersebut.

Rangkuman :

Dengan mengesampingkan kekurangan-kekurangan yang terdapat dalam novel ini, novel ini tetap merupakan suatu novel yang menarik dan juga cocok untuk kamu baca di sela – sela waktu luang yang kamu punya. Buku ini berisikan gambaran tentang petualangan yang memiliki banyak sekali tantangan dan juga rintangan. Pesan yang ingin disampaikan dari buku ini yaitu mengajarkan kita untuk bekerja keras, pantang menyerah, dan juga tetap bersemangat dalam situasi dan kondisi apapun.

Akhir kata

Itulah tadi pembahasan dan ulasan kami mengenai sebuah teks ulasan yang berisi review atau ulasan dari sebuah teks. Semoga ulasan kali ini dapat bermanfaat, terimkasih banyak sudah membaca ulasan ini sampai dengan akhir. Sampai jumpa di ulasan – ulasan kami selanjutnya hanya di toraccino.id