Teks Eksposisi

Teks Eksposisi – Jika kamu pernah menemukan sebuah teks yang berisikan ajakan kepada seseorang, mungkin bisa jadi teks tersebut merupakan teks eksposisi. Di karenakan salah satu ciri dari teks eksposisi itu sendiri merupakan kalimat yang menjawab pertanyaan yang meliputi apa, siapa, dimana, kapan, mengapa, dan bagaimana.

Struktur yang ada di dalam teks eksposisi itu sendiri hampir serupa dengan struktur yang ada pada teks opini, yaitu menggunakan 3 bagian penting di dalam nya yang berisikan pernyataan pendapat(Tesis), Argumentasi dan juga penegasan ulang (reinteration).

Pada ulasan kali ini, kami akan membahas mengenai teks eksposisi yang meliputi pengertian nya, tujuan, ciri – ciri, struktur, jenis – jenis, unsur kaidah penulisan, unsur kebahasaan dan masih banyak lagi tentang bagian yang ada di dalam teks eksposisi.

Untuk itu mari simak artikel berikut dengan seksama, agar kamu bisa mendapatkan pengetahuan mengenai teks eksposisi tersebut.

Pengertian Teks Eksposisi

Pengertian Teks Eksposisi

Teks eksposisi merupakan sebuah teks atau paragraf yang berisikan informasi – informasi dan juga pengetahuan yang di suguhkan secara singkat, padat, dan juga akurat. Beberapa orang juga mengatakan bahwa teks eksposisi ini merupakan suatu teks yang di gunakan untuk menyampaikan gagasan / opini berupa ide dari suatu topik. Paragraf dari teks ini bersifat ilmiah atau juga biasa di katakan sebagai non fiksi.

Secara tidak sadar teks ini sering di gunakan dalam hal komunikasi yang kamu lakukan sehari-hari secara lisan mapun tulisan. Contohnya ketika kamu sedang melakukan diskusi dalam forum rapat ataupun seminar, seseorang yang menyampaikan argumen dalam diskusi dan debat pendapat merupakan pengaplikasian dari teks eksposisi.

Sebagai penunjang yang dapat di gunakan untuk memperjelas isi dari teks itu sendiri biasanya di lengkapi dengan grafik, dan juga gambar. Namun tidak jarang juga kamu akan menemukan teks eksposisi yang hanya berisikan tentang uraian langkah-langkah, cara, dan juga proses kerja.

Tujuan teks eksposisi

Tujuan dari teks eksposisi itu sendiri yaitu untuk menjelaskan / menyampaikan sebuah informasi tertentu agar dapat memahami makna atau isi dari suatu hal. Sehingga dengan membaca teks ekposisi, manfaat yang akan pembaca dapatkan adalah bertambahnya ilmu dan juga pengetahuan yang terperinci terhadap suatu hal ataupun kejadian.

Ciri – ciri teks eksposisiTeks eksposisi

Berikut ini merupakan ciri dari teks eksposisi, diantara nya adalah :

  • Singkat dan padat
  • Gaya informasi yang mengajak
  • Penyampaian nya secara lugas dan menggunakan bahasa baku
  • Menjelaskan informasi – informasi terkait pengetahuan
  • Tidak memihak, yang artinya tidak memaksakan kemauan dari penulis terhadap pembaca nya.
  • Teks ini bersifat objectif dan netral
  • Penjelasan nya di sertai dengan data-data yang akurat
  • Fakta digunakan sebagai alat konkritasi dan kontribusi
  • Umumnya menjawab pertanyaan apa, siapa, kapan, dimana, mengapa, bagaimana.

Struktur teks eksposisi

Struktur teks eksposisi

Setiap teks tentunya memiliki struktur teks nya tersendiri, tidak terkecuali dengan teks eksposisi ini. Berikut ini adalah struktur yang ada pada teks eksposisi:

1. Judul

Judul dari teks eksposisi ini umumnya menggambarkan ringkasan singkat mengenai isi yang ada di dalam kalimat itu sendiri. Judul teks hendaknya di tulis secara singkat, menarik, dan sarat akan makna di dalamnya.

2. Pernyataan umum, atau tesis

Bagian pernyataan umum, atau yang biasa di sebut dengan tesis merupakan bagian yang ada pada teks eksposisi, yang berfungsi sebagai perkenalan topik yang ada di dalam teks tersebut, serta menggiring pembaca untuk sependapat dengan substansi yang ada di dalam narasi dari teks ekposisi.

3. Argumentasi atau alasan

Bagian selanjutnya yang ada di dalam teks eksposisi adalah argumen dan alasan. Hal ini dapat menunjang pembahasan atau narasi yang di bawa dalam teks. Tentunya argumen dan alasan tersebut berdasarkan data – data dan juga fakta yang ada.

4. Penegasan ulang pendapat (simpulan)

Pengulangan pendapat ini adalah suatu bentuk penegasan di akhir teks yang di lakukan dengan berdasarkan pada argumen yang sebelumnya telah di sampaikan. Pengulangan ini sebetulnya bersifat pilihan, namun ada baiknya jika pengulangan tersebut di lakukan, untuk menegaskan dan menyimpulkan isi dari teks eksposisi kamu.

Jenis – jenis teks eksposisi

Teks eksposisi
Teks eksposisi juga memiliki beberapa jenis yang perlu kamu ketahui untuk menambah wawasan kamu mengenai teks ini, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut ini.

1. Eksposisi defini

Teks eksposisi defini merupakan suatu paragraf teks atau kalimat yang berisikan definisi mengenai topik tertentu.

Contohnya : Smartphone merupakan alat komunikasi yang banyak di gunakan di era digitalisasi seperti ini.

2. Tes eksposisi proses

Teks eksposisi berikut ini adalah suatu paragraf yang ada di dalam teks eksposisi, yang berisikan maksud dan tujuan tentang adanya sebuah proses pembuatan, cara penggunaan, atau cara melakukan suatu hal.

Contohnya : Kumis kucing merupakan apotek herbal yang memiliki banyak sekali manfaat, salah satunya adalah untuk meredakan batuk. Cara mengolah nya adalah dengan menyiapkan 15 – 20 gram kumis kucing yang di tambah dengan 1 gelas air. Rebus dan airnya di minum dengan rutin selama 3 kali sehari.

3. Teks eksposisi klasifikasi

Teks eksposisi klasifikasi merupakan paragraf yang berisikan mengenai pengelompokan terhadap sesiatu hal.

Contohnya : Berdasarkan sifatnya, sampah bisa di kategorikan menjadi 2 jenis, yaitu organik dan juga anorganik. Anorganik adalah sampah yang tidak mudah membusuk seperti kertas, plastik, dan juga botol. Kemudian sampah organik merupakan sampah yang mudah membusuk seperti sayuran, limbah rumah tangga, daun, dan masih banyak lagi.

4. Teks eksposisi pertentangan

Teks eksposisi pertentangan merupakan teks yang berisikan tentang sesuatu hal yang bertentangan terhadap sesuatu yang lain nya, atau bisa di katakan kontra terhadap hal tersebut.

Contoh : Hukum di indonesia itu di ibaratkan seperti sebuah pisau, yang tajam kebawah, namun tumpul ke atas. Nenek pencuri kayu di penjara 2 setengah tahun. Sedang koruptor di hukum 1 tahun penjara saja, berikut dengan fasilitas yang mumpuni ketika berada di dalam kamar penjara.

5. Teks eksposisi ilustrasi

Teks ekposisi ilustrasi merupakan penggambaran sederhana terhadap suatu hal, yang di maksudkan untuk analogi dari suatu hal yang memiliki kemiripan ataupun memiliki sebuah kesamaan sifat.

Contoh : Kenaikan harga BBM berhasil membuat masyarakat menengah ke bawah menjadi resah. Naiknya harga BBM pula akan mempengaruhi naiknya harga jasa dan barang menjadi melonjak tinggi. Keadaan sepeeti ini mengharuskan masyarakat untuk memutar otak mereka untuk dapat memenuhi kebutuhan sehari hari.

6. Teks eksposisi analisis

Teks eksposisi analisis adalah suatu paragraf yang ada di dalam teks eksposisi yang membagi permasalahan yang ada pada setiap gagasan pokok menjadi sebuah bagian-bagian tertentu. Pada setiap bagian tersebut nantinya akan di kembangkan secara sistematis.

Contoh :Bonus demografi merupakan keadaan dimana suatu negara di penghuni oleh mayoritas masyarakat dengan usia produktif. Dari sisi pendidikan, hal ini merupakan tangtangan untuk mengembangkan sumberdaya masyarakat indonesia. Dari sektor perekonomian merupakan suatu keuntungan jika dapat mengolah nya dengan benar.

7. Teks eksposisi perbandingan

Teks eksposisi perbandingan adalah sebuah paragraf yang terdapat di dalan teks eksposisi. Yang berisikan perbandingan antara suatu hal dengan hal yang lainnya.

Contohnya :Basket merupakan olahraga yang memiliki banyak peminat dan banyak pula penggemarnya. Sedangkan sepak takraw adalah olahraga yang sedikit peminat dengan banyak penggemar.

8. Teks eksposisi berita

Teks eksposisi berita merupakan paragraf yang terdapat di dalam teks news yang berisikan informasi atau berita mengenai sebuah peristiwa dan kejadian tertentu.

Contoh :Para pedagang pasar mengeluhkan terhadap kenaikan harga BBM. Dikarenakan hal tersebut dapat mempengaruhi harga bahan baku yang mereka gunakan. Dengan demikian, para pedagang perlu untuk menyiasati keadaan tersebut dengan mengurangi porsi penjualan nya.

Unsur Kaidah Penulisan Teks Eksposisi

Teks eksposisi
Teks eksposisi merupakan teks yang memiliki ciri kebahasaan ataupun kaidah penulisan nya. Beberapa kaidah yang terdapat di dalam sebuah teks eksposisi adalah sebagai berikut ini. Yuk mari kita simak dengan seksama :

  • Menentukan tema yang akan di sajikan
    Langkah pertama yang mesti kita lakukan dalam membuat teks eksposisi adalah dengan cara menentukan tema nya terlebih dahulu. Dengan menentukan tema dari sebuah teks ini bermanfaat untuk membatasi topik pembahasan yang akan di jabarkan di dalam teks eksposisi tersebut.
  • Menentukan tujuan dari teks eksposisi
    Setelah kamu mendapatkan sebuah tema yang akan di kembangkan menjadi sebuah teks eksposisi. Kamh juga perlu menentukan tujuan dari teks eksposisi tersebut, agar teks nya berisikan substansi dan dapat bermanfaat bagi para pembaca.
  • Memilih data yang sesuai dengan tema
    Setelah menentukan tema dan juga tujuan untuk teks eksposisi, selanjutnya kamu dapat mengumpulkan data-data konkret yang di perlukan terkait dengan tema yang kamu berikan. Data – data tersebut dapat kamu peroleh dari buku, majalah, pencarian di internet, jurnal, surat kabar, ataupun wawancara secara langsung.
  • membuat kerangka karangan
    Sebelum kamu mulai menulis karangan mengenai teks eksposisi, ada baiknya kamu membuat sebuah kerangka teks eksposisi nya terlebih dahulu secara lengkap dan juga sistematis. Kerangka yang bisa kamu gunakan untuk teks eksposisi tersebut sesuai dengan struktural dari kalimat itu sendiri.
  • Pembahasan dengan mengembangkan kerangka karangan
    Setelah kerangka kalian tersusun dengan baik, kamu bisa mengembangkan nya secara lebih lengkap lagi, agar dapat terealisasikan teks eksposisi yang bersifat informatif, objektif dan juga logis. Dalam karangan yang di kembangkan, tentunya kamu perlu memasukkan data – data dan juga fakta, untuk mendukung substansinya.
  • Membuat simpulan
    Setelah membuat karangan teks eksposisi, langkah akhir yang perlu kamu lakukan untuk menyempurnakan teks tersebut adalah dengan cara memberikan kesimpulan di dalam teks ekposisi yang sejalan dengan pembasahan dan juga tema dari teks eksposisi yang kamu buat.

Unsur Kebahasaan Teks Eksposisi

1. Pronomina

Pronomina atau yang biasa di sebut dengan kata ganti merupakan sebuah kata yang berfungsi untuk menggantikan nomina atau frasa nomina. Terdapat 2 pronomina jika kita klasifikasikan, yaitu pronomina persona, dan pronomina nonpersona

  • Pronomina persona adalah sebuah kata ganti yang bisa menggantikan subjek(kata ganti orang) atau persona tunggal. Contohnya seperti : ia, dia, anda, kamu, aku, saudara, -nya, -mu, -ku, si- dan bisa juga persona jamak seperri kita, kami kalian, mereka, hadirin, para.
  • Pronomina nonpersona adalah sebuah kata ganti objek (Bukan kata ganti orang) seperti ini, itu , sini , situ, sana, dan juga pronomina penanya, contoh seperti apa, mana, siapa.

2. Nomina dan verba

Nomina (kata benda)

Nomina meruapakan sebuah kata yang mengacu kepada suatu benda, baik nyata maupun abstrak. Dalam kalimat berkedudukan sebagai subjek, dapat di lihat dari bentuk dan maknanya. Ada yang berbentuk nomina dasar, dan juga nomina turunan. Nomina dasar contohnya seperti gambar, meja, rumah dan pisau, sedang nomina turunan contohnya perbuatan, kekuatan dll.

Verba (kata kerja)

Verba merupakan sebuah kata kerja yang mengandung makna yang mendasar seperti perbuatan, proses, ataupun keadaan yang bukan merupakan sifat. Verba dalam sebuah kalimat biasanya berfungsi sebagai predikat dari sebuah kalimat.

3. Konjungsi (kata penghubung)

Konjungsi atau yang biasa di sebut dengan kata penghubung merupakan sebuah kata yang berfungsi untuk menghubungkan kalimat satu dengan kalimat yang lainnya. Contoh katanya seperti kemudian, lebuh lanjut dan masih banyak lagi. Kata penghubung juga bisa kita gunakan untuk memperkuat argumentasi.

Contoh Teks Eksposisi Beserta Strukturnya

Teks eksposisi

Tesis : pencemaran udara merupakan suatu peristiwa masuknya zat – zat polusi ke dalam sirkulasi udara yang akhirnya menyebabkanbkualitas oksigen menjadi menurun. Pencemaran udara saat ini adalah masalah yang cukup serius yang tengah di hadapi oleh indoensia. Terlebih hutan kalimantan sebagai paru-paru dunia tidak lagi ada.

Argumentasi : Manusia menjadi penyebab utama dan terbesar akan terjadinya pencemaran udara. Manusia pula lah yang menerima dan merasakan dampak buruk dari pencemaran udara tersebut. Hal ini di sebabkan karena masuknya unsur-unsur berbahaya ke dalam atmosfer, seperti karbon monoksida (CO), Nitrogen dioksida(No2), chlorofluorocarbon(CFC) dan lain-lain.

Faktor alami yang bisa menyebabkan pencemaran uadara adalah dengan meletusnya gunung berapi. Meskipun demikian, menurut sebuah penelitian seluruh gunung berapi di indonesia hanya mengeluarkan 0,13 hinga 0,44 ton CO2 pertahun nya. Jumlah ini ternyata tidak sebanding dengan yang di hasilakan oleh manusia.

Melalui pabrik – pabrik dan kendaraan bermotor, manusia berhasil menyumbangkan sekitar 2 miliar ton polusi udara pertahun nya. Pada tahun 2010, berbagai aktifitas manusia telah menghasilkan kurang lebih 35 miliar ton emisi karbon dioksida ke atmosfer bumi.

Penegasan ulang : maka dari itu untuk mengatasi masalah – masalah terkait dengan pencemaran udara, perlu adanya langkah – langkah yang di lakukan sebagai bentuk pengendalian dari pencemaran lingkungan. Langkah-langkah tersebut antara lain adalah, dengan membatasi polusi yang di hasilkan sebuah perusahaan industri, dan lain sebagainya.

Contoh Tentang Berita

Banjir di ibukota.

Tesis : Banjir di ibukota merupakan salah satu masalah besar yang hingga saat ini belum bisa di tangani. Banjir sering kali merusak apa saja yang di lewati nya, seperti rumah, pohon, fasilitas – fasilitas umum, serta benda – benda lainnya. pada umumnya air banjir berwarna kotor karena sudah bercampur dengan limbah.

Argumentasi : banjir terjadi karena manusia lalai dalam menjaga lingkungan nya, dengan seenaknya manusia membuang sampah di sungai tanpa memikirkan resiko dan dampak yang akan terjadi kedepan nya. Hal ini lah yang menjadi salah satu penyebab atas terjadi nya banjir di ibukota jakarta.

Sebanyak 10 Rukun tetangga (RT) terendam banjir di cipinang melayu, makasar, jakarta timur. Akibatnya 25 keluarga terpaksa harus berdiam diri di tenda pengungsian. Menurut lukman selaku kepala desa mengatakan bahwa banjir tersebut telah meredam 2 RW dengan ketinggian mencapai 80 cm.

Penegasan ulang : untuk mengatasi masalah yang terjadi karena banjir tersebut, kita bisa mengatasi nya dengan cara bergotong royong membersihkan sungai – sungai central tempat menumpuk nya sampah. Setelah nya kita perlu menjaga kebersihan sungai dengan salah satu cara untuk tidak membuang sampah ke sungai

Contoh Tentang Pendidikan

Pendidikan karakter

Tesis : Pendidikan merupakan salah satu hal yang sangat penting bagi kita selaku manusia. Peran pendidikan juga dapat menjadikan seseorang memiliki karakter yang sesuai dengan karakter dan juga lingkungan yang di dimilikinya. Dengan tujuan mengubah karakter bangsa, pemerintah merubah kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) menjadi kurikulum 2013. Perubahan tersebut juga dapat membawa pendidikan karakter bangsa indonesia ke dalam sistem pendidikan yang lebih terbaharui.

Argumentasi : Tujuan pendidikan karakter ini untuk menggali potensi diri siswa maupun siswi secara personal. Pendidikan karakter ini sangat penting untuk dapat menggali bakat – bakat tersembunyi pada masing – masing siswa dan siswi. Karena setiap murid pastinya memiliki bakat dan juga kecerdasan yang berbeda – beda.

Siswa yang tidak pandai dalam satu mata pelajaran, bukan berarti ia bodoh, akan tetapi ia pasti memiliki bakat dalam hal lain yang pasti dia punya dengan kemampuan di atas rata – rata. Melalui pembuatan kurikulum baru, pemerintah berusaha untuk mewujudkan karakter bangsa yang di cita-citakan.

Penegasan ulang : pendidikan karakter adalah bekal yang sangat penting untuk siswa dan siswi di masa yang akan mendatang. Seorang siswa perlu memiliki sikap toleransi pada sesama. Dan juga skill yang bisa menunjang kehidupan di masa yang mendatang.

Contoh Ekonomi

Manfaat bursa efek

Tesis : Umumnya pasar modal memiliki peranan yang cukup besar yang dapat meliputi 2 hal, yaitu sebagai tempat berbagi sebuah informasi seputar keadaan yang ada di pasar efek itu sendiri. Serta menjadi tempat untuk mencari informasi terkait sistem dan situasi pinjaman jangka panjang seperti saham juga obligasi.

Argumentasi : Dengan banyaknya perusahaan yang bergerak di lantai bursa, akan memperbaiki perekonomian nasional dengab meningkatnya volume transaksi. Hal ini dapat menyebabkan keadaan sebuah perusahaan memiliki peluang yang besar untuk dapat meningkatkan produktivitas dari adanya pengembangan invesfasi

Penegasan ulang : Masyarakat kini semakin giat untuk meningkatkan kemampuan beli, sehingga kedepan akan menciptakan sebuah lapangan kerja dan produksi yang menjadi pemerataan ekonomi masyarakat Indonesia. Hal tersebut dapat meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi serta kesejahteraan rakyat yang berkecimpung di dalam sektor ekonomi karena sehat nya sebuah konsekuensi logis dari keadaan ini.

Contoh Tentang Alam

manfaat dari kumis kucing

Tesis : Sejak zaman dahulu kala, nenek moyang kita telah mengenal manfaat dari pada alam salah satunya kumis kucing. Kumis kucing adalah jenis tumbuhan apotik hidup yang bisa mengatasi berbagai penyakit seperti menyembuhkan infeksi saluran kemih, mengobati gangguan ginjal, atasi rematik, meredakan batuk, mengobati gusi bengkak, mengontrol kadar gula darah, mengurangi gatal karena alergi, membantu detoksifkasi dan masih banyak lagi.

Argumentasi : Tanaman yang biasa di kenal dengan nama kumis kucing ini memiliki nama latin Orthosiphon Aristatus yang termasuk ke dalam tanaman dari keluarga Lamiaceae. Di indonesia sendiri tanaman ini di percaya sebagai obat alami yang mengandung segudang manfaat untuk kesehatan sampai dengan kecantikan

Tanaman kumis kucing ini mengantung kalium, glikosida, orhosiponon yang baik untuk menurunkan kadar asam urat, fosfor,dam oksalat dalam tubuh kita. Cara yang di pakai untuk mengolahny adalah dengan merebus 4 – 5 lembar kumis kucing dengan segelas air dan di biarkan sampai mendidih. Hasil rebusan tersebut bisa diminum 3 kali dalam sehari

Penegasan ulang : Alam memberikan kita banyak sekali manfaat, salah satu manfaat yang tersedia di alam yaitu banyak nya tumbuhan – tumbuhan herbal seperti kumis kucing ini yang bisa di gunakan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Maka kita harus menjaga keasrian alam tersebut, agar anak dan cucu kita juga dapat menikmati manfaat yang di berikan oleh alam.

Akhir kata

Demikianlah ulasan kami mengenai teks ekposisi yang meliputi pengertian, tujuan, ciri – ciri struktur, jenis, unsur – unsur penulisan teks ekposisi, serta beberapa contoh teks ekposisi yang bisa kamu gunakan sebagai referensi.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat, terimakasih telah membaca artikel toraccino.id, dan sampai jumpa di ulasan – ulasan kami selanjutnya.