Teks Eksplanasi

Pengertian Teks Eksplanasi atau disebut juga teks penjelasan merupakan jenis informasi di mana penulis berupaya menyajikan suatu topik secara jelas dan teratur dengan tujuan agar lebih dapat dipahami oleh pendengar atau pembaca. Ini adalah praktik umum dalam ruang transmisi pengetahuan di mana tujuan untuk mempermudah memahami fakta, fenomena, dan konsep mendasari. Dalam situasi diskursif penjelas terdapat hubungan asimetris antar partisipan sejauh pengirim memiliki akses informasi melalui sumber yang berbeda karena ia ahli dalam hal tersebut, penerima sebaliknya tidak memiliki pengalaman atau akses.

Penting untuk diingat bahwa teks eksplanasi tidak boleh memuat opini pribadi, terutama yang dapat memprovokasi pembaca secara negatif; Beberapa contohnya adalah komentar rasis atau anti-agama atau penghinaan terhadap orang atau perusahaan terkenal. Unsur-unsur ini adalah tipikal teks kuning, karena berupaya menghasilkan reaksi kekerasan di masyarakat, dan merupakan titik awal kontroversi dan agresi verbal yang saat ini terjadi terutama di Internet.

Secara umum, kita dapat menegaskan bahwa pembicara menjelaskan ketika kita yakin ada sesuatu yang kurang jelas atau belum dipahami oleh lawan bicara kita. Saat melakukan tindakan teks eksplanasi, kami melakukan segala upaya untuk mengklarifikasi ide atau konsep yang menawarkan beberapa kesulitan. Kegiatan linguistik-komunikatif kita sehari-hari didasarkan pada fakta bahwa orang lain akan memahami apa yang ingin kita komunikasikan kepada mereka.

Oleh karena itu, upaya teks eksplanasi kita dapat dipahami, ketika melihatnya dari perspektif diskursif, sebagai aktivitas yang bertujuan untuk “membuat orang lain mengerti. Kenyataan, situasi, konsep dimana tuturan pembicara berputar seperti pada contoh (1), dimana melalui reformulasi yang dikenalkan oleh “yaitu” pembicara mencoba membuat dirinya dimengerti oleh lawan bicaranya.

Baca juga: Contoh Soal Psikotes

Tujuan Teks Eksplanasi

Teks Eksplanasi bertujuan untuk menyampaikan informasi dan menyebarkan pengetahuan tentang topik tertentu. Oleh karena itu, mereka dicirikan oleh tampilan data objektif bersama dengan teks eksplanasi yang sesuai. Teks eksplanasi dapat ditujukan kepada masyarakat umum atau sekelompok pembaca dengan minat khusus.

Itulah mengapa dimungkinkan untuk membedakan antara teks informatif (yang menunjukkan berbagai macam orang dan tidak memerlukan pengetahuan sebelumnya tentang subjek yang mereka hadapi) dan teks pameran khusus (yang, mengingat tingkat kompleksitasnya yang tinggi, membutuhkan pengetahuan. dari yang sebelumnya terkait dengan isinya).

Seperti halnya karya tulis yang bersifat informatif, teks deskriptif mengharuskan pengarangnya mengetahui topik yang dikembangkan di dalamnya. Siapa pun yang datang ke ruang baca Anda harus bertemu, yang mungkin berkisar tentang mempelajari suatu subjek atau meneliti masalah yang sangat tepat; tidak mencari visi artistik atau lebih banyak pertanyaan dari yang dia bawa sebelum memulai.

Karena konsumsi teks adalah fenomena yang sangat spesifik dan mudah diidentifikasi, terlepas dari permintaan tambahan yang dibuat kemudian, penting bagi penulis untuk memprioritaskan kepentingan pembaca saat memilih dan mengatur konten. Untuk mendapatkan produk yang secara efektif memenuhi ekspektasi publik, penulis harus memastikan bahwa itu adalah konsep ciptaan yang sesuai.

Struktur Teks Eksplanasi

Struktur teks eksplanasi yang paling umum mencakup berbagai informasi tambahan. Biasanya terstruktur melalui pengembangan presentasi dan kesimpulan. Di akhir membaca, pembaca diharapkan memperoleh pengetahuan baru melalui penyajian topik yang efektif oleh penulis.

Deskripsi mendetail, perbandingan konseptual, contoh, dan definisi adalah beberapa sumber bahasa yang paling sering digunakan oleh sebagian besar penulis jenis teks ini. Adapun format di mana biasanya ditemukan, ensiklopedia, pedoman studi, jurnal ilmiah, artikel surat kabar, dan bahkan aturan main adalah tabel yang ditulis dalam instruksi yang sesuai.

  • Teks eksplanasi biasanya ditulis dalam kurun waktu terbaru dengan bahasa formal to the point yang tidak menyimpang dari topik.
  • Ini menggunakan teks terpisah dengan judul dan subpos untuk membuat teks eksplanasi sederhana dan mudah dimengerti.
  • Tambahkan gambar dan diagram dengan label untuk pelajar visual.
  • Kosakata teknis apa pun yang digunakan harus sesuai dengan glosarium di bagian akhir untuk membantu dengan jargon.

Contoh Cara Menulis Teks Eksplanasi

Bagaimana Es Krim Dibuat?

  1. Campur susu, krim dan gula.
  2. Panaskan campuran untuk membasmi semua kuman.
  3. Tambahkan rasa dan pewarna ke dalam campuran, yaitu pewarna makanan stroberi dan merah muda.
  4. Bekukan dan kocok campuran untuk membuat konsistensi es krim.

Berikut adalah contoh teks prosedur di atas yang telah ditulis ulang dengan teks eksplanasi:
“ Es krim dibuat dengan susu, krim dan gula. Semua bahan dicampur menjadi satu. Kemudian, bahan campuran tersebut dipanaskan untuk membunuh semua kuman. Rasa dan warna ditambahkan berikutnya, es krim rasa stroberi biasanya berwarna merah muda. Campuran tersebut kemudian dibekukan dan dikocok pada waktu yang bersamaan. Ini membuatnya lebih lembut. ”

10 Contoh Teks Eksplanasi

1. Contoh Teks Eksplanasi Tentang Budaya

A. Pernyataan umum tentang Budaya

Indonesia adalah negara yang kaya dengan keanekaragaman daerah, bahasa, pakaian tradisional, budaya dan tradisi, seni tari, seni rupa dll. Salah satu budaya global Indonesia adalah batik. Pada tanggal 2 Oktober 2009, UNESCO menetapkan batik sebagai warisan manusia bagi budaya lisan dan nonkultural yang berasal dari Indonesia karena simbol dan makna filosofis yang mewakili bangsa Indonesia.

Indonesia merupakan negara Asia Tenggara yang banyak orang ingin jelajahi. Dari pemandangan alam yang luar biasa dan Situs Warisan Dunia UNESCO yang menakjubkan hingga kota-kota yang mempesona dan masakan lezat, Indonesia memiliki banyak hal yang ditawarkan. Dengan lebih dari 17.000 pulau di seluruh nusantara, mungkin Anda butuh waktu untuk melihat keindahan asli Indonesia.

Salah satu kekayaan budaya Indonesia yaitu batik. Batik adalah seni yang menjadi lebih populer di Barat. Di Indonesia, batik merupakan bagian dari tradisi kuno dan telah diajarkan selama berabad-abad. Kata batik berasal dari Jawa dan artinya “titik”. Untuk membatik, seorang seniman menggunakan kain sebagai kertas, dan mereka baru saja mulai menggambar lilin panas di atas kain tersebut. Setiap budaya memiliki corak batik tradisional yang berbeda. Sejarah batik sangat ekspresif. Ada banyak teknik yang tersedia bagi seniman untuk mendapatkan kesempatan mengeksplorasi proses unik dengan cara yang menarik.

Bukti dari contoh awal batik telah ditemukan di Timur Jauh, Timur Tengah, Asia Tengah dan India sejak lebih dari 2000 tahun yang lalu. Namun, kemungkinan besar kerajinan tersebut menyebar dari Asia ke pulau-pulau di Kepulauan Melayu dan barat ke Timur Tengah melalui jalur karavan. Mereka dihiasi dengan pohon, binatang, pemain seruling, pemandangan berburu, dan gunung. Indonesia , yang paling populer di pulau Jawa , adalah daerah di mana batik telah mencapai pencapaian terbesar. Ada banyak contoh bentuk batik ini, serta karya produksi tangan di banyak belahan dunia saat ini.

Baca juga: Pengertian Sel Tumbuhan

B. Deskripsi sebab dan akibat

Kata batik berasal dari bahasa jawa “amba” dan “nitic”. Awalnya batik dibuat di atas media daun lontar dan papan rumah adat Jawa. Namun, sejak negara bagian Mazapahit batik ditulis di atas kain putih, itu digunakan sebagai pakaian. Batik menjadi kerajinan berharga yang hanya digunakan oleh keluarga kerajaan. Lambat laun batik mulai dikenal oleh masyarakat luas dan teknik pembuatannya pun semakin beragam.

Ragam corak dan warna batik juga tidak berpengaruh asing. Misalnya pengaruh Arab, yang memilih motif batik hias sebagai seni kaligrafi, penjajah Eropa memilih batik sebagai motif bunga, pengaruh Cina yang memberi motif burung phoenix (firebirds) hingga warna-warna cerah seperti merah, yang India dan memberi pengaruh Persia. Pengaruh motif merak pada batik, Indonesia. Meski demikian, kita masih bisa menjelajahi daerah-daerah yang memelihara batik tradisional yang dilengkapi corak dan motif khusus untuk digunakan dalam tradisi upacara adat.

Untuk membatik, mereka menggunakan kain sebagai kertas, dan mereka baru mulai menggambar lilin panas di atas kain tersebut. Dan mereka bilang kalau kita ulang prosesnya, itu akan lebih berwarna. Untuk langkah pertama, pastikan kain sudah dicuci bersih. Pola batik digambar dengan pensil dan kemudian digambar lagi menggunakan lilin panas. Alat yang paling umum digunakan orang adalah alat musik berbentuk pena yang disebut tjanting.

Setelah kain dikeringkan, area tersebut tetap berwarna aslinya, dan juga menunjukkan pola antara area yang berwarna dan tidak berwarna. Ini memberi mereka pola . Kemudian artis mengulangi proses tersebut sekali untuk setiap warna. Jenis batik yang sangat tradisional , disebut batik tulis, digambar hanya dengan tjanting. Kain harus digambar di kedua sisi dan diberi warnamandi tiga atau empat kali. Prosesnya bisa memakan waktu hingga satu tahun.

C. Penjelasan

Oleh karena itu, seni membatik harus dibanggakan dan dijaga agar tidak ditiru dan diakui oleh negara lain. Selain itu, ragam motif dan warna batik dapat menarik wisatawan mancanegara sehingga dapat meningkatkan perekonomian Indonesia.

2. Contoh Teks Eksplanasi Tentang Sosial

A. Pernyataan umum tentang Sosial

Kemiskinan adalah keadaan dimana seseorang tidak dapat memenuhi kebutuhan dasarnya, seperti pangan, sandang dan papan. Kemiskinan terlibat dalam peristiwa sosial yang terjadi dalam kehidupan masyarakat. Kemiskinan yang meluas akhirnya menjadi masalah negara yang mempengaruhi tingkat kesejahteraan negara.

Selain kekurangan uang, kemiskinan adalah tentang tidak dapat berpartisipasi dalam kegiatan rekreasi; tidak dapat mengirim anak-anak dalam perjalanan sehari dengan teman sekolah mereka atau ke pesta ulang tahun; tidak mampu membayar obat untuk suatu penyakit. Ini semua adalah biaya menjadi miskin. Orang-orang yang hampir tidak mampu membayar makanan dan tempat tinggal tidak dapat mempertimbangkan pengeluaran-pengeluaran lain ini.

Ketika orang dikucilkan dalam masyarakat, ketika mereka tidak berpendidikan tinggi dan ketika mereka memiliki insiden penyakit yang lebih tinggi, ada konsekuensi negatif bagi masyarakat. Kita semua membayar harga untuk kemiskinan. Meningkatnya biaya pada sistem kesehatan, sistem peradilan dan sistem lain yang memberikan dukungan kepada mereka yang hidup dalam kemiskinan berdampak pada perekonomian kita.

Sementara banyak kemajuan telah dicapai dalam mengukur dan menganalisis kemiskinan, Organisasi Bank Dunia melakukan lebih banyak pekerjaan untuk mengidentifikasi indikator untuk dimensi lain dari kemiskinan. Pekerjaan ini termasuk mengidentifikasi indikator sosial untuk melacak pendidikan, kesehatan, akses ke layanan, kerentanan, dan pengucilan sosial.

Tidak ada satu penyebab kemiskinan, dan akibatnya berbeda dalam setiap kasus. Kemiskinan sangat bervariasi tergantung pada situasinya. Merasa miskin di Kanada berbeda dengan hidup dalam kemiskinan di Rusia atau Zimbabwe. Perbedaan antara kaya dan miskin dalam perbatasan suatu negara juga bisa sangat besar.

Terlepas dari banyaknya definisi, satu hal yang pasti; kemiskinan adalah masalah sosial yang kompleks. Tidak peduli bagaimana kemiskinan didefinisikan, dapat disepakati bahwa ini adalah masalah yang membutuhkan perhatian semua orang. Penting agar semua anggota masyarakat kita bekerja sama untuk memberikan kesempatan kepada semua anggota kita untuk mencapai potensi penuh mereka. Itu membantu kita semua untuk membantu satu sama lain.

Deskripsi sebab dan akibat

Banyak faktor yang menyebabkan kemiskinan, pengangguran, rendahnya tingkat pendidikan dan juga bencana alam. Ketidakseimbangan jumlah pekerjaan dengan angkatan kerja usia produktif dapat mengakibatkan pengangguran. Tingkat pengangguran yang tinggi akan menjadi penghambat pembangunan ekonomi negara.
Pendidikan yang lebih rendah juga menyebabkan kemiskinan. Hal ini dikarenakan tidak adanya keterampilan, pengetahuan atau wawasan masyarakat untuk menghasilkan sesuatu yang bernilai. Kurangnya pendidikan membuat masyarakat sulit untuk meningkatkan taraf hidupnya.

Selain kedua faktor di atas, kemiskinan juga menyebabkan bencana alam. Bencana alam seperti banjir, letusan gunung berapi, dan gempa bumi akan mengganggu mata pencaharian sebagian masyarakat. Petani yang gagal menghasilkan pangan akan gagal akibat bencana alam.

Penjelasan

Oleh karena itu, pemerintah perlu melakukan hal tersebut dengan memperhatikan dan mengupayakan pengentasan tingkat kemiskinan. Selain itu, masyarakat juga perlu mengontrol gaya hidupnya agar tidak membuang-buang uang dan membantu orang-orang di sekitarnya yang membutuhkan.

3. Contoh Teks Eksplanasi Tentang Bencana Alam

A. Pernyataan umum tentang Bencana Alam

Letusan gunung berapi merupakan fenomena alam yang disebabkan oleh pengendapan magma yang terdapat di usus bumi. Suatu ketika, magma dan materi lain di perut bumi akan naik ke permukaan bumi melalui pipa-pipa alami yang menjulang tinggi di pegunungan. Gas tersebut akan meledak dengan kekuatan yang besar. Peristiwa ini dinamakan letusan gunung berapi dan menjadi bencana alam paling dahsyat.

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki gunung berapi teraktif di dunia. Beberapa gunung api aktif tersebut adalah Gunung Agung, Gunung Anak Krakatau, Gunung Bromo, Gunung Merapi dan masih banyak lagi.

B. Deskripsi sebab dan akibat

Tanda-tanda yang bisa diperhatikan adalah peningkatan suhu di sekitar gunung sebelum gunung meletus. Hal ini disebabkan tingginya aktivitas magma sehingga terkumpul di dekat permukaan bumi. Mereka yang tinggal di sekitar lereng atau gunung akan merasakan suhu yang menghangat.

Tumbuhan di sekitar gunung juga menjadi panas yang ditimbulkan oleh pergerakan tanah ke atas yang ditimbulkan oleh aktivitas magma. Padahal, tanaman akan langsung mati saat aktivitas magma meningkat. Selain itu, panas juga terjadi yang mengakibatkan hewan-hewan liar lari dari gunung ke kawasan pemukiman. Ini terjadi karena hewan itu merasa tidak nyaman di lantai atas.

Baca juga: Pengertian Surat Dinas

C. Penjelasan

Meski mudah untuk menandakan letusan gunung berapi, gunung berapi tersebut berubah menjadi bencana alam yang berdampak mengerikan bagi kehidupan manusia. Misalnya, letusan gunung berapi dapat menyebabkan pulau-pulau terbelah dan danau terbentuk.

4. Contoh Teks Eksplanasi Tentang Tsunami

A. Pernyataan umum tentang Tsunami

Kata tsunami berasal dari bahasa Jepang yaitu ” tsu ” yang berarti pelabuhan dan “nami” yang berarti ombak atau ombak besar. Selain itu, para ilmuwan sering menyebut tsunami sebagai gelombang pasang ( tidal wave ) atau gempa bumi yang disebabkan oleh gelombang laut ( seismic ocean wave ) .

Pengertian tsunami secara keseluruhan adalah jenis bencana alam yang ditandai dengan gelombang pasang yang tiba-tiba di wilayah pantai. Biasanya, gelombang ini akan terjadi setelah aktivitas guncangan gempa bumi tektonik. Akibatnya, kawasan pemukiman di dekat pesisir juga akan tergenang air dan rusak parah.

B. Deskripsi sebab dan akibat

Pembentukan tsunami terjadi ketika permukaan dasar laut naik dan turun di sepanjang patahan selama gempa bumi. Kesalahan ini mengganggu keseimbangan air laut. Celah yang besar juga akan menciptakan gaya gelombang yang besar. Beberapa saat setelah gempa, air surut.

Setelah surut, air laut kembali ke daratan dalam gelombang besar. Selain itu, terbentuknya tsunami juga disebabkan oleh letusan Gunung Merapi di dasar lautan. Letusan tersebut menyebabkan pergerakan air laut atau perairan sekitarnya yang kuat. Semakin kuat tsunami, semakin parah banjir atau kerusakan pesisir.

Kecepatan gelombang tsunami lebih tinggi dari kecepatan gelombang normal pada umumnya, yang dapat melaju dengan kecepatan hingga 700 km / jam, yang hampir setara dengan kecepatan sebuah pesawat terbang. Kecepatan ini akan berkurang saat gelombang tsunami memasuki laut dangkal, namun ketinggian gelombang akan bertambah. Di Indonesia pernah terjadi tsunami. Salah satu tsunami terbesar terjadi di Aceh pada tahun 2004, dimana bencana tersebut masih dikenang sebagai bencana nasional. Pembentukan tsunami terjadi ketika “wadah samudra” terputus.

Gelombang tsunami biasanya setinggi 50 sampai 100 meter dan menyebar ke segala arah. Selain itu, bentuk pantai dan kedalamannya juga mempengaruhi ketinggian gelombang tsunami. Gempa di dasar laut bisa menimbulkan tsunami yang berbahaya bagi manusia.

Gangguan ini disebabkan oleh dinamika fluktuasi air laut dengan sesar pada saat gempa bumi. Patahan tersebut menyebabkan daya riak yang cukup besar sehingga menyebabkan terganggunya keseimbangan air samudera. Tak lama setelah gempa, air kembali terisi. Namun air laut kembali ke dataran dalam bentuk gelombang yang sangat besar.
Letusan gunung berapi juga bisa terjadi Letusan yang terbentuk karena tsunami mampu menggerakkan air dalam jumlah besar sehingga menghasilkan tsunami yang masuk di sekitarnya. Padahal, jika letusan gunung berapi menyebabkan longsor di lautan, ternyata bisa menimbulkan tsunami yang dahsyat bagi manusia.

C. Penjelasan

Tsunami memang menjadi salah satu bencana yang menimbulkan kerugian yang sangat besar bagi manusia. Kerusakan terbesar terjadi ketika tsunami melanda daerah-daerah berpenduduk, merenggut segalanya.

Tsunami sebenarnya telah menjadi salah satu bencana alam yang menimbulkan banyak kerusakan dan banyak korban jiwa yang tidak sedikit jumlahnya. Oleh karena itu, kita harus selalu waspada dan mempersiapkan diri menghadapi bencana. Pemerintah perlu menyediakan peralatan yang cukup canggih untuk dapat menunjukkan bahwa getaran dapat menimbulkan tsunami.

Oleh karena itu, kita harus selalu waspada dan bersiap menghadapi bencana ini. Namun, kita tidak perlu terlalu khawatir karena tidak semua tsunami membentuk gelombang besar. Selain itu, tidak semua letusan gunung berapi atau gempa bumi disertai dengan tsunami.

5. Contoh Teks Eksplanasi Tentang Longsor

A. Pernyataan umum tentang Longsor

Longsor adalah bencana alam yang disebabkan oleh perpindahan massa batuan atau tanah dengan jenis dan tipe yang berbeda ke arah dataran rendah. Umumnya longsor sering terjadi di daerah perbukitan, perbukitan, lereng terjal atau bebatuan yang menyebabkan hilangnya fungsi akar pohon karena tanah tetap utuh.

Secara umum ada dua faktor penyebab longsor, yaitu faktor pendorong dan faktor pemicu. Faktor pendorong adalah faktor yang mendorong material untuk bergerak. Faktor pemicunya adalah faktor yang menyebabkan materi berpindah secara alami atau ke tangan makhluk hidup lainnya.

B. Deskripsi sebab dan akibat

Di beberapa daerah di Indonesia sangat rawan longsor. Curah hujan yang cukup tinggi membuat lahan tidak bisa menyesuaikan jumlah masuknya air. Akibatnya air menyebabkan perubahan tekstur tanah sehingga licin sehingga mempercepat pergerakan tanah lebih cepat. Selain itu, tanah akan mengalami proses pelapukan akibat adanya perubahan struktur tanah menjadi lantai tanah.

C. Penjelasan

Untuk menghindari longsor, penyerang tidak bisa menebang pohon dengan cara menebang. Pasalnya, akar pohon membantu dalam hal penyerapan air hujan untuk mengurangi terjadinya longsor.

6. Contoh Teks Eksplanasi Tentang Curah Hujan

A. Pernyataan umum tentang Hujan

Hujan adalah fenomena di mana butiran jatuh dari atmosfer, air datang ke permukaan bumi. Tetesan air berasal dari sungai, laut, atau limbah yang menguap ke atmosfer dan mendingin ke permukaan bumi. Selain itu, hujan merupakan fenomena alam yang tidak dapat dihindari dan diantisipasi. Terkadang hujan sangat deras dan deras, atau hanya gerimis.

B. Deskripsi sebab dan akibat

Peristiwa hujan terbantu oleh sinar matahari, dimana cahaya membantu menguapkan air laut, air sungai dan lain-lain. Proses penguapan menghasilkan uap yang berhembus dan mengapung di udara sehingga terjadi kondensasi. Kondensasi adalah proses mengubah uap air menjadi cair dalam bentuk gas. Proses ini dikenal sebagai pembentukan awan.
Awan akan berhembus bersama udara Suhu atmosfir bumi rendah. Akibatnya uap air terbentuk menjadi tetesan air yang terbentuk di awan. Ketika jumlah tetesan air menjadi sangat besar, itu menjadi tidak mampu menopang awan, sehingga tetesan air jatuh pada saat hujan.

C. Penjelasan

Hujan menjadi hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Dalam berbagai lapisan masyarakat, curah hujan sangat dibutuhkan untuk pembangunannya, seperti pertanian, perikanan, perkebunan dan lain sebagainya. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa hujan menjadi berkah dan berkah diserahkan kepada manusia di muka bumi.

7. Contoh Teks Eksplanasi Tentang Sampah

A. Pernyataan umum tentang Sampah

Sampah merupakan bahan sisa yang berasal dari hasil kegiatan manusia yang keberadaannya sangat mengganggu kelestarian lingkungan. Jenis sampah ada dua yaitu sampah organik dan sampah anorganik.

Sampah organik merupakan sampah yang mudah terurai dan terurai sehingga dapat dimanfaatkan sebagai pupuk. Jenis sampah ini berasal dari sayur mayur, daun kering dan sisa makanan. Sedangkan sampah anorganik merupakan sampah yang membutuhkan waktu lama untuk terurai. Sampah anorganik tersebut mudah ditemukan pada barang-barang seperti botol plastik, kertas bekas, karton, kaleng bekas, dll.

B. Deskripsi sebab dan akibat

Sampah yang terlibat dalam acara sosial sering dijumpai di lingkungan masyarakat. Keberadaan sampah seringkali dianggap biasa dan remeh oleh sebagian orang. Padahal, jika dibiarkan sampah yang tidak terkontrol akan menumpuk dengan cepat dan mengganggu kesehatan dan kenyamanan lingkungan. Padahal, efek yang ditimbulkan oleh sampah sangat beragam. Dimulai dengan bau tak sedap, pencemaran lingkungan, banjir dengan penyakit.

C. Penjelasan

Masalah sampah kini semakin sulit, masyarakat akan melestarikan lingkungan yang jauh karena kurangnya kesadaran. Padahal, ada beberapa jenis sampah yang bisa diatasi dengan daur ulang. Namun, tindakan penanggulangan dianggap kurang efektif mengingat berton-ton limbah dihasilkan oleh sebuah ladang setiap hari.

Oleh karena itu, perlu dilakukan tindakan untuk mengatasi masalah sampah yang dapat dicegah (preventif). Ada beberapa karya tersebut yang mengurangi penggunaan sampah plastik dalam kehidupan sehari-hari, bukan membuang sampah atau sungai dan masih banyak lagi.

8. Contoh Teks Eksplanasi Tentang Pengangguran

A. Pernyataan umum tentang Pengangguran

Pengangguran adalah istilah yang diinginkan untuk orang yang tidak memiliki pekerjaan, sedang mencari pekerjaan, atau tidak memiliki penghasilan. Pengangguran merupakan salah satu bentuk fenomena sosial yang diangkat sebagai isu nasional di suatu negara.

Setiap pilpres di Indonesia, isu ini kerap menjadi perbincangan hangat dengan berbagai solusi yang dinilai efektif, seperti memberikan pelatihan kerja bagi usia produktif, membuat proyek magang, menggalakkan program vokasi di masing-masing daerah. Namun, angka pengangguran terus meningkat setiap tahunnya.

B. Deskripsi sebab dan akibat

Banyaknya alasan terjadinya pengangguran, yaitu jumlah pekerja yang tidak diimbangi dengan jumlah lapangan kerja yang tersedia, perkembangan teknis, pendidikan yang kurang, PHK di suatu perusahaan, dll.

Akibatnya, banyak dampak yang akan muncul akibat pengangguran, seperti masalah ekonomi dan sosial yang dirasakan individu. Mereka yang mengalami pengangguran pada akhirnya akan kesulitan untuk mencukupi karena tidak mendapatkan penghasilan.

Selain itu, dampak sosial yang dirasakan akibat pengangguran adalah semakin banyaknya tindak pidana yang menyebabkan semakin banyaknya jumlah tuna wisma bahkan kekacauan lainnya.

C. Penjelasan

Untuk itu, pemerintah harus melakukan banyak hal dan mengambil tindakan untuk mengatasi masalah pengangguran. Beberapa dari tugas ini menghasilkan banyak lapangan kerja dan meningkatkan lulusan sarjana dengan memberikan keterampilan yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja.

9. Contoh Teks Eksplanasi Tentang Kebakaran Hutan

A. Pernyataan umum tentang Hutan

Kebakaran hutan adalah bencana alam. Pembakaran skala besar dapat menyebabkan perubahan ukuran hutan. Hutan yang dianggap dihuni berbagai tumbuhan dan hewan ini telah hangus karena adanya hutan yang mengelilingi hutan.

B. Deskripsi sebab dan akibat

Ada dua faktor penyebab terjadinya kebakaran hutan ini yaitu faktor alam dan faktor manusia. Faktor alam ini biasanya disebabkan oleh kemarau panjang yang menimbulkan percikan api. Juga, jika hutan penuh dengan tanah gambut yang mudah terbakar.

Selain itu, faktor manusia juga menjadi penyebab terjadinya kebakaran hutan. Perilaku manusia yang ceroboh atau sengaja melakukan tindakan yang mengakibatkan kebakaran hutan, seperti membuang puntung rokok, membakar hutan untuk membuka lahan baru, dan melakukan penebangan liar.

C. Penjelasan

Indonesia adalah negara yang sering mengalami kebakaran. Sebagian besar penyebabnya adalah kurangnya kesadaran dan kepedulian kita terhadap alam. Perkembangan berbagai industri membutuhkan lahan baru yang menjadi penyebab terjadinya kebakaran hutan. Padahal, kita harus melestarikan hutan yang berperan sebagai paru-paru dunia.

Baca juga: Contoh CV Lamaran Kerja

10. Contoh Teks Eksplanasi Tentang Banjir

A. Pernyataan umum tentang Banjir

Banjir adalah situasi di mana suatu daerah membanjiri terlalu banyak air. Ada juga yang mengatakan bahwa banjir adalah akibat aliran air dengan volume tinggi yang tidak dapat tertampung oleh sungai, laut, atau danau, sehingga mencapai daratan.

Kota Jakarta selalu dilanda banjir setiap tahunnya. Banjir adalah suatu keadaan dimana tanah tidak dapat menyerap air sepenuhnya, sehingga air yang tergeletak di atas tanah menjadi tergenang. Air yang tergenang dapat membanjiri benda atau material di bawahnya. Secara umum, banjir dapat menggenangi rumah, belum lagi korban jiwa.

Banjir di kota Jakarta tidak lagi mengejutkan. Kondisi ini memaksa masyarakat untuk selalu siap menghadapi banjir kapanpun dan dimanapun. Bencana ini bisa terjadi di perkotaan atau pedesaan. Banjir akan merusak sarana dan prasarana yang terdapat di perkotaan. Selain itu, banjir akan menyebabkan hilangnya lahan pertanian dan pemukiman penduduk.

B. Deskripsi sebab dan akibat

Ada dua faktor yang memproduksinya, yaitu faktor alam dan faktor sosial. Faktor alam yang menyebabkan banjir seperti curah hujan yang tinggi di suatu daerah membuat aliran sungai tidak mampu menampung sampah air yang masuk. Alhasil, air sungai mengalir hingga airnya tenggelam ke tanah.

Selain itu, faktor sosial adalah aktivitas manusia yang membuang sampah ke sungai sehingga menyebabkan banjir. Sebab, sampah yang menumpuk membuat daya tampung sungai semakin kecil. Selain itu, banjir juga bisa terjadi akibat ulah manusia yang telanjang akibat ulah manusia yang melakukan penebangan liar. Dengan demikian, fungsi akar pohon sebagai penyerap air tidak dapat digunakan sehingga daerah resapannya hilang dan air berpindah ke pemukiman penduduk.

Banjir di Jakarta yang merupakan kota yang sibuk menyebabkan terhambatnya kegiatan sosial kemasyarakatan, dan jika berlangsung dalam waktu yang lama akan mengakibatkan kerugian ekonomi dan menimbulkan berbagai penyakit dan parasit. Bukan hanya karena curah hujan yang lumayan besar dan berkepanjangan, banjir di Kota Jakarta sendiri disebabkan oleh beberapa aspek yaitu sistem irigasi yang buruk dan saluran air yang tersumbat.

Sistem irigasi yang buruk di sini dapat dijelaskan dengan tertutupnya permukaan tanah yang dapat menyerap air, karena struktur yang menutupi tanah menggunakan semen, sehingga air tidak dapat terserap. Sebagian besar wisma warga Jakarta dilapisi semen atau batu paving, sehingga saat hujan, air mengalir ke bagian bawah atau sekadar tergenang.

Aspek asli juga dipertegas dengan aspek kedua, yaitu saluran air yang mampet dengan sampah khusus. Sampah yang tidak ditangani dengan baik akan berakhir di saluran pembuangan atau sistem saluran pembuangan. Seiring berjalannya waktu, puing-puing di saluran air ini akan terkubur, dan saat hujan deras, air hujan yang harus melewati saluran tidak bisa lagi mengalir karena terhalang oleh puing-puing tersebut. Selain itu aliran air hujan yang terus turun setelahnya akan menyebabkan genangan yang terus bertambah dan terjadi banjir. Sebenarnya masih banyak aspek lain yang menjadi pemicu banjir, namun kedua aspek tersebut sangat dominan.

C. Penjelasan

Oleh karena itu untuk mengantisipasi kejadian banjir di wilayah kita adalah untuk menjaga kelestarian lingkungan mulai dari hal-hal kecil dan sederhana, bukan melalui sungai atau saluran air dengan sampah, menjaga kebersihan lingkungan rumah, bukan mengeksploitasi hutan, dan lain sebagainya.

Baca juga lainnya mengenai Teks Cerita Fantasi dan Contoh Sinonim, di artikel tersebut dijelaskan secara lengkap mulai dari awal hingga akhir.

Akhir Kata

Baiklah berikut tadi merupakan penjelasan Informasi seputar teks eksplanasi. Semoga artikel ini dapat membantu kamu untuk menambah wawasan tentang teks eksplanasi. Penulis juga ingin mengucapkan banyak terimakasih kepada kalian pengunjung setia blog ini, dan sampai jumpa pada artikel selanjutnya hanya di www.toraccino.id