Download Subtitle Indonesia

Menonton film asing tidak bisa lepas dari kebutuhan akan subtitle. Sayangnya, tidak semua film yang ingin ditonton sudah ada subtitle Indonesia di dalamnya. Jika membuat subtitle sendiri tidak memungkinkan, maka pilihannya adalah mendownloadnya di situs yang kredibel.

Mendownload subtitle Indonesia tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Kamu harus memastikan situs yang menyediakannya memang cukup aman. Selain itu, file subtitle yang disediakan harus nyambung dengan tata bahasa yang baik. Lalu, apa saja situs download subtitle Indonesia yang paling direkomendasikan?

Nah, dibawah ini merupakan situs download subtitle indonesia terbaik 2021 yang toraccino rekomendasikan buat kalian yang ingin mengubah bahasa asing ke bahasa Indonesia. Ok langsung saja, silahkan gunakan situs download subtitle yang populer dan aman digunakan.

Rekomendasi Situs Download Subtitle Indonesia

1. Moviesubtitles.org

Moviesubtitles.org

Situs mendownload subtitle film ini memang sudah cukup populer. Salah satu keunggulannya adalah menyediakan banyak pilihan bahasa. Fitur pencarian di dalamnya akan memudahkan kamu menemukan subtitle baru.

Website ini akan memunculkan secara otomatis rekomendasi teratas dari subtitle yang dicari. Kamu bisa memilih subtitle yang paling banyak dicari oleh pengguna.

2. Open Subtitles

Open Subtitles

User interface yang disediakan mungkin akan mengingatkan kamu pada sebuah forum. Namun, tampilannya termasuk mudah dimengerti dan ramah untuk pengunjung website. Jangan lupa menyediakan aplikasi pihak ketiga berupa VPN untuk mengunduh subtitle di situs ini.

Koleksi subtitle yang ada di dalamnya mencapai ribuan. Kamu juga bisa lebih mudah menemukannya melalui fitur pencarian yang disediakan. Pengguna bisa memilih subtitle dengan bahasa apa yang dibutuhkan.

Tidak perlu khawatir, Open Subtitles termasuk website yang cukup rajin melakukan update koleksi subtitle di dalamnya.

3. Subtitles.hr

Subtitleshr

Subtitles.hr sudah cukup populer sebagai tempat mendownload subtitle video dan film dari berbagai bahasa. Termasuk subtitle Indonesia yang sedang kamu cari untuk menonton film favorit. Menariknya, koleksi subtitle film yang disediakan juga cukup lengkap.

Terdapat subtitle film Jepang dan anime yang cukup beragam. Tampilan situsnya sendiri cukup ringkas sehingga kamu tidak akan kesulitan menemukan subtitle yang dicari. Tidak ada pop up iklan-iklan yang bermunculan sehingga tidak akan mengganggu.

Website ini akan mengurutkan berbagai jenis subtitle dengan baik berdasarkan alfabet tertentu. Jadi, pengguna akan lebih menghemat waktu untuk menemukan subtitle yang dimaksud.

4. iSubtitles.org

iSubtitles.org

iSubtitles.org menyediakan kumpulan subtile film dari berbagai genre. Kamu bisa mengunduh berapapun subtitle yang dibutuhkan secara gratis. Tampilannya pun sangat sederhana tanpa banyaknya iklan yang muncul.

Terjemahan dari subtitle pun cukup baik sehingga membantu kamu memahami sebuah film dan serial TV.

5. SubsDog

SubsDog

Bagi kamu yang suka menonton film Thailand, SubsDog menyediakan kumpulan subtitlenya secara lengkap. Tidak hanya itu, terdapat pula subtitle anime Jepang dan film barat. Proses pengunduhan cukup mudah dilakukan karena interface yang ringkas dan tidak membingungkan.

Kamu tinggal mengetikkan judul film di kolom search saja. Setelah itu, kumpulan subtitle yang dicari akan muncul. Untuk tampilannya sendiri, tidak banyak iklan di dalamnya sehingga tidak akan menganggu.

Background website bertema gelap yang digunakan membuat pengunjungnya lebih nyaman dan betah berlama-lama.

6. Island Fansubs

Island Fansubs

Island Fansubs menyediakan subtile terbaik dari berbagai jenis film. Pada dasarnya, situs ini memang dirancang khusus bagi mereka yang mencari subtitle berbahasa Indonesia. Melalui situs ini, kamu juga bisa menemukan subtitle drama korea maupun serial Asia lainnya.

Bagi yang senang menonton serial film barat, situs ini juga menyediakan subtitlenya dan cukup lengkap. Tampilannya yang cukup ringkas dan minim iklan menjadi keunggulan dari situs ini.

7. Subscene.com

Subscene com

Subscene.com bisa menjadi pilihan yang tepat jika kamu tahu nama atau judul film yang dicari subtitlenya. Tersedia menu filter yang akan memudahkan penggunanya mencari subtitle film favorit. Untuk menggunakan fitur ini, klik edit pada bagian atas website.

8. Subs4free

Subs4free

Sesuai dengan namanya, situs ini akan menyediakan subtitle secara gratis untuk setiap pengunjungnya. Kumpulan subtitle film dan serial TV di dalamnya cukup lengkap sehingga banyak digunakan.

9. Podnapisi

Podnapisi

Sedang mencari subtitle film atau drama sulit dicari? Mungkin situs Podnapisi ini bisa menjadi solusi yang tepat. Database subtitle di dalamnya terus diperbarui sehingga semakin lengkap. Tak heran potensi pengunjungnya menemukan subtitle memang semakin besar.

10. DivXSubtitles

DivXSubtitles

Website ini cukup mudah dipahami karena akan menampilkan detail dan informasi penting untuk setiap subtitle yang ditambahkan. Kamu akan melihat tanggal rilis, judul film, uploader, dan bahasa yang digunakan pada subtitle.

Melalui data-data tersebut, kamu akan lebih mudah memilih subtitle terbaik untuk film yang ingin ditonton.

Tips Download Subtitle Indonesia di Film

Jika kamu sudah menentukan website subtitle mana yang hendak dipilih, kini saatnya mendownload subtitle film yang dicari. Mungkin bagi pemula akan sedikit kesulitan ketika mendownload subtitle film. Agar lebih mudah melakukannya, berikut beberapa tips mendownload subtitle film.

1. Perhatikan Format File Film

Perhatikan Format File Film

Tips pertama dan penting untuk diingat adalah pastikan format file film sudah sesuai dengan subtitle yang akan didownload. Hindari mendownload subtitle sebelum muncul tab berisi database subtitle film yang dicari. Jika sembarangan mendownload, bisa jadi link tersebut merupakan malware.

2. Sesuaikan Kompatibilitas Subtitle

Sesuaikan Kompatibilitas Subtitle

Jika jendela berisi database subtitle sudah ditampilkan, maka selanjutnya kamu bisa memilih subtitle sesuai kebutuhan. Kebanyakan uploader akan menamai subtitle yang mereka unggah dengan keterangan kompatibilitas.

3. Pilih Cara Download Subtitle

Pilih Cara Download Subtitle

Terkadang situs download subtitle juga akan memberikan opsi untuk mendownload subtitle secara otomatis atau manual. Kamu bisa memilihnya sesuai kebutuhan atau koneksi jaringan yang ada.

4. Ganti File yang Corrupt

Ganti File yang Corrupt

Jika sudah mendownload subtitle film yang dicari namun ternyata corrupt, solusinya adalah mencari subtitle yang lain. Jadi, tidak bingung ketika mendapati subtitle yang tidak sesuai timing atau error. Memang kendala seperti itulah yang umum dialami pecinta film yang ingin download subtitle gratis.

Cara Memasukkan Subtitle Film atau Video

1. Menggunakan Opsi Rename File

Metode ini dilakukan dengan menyesuaikan nama file film dan subtitle yang hendak dipakai, berikut langkah-langkahnya.

  • Langkah pertama, pastikan kamu sudah menyediakan film/video yang hendak dimasukkan subtitle ke dalamnya.
  • Buat satu folder untuk menempatkan subtitle film terkait.
  • Pada tahap ini, kamu harus menyesuaikan antara nama film dengan subtitlenya. Jadi hal yang membedakan adalah ekstensinya

Pada tahap ini, kamu harus menyesuaikan antara nama film dengan subtitlenya. Jadi hal yang membedakan adalah ekstensinya

Contoh:

Mission.Impossimble.10.720p.BluRay.x264.998MB-PAHE.in.mkv

Mission.Impossimble.10.720p.BluRay.x264.998MB-PAHE.in.srt

Ingat, yang perlu disesuaikan adalah nama filenya, bukan ekstensi yang digunakan. Apabila ekstensi berupa .mkv, .srt, dan sebagainya diubah maka file tersebut jadi tidak bisa dibuka.

2. Menggunakan Opsi Drag File Subtitle

Metode ini dikenal lebih mudah karena film dan subtitle tidak selalu harus satu folder.Kamu juga bisa drag dari file WinRar jika belum diekstrak. Berikut langkah-langkah memasukkan subtitle dengan metode drag file.

  • Pastikan kamu sudah menyiapkan file film dan subtitle yang hendak dimasukkan.
  • Buka file film lalu drag file subtitle ke dalam video player. Jika file subtitle masih berada di dalam WinRar, kamu juga bisa melakukan drag dengan cara yang sama. Bisa juga jika ingin mengekstraknya terlebih dulu.

Buka file film lalu drag file subtitle ke dalam video player

  • Selesai, subtitle film pun akan muncul dan kamu bisa menikmatinya.

3. Menggunakan Video Player

Metode berikutnya bisa dilakukan dengan menampilkan subtitle melalui video player yang kamu gunakan .

  • Buka file film menggunakan video player yang ada di perangkat kamu.
  • Klik kanan video player lalu pilih menu
  • Pilih Subtitle Exprorer

Pilih Subtitle Exprorer

  • Selanjutnya, klik ikon Folder atau Open.
  • Pilih file subtitle yang sesuai dengan film yang sedang diputar.

Jika kamu menggunakan laptop atau komputer, aplikasi video player yang bisa digunakan misalnya VLC Player, Media Player Classic, dan GOM Player.

Cara Membuat Subtitle di Laptop/Komputer

Jika kamu memiliki skill bahasa asing dan ingin membuat subtitle sendiri, kenapa tidak? Salah satu aplikasi yang bisa digunakan adalah Notepad yang tentunya ada di hampir semua laptop Windows. Untuk lebih jelasnya, simak beberapa cara membuat subtitle di laptop/komputer berikut ini.

1. Menggunakan Notepad

Seperti yang diketahui , Notepad merupakan aplikasi yang secara default sudah ada di setiap laptop Windows. Dibutuhkan kesabaran dan ketelitian jika ingin membuat subtitle menggunakan aplikasi ini.

  • Pada baris pertama Notepad, ketikkan angka 1.
  • Setelah itu, klik Enter untuk membuat baris berikutnya.
  • Masukkan waktu subtitle akan dimulai menggunakan format jam:menit:detik:milidetik. Contohnya 00.01.20.00.

Masukkan waktu subtitle akan dimulai menggunakan format

  • Tekan Enter kembali untuk membuat baris baru.
  • Masukkan subtittle di bawah format waktu yang sudah ditentukan.
  • Ulangi langkah-langkah di atas secara berurutan sampai semua bagian subtitle selesai dimasukkan.

Ulangi langkah-langkah di atas secara berurutan sampai semua bagian subtitle selesai dimasukkan.

Lakukan langkah-langkah di atas sambil menonton filmnya agar lebih akurat. Selain itu, beri jarak satu baris enter agar subtitle berikutnya bisa tertata dengan rapi.

2. Menggunakan Aegisub

Aegisub merupakan software yang memungkinkan kamu membuat subtitle dengan font  yang lebih mudah dibaca. Jadi, bentuk fontnya tidak seperti yang ada di Notepad yang mungkin tidak terlalu enak dilihat.

Selain itu, kamu juga bisa memberikan warna sesuai keinginan pada subtitle. Ukuran aplikasi ini cukup ringan untuk diinstall di laptop. Penggunaannya juga gratis tanpa biaya apapun.

Fitur preview di dalamnya akan membantu pengguna dalam proses mengedit. Dengan demikian, kesalahan dalam proses membuat subtitle bisa diminimalisir. Untuk lebih jelasnya, berikut langkah-langkah membuat subtitle di laptop menggunakan Aegisub.

Buka File Video/Film

Buka File Video Film

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuka file film, caranya dengan klik menu Video lalu Open Video. Selanjutnya, cari dan pilih file film yang ingin dibuat subtitle di dalamnya.

Mengatur Tampilan

Mengatur Tampilan

Langkah berikutnya adalah menentukan tempat dimana kamu akan mengatur tampilan warna, gaya font, dan ukuran dari subtitle. Jadi, kamu bisa mengatur teks subtitle dengan leluasa sesuai keinginan. Namun, tetap pastikan subtitle tersebut nyaman dan enak dibaca.

Cara mengatur tampilannya adalah dengan klik menu Subtitle lalu pilih opsi Styles Manager. Pada menu tersebut, kamu bisa mengatur tampilan font subtitle dengan mudah.

Mulai Mengetik Subtitle

Mulai Mengetik Subtitle

Pada tahap ini, kamu sudah mulai mengetikkan subtitle. Caranya adalah dengan memilih menu Audio Box. Jika ingin memisahkan garis subtitle, kamu tinggal memasukkan \N agar lebih rapi. Jika subtitle sudah diketikkan semuanya tekan Enter atau tombol Commit untuk menyimpannya.

Menyimpan Hasil Akhir Subtitle

Menyimpan Hasil Akhir Subtitle

Tentunya kamu perlu menyimpan hasil akhir pembuatan subtitle film,. Caranya tinggal klik menu File lalu pilih Save Subtitle atau dengan menekan shortcut Ctrl+S.

Memasukkan file subtitle Indonesia ke dalam film yang belum ada subtitlenya memang merupakan tantangan tersendiri. Mungkin kamu akan sedikit bingung ketika pertama kali melakukannya. Namun, setidaknya ulasan toraccino.id di atas akan membantu agar kamu bisa segera menonton film favorit.