Sound Of Text Whatsapp

Sound Of Text Whatsapp – SoundOfText Nada dering Whatsapp kini sedang viral di media sosial karena tool online yang bisa mengubah pesan teks menjadi pesan suara secara otomatis. Nah, untuk kamu yang sedang mencari informasinya simak dengan baik penjelasan berikut ini hingga selesai.

Dari sekian banyaknya program yang bisa kamu gunakan untuk mengubah teks menjadi suara, sound of text merupakan salah satu program yang memberikan layanan tersebut. Belakangan ini sound of text whatsapp menjadi perbincangan banyak orang khususnya pengguna whatsapp. Dengan adanya sound of text whatsapp, kamu bisa mengubah pesan teks dari seseorang menjadi sebuah audio. Mengetahui kegunaan sound of text tersebut tak khayal jika program ini mendapatkan respon positif dari masyarakat.

Banyak pengguna whatsapp yang tertarik untuk memanfaatkan sound of text agar mereka dapat mengenang pesan-pesan dari seseorang yang dicintainya melalui nada suara yang dihasilkan oleh sound of text. Jika kamu juga ingin mencoba sound of text whatsapp, silahkan simak terlebih dahulu ulasan di bawah ini.

Tentang Sound Of Text (Soundoftext)

Sound Of Text Whatsapp

Jika kamu sering menggunakan fitur translate pastinya kamu sering mendengar suara  mba-mba google. Ya, fitur translate yang ada pada google dapat membuat teks yang kamu tuliskan dibacakan oleh mba-mba google. Hal itu juga yang akan dilakukan oleh sound of text.

Sound of text mampu mengubah pesan atau teks yang kamu tuliskan menjadi sebuah file audio MP3. Cara kerja dari sound of text yaitu dengan menggunakan text to speech dari google translate. Dalam program sound of text ini telah tersedia berbagai macam bahasa, mulai dari bahasa Inggris, bahasa Indonesia, dan lain sebagainya. Tidak sampai di sana, program ini juga menyediakan berbagai macam variasi suara lainnya, tidak hanya ada suara mba-mba google saja yang geng, kamu dapat mengubah pesan teks dari seseorang ke dalam bentuk audio dengan suara spongebob dan tokoh anime lainnya, menyenangkan bukan?. Suara yang dihasilkan oleh sound of text pun jernih geng, sejernih air mineral dari pegunungan hehe.

Daftar Aplikasi Sound Of Text Nada Dering Whatsapp

Saat ini ada beberapa aplikasi sound of text yang bisa kamu gunakan untuk menghasilkan suara keren dari pesan teks whatsapp yang kamu miliki. Mimin sudah merangkum beberapa aplikasi sound of text yang bisa kamu gunakan secara online tanpa harus menginstallnya di smartphone kamu dan lengkap dengan tutorial atau cara penggunaanya.

1. Sound Of Text

Sound Of Text Whatsapp

Jika kamu tidak ingin mendownload sebuah aplikasi sound of text yang banyak terseia di playstore, kamu dapat menggunjungi situs resmi dari sound of text itu sendiri. Dengan menggunakan sound of text ini, kamu bisa mengubah teks menjadi suara. Tersedia berbagai macam bahasa di dalamnya, kamu dapat mengaturnya sesuai dengan keinginan kamu. Cara menggunakan aplikasi ini sangat simple. Tetapi, tidak ada salahnya jika kamu melihat tutorial di bawah ini.

  1. Pertama kamu harus mengakses situs resmi Sound of Text, atau tinggak klik tautan berikut https://soundoftext.com/
  2. Selanjutnya scroll ke bawah maka kamu akan menemukan kolom Confert Text dan Voice.
  3. Berikutnya, kamu bisa meuliskan teks yang akan kamu ubah pada kolom Teks.
  4. Langkah selanjutnya, silahkan tentukan satu jenis bahasa yang kamu mau yang telah tersedia pada kolom Voice.
  5. Klik Submit untuk memulai proses confert to speech
  6. Scroll ke bawah untuk melihat hasil proses convert tadi.
  7. Kamu dapat memutar suara yang dihasilkan dengan memilih opsi Play atau dapat langsung mengunduhnya dengan menekan opsi Download

2. Botika

Sound Of Text Whatsapp

Masih banyak yang belum tahu, saat ini sudah tersedia aplikasi sound of text yang dibuat oleh developer Indonesia, aplikasi tersebut bernama Botika. Melalui aplikasi ini kamu bisa mengubah sebuah pesan teks whatsapp yang kamu miliki ke dalam bentuk suara. Suara yang dihasilkan cukup natural dan seolah-olah sedang diucapkan oleh orang Indonesia asli. Dalam aplikasi tersebut terdapat dua jenis suara yang bisa dihasilkan yaitu suara seorang wanita dewasa atau mature, professional, dan seorang wanita muda atau youngster, fast.

Cara mengoperasikan aplikasi ini sangat sederhana dan mudah untuk dilakukan. Kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mencobanya.

  1. Langkah pertama, silahkan Buka aplikasi Botika dengan mengakses situs resmi https://botika.online/TextToSpeech/ melalui aplikasi browser yang kamu miliki.
  2. Jika kamu sudah masuk ke halaman utama Botika, selanjutnya tinggal masukkan teks yang ingin kamu ubah menjadi suara di kolom Text To Speech.
  3. Tentukan gaya bicara yang ingin dihasilkan, di sana terdapat dua opsi yaitu Female Mature atau Youngster.
  4. Kamu dapat memainkan suara yang dihasilkan dengan menekan tombol Play sebelum kamu mendownloadnya. Apabila kamu ingin mendownload suara tersebut tinggal tap ikon panah ke bawah yang berada di samping tombol Play.

Suara yang telah kamu unduh dari aplikasi Botika dapat kamu dengarkan kapan pun yang kamu, kamu juga dapat menjadikannya nada dering untuk notifikasi Whatsapp.

3. Vocades

Sound Of Text Whatsapp

Jika kamu ingin mengubah pesan teks yang kamu miliki ke dalam bentuk suara yang unik Vocades lah solusinya. Aplikasi vocades dapat menghasilkan suara-suara yang unik mulai dari tokoh kartun spongebob, tokoh politik, selebriti dan masih banyak lagi yang lainnya. Tetapi sayangnya Vocades hanya bisa digunakan jika teks yang kamu masukkan dalam bahasa Inggris. Jika teks yang kamu miliki masih dalam bentuk bahasa Indonesia segera ubah dlam bentuk bahasa Inggris sebelum memasukkannya ke dalam aplikasi Vocades.

Cara menggunakan aplikasi ini tidak jauh berbeda dengan aplikasi Botika. Kamu dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk memulai mencoba vocades.

  1. Silahkan buka situs resmi vocades https://vo.codes/
  2. Selanjutnya tentukan jenis suara yang kamu inginkan pada kolom All Voice.
  3. Jika kamu ingin suara cartoon atau anime, sekarang pilih tokoh kartun yang kamu mau klik pada kolom Speaker Info
  4. Langkah berikutnya silahkan ketik teks yang ingin kamu ubah, maksimal batas teks yang bisa kamu masukkan yaitu 500 kata.
  5. Langkah terakhir silahkan tap tombol Speak untuk memutar suara.
  6. Kamu tidak bisa mengunduh suara yang dihasilkan, jadi sebaiknya kamu rekam dengan menggunakan fitur audio recorder.

4. VoiceMaker

Sound Of Text Whatsapp

Aplikasi VoiceMaker adalah aplikasi sound of text berikutnya yang bisa kamu coba. Dalam aplikasi ini, kamu bisa mengubah pesan teks ke dalam bentuk suara yang beragam dengan gendre yang berbeda, mulai dari suara laki-laki dewasa sampai suara anak kecil pun bisa kamu coba dengan menggunakan aplikasi VoiceMaker ini. Dalam aplikasi tersebut juga tersedia berbagai macam bahasa. Tidak sampai di sana, kamu pun dapat mengatur kecepatan suara, volume yang kamu inginkan, dan juga mengatur pitch dari suara yang dihasilkan oleh VoiceMaker.

Untuk cara menggunakanya, silahkan simak tutorialnya di bawah ini.

  1. Kunjungi halaman VoiceMaker dengan mengkases situs resmi https://voicemaker.in/
  2. Masukkan Teks yang ingin kamu ubah ke dalam bentuk suara pada kolom yang telah disediakan.
  3. Selanjutnya sesuaikan bahasa pada kolom Languange and Regions
  4. Berikutnya pilih salah satu suara yang muncul pada kolom Voice, di sana akan ada beberapa nama yang terlihat.
  5. Kemudian tinggal klik tombol Confert to Speech.
  6. Langkah terakhir tinggal klik tombol Download MP3 apabila suara yang dihasilkan sudah sesuai dengan kehendak kamu.

Tentunya dengan aplikasi VoiceMaker kamu dapat menghasilkan suara anak kecil yang menggemaskan yang telah kamu buat dari pesan teks yang kamu miliki. Suara anak kecil tersebut bisa kamu jadikan sebagai nada dering panggilan whatsapp kamu.

5. Freetts Voice Names

Sound Of Text Whatsapp

Aplikasi terakhir yang bisa kamu coba selain ke empat aplikasi sound of text di atas yaitu Freets. Sama halnya dengan keempat aplikasi di atas, freets juga memberikan layanan untuk mengubah teks ke dalam bentuk suara. Tampilan Freets ini sangat sederhana sehingga mudah untuk kamu gunakan. Cara kerjanya sangat simple sepeti aplikasi lainnya. Berikut tutorial cara mengaplikasikan Freets Soun Of Text.

  1. Silahkan buka aplikasi browser kamu di perangkat yang kamu gunakan, kemudian kunjungi situs resmi freets https://freetts.com/#ads.
  2. Klik tombol Start Text To Speech Free
  3. Maka kamu akan dialihkan pada kolom untuk memasukan teks yang akan kamu ubah ke dalam bentuk suara.
  4. Pastikan teks yang kamu tulis tidak lebih dari 5000 kata.
  5. Apabila kamu sudah selesai memasukan teks, silahkan pilih bahasa yang kamu inginkan pada kolom Choose the Languge
  6. Berikutnya pilih gaya bahasa yang kamu mau pada kolom Voice Style
  7. Jika dirasa sudah sesuai, tinggal klik convert untuk memulainya.
  8. Tunggu beberapa saat sampai proses convert selesai
  9. Klik ikon play untuk mengecek suara yag dihasilkan, dan klik ikon titik untuk melakukan proses download.

Itulah beberapa varian aplikasi sound of text whatsapp yang bisa kamu gunakan secara online tanpa harus menginstallnya terlebih dahulu. Aplikasi-aplikasi di atas tentunya memiliki kelebihan masing-masing semua itu tergantung dengan pilihan kamu sendiri, yang jelas aplikasi di atas bisa kamu manfaatkan unuk mengubah teks whatsapp ke dalam berbagai gaya suara yang kamu inginkan. Nantinya suara-suara yang dihasilkan bisa kamu gunakan sebagai nada dering atau notifikasi whatsapp kamu.

Cara Mengubah Text Menjadi Suara WhatsApp

Untuk mengubah pesan teks menjadi suara atau nada dering bisa menggunakan kelima aplikasi sound of text diatas. Namun, disini kami akan memberikan tutorial menggunakan freetts voices names whatsapp untuk membuat nada dering menggunakan teks.

Berikut cara mengubah text menjadi suara di whatsapp dengan mengguankan Soundoftext WA:

  1. Pertama silahkankunjungi situs freetts atau bisa langsung klik link yang sudah kami bagikan diatas.
  2. Silahkan tap tombol Start Text to Speech Free dan selanjutnya pilih Bahasa yang ingin kamu gunakan, misalkan Bahasa Indonesia atau Inggris.
  3. Kemudian kamu pilih opsi Voice Style atau sejenisnya yang bisa kamu gunakan sesuai selesai yah. Disini kamu bisa menggunakan suara Perempuan atau Laki Laki.
  4. Silahkan tulis kata kata atau kalimat yang ingin dijadikan nada dering whatsapp, disini kamu juga bisa memilih narasi yang sudah tersedia oleh whatsapp.
  5. Apabila sudah, silahkan tap Convert.
  6. Lalu kamu tunggu saja hingga selesai, untuk mencobanya klik Play.
  7. Dan jika memang sudah benar sesuai yang kamu inginkan, tinggal tap titik tiga, lalu klik Download Sound of Text untuk dijadikan nada dering di WhartsApp.
  8. Selesai.

Apabila sudah berhasil mendownloadnya nanti file tersebut berformat mp3 dan bisa kamu simpan atau membagikan ke grup whatsapp atau nomor wa teman kamu. Dan setelah sudah jadi, tinggal proses pemasangan nada dering di whatsapp, bagaimana caranya? Berikut ini tutorialnya.

Cara Memasang Nada Dering di WhatsApp

Setelah membuat nada dering whatsapp sendiri dengan menggunakan sound of text apk. Sekarang kita lakukan ke proses pemasangannya, dan caranya cukup mudah kok, yuk ikuti panduan cara pasang nada dering di whatsapp berikut ini step by stepnya.

  1. Buka aplikasi Whatsapp di smartphone kamu entah itu Android atau iPhone.
  2. Silahkan pilih kontak mana yang ingin kamu pasang nada dering sound of text di whatsapp. Misalkan no wa kekasih, silahkan di opsi chattingan kamu klik titik tiga sebelah kanan bagian atas.
  3. Pilih profil dan klik lagi Notifikasi khusus lalu aktifkan dengan cara centang bagian paling atasnya.
  4. Lalu pilih Nada Dering dibagian notifikasi Pesan atau juga Telepon.
  5. Klik tambahkan Nada Dering atau Ringtone, jika sudah cari Audio yang barusan kamu unduh tadi.
  6. Dan yang terakhir tinggal klik OK, pemasangan sound of text nada dering whatsap telah berhasil.

Demikianah yang dapat mimin sampaikan terkait sound of text whatsapp. Semoga apa yang mimin sampaikan di atas dapat bermanfaat untuk kamu. Selamat mencoba

Leave a Comment