Situs Freelance

Situs Freelance – Mendapatkan penghasilan tambahan bagi beberapa orang sangatlah penting karena untuk memenuhi kebutuhan saat ini. Selain itu, kamu juga mengembangkan dirimu jika melakukannya di jam fleksibel. Oleh sebab itu, situs freelance indonesia tersedia di internet.

Dengan begitu, kamu akan dengan mudah mendapatkan informasi mengenai freelance yang bisa kamu kerjakan. Pastinya situs tersebut sudah aman dan terpercaya sehingga kamu akan mendapatkan imbalan yang sesuai dengan pekerjaan paruh waktu.

Nah, berikut ini merupakan beberapa situs forum freelancer bahasa Indonesia dan luar negeri yang bagus untuk pemula yang berkualitas dan terpercaya, ada desain grafis, jualan dan lain sebagainya.

Situs Freelance Indonesia Terbaik dan Terpercaya

Yang kamu perlukan yaitu memiliki gadget dan koneksi internet untuk mendapatkan informasinya. Terdapat rekomendasi situs freelancer terbaru 2021 yang bisa kamu kunjungi untuk mendapatkan pekerjaan paruh waktu dengan waktu yang fleksibel.

1. Projects.co.id

Projects. co.id

Salah satu situs yang terkenal adalah projects.co.id untuk menjadikan kamu sebagai freelancer. Selain itu, di dalamnya juga terdapat berbagai bidang pekerjaan seperti programming, desain, media sosial, jasa content writer, dan masih banyak lagi lainnya.

Selain menjadi situs informasi freelance, disini kamu diperbolehkan untuk melakukan jual-beli produk apa saja secara digital. Contoh dari produk digital yaitu ebook, template website, foto, video, serta produk digital lainnya.

Terdapat fitur unggulannya yang memungkinkan kamu bisa mendapatkan komisi jika melakukan pendaftaran ke platform projects.co.id. Program tersebut dinamakan Affiliate Referral berlaku jika orang tersebut melakukan transaksi melalui link yang telah kamu share.

Baca juga: Aplikasi Animasi 2D

2. Sribulancer

Sribulancer

Situs kedua yang tak kalah populer yaitu Sribulancer yang bisa juga digunakan oleh para pemula pencari kerja freelance. Berbagai bidang pekerjaan mulai dari bidang desain grafis hingga penulisan artikel juga terdapat di situs ini.

Bahkan situs ini bisa digunakan untuk mencari freelancer bagi perusahaan kamu. Untuk proses pembayarannya bisa dilakukan dengan transfer bank dan mendukung pembayaran menggunakan mata uang USD karena situsnya tersedia juga dalam bahasa Inggris yang digunakan secara internasional.

3. Sribu

Sribu

Sribu merupakan salah satu situs yang masih menjadi satu dengan manajemen Sribulancer, situs sebelumnya yang telah kami sebutkan. Namun terdapat perbedaan antara dua situs tersebut yaitu Sribu hanya berfokus pada seputar desain grafis saja.

Untuk lowongan desain grafis juga sangat beragam karena mulai dari yang sederhana hingga yang kompleks. Contohnya desain grafis sederhana yaitu membuat desain logo hingga kesulitan yang rumit seperti desain interior.

Di situs ini, kamu akan menemukan berbagai kontes dimana pencari kerja dapat memasukkan karya ke dalam proyek yang dimiliki oleh suatu pekerjaan tertentu.

Bahkan dengan mengikuti kontes grafis tersebut maka kamu bisa menambahkan portofolio meskipun kalah atau menang. Bahkan jika menang maka kamu bisa mendapatkan manfaat berupa hadiah dari Sribu serta hasil karyamu dipilih oleh klien.

4. Fiverr

Fiverr

Salah satu website internasional yang bisa digunakan oleh orang Indonesia yaitu Fiverr yang memiliki sistem kerja berbeda dengan kebanyakan website freelance yang ada.

Disini pekerjaan diumumkan bukan oleh para klien yang sedang mencari pekerjaan freelance. Akan tetapi, situs Fiverrlah yang akan membuat pengumuman bahwa sedang membutuhkan klien, menarik bukan?

Jika kamu menggunakan Fiverr maka tidak perlu repot untuk promosi atau apply pada pengumuman satu per satu oleh klien. Disini kamu tinggal membuat pengumuman saja kemudian menunggu agar klien tertarik dengan pengumuman kamu.

Pada sistem ini sudah menggunakan sistem keamanan yang canggih sehingga tidak perlu khawatir untuk menggunakannya. Oleh sebab itu, keunggulan yang dimiliki situs ini adalah menghargai serta menjaga setiap privasi para pengguna bahkan saat bertukar file sekalipun.

5. Upwork

Upwork

Website freelance Upwork merupakan salah satu yang terbesar karena telah digunakan oleh lebih dari 12 juta orang pencari kerja. Sedangkan, untuk client yang terdapat disana sudah sekitar tiga juta bahkan lebih. Jika dilihat dari peminatnya maka bisa saja kamu mencari banyak lowongan kerja disana.

Untuk pekerjaan yang dilakukan melalui Upwork maka pembayarannya bisa menggunakan hitungan per jam maupun per proyek yang telah diselesaikan. Keunggulan dari situs ini yaitu mampu memberi fleksibilitas yang tinggi bagi pencari kerja maupun pencari jasa.

Disini juga terdapat fitur andalan yang bisa mendukung pekerjaan kamu yaitu dengan collaborative space dan pembuatan invoice.

Baca juga: Ukuran Kartu Nama

6. Freelancer

Freelancer

Situs freelance indonesia yang memiliki banyak pengguna yaitu 42 juta baik pencari kerja dan pencari jasa. Untuk menggunakan situs ini maka kamu diharuskan untuk membayar agar bisa menjadi anggota di situs ini.

Untuk proses pembayarannya tidak langsung saat mendaftar, namun menunggu hingga kamu telah mengajukan delapan proposal kepada para pencari kerja. Situs ini sangat menarik karena sangat banyak pengguna jadi lebih banyak lowongan pekerjaan serta pencari kerja berkualitas lainnya.

Jika bingung menggunakannya maka kamu tidak perlu khawatir karena websitenya didesain sesederhana mungkin sehingga memudahkan penggunanya. Sangat cocok digunakan untuk pengguna baru atau profesional yang membutuhkan pekerjaan paruh waktu.

7. Toptal

Toptal

Menariknya, situs ini mewajibkan bagi para pekerja untuk memiliki banyak portofolio berkualitas sehingga bisa dikatakan layak mencari pekerjaan freelance. Oleh sebab itu, para pencari kerja sangat menyukai situs ini karena menyediakan calon pekerja dengan talenta terbaiknya.

Bisa dikatakan juga jika menggunakan Toptal maka hanya orang tertentu yang berkualitas karena proses seleksi pada situs ini sangatlah ketat. Kamu dan teman-temanmu harus menyiapkan diri dengan sebaik mungkin agar bisa menjadi bagian dari Toptal.

Dari berbagai keunikan yang dimilikinya, ada juga keuntungan yang bisa kamu dapatkan setelah kamu berhasil menjadi bagian dari Toptal. Kamu bisa memilih proyek dalam jangka panjang maupun jangka pendek sehingga bisa menyesuaikan fleksibilitas waktumu.

8. PeoplePerHour

PeoplePerHour

Jika kamu ingin menggunakan situs ini maka secara gratis kamu bisa menjadi bagian dari PeoplePerHour. Sayangnya, jika dibandingkan dengan situs freelance lainnya maka persaingan disini bisa dikatakan sangat ketat.

Pasalnya pada situs ini melakukan perangkingan sehingga kamu nantinya akan dapat dipromosikan untuk bersaing dengan pelamar kerja lainnya. Beberapa yang dinilai yaitu mengenai bayaran jadi jika ingin bersaing pasanglah harga yang wajar agar bisa bersaing.

9. Guru

Guru

Guru merupakan salah satu website freelance yang telah diluncurkan pada tahun 2001 yang lalu dan telah menjadi website freelance terbaik di dunia. Untuk menggunakannya maka kamu wajib membuat profil dan ini juga berlaku bagi para pencari jasa.

Jika para pencari kerja dan pencari jasa sudah klik dengan masing-masing profil maka pekerjaan bisa langsung dimulai. Disini akan ada pekerjaan setiap harinya sehingga tidak perlu takut kehabisan job.

Namun, untuk mendapatkannya maka kamu harus uptodate dengan notifikasi dan informasi yang ada di dalamnya. Disini terdapat fitur filter sehingga bisa mencari kerja berdasarkan lokasi, kategori, hingga jenis pembayaran.

10. SimplyHired

SimplyHired

Pada situs SimplyHired ini menampilkan sangat banyak variasi pekerjaan yang ditawarkan sehingga menempati posisi teratas dalam hal lowongan pekerjaan. Tema dari pekerjaannya juga sangat banyak mulai dari teknologi, administratif, hingga pekerjaan konstruksi juga ada.

Kabar baiknya, situs ini menyediakan pekerjaan online maupun offline. Dengan begitu, maka kamu bisa menjadikan pekerjaan yang telah didapatkan pada SimplyHired ini sebagai pengembangan diri kamu.

Baca juga: Contoh CV Lamaran Kerja

Dengan banyaknya pilihan situs freelance Indonesia di atas maka kamu bisa menentukan pilihanmu untuk berkembang. Pilihlah pekerjaan yang cocok dengan kamu dan gunakan internet dengan sebaik mungkin.