Kode Bank Mandiri Syariah

Ketika kamu ingin transaksi (transfer) dari bank lain ke bank Mandiri Syariah, terutama saat akan transaksi di mesin ATM, maka kamu harus tahu dulu kode bank Mandiri Syariah. Kenapa demikian? Karena ini merupakan salah satu syarat yang harus kamu penuhi saat kamu ingin mengirim uang ke beda bank.

Kode bank akan jadi kode identifikasi transaksi suat bank ketika melakukan transaksi berbeda bank. Bukan hanya bank Mandiri Syariah  saja, melainkan setiap bank juga melakukan hal yang sama.

Kamu akan butuh kode bank ini hanya ketika akan melakukan transaksi pengiriman uang melalui mesin ATM yang berbeda bank. Jika kamu transaksi (transfer) ke sesama rekening bank, maka kamu tidak perlu dan tidak akan membutuhkan kode bank untuk melakukan transaksinya.

Kendati sekarang bank Mandiri Syariah sudah merger bersama 2 bank BUMN Syariah lainnya, tetap saja ketika transaksi, kamu harus menggunakan kode bank Mandiri Syariah.

Kode Bank Mandiri Syariah

Kode Bank Mandiri Syariah

Kode yang dimiliki oleh Mandiri Syariah sama seperti bank lainnya yaitu berupa 3 digit angka. Namun setiap bank tentu memiliki kode masing-masing, walaupun mereka dalam satu Management. Seperti Mandiri Syariah dan Mandiri Konvensional memiliki kode yang berbeda.

Kode bank Mandiri Syariah adalah 451 sedangkan Mandiri Konvensional adalah 008. Ketika kamu akan melakukan transaksi pengiriman uang ke rekening Mandiri Syariah, maka kode yang harus kamu masukkan adalah 451 bukan 008.

Kode ini kamu masukkan ke dalam menu transaksi yang dilanjutkan dengan nomor rekening bank Mandiri Syariah yang akan kamu gunakan sebagai nomor tujuan transaksi atau tujuan pengiriman dana yang kamu maksud.

Baca Juga  Cara Daftar NPWP Online

Jika kamu transaksi dengan menggunakan layanan SMS Banking, maka kode ini diletakkan di bagian depan sebelum nomor rekening bank tujuan transfer. Kemudian baru diikuti dengan nomor rekening dan nilai transfer uang yang diinginkan.

Transaksi kamu akan gagal ketika kamu tidak memasukkan kode bank. Karena sistem perbankan akan  menolak transaksi yang kamu lakukan. Jika kamu tidak menyertakan kode bank pada iput transaksi yang kamu lakukan, maka sistem transaksi bank tidak akan mengenali rekening yang kamu gunakan sebagai tujuan transfer.

Cara Transfer ke Bank Mandiri Syariah

Setiap transaksi pengiriman uang (transfer) berbeda bank (antar bank) maka harus menyertakan kode bank tujuan transfer. Terkecuali jika kamu kirim uang dengan menggunakan layanan internet banking ataupun Mbanking.

Jika kamu transfer uang ke beda bank dengan menggunakan layanan SMS banking ataupun melalui mesin ATM, maka kamu wajib memasukkan kode bank tujuan transfer, termasuk ketika kamu akan kirim uang ke rekening Mandiri Syariah dari bank lain.

Walau begitu, caranya tidaklah sulit. Kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Transfer ke Bank Mandiri Syariah Melalui SMS Banking

Kode Bank Mandiri Syariah

Jika kamu mengirim uang (transfer) dengan menggunakan layanan SMS banking, maka kamu akan butuh kode bank untuk melakukan transaksi yang kamu lakukan tersebut. Sebagai contoh, jika kamu akan transfer uang dengan menggunakan SMS banking BRI ke rekening bank Mandiri Syariah, maka kamu harus memasukkan kode 451 ke dalam format SMS transaksi tersebut.

Adapun langkah dan cara yang harus kamu lakukan, yaitu:

  1. Buka fitur SMS di ponsel kamu
  2. Kemudian ketika pesan dengan format: TRANSFER [spasi] KODE BANK MANDIRI SYARIAH + NOMOR REKENING [spasi] NOMINAL [spasi} PIN
  3. Contohnya: : TRANSFER 4511300019933095 1000000 123456
  4. Kirim SMS ke 3300 (nomor tujuan transaksi)
  5. Kamu akan dapatkan notifikasi berhasil jika transfer yang kamu lakukan berhasil
Baca Juga  Thanksgiving Growtopia 2021

2. Transfer ke Bank Mandiri Syariah Melalui ATM

Kode Bank Mandiri Syariah

Lain hal jika kamu melakukan transaksi dengan menggunakan mesin ATM. Jika kamu mengirim uang (transfer) ke rekening Mandiri Syariah melalui mesin ATM maka kamu harus masukan kode banknya secara terpisah tidak disatukan seperti menggunakan SMS banking.

Adapun cara transfer uang dari rekening bank lain ke rekening bank Mandiri Syariah melalui mesin ATM, bisa kamu lakukan dengan cara berikut:

  1. Siapkan kartu ATM berisi uang yang cukup untuk transfer ke bank Mandiri Syariah
  2. Kemudian kunjungi mesin ATM terdekat dari rumah
  3. Masukkan kartu ATM ke mesin ATM yang lubangnya di sebelah kanan dengan lampu kedap kedip
  4. Pilih bahasa yang diinginkan
  5. Masukkan PIN ATM
  6. Pilih transaksi lainnya
  7. Klik menu transfer
  8. Pilih antar bank
  9. Masukkan kode bank tujuan transfer (Mandiri Syariah 451) diikuti dengan nomor rekening tujuan transfer. Contohnya: 4511300019933095 1000000 123456
  10. Input jumlah uang yang akan ditransfer
  11. Pilih menu benar
  12. Layar monitor mesin ATM akan menampilkan detil transaksi yang kamu lakukan
  13. Silahkan kamu baca dengan baik dan teliti semua detail transaksi tersebut, jika dirasa sudah benar maka tekan YA
  14. Pilih cetak setruk transaksi YA
  15. Mesin ATM akan proses transaksi yang kamu lakukan

Jika transaksi yang kamu lakukan tersebut sukses, maka akan muncul keterangan berhasil dan setruk transaksi akan keluar berupa bukti pengiriman uang (transfer).

Fungsi Kode Bank Mandiri Syariah

Setiap bank Indonesia atau bahkan bank dunia memiliki kode bank masing-masing. Tentu bukan tanpa alasan, kode yang dimiliki oleh masing-masing bank ini memiliki banyak fungsi, yaitu:

1. Identifikasi Transaksi

Fungsi utama dari kode bank adalah untuk identifikasi transaksi. Setiap bank dilengkapi dengan kode masing-masing agar lebih mudah di identifikasi antar bank. Setiap bank akan  lebih mudah melakukan identifikasi transaksi dari kode bank yang digunakan oleh setiap lembaga perbankan.

Baca Juga  Kapan Event Tiktok Lite Dimulai Lagi

2. Identitas Resmi Bank

Kode bank juga menjadi salah satu identitas resmi sebuah bank. Boleh diartikan pula bahkan kode bank ini adalah merupakan alamat atau bentuk tanda pengenal resmi yang dimiliki oleh sebuah bank. Sehingga lebih mudah dikenali oleh para nasabah dan mempermudah mereka dalam melakukan transaksi.

FAQ

  1. Kode Bank Mandiri Syariah Berapa?

Bank Mandiri Syariah memiliki kode 451.

  1. Kode Bank Mandiri dan Bank Mandiri Syariah Apakah Sama?

Tentu berbeda, kode Mandiri Syariah adalah 451 sedangkan Mandiri Konvensional adalah 008.

  1. Bagaimana Cara Transfer ke Bank Mandiri Syariah?

Cara transfer ke rekening bank Mandiri Syariah itu sangat mudah. Kamu bisa ikuti langkah sederhana berikut ini:

  • Kunjungi mesin ATM terdekat
  • Masukkan kartu kartu ATM
  • Pilih bahasa
  • Masukkan PIN ATM
  • Pilih Transaksi lainnya
  • Klik Transfer
  • Pilih transfer antar bank
  • Masukkan kode Mandiri Syariah 451 diikuti dengan nomor rekening tujuan transfer
  • Masukkan nominal transfer
  • Konfirmasi transaksi
  • Klik YA
  1. Apakah BCA Bisa Transfer ke Bank Mandiri Syariah?

Tentu saja. Tinggal masukkan kode bank 451 pada proses transaksinya.

Pengguna Bank BRI simak juga kode bank BRI Syariah dan cara bayar indihome dengan mudah, jadi jika penting silahkan dilihat yah artikelnya. Oke.

Itu saja pembahasan terkait cara transfer dan lain sebagainya. Semoga ulasan diatas bisa bermanfaat bagi semuanya. Terimakasih.