Kode Bank BCA

Kode bank BCA dibutuhkan untuk transaksi tunai (transfer) dari bank lain, biasanya transaksi ini dilakukan dari mesin ATM atau dari SMS banking. Kamu harus mengetahui kode transfer BCA sebelum kamu melakukan transaksi.  Ini merupakan salah satu syarat yang harus kamu perhatikan ketika akan transaksi pengiriman uang ke BCA dari bank lain.

Tanpa kode bank transaksi kamu tidak akan pernah berhasil. Sebaliknya, transaksi kamu akan di tolak dan tidak akan  dapat dilanjutkan. Setiap bank, ketika digunakan untuk transaksi ke bank lain (transaksi dari SMS banking dan ATM) harus menyertakan kode bank sebagai kode identifikasi transaksi.

Setiap bank (bukan hanya BCA) pasti akan memiliki kode masing-masing yang berbeda antara satu dengan lainnya. Bahkan bank BCA konvensional dengan bank BCA Syariah juga akan memiliki kode yang berbeda.

Kenapa kok bisa demikian? Hal ini karena setiap bank akan memiliki kode identifikasi transaksi yang berbeda-beda. Jika kodenya sama, maka transaksi akan sulit dilakukan. Karena algoritma transaksi masing-masing bank akan menggunakan kode bank.

Kode Bank BCA

kode bank bca

Kode bank BCA saat ini adalah 014, kode ini dapat digunakan untuk kebutuhan transaksi pengiriman uang dari bank lain sebagai kode transaksi. Kamu input kode ini pada mesin ATM ataupun pada format pesan transaksi pengiriman uang (transfer) pada SMS banking yang digunakan.

Kamu wajib masukkan kode ini /ketika kamu melakukan transaksi pengiriman uang (transfer) dari bank lain menuju BCA. Jika kamu transfer dari mesin ATM, biasanya ada 3 kolom yang meminta kamu untuk memasukkan 3 kode BCA serta diikuti dengan nomor rekening tujuan transfer.

Baca Juga  Cara Melihat ID OVO Untuk Tiktok Lite

Di mesin ATM juga memang sudah tersedia kolom yang bisa kamu gunakan untuk mencari kode transfer bank BCA, namun jika di masin ATM antre panjang, alangkah baiknya kamu hafalkan kode ini sebelum kamu mengirimkan uang ke rekening BCA.

Kode ini akan kamu butuhkan ketika kamu transaksi dari bank manapun, baik dari bank BNI, BRI, Mandiri, ataupun bank-bank lainnya. Selama kamu transaksi dengan menggunakan mesin ATM ataupun dengan menggunakan SMS banking bank tersebut, maka kamu harus menginput kode bank ini pada format transaksi pengiriman uangnya.

Cara Menggunakan Kode Bank BCA untuk Transfer

Seperti yang disebutkan di atas, bahwa kode bank BCA akan dibutuhkan untuk transaksi transfer uang dari bank lain seperti BNI, BRI, Mandiri dll dengan jika transaksi menggunakan ATM dan SMS banking. Kode ini wajib dimasukkan pada format transaksi pengiriman uang yang kamu lakukan .

Tapi sudah tahu bagaimana cara menggunakan kode BCA untuk transfer uang? Jika kamu belum tahu. berikut ini saya jelaskan cara menggunakan kode transfer BCA baik dari mesin ATM ataupun dari SMS banking.

1. Transfer Dengan SMS Banking

kode bank bca

Transaksi SMS banking mengharuskan kamu untuk memasukkan kode bank ke dalam format transaksinya. Termasuk jika kamu mengirim uang (transfer) ke bank BCA. Dari bank manapun kamu kirim uang ke BCA, maka kamu harus masukkan kode 014 (bank BCA) ke dalam format transaksinya.

Jika kamu tidak memasukkan kode BCA ke dalam format transaksinya, maka transaksi pengiriman uang tersebut akan gagal dan tidak bisa dilanjutkan. Kamu harus ulang transaksi tersebut dengan memasukkan kode bank ke dalam format transaksi.

Buat kamu yang masih merasa bingung bagaimana cara memasukkan kode transfer ke BCA, berikut ini saya jelaskan cara dan langkah-langkahnya. Di sini saya contohkah cara transfer uang dari BRI ke BCA dengan menggunakan SMS banking.

  1. Silahkan kamu buka fitur pesan (SMS) dari HP yang kamu gunakan
  2. Kemudian buat pesan baru
  3. Ketik SMS TRANFER [spasi] kode bank BCA diikuti dengan nomor rekening tujuan transfer [spasi] nilai transfer atau nominal pengiriman uang [spasi] PIN
  4. Contohnya: TRANSFER 0148105336078 1000000 123456
  5. Kirim SMS ke nomor 3300
Baca Juga  Cara Menambah Like di Tiktok

Jika kamu berhasil melakukan pengiriman uang ke BCA dari BNI, maka kamu akan menerima pesan dari 3300 berupa keterangan transaksi berhasil. Perlu kamu tahu, transaksi SMS banking ini akan dikenakan tarif Rp.1.000-Rp.1.500 per transaksi.

2. Transfer Dari Mesin ATM

kode bank bca

Jika kamu mengirim uang ke BCA dari  bank lain melalui mesin ATM, maka cara memasukkan kode transfer bank BCA berbeda dengan menggunakan SMS banking, atau lebih tepatnya beda tampilan devices dan menunya.

Secara format memang masih sama, yaitu kode BCA diikuti dengan nomor rekening bank BCA. Setelah itu baru kamu masukkan nominal transaksi dan konfirmasi transaksi pengiriman uangnya. Proses transaksi akan diproses mesin ATM, adapun tahapan dan langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Kunjungi mesin ATM terdekat di kota kamu
  2. Jangan lupa bawa kartu ATM dan nomor rekening BCA yang akan jadi tujuan transfer
  3. Kemudian saat sudah ada di mesin ATM, silahkan kamu masukkan kartu ATM ke mesin ATM
  4. Pilih bahasa Indonesia
  5. Masukkan PIN kartu ATM
  6. Pilih transaksi lainnya
  7. Tekan transfer
  8. Pilih transfer antar bank
  9. Masukkan kode 014 diikuti dengan nomor rekening BCA yang akan kamu gunakan sebagai tujuan transfer kamu
  10. Masukkan nominal transfer pengiriman uang ke BCA
  11. Tekan benar
  12. Lihat kembali detail transaksi kamu
  13. Jika benar, tekan YA
  14. Transaksi kamu akan diproses
  15. Cetak setruk, pilih YA

Setruk transaksi akan keluar yang menunjukkan transaksi pengiriman uang ke bank BCA berhasil kamu lakukan. Sangat mudah sekali bukan?

FAQ:

  1. Apa yang Dimaksud Dengan Kode Bank?

Kode bank adalah serial number beruap3 digit angka  yang menjadi identitas resmi sebuah bank yang dapat digunakan untuk transaksi pengiriman uang dari mesin ATM dan juga SMS banking. Kode bank ini akan jadi kode identifikasi transaksi pengiriman uang antar bank.

  1. Berapa Kode Bank BCA?
Baca Juga  Cara Merubah JPG ke PDF

Kode bank BCA adalah 014. Kode ini dapat digunakan untuk kebutuhan transaksi financial antar bank dalam negeri ataupun dari luar negeri.

  1. Berapa Kode Bank BCA Syariah?

Kode bank BCA Syariah berbeda dengan bank BCA konvensional. Kode transfer bank BCA  Syariah adalah 536.

  1. Bagaimana Cara Transfer Ke Bank BCA

Transfer ke bank BCA dapat dilakukan dengan menggunakan mesin ATM, iBanking ataupun dengan menggunakan SMS banking. Jika kamu transfer dari bank lain ke CA, maka gunakan kode transfer 014.

Lihat artikel lainnya mengenai kode Bank BRI Syariah dan Kode Bank Mandiri Syariah, karena siapa tahu penting banget jadi kamu wajib baca ulasan tersebut yah.

Nah itulah kode transfer BCA yang bisa kamu gunakan untuk transaksi pengiriman uang dari bank lain menuju bank BCA. Input kode ini ke mesin ATM ataupun ke format SMS banking yang kamu gunakan ketika kamu melakukan transaksi pengiriman uang.