Kartu Kredit

Kartu Kredit adalah salah satu kartu yang digunakan untuk melakukan transaksi pembelian di berbagai merchant. Karena berjenis kredit, pembelian tidak dilakukan secara langsung. Setelah melakukan transaksi seseorang akan melakukan pembayaran di bulan depan atau melakukan cicilan.

Dengan menggunakan credit card, seseorang bisa dengan mudah melakukan transaksi tanpa terhalang dengan saldo yang ada pada rekening. Jadi, meski tidak ada tabungan sama sekali, kamu masih bisa melakukan transaksi pembagian dengan mudah dan cepat.

Nah, buat kalian para sahabat toraccino disini kami akan menjelaskan beberapa persyaratan untuk mengajukan kartu Kredit, manfaat dan bagaimana cara melakukannya dengan lengkap dan benar.

Syarat Pengajuan Kartu Kredit

Syarat Pengajuan Kartu Kredit

Sebelum memiliki kartu kredit seseorang harus menyiapkan berbagai jenis persyaratan saat melakukan proses pengajuan. Berikut beberapa persyaratan yang harus disiapkan oleh calon nasabah.

  • Merupakan WNI atau Warga Negara Indonesia.
  • Bekerja sebagai seorang karyawan swasta.
  • Penghasilan setiap bulan minimum Rp3.000.000.
  • Usia pemegang kartu utama adalah 21 tahun.
  • Usia minimum pemegang kartu tambahan adalah 17 tahun.

Selain persyaratan di atas, kamu juga harus menyiapkan beberapa dokumen penting yang terdiri dari.

  • Fotokopi KTP.
  • SPT PPh 21 terakhir atau slip gaji selama 3 bulan, akan lebih baik jika sudah dilegalisir.
  • NPWP yang berlaku.

Apabila yang mengajukan adalah seseorang profesional atau pemilik usaha. Mereka juga harus menambahkan berkas SIUP dan surat izin profesi.

Manfaat Kartu Kredit

Ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan jika seseorang menggunakan credit card. Manfaat yang didapatkan terdiri dari:

1. Memudahkan proses transaksi

Memudahkan proses transaksi

Salah satu manfaat dari memiliki predikat adalah kemudahan dalam melakukan berbagai jenis transaksi. Kamu bisa melakukan transaksi di berbagai toko baik itu offline atau online. Proses bisa berjalan dengan cepat sehingga barang yang ingin dibeli bisa segera didekatkan.

Baca Juga  Contoh Teks Deskripsi

Pembelian dengan menggunakan kartu kredit biasanya akan mendapatkan charge dengan besaran tertentu. Itulah kenapa sebelum melakukan transaksi untuk mengetahui terlebih dahulu bahwa kira-kira biaya yang diterapkan oleh tersebut jika menggunakan credit card.

2. Mendapatkan berbagai jenis promo

Mendapatkan berbagai jenis promo

Menggunakan kartu grafis kamu bisa mendapatkan berbagai jenis promosi. Biasanya penyedia kartu kredit apa bank melakukan kerjasama dengan berbagai pihak seperti merchant dengan memberikan harga khusus atau potongan harga.

Selain itu ada juga promo cicilan dengan bunga 0%. Jadi meski kamu membeli barang secara kredit dan dicicil selama 6 sampai 12 bulan, kemungkinan besar harganya akan sama dengan harga yang ditetapkan oleh toko atau penjual barang.

3. Mengatur Cicilan

Mengatur Cicilan

Kelebihan selanjutnya saat menggunakan credit card adalah kemudahan dalam mengatur cicilan. Kamu bisa memilih sendiri berapa cicilan yang harus dilakukan saat membeli barang tertentu. Misal barang tersebut memiliki harga yang cukup mahal. Cicilan bisa diambil minimal 12 bulan.

Selanjutnya Jika harga barang tidak terlalu tinggi cicilan bisa diambil mulai dari 3 bulan atau 6 bulan. Dengan mengatur cicilan sendiri, kamu bisa mengalokasikan kira-kira berapa dana yang harus disiapkan setiap bulannya.

Jadi dengan cicilan yang tetap, kamu bisa menyiapkan budget tertentu. Apabila belum ada dananya, kamu disarankan untuk melakukan pekerjaan tambahan seperti freelance agar mendapatkan penghasilan pasif setiap bulan.

4. Bisa dimanfaatkan untuk tarik tunai

Bisa dimanfaatkan untuk tarik tunai

Manfaat selanjutnya dari kartu kredit adalah bisa digunakan untuk melakukan tarik tunai. Misal limit dari kartu kredit yang kamu gunakan sekitar 20 juta. Kamu bisa melakukan tarik tunai selama beberapa kali hingga batasan yang sudah ditetapkan.

Proses tarik tunai ini sangat membantu anda untuk melakukan transaksi yang tidak bisa memanfaatkan credit card. Setelah melakukan tarik tunai, kamu bisa melakukan transaksi.

Baca Juga  Ukuran Kertas A2

5. Tingkat Keamanan Tinggi

Tingkat Keamanan Tinggi

Suatu hal yang tidak bisa diabaikan begitu saja saat menggunakan credit card adalah keamanan yang dimiliki. Sistem yang dimiliki oleh credit card biasanya berlapis sehingga sulit untuk dibobol seseorang yang memiliki niat buruk untuk memakai dana tersedia.

Sistem keamanan juga hubungan dengan kode yang ada pada kartu. Apabila seseorang tidak bisa menggunakan apa tidak tahu yang ada pada kartu, kemungkinan besar mereka tidak akan bisa melakukan transaksi jenis apapun. Apakah kartu kredit bisa diblokir.

6. Bisa Melacak Pengeluaran

Bisa Melacak Pengeluaran

Dengan menggunakan kartu kredit, kamu bisa dengan mudah melakukan proses pemasakan berbagai jenis transaksi yang ada. Semua transaksi yang dilakukan dengan menggunakan kartu kredit tersebut akan tercatat dengan baik sehingga bisa dicek di kemudian hari.

Apabila ada transaksi mencurigakan padahal kamu tidak melakukannya, ada baiknya untuk untuk melakukan proses pelaporan. Biasanya akan ada pengecekan apakah transaksi itu terjadi karena ada orang yang berniat jahat atau ada masalah pada sistem yang dimiliki kartu kredit.

7. Digunakan di Seluruh Dunia

Digunakan di Seluruh Dunia

Kelebihan terakhir dari credit card adalah bisa digunakan di seluruh dunia. Kartu kredit tersebut selama pendukung beberapa layanan internasional bisa dimanfaatkan di berbagai negara dengan biaya layanan yang berbeda-beda.

Itulah kenapa jika kamu sudah memiliki kartu kredit, saat melakukan perjalanan ke luar negeri tidak akan mengalami kesulitan. Kamu bisa melakukan transaksi pembelian secara langsung dengan menggunakan kartu tersebut atau melakukan tarik tunai dengan mata uang yang sesuai dengan negara itu.

Biaya Penggunaan Kartu Kredit

Biaya Penggunaan Kartu Kredit

Ada beberapa biaya penggunaan kartu kredit yang harus diperhatikan dengan baik oleh para pengguna. Biaya itu terdiri dari.

  • Biaya tahunan. Biasanya setiap kartu kredit akan dikenakan biaya pengiriman dengan besaran yang bervariasi. Umumnya tergantung dengan jumlah limit yang dimiliki oleh kartu tersebut.
  • Biaya tarik tunai. Biaya tarik tunai bervariasi mulai dari 3% sampai 6%. Biaya ini diterapkan senilai dengan jumlah uang yang ditarik. Kisah uang yang dipakai adalah Rp1.000.000. biaya yang dibebankan sekitar Rp30.000 sampai Rp60.000.
  • Biaya keterlambatan. Apabila seseorang telah mati membayar tagihan kemungkinan besar mereka akan dikenakan biaya tambahan.
  • Biaya materai. Setiap transaksi yang dilakukan akan dikenakan biaya materai mulai dari Rp3.000 hingga Rp6.000.
  • Biaya penggantian kartu. Hanya diberlakukan jika kartu kredit yang kami miliki hilang.
  • Biaya bunga bulanan. Berapapun dana yang kamu gunakan setiap bulannya akan dikenakan bunga dengan besaran tertentu dan harus dibayar lunas.
  • Biaya over limit. Apabila seseorang menggunakan kartu dan melebihi limit yang ditentukan, kemungkinan besar mereka harus menanggung biaya tambahan.
Baca Juga  Perkalian 3

Bunga Kartu Kredit

Bunga Kartu Kredit

Bunga credit card biasanya dibebankan setiap bulannya. Besar bunganya bervariasi tergantung dengan penerbit kartu dan beberapa kebijakan lainnya.

  • Secara umum bunga credit card setiap bulannya sekitar 2,75-3% setiap bulannya.
  • Apabila seseorang memiliki tampilan yang menumpuk hingga 1 tahun, mereka akan dikenakan bunga sekitar 33-36%.

Mengingat bunga tahunan dan cukup besar, obatnya untuk selalu menanyakan hal ini terlebih dahulu pada penyedia layanan. Jadi, kamu tidak akan termakan oleh janji-janji dan akhirnya membayar terlalu banyak

Kartu kredit memang sangat bermanfaat untuk melakukan transaksi secara langsung ataupun secara online. Meski demikian, seseorang harus memperhatikan besaran bunga yang ditetapkan. Kalau terlalu tinggi lebih baik kita digunakan.

Untuk yang punya tagihan kredit BCA silahkan baca cara bayar kartu kredit BCA, sedangkan untuk yang ingin menutup kredit BRI silahkan baca cara menutup kartu kredit BRI.

Selain itu perhatikan juga tanggal melakukan pembayaran cicilan setiap bulannya. Dengan memperhatikan hal ini, Anda bisa menghindari adanya denda keterlambatan. Untuk itu gunakan saja kartu kredit dengan bijak dan tidak berlebihan agar tidak bermasalah di kemudian hari.