Harga Emas Hari Ini

Apabila kamu adalah seorang investor yang bergerak pada sektor emas, mengetahui harga emas hari ini adalah sesuatu hal yang sangat penting. Dengan mengetahui harga emas, kamu bisa melakukan berbagai jenis aktivitas seperti melakukan buy atau sell sesuai dengan harga emas yang ada saat itu.

Harga emas tidak selalu stabil dan cenderung fluktuatif seiring dengan berjalannya waktu. Apalagi ada faktor yang bisa mempengaruhi harga emas sehingga seorang investor wajib memantaunya sehari sekali. Informasi lanjutan tentang harga emas bisa kamu simak dibawah ini.

Cara Cek Harga Emas Hari Ini di Pasar

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melakukan pengecekan harga emas hari ini. Pengecekan bisa dilakukan secara manual maupun dengan memanfaatkan aplikasi atau website tertentu. Simak selengkapnya di kayak gini

1. Langsung Datang ke Toko Emas

langsung datang ke toko emas

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk mengetahui harga emas, kamu bisa datang langsung ke toko emas terdekat yang ada di kawasan rumah. Biasanya toko emas cukup mudah ditemukan di sekitar pasar.

Untuk mengetahui harga emas ada baiknya untuk memahami terlebih dahulu jika pada toko emas biasanya harga akan terdiri menjadi dua. Pertama adalah harga emas dalam bentuk perhiasan sehingga Ada kemungkinan emas tersebut memiliki persentase kemurnian yang bervariasi.

Selanjutnya ada juga emas dalam bentuk batangan yang sering sekali digunakan sebagai salah satu investasi. Jika ingin mengetahui harga emas batangan ada baiknya untuk langsung bertanya harga emas dari Antam atau UBS, jangan sampai salah tanya harga emas dalam bentuk perhiasan

Baca Juga  Realme C11

2. Melalui Situs Pegadaian

Pegadaian adalah salah satu lembaga yang sering sekali digunakan untuk melakukan investasi emas. Bahkan kamu bisa melakukan proses gadai disana sehingga segera mendapatkan dana karena likuiditas dari emas cukup baik.

Untuk mengecek harga emas, kamu bisa menggunakan langkah di bawah ini.

  • Pertama-tama buka tautan dari situs Sahabat Pegadaian berikut: https://sahabatpegadaian.com/harga-emas
  • Setelah masuk ke dalamnya, kamu bisa melihat secara langsung harga dari emas versi cetak yang berasal dari Antam dan UBS.

Setelah masuk ke dalamnya, kamu bisa melihat secara langsung harga dari emas versi cetak yang berasal dari Antam dan UBS.

  • Besar emas batang bervariasi mulai dari 0,5 gram sampai yang paling tinggi adalah 1.000 gram emas.
  • Harga cetak versi Antam dan UBS kemungkinan akan memiliki sedikit perbedaan. Jadi, kamu bisa memilih sendiri sesuai dengan kebutuhan.

Selain menggunakan situs dari Sahabat Pegadaian. Kamu juga bisa langsung datang Pegadaian atau memanfaatkan aplikasi Sahabat Pegadaian yang bisa diunduh melalui Play Store dan App Store.

3. Menggunakan Situs Pluang

Pluang adalah salah satu platform yang digunakan untuk melakukan proses investasi emas dan beberapa produk investasi lain. Platform ini tersedia dalam bentuk aplikasi dan juga website sehingga kamu bisa mengecek harga emas dari salah satunya.

Khusus pada pembahasan ini kita akan melakukan proses pengecekan dengan memanfaatkan situs Pluang. Berikut beberapa cara untuk melakukan pengecekan.

  • Buka situs Pluang yang dikhususkan untuk melakukan investasi emas. Cara dengan membuka tautan ini: https://pluang.com/produk/pluang-emas
  • Secara otomatis akan terlihat 3 harga emas. Pertama adalah harga jual, harga beli, dan harga tengah.

Setelah masuk ke dalamnya, kamu bisa melihat secara langsung harga dari emas versi cetak yang berasal dari Antam dan UBS.

  • Klik salah satu sesuai dengan keinginan.
  • Di bagian bawah dari harga akan muncul grafik tentang fluktuasi harga dalam beberapa hari.

4. Pakai Aplikasi Gojek

Cara selanjutnya untuk mengetahui harga emas hari adalah dengan memanfaatkan aplikasi go-jek. Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu bisa dengan mudah melakukan berbagai jenis transaksi entah itu beli atau jual. Semua bisa dilakukan secara instan dan juga mudah.

Baca Juga  Cara Bayar Kartu Kredit BCA

Untuk melakukan pengecekan harga emas, simak beberapa langkah di bawah ini.

  • Buka aplikasi Gojek, ada baiknya untuk melakukan login terlebih dahulu. Apabila tidak memiliki akun sebelumnya bisa melakukan register.
  • Setelah berhasil register, kamu bisa segera masuk ke dalam menu utama dari Gojek.
  • Selanjutnya geser panel ke atas, gulir ke bawah sampai menemukan
  • Selanjutnya klik untuk masuk ke dalamnya.
  • Aplikasi ini digunakan untuk melakukan proses penjualan atau pembelian emas secara langsung dengan menggunakan saldo Gopay.
  • Untuk mengetahui harga emas, kamu bisa menggesernya ke bawah sampai menemukan kurva.
  • Pilih kurva pembelian atau penjualan.
  • Dari sana akan terlihat keren harga jual dan beli emas dengan memanfaatkan aplikasi ini.

Dari sana akan terlihat keren harga jual dan beli emas dengan memanfaatkan aplikasi ini.

Harga bisa saja memiliki selisih dengan beberapa aplikasi lain. Meski demikian selisihnya tidak akan terlalu banyak. Jadi, tetap bisa digunakan sebagai salah satu alternatif melakukan investasi emas.

5. Menggunakan Tokopedia

Tokopedia juga digunakan untuk melakukan proses pembelian, penjualan, atau sekadar melakukan pengecekan harga emas. Untuk mengetahui harga emas yang terjadi hari ini, kamu bisa mengikuti beberapa langkah berikut.

Di sana akan terlihat harga emas baik itu harga beli atau harga jual.

  • Kamu bisa melihat grafik harga emas mulai dari 7 hari, 1 bulan, hingga 3 bulan.

Perlu diingat jika kamu juga bisa melakukan pengecekan harga emas dengan memanfaatkan aplikasi Tokopedia. Jual beli emas yang dilakukan di sini merupakan kerjasama antara Tokopedia dengan Pegadaian. Jadi, kemungkinan besar harga emasnya akan sama.

Faktor yang Mempengaruhi Fluktuasi Harga Emas

faktor yang mempengaruhi fluktuasi harga emas

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi harga emas hari ini. Faktor itu harus diperhatikan dengan baik oleh investor agar tidak mengalami kerugian. Simak selengkapnya faktor apa saja yang bisa mempengaruhi fluktuasi harga emas.

  • Krisis Keuangan Global. Apabila dunia atau beberapa negara berpengaruh mengalami krisis keuangan kemungkinan besar akan menyebabkan harga emas mengalami fluktuasi.
  • Inflasi yang terjadi. Tinggi atau rendahnya inflasi yang terjadi pada suatu negara akan mempengaruhi harga emas. Harga bisa mengalami kenaikan ataupun penurunan secara drastis.
  • Kenaikan harga dolar AS. Apabila nilai tukar mata uang dari Amerika ini mengalami kenaikan, kemungkinan besar emas akan ditekan sehingga harganya menurun.
  • Perubahan pada suku bunga dasar yang ada pada suatu negara. Meski emas tidak berhubungan langsung dengan obligasi, harganya bisa saja mengalami kenaikan atau penurunan. Misal saat suku bunga turun kemungkinan besar harganya akan naik.
  • Produksi emas di dunia. Besar atau sedikitnya produksi emas yang terjadi setiap tahunnya juga akan mempengaruhi harganya sehingga bisa saja mengalami kenaikan atau penurunan.
  • Permintaan dan ketersediaan. Apabila permintaan terhadap emas cukup tinggi dan ketersediaan di pasar cukup rendah kemungkinan besar akan menyebabkan harga mengalami kenaikan. Apabila yang terjadi sebaliknya kemungkinan besar harganya akan menurun.
Baca Juga  Twibbon Selamat Hari Raya Idul Fitri 2022

Setelah membaca ulasan di atas, kamu jadi lebih tahu tentang cara mengetahui harga emas hari ini dengan mudah. Apalagi kamu menggunakan salah satu aplikasi jual beli emas secara online. Biasanya Melalui aplikasi tersebut akan terlihat harga emas secara real-time dalam satu hari.

Simak juga: Cara Top Up GoPay

Apabila harga emas cenderung anjlok cukup banyak, beberapa orang memilih untuk menahan atau membeli kembali. Sementara itu jika harga terus menanjak tinggi, sebagian besar orang cenderung akan menjualnya sehingga bisa mendapatkan keuntungan dari selisih atau margin saat beli.