Game Nomor 1 di Indonesia

Game Nomor 1 di Indonesia – Game online mobile, sebuah tren yang melanda di seluruh dunia sejak munculnya smartphone Android dengan harga terjangkau. Hanya dengan modal beberapa ratus ribu rupiah saja, pengguna sudah bisa merasakan permainan online dengan pemain lain yang terhubung melalui internet. Bermain bersama teman menjadi lebih mengasyikkan dan lebih dari itu, jarak bukanlah menjadi suatu masalah lagi.

Salah satu alasan mengapa seseorang bermain game online tentu karena game tersebut memiliki permainan yang seru. Tanpa permainan yang seru, apa lagi yang diharapkan oleh pemain? Sebuah game tentu memiliki banyak pemain bukan karena grafik berkualitas apik saja. Meskipun suatu game memiliki grafik yang apik dan permainan yang menarik, belum tentu game tersebut populer karena banyak faktor lain yang menentukan tingkat popularitas.

Membahas tentang game online biasanya tidak lepas dari “Siapa yang menempati peringkat pertama menurut tingkat popularitas?”. Tidak bisa dipungkiri, hal ini juga merupakan efek samping dari sistem game itu sendiri.

Game sering kali membuat chart atau peringkat pemain berdasarkan Rank, Level, jumlah ronde kemenangan, dan lain – lain, maka tidak heran para pemain pun juga berbalik membuat chart tentang game yang ada di seluruh dunia. Mari kita bahas lebih lanjut mengenai chart ini.

Peringkat Game Mobile Urutan 1 – 10 di Indonesia

Seperti yang kita ketahui, game mobile memiliki ketenaran yang sangat tinggi. Alasannya karena hampir seluruh manusia di muka bumi ini memiliki smartphone terutama Android. Pengguna hanya perlu menggunakan Google Play Store untuk mendownload game, menunggu beberapa saat, setelah itu game siap untuk dimainkan.

Chart atau peringkat dari game mobile bergantung dari jumlah download atau jumlah pengguna smartphone yang memainkannya, alias kuantitas. Mengapa kualitas game seperti grafik, fitur, dan story atau jalan cerita tidak menjadi patokan? Alasannya sangat sederhana. Game dengan kualitas seperti itu tidak dimainkan semua orang. Contohnya grafik, tidak semua perangkat mendukung grafik yang tinggi sehingga tidak semua orang mampu memainkan game tersebut.

Namun, game populer bukan berarti tidak memiliki grafik, fitur, atau story yang baik. Tentu saja, jika game tersebut tidak memiliki fitur permainan yang menarik, tidak akan ada orang yang mau memainkannya. Jadi, peringkat berdasarkan kuantitas bukan berarti game tersebut tidak memiliki kualitas, malah justru peringkat tersebut menunjukkan seberapa efektif kualitas game tersebut.

Daftar Game Nomor 1 di Indonesia Terbaik 2021

Daftar Game Nomor 1 di Indonesia Terbaru dan Terbaik

Sebagai pemain, tentu saja kita penasaran tentang game yang kita mainkan. Apakah game ini termasuk ke dalam 10 besar? 5 besar? Atau bahkan ternyata game nomor 1 di Indonesia? Pastinya pemikiran seperti ini pernah terlintas di benak para pemain dari seluruh kalangan.

Ini jawaban dari pertanyaan apa google game nomor 1 di Indonesia? Berikut adalah peringkat game yang populer di Indonesia terbaru 2021:

  1. Garena Free Fire (FF / Ep Ep)
  2. Mobile Legends: Bang Bang (MLBB)
  3. PUBG Mobile
  4. Fortnite Mobile
  5. State of Survival
  6. Minecraft
  7. Clash of Clans (COC)
  8. Roblox
  9. Call of Dutty
  10. Pokemon Go

Nah, itulah beberapa nama game yang sangat populer di indonesia mulai dari urutan 1, urutan 2 hingga ke 10. Dan dibawah ini kami jelaskan juga kenapa dan penyebab game ini menjadi populer. Tanpa berlama-lama lagi silahkan simak dibawah ini dengan metode hitung mundur.

Baca juga: Game Offline Terbaik

10. Laplace M

Game RPG Online, salah satu genre game yang sangat populer di era game online warnet. Game sejenis ini menitik beratkan sistem grinding dengan cara memburu monster dan menyelesaikan Quest yang diberikan oleh NPC.

Sejak hadir di perangkat mobile, game Laplace M memiliki tempat di hati pemain game online, terutama gamer lawas yang rindu dengan suasana game online RPG seperti ini. Permainannya mirip seperti game online lawas, Ragnarok. Pemain diharuskan untuk memilih sendiri character yang disediakan lalu berpetualang menelusuri dunia sambil menjalankan misi yang diberikan.

Meskipun namanya terdengar samar, namun Laplace M memiliki tempat sendiri di benak pemain game online. Permainan seperti ini cocok dimainkan saat senggang karena memiliki grafik yang imut serta menenangkan hati. Permainan ini populer pada perangkat Android dan iOS dan bisa didownload dengan gratis.

9. Ragnarok M: Eternal Love

Pemain game online lawas pasti tidak akan pernah lupa dengan judul game ini, Ragnarok. Ya, game ini merupakan salah satu game legendaris di Indonesia dan merupakan game yang paling sering dimainkan di warnet.

Keseruan game Ragnarok terletak pada petualangan yang dijalankan serta komunitas yang saling support dan saling membutuhkan satu sama lain. Sayangnya, di saat terakhir, game ini sempat redup sejak warnet mulai sepi peminat sehingga mengharuskan Ragnarok untuk menutup servernya.

Namun, kini kalian dapat memainkan Ragnarok dalam versi mobile yang dirilis oleh Gravity, Ragnarok M: Eternal Love. Selain menawarkan nostalgia, pemain juga disuguhkan dengan grafik bagus yang tidak ditemukan pada game Ragnarok era warnet. Nostalgia dengan rasa baru, menarik bukan?

8. Roblox

Sering mendapatkan julukan sebagai “Game Anak – Anak”, ternyata game yang satu ini mendapatkan peringkat yang tinggi. Mungkin memang benar bahwa game ini banyak dimainkan oleh anak – anak, namun tidak bisa dipungkiri bahwa pemainnya berasal dari berbagai usia dan berbagai kalangan.

Mode permainan yang ditawarkan sangat lah beragam, metode seperti ini membuat pemain tidak pernah bosan dalam memainkannya. Jika sudah bosan dengan satu mode, pemain bisa memilih puluhan mode lainnya.

Roblox sendiri tidak hanya populer di Android, game ini juga populer di iOS bahkan pada PC sekalipun. Game Roblox yang dimainkan di PC juga sama asyiknya dan sama populernya sehingga Roblox layak menempati peringkat ini pada chart game populer di Indonesia.

7. PUBG Mobile

Jika kalian bertanya tentang game paling populer pada PC, kalian akan banyak menemukan jawaban “Player Unknown’s Battlegrounds” atau disingkat PUBG. Game dengan sistem battle royale ini menawarkan mode bertahan hidup sampai akhir melawan 100 pemain lain.

Sistem unik ini sebenarnya ada di beberapa game lain namun game PUBG memiliki ketenaran sendiri karena mekanisme yang ditawarkan lebih mudah untuk diterima pemain. Sebagai contoh, game ini mengusung recoil yang tinggi dan tidak mencampurkan genre fantasi di dalamnya, hanya medan perang yang ditawarkan.

Seperti halnya PUBG versi PC, PUBG versi mobile atau PUBB Mobile juga sama tenarnya. Sistem yang ditawarkan pun sama, bahkan PUBG Mobile memiliki keuntungannya sendiri yaitu bisa dimainkan kapan saja dan dimana saja. Dengan modal perangkat smartphone, pemain PUBG bisa beralih ke PUBG Mobile dengan gampang dan bermain bersama teman – teman di tongkrongan.

Baca juga: Game PC Ringan

6. Genshin Impact

Mihoyo selaku developer game yang sebelumnya merilis Honkai Impact 3 melakukan gebrakan dalam industri game online melalui game terbarunya bernama Genshin Impact. Popularitas dari Genshin Impact sendiri lahir karena game open world ini memiliki fitur dan karakter yang sangat menarik.

Awalnya, game ini dihujat karena dianggap meniru game Zelda: Breath of The Wild dari Nintendo Switch namun pada akhirnya segala pujian jatuh kepada Genshin Impact.

Salah satu bagian yang paling khas dari Genshin Impact adalah design karakter. Tidak seperti game lain yang menawarkan karakter seadanya, game ini sangat memperhatikan karakter yang diluncurkan, kita ambil contoh Zhongli.

Jika kalian belum pernah menonton demo karakter Genshin Impact, silahkan tonton demo karakter dari Zhongli pada channel official Genshin Impact dan kalian akan tahu mengapa game Genshin Impact masuk ke dalam daftar game nomor 1 di Indonesia ini.

5. Clash Royale

Kali ini game dengan genre RTS atau Real Time Strategy yaitu Clash Royale. Game ini juga dirilis oleh perusahaan yang sama dengan COC atau Clash of Clans namun memiliki sistem yang berbeda. Dua pemain dibuat untuk saling menyerang secara bersamaan dengan pasukan yang lebih sedikit dan waktu yang ditentukan.

Skor akhir ditentukan dari siapa yang paling banyak menghancurkan tower musuhnya, atau siapa yang paling cepat menaklukkan semua tower lawan. Model permainan seperti ini memiliki unsur yang sama dengan COC namun memiliki rasa yang berbeda sehingga pemain tertarik untuk mencobanya.

4. State of Survival: The Walking Dead Collaboration

Siapa sangka, game dengan sentuhan “zombie menguasai dunia” masih laris di era seperti sekarang ini. Hal ini tentu adalah pertanda baik, game dengan genre serupa masih diminati oleh orang banyak.

State of Survival menggandeng series The Walking Dead yang terkenal melalui film dan game nya. Popularitas game ini tidak hanya ada di Indonesia, namun juga di negara asalnya yaitu Amerika Serikat dan banyak negara lainnya.

3. Clash of Clans atau COC

Siapa yang tidak pernah mendengar nama Clash of Clans atau COC? Game ini merupakan game legendaris yang muncul di awal smartphone mulai menjamur di Indonesia. Game ini dinikmati oleh semua kalangan, bahkan ada beberapa orang yang sampai rela mengeluarkan uang jutaan rupiah untuk Diamond dari game ini demi mengupgrade pasukan dan bangunan di dalamnya.

Ketenaran game ini memang tidak diragukan lagi dan layak untuk masuk ke dalam chart ini. Uniknya, COC hampir selalu masuk ke dalam chart game paling populer di Indonesia selama bertahun – tahun, bisa dibilang sebagai juara bertahan. Keren!

Baca juga: Gameloop FF

2. Mobile Legends: Bang Bang

MOBA atau Multiplayer Online Battle Arena merupakan game nomor 2 di Indonesia, dan game ini mulai diminati sejak maraknya pemain Warcraft3, DOTA, dan DOTA2 pada PC yang mengikuti kompetisi baik online maupun offline.

Sejak munculnya Mobile Legends atau yang lebih dikenal dengan sebutan ML, pemain MOBA beralih ke game ini karena game ini bisa dimainkan dimana saja dan kapan saja. Selama ada internet, perangkat Android dengan harga murah pun bisa memainkan game ini.

Saking terkenalnya, game ini sampai mengadakan kompetisi internasional. Meskipun game ini terkesan sederhana di mata pemain game MOBA PC, ternyata game ini juga bisa dimainkan dengan strategi yang serius.

1. Garena Free Fire

Akhirnya kita sampai pada puncak chart game nomor 1 di Indonesia diraih oleh Garena Free Fire. Mungkin banyak orang yang tidak setuju ketika Garena Free Fire dinobatkan sebagai game nomor 1 di Indonesia karena kualitas grafik dan fitur yang dianggap “buruk” atau “burik” dari game ini.

Namun, tidak bisa kita pungkiri, popularitas Garena Free Fire atau lebih dikenal dengan sebutan FF sangatlah tinggi. Pemain yang memainkan game ini berasal dari berbagai kalangan, termasuk pro player yang tergabung dengan tim Esport ternama seperti Evos, Onic, dan RRQ. Kompetisi internasional pun sering diadakan dan hadiah yang ditawarkan juga tidak bisa dianggap remeh.

Baca juga: Game Perempuan

Demikianlah ulasan mengenai game nomor 1 di Indonesia menurut tingkat popularitas. Kalian mungkin salah satu dari pemain game yang ada di chart ini dan bisa berbangga hati dengan peringkat tersebut.

Namun, peringkat bukanlah segalanya, kalau kalian menikmati game tertentu yang tidak populer, hal tersebut bukanlah masalah selama kalian menikmati permainannya bukan? Semoga halaman ini bermanfaat untuk kita semua. Selamat bermain!