Batas FUP Indihome

Batas FUP Indihome – Dari sekain banyak provider layanan internet terkemuka di Indonesia yang paling terkenal dan paling banyak penggunanya adalah Indihome. Indihome menarakan layanan paket internet unlimied mulai dari kuota 10 MBPS hingga 100 MBS. Eits, walaupun unlimited Indihome memberikan batasan layanannya yang disebut dengan FUP atau Fair Usage Policy Indihome.

Lho kok bisa dibatasi? Kenapa demikian? Katanya unlimited! Perlu dipahami bahwa layanan FUP Indihome ini bertujuan untuk memberikan pembatasan pada aktivitas ilegal dan sering kali merugikan yang dilakukan oleh para pelanggan Indihome sendiri. Layanan ini secara resmi diberlakukan pada tahun 2016 lalu.

Untuk anda yang baru pertama kali menggunakan layanan internet dari Indihome, maka penting dan wajib tahu masalah FUP ini. Agar anda tidak kaget ketika menggunakan layanan internetnya. Jika internet anda sering lemot, pastikan penggunaan internet anda tidak mencurigakan atau penggunaannya tidak melebihi batas penggunaan harian.

Batasan FUP Indihome 2021

Indihome menerakan pembatasan yang berbeda-beda pada setiap paket internet yang ditawarkannya. Secara umum, batasan FUP ini dibagi menjadi 2 bagian, yaitu FUP 1 dan juga FUP 2. Layanan internet yang mencapai batasan pemakaian FUP 1, maka kecepatan internetnya akan dibatasi 75% sedangkan FUP 2 hanya 40%.

Tapi anda bisa bisa terbebas dari pembatasan FUP ini jika anda menggunakan layanan internet Indihome lebih dari 100 MBPS. Adapun detail batasan FUP Indihome ini adalah sebagai berikut:

1. FUP Indihome 100 MBPS

Paket internet Indihome 100 MBPS ini memiliki FUP sebesar 2000GB hingga 40%. Tapi batas penggunaannya tidak akan langsung diturunkan ketika mencapai 2000GB saja dan tidak langsung diturunkan 40%, melainkan akan diturunkan secara bertahap.

Pada tahapan pertama, jika batas penggunaan pertama mencapai 1200GB, maka kecepatan aksesnya akan diturunkan hingga 25% (45MBPS) dari kecepatan normal.  Jika sudah melebihi batas FUP 2000GB maka kecepatan akses internetnya akan dikurangi menjadi 30MBS atau 40%.

2. FUP Indihome 50 MBPS

Paket internet Indihome ini memiliki batasan FUP 1 hingga 1200GB, dengan penurunan kecepatan akses internet pertama hingga 37,5 MBPS. Sedangkan jika pemakaian kuota internet sudah melebihi 2000GB, maka kaan diturunkan kembali hingga 20 MBPS.

Jika anda menggunakan layanan paket internet Indihome 50MBPS di rumah, kemudian mendadak lambat, maka periksa FUP yang anda dapatkan. Dan berapa penggunaan akses internet anda saat ini. Jika tidak masuk perhitungan, maka anda wajib komplain kepada pihak Indihome.

3. FUP Indihome 40 MBPS

Jika anda menggunakan paket 40 MBPS, maka anda akan mendapatkan FUP sebesar 900GB maka kecepatan akses internet anda akan berkurang menjadi 30MBPS atau kurang 25% dari kecepatan normalnya. Apalagi jika anda pemakaian internet harian anda sudah melebihi 1600GB, maka kecepatan internet anda akan berkurang 40% jadi 16MBPS saja dari kecepatan normal yang biasa anda dapatkan.

Semua orang yang menggunakan paket internet Indihome 40MBPS pasti akan mendapatkan layanan akses seperti ini. Maka dari itu, pastikan penggunaan internet hari anda tidak melebihi batas FUP yang diberikan oleh Indihome agar kecepatan aksesnya tetap stabil setiap hari dari pagi hingga malam.

4. FUP Indihome 30 MBPS

Apabila anda menggunakan layanan paket internet Indihome 30MBPS, maka akan mendapatkan FUP sebesar 800GB. Jika penggunaan internet hari anda sudah mencapai 600GB, maka kecepatan internet anda akan diturunkan 25% yaitu menjadi 15MBPS. Jika penggunaan internet anda sudah melebihi 800GM maka akses internet anda akan dikurangi 40% menjadi 9MBPS saja.

Para pengguna paket internet Indihome paket 30MBS pasti akan sering sekali mengalami gangguan penurunan internet. Terutama pada saat malam hari. Apalagi jika akses internet anda ini digunakan oleh lebih dari 5 orang, maka sudah pasti akan berdampak pada kecepatan akses internet yang anda gunakan.

5. FUP Indihome 20 MBPS

Paket internet Indihome yang satu ini adalah salah satu yang termurah yang bisa jadi pilihan anda. Walau murah, anda harus mempertimbangkan ketika anda akan menggunakannya. Karena paket ini juga memiliki FUP atau batasan penggunaan akses yang cukup tinggi. Jadi harus sabar apabila koneksi jaringan internet anda melambat.

Paket internet Indihome 20MBPS ini diberikan dengan kecepatan maksimum 500GB. Jika pengguna sudah mencapai batas maksimal penggunaan 500 GB maka kecepatan aksesnya akan dikurangi h25% yaitu menjadi 15MBPS. Sedangkan jika ia sudah melampaui batas penggunaan hingga 800GB maka kecepatan aksesnya akan dikurangi 40% menjadi 8MBPS saja.

6. FUP Indihome 10 MBPS

Salah satu paket Indihome paling murah sekaligus paling laris adalah paket Indihome 10MBPS. Paket ini adalah yang paling murah, karena biasanya digunakan  oleh orang-orang untuk kebutuhan internet harian bukan untuk kerja (Mayoritas).

Jika anda memilih menggunakan paket internet Indihome 10 MBPS maka anda akan mendapatkan Fair Usage Policy sebesar 200GB. Jika penggunaan internet anda sudah mencapai 200GB, maka daya akses internet anda akan dikurangi 25% menjadi 5MBPS. Terlebih jika anda sudah menggunakan akses internet lebih dari 300GB maka kecepatan internet anda akan dibatasi 40% menjadi 3MBPS.

Bagaimana Cara Cek FUP Indihome?

Setelah anda tahu berapa kapasitas FUP yang diberikan Indihome untuk setiap paketnya, anda pasti penasaran dong berapa FUP paket Indihome yang anda gunakan. Jangan khawatir, anda bisa cek sendiri kapasitas FUP paket internet anda sekarang dengan mudah. Setidaknya ada 3 cara yang bisa anda lakukan, yaitu:

1. Cek Melalui SMS

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan mengeceknya menggunakan SMS. Tentunya anda harus memastikan dulu bahwa nomor yang anda gunakan ini memang sudah terdaftar di Indihome ketika anda gunakan layanan mereka. Cara Cek melalui HP ini sangat mudah sekali, berikut adalah langkah-langkah cara cek FUP melalui SMS:

  • Ketik: ISP [spasi] IH [spasi] kode area + nomor telepon Indihome
  • Kirim pesan ke nomor center Indihome 99108
  • Tarif pesan Rp.350/pesan
  • Tunggu beberapa saat
  • Anda akan dikirim detail paket yang digunakan dan FUP secara lengkap

2. Cek Di Website Indihome

Cara kedua yang dapat dilakukan adalah dengan cek melalui halaman website Indihome. Anda bisa melihat FUP paket intrnet yang anda gunakan dengan mudah di sana, caranya seperti ini:

  • Buka halaman situs Indihome.co.id
  • Kemudian login dulu dengan akun anda yang dibuat saat daftar Indihome
  • Klik menu masuk

fup indihome

  • Masukkan alamat email atau nomor HP

FUP Indihome

  • Kemudian klik login
  • Setelah masuk ke dalam situsnya klik status langganan
  • Lihat FUP yang anda dapatkan

3. Cek Melalui Aplikasi My Indihome

Selain kedua cara di atas, anda juga bisa mengecek FUP paket internet anda dengan aplikasi MyIndihome.

FUP Indihome

  • Lihat pada menu pemakaian anda
  • Di sana terlihat jelas pemakaian internet anda dan batas FUP secara detail

Itulah beberapa penjelasan mengenal tentang FUP dan batas FUP Indihome 2021 serta bagaimana cara mengeceknya. Semoga dengan artikel toraccino.id ini bisa bermanfaat bagi para pengguna Internet IndiHome. Terimakasih dan sampai jumpa kembali.