Fungsi Merge Cell

Fungsi Merge Cell – Salah satu fungsi yang dimiliki oleh Microsoft Excel adalah menampilkan berbagai jenis tabel dengan lebih mudah. Seorang bisa membuat tabel di sana dengan memasukkan data mentah lalu bisa diberi border. Selain itu kamu juga bisa memanfaatkan fungsi merge cell untuk membuat data terlihat lebih baik.

Untuk bisa memanfaatkan Microsoft Excel secara maksimal, seseorang harus mengetahui apa saja fungsi yang ada di dalamnya. Salah satunya adalah untuk melakukan proses pengolahan data dalam bentuk tabel termasuk untuk melakukan proses merge cell dan proses pembagian sel.

Pada artikel ini akan dibahas informasi terkait dengan fungsi merge cell. Jadi kamu bisa lebih memahami apa saja fungsi dari fitur ini dan bagaimana cara menggunakannya dengan benar. Jadi saat melakukan proses pengolahan data tidak akan mengalami kesalahan sama sekali.

Pengertian Merge Cell

Pengertian Merge Cell

Belum mempelajari fungsi merge cell, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu apa pengertian dari merge cell itu sendiri.

Seperti yang diketahui bersama jika Microsoft Excel membagi worksheet atau halaman pekerjaannya menjadi kolom. Setiap kotak yang ada di sana diberi nama sel. Setiap sel akan memiliki nama tertentu seperti B1 hingga Z23.

Karena terdiri dari beberapa sel yang berbeda-beda. Proses pengolahan data biasanya dilakukan dengan pembuatan kolom iklan baris untuk membentuk tabel.

Selain membuat tabel, kamu juga harus menggunakan fungsi lain yang ada  yang pada Microsoft Excel. Fungsi itu adalah menggabungkan dua sel yang saling berdekatan atau beberapa sel lainnya.

Baca Juga  Contoh Kata Pengantar Makalah

Apabila sudah digabungkan dua atau lebih sel itu akan menjadi satu sel. Dengan melakukan proses penggabungan ini maka penampilan dari tabel akan menjadi lebih lebar.

Fungsi Merge Cell di Excel

Fungsi Merge Cell di Excel

Fungsi merge cell di Microsoft Excel cukup banyak. Berikut beberapa fungsi yang bisa dimanfaatkan oleh para penggunanya.

1. Merapikan Data

Fungsi pertama yang dimiliki oleh merge cell adalah untuk melakukan proses merapikan data. Proses merapikan data ini sangat penting untuk dilakukan. Dengan melakukan proses merapikan data maka tampilan data yang muncul pada worksheet akan lebih mudah untuk diolah kembali.

Biasanya fungsi merge cell ini dilakukan apabila ada beberapa kolom yang saling berhubungan tetapi masih bisa digabung. Jadi bagian atas yang menjadi keterangan bisa menjadi 1 lalu di bagian bawahnya bisa saja bercabang atau terpisah.

Meski demikian perlu diingat apabila melakukan proses penggabungan sel. Salah satu data yang ada pada sel akan melakukan merger dan hilang. Itulah kenapa proses penggabungan ini hanya dilakukan pada bagian keterangan di bagian atas saja. Untuk bagian data biasanya akan tetap dibiarkan.

2. Pengelompokan Data

Proses pengelompokan data juga bisa dilakukan. Pengelompokan ini biasanya dilakukan apabila untuk dari rata adalah sama tetapi masih di pisah dalam kolom-kolom yang berbeda. Jadi agar tidak terlalu banyak kolom dan memudahkan proses pengelompokan bagian yang sama akan dimerger.

Ambil contoh saja seseorang yang berasal dari perusahaan yang sama. Karena memiliki daftar nama pegawai yang banyak maka keterangan untuk jenis perusahaan akan dibuat menjadi satu. Kolom yang memiliki data sama ini bisa di-merger sehingga pengelompokan berjalan dengan lebih mudah.

Sebelum melakukan proses merger biasanya akan ada beberapa notifikasi atau keterangan. Apabila bisa menyebabkan kehilangan data biasanya akan muncul notifikasi untuk melanjutkan atau menghentikan terlebih dahulu proses tersebut.

Baca Juga  Transistor

3. Memudahkan Proses Baca Data

Disadari atau tidak jika seseorang melakukan proses pengolahan data dengan memanfaatkan Microsoft Excel. Orang lain akan bisa dengan mudah mempelajari data tersebut dengan hanya membaca beberapa tabel atau kolom yang sudah disediakan sebelumnya.

Apabila dalam melakukan proses penyajian ini terdapat beberapa kolom yang saling bertumbukan atau bertabrakan. Proses pembacaan data tidak akan bisa berjalan dengan maksimal. Dampaknya peluang seseorang melakukan salah tafsir akan besar. Hal ini akan sangat berbahaya apabila diteruskan.

Itulah kenapa proses merger data atau merger sel bisa dilakukan. Dengan melakukan ini data akan semakin rapi sehingga lebih mudah dibaca karena terlihat lebih estetik. Selanjutnya apabila ada data bisa dibuat menjadi grafik atau kurva akan semakin lebih baik lagi.

Cara Melakukan Merge Cell

Cara Melakukan Merge Cell

Apabila ingin melakukan proses merge cell, ada baiknya untuk mengikuti beberapa cara atau langkah di bawah ini.

1. Blok Sel

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk melakukan proses penggabungan sel adalah dengan melakukan blok pada beberapa sel. Proses blok ini bisa dilakukan satu persatu apa bisa langsung dengan menekan tombol shift lalu ikuti dengan anak panah.

Proses merger ini akan membuat berbagai jenis sel itu akan bergabung menjadi satu. Jadi apapun sel yang dipilih akan menjadi satu sehingga seseorang harus mempertimbangkan terlebih dahulu apakah akan melakukan proses penggabungan langsung atau tidak.

2. Menekan Tombol Meger

Selanjutnya bisa menekan tombol merger yang letaknya ada di bagian ribbon sebelah atas. Akan ada simbol untuk melakukan proses penggabungan sel yang bisa langsung ditekan untuk melakukan proses penggabungan.

Apabila melakukan itu maka proses penggabungan akan langsung dilakukan tanpa ada syarat yang lain. Artinya seluruh data yang muncul hilang dan memunculkan data pertama saja.

Baca Juga  Contoh Surat Pengunduran Diri

3. Memilih Jenis Merger

Apabila membutuhkan merger yang lain bisa memanfaatkan menu pada bagian tombol. Biasanya akan ada pilihan apakah akan memanfaatkan menu yang berhubungan dengan merger manual, merger di tengah, atau jenis merger yang lain.

Kamu bisa memilih sendiri atau melakukan uji coba satu per satu untuk melihat hasilnya. Dengan begitu kamu akan tahu kira-kira seberapa besar dampak dari proses penggabungan sel tersebut.

Fungsi Unggulan Lain di Excel

Fungsi Unggulan Lain di Excel

Selain berfungsi untuk melakukan proses pengolahan data tabel dan juga melakukan merger. Ternyata ada fungsi lain yang dimiliki oleh Microsoft Excel dan jarang diketahui oleh orang lain. Fungsi itu terdiri dari:

  • Menampilkan berbagai jenis peta yang ada di seluruh dunia asalkan sudah bergabung dengan Microsoft Excel yang premium dan sudah memanfaatkan aplikasi asli.
  • Bisa dimanfaatkan untuk membuat semacam aplikasi untuk melakukan proses pengolahan data secara otomatis. Biasanya aplikasi yang sering dimanfaatkan adalah aplikasi untuk kasir pada toko.
  • Fungsi template yang juga bisa dimanfaatkan untuk melakukan proses pengolahan data. Biasanya template ini digunakan untuk melakukan proses pembuatan invoice.
  • Proses untuk membuat semacam data atau grafik. Dari data yang ada grafik bisa langsung dibuat sesuai dengan keinginan apakah akan membentuk candle atau jenis kurva yang lain.

Fungsi merge cell pada Microsoft Excel ternyata ada banyak. Salah satu fungsi yang bisa didapatkan adalah untuk menggabungkan beberapa sel menjadi satu agar terlihat lebih rapi.

Untuk bisa memanfaatkan fungsi ini kamu juga harus mengetahui apa saja hal yang harus diperhatikan. Salah satunya adalah adanya beberapa data yang mungkin hilang ketika sudah dilakukan proses merger atau penggabungan. Jadi ketika melakukan proses merge cell harus lebih hati-hati.