Convert Word ke PDF

File dengan format PDF saat ini memang tengah banyak digunakan berbagai kalangan. Kamu mungkin biasa menggunakannya untuk mengirimkan tugas maupun pekerjaan. Tak heran jika banyak yang mencari cara convert Word ke PDF untuk berbagai keperluan.

Dokumen yang sudah dibuat di Microsoft Word bisa dikonversi menjadi format file lainnya. Salah satunya dengan format PDF yang akan dibahas kali ini. Bagaimana cara mengubah dokumen Word ke PDF yang mudah dilakukan?

Caranya sangatlah mudah, kamu tinggal mengikuti beberapa panduan yang akan kami bahas, adapaun tutorial yang sudah di ulas toraccino itu berdasarkan sumber yang yang pasti dan terpercaya. Berikut ini informasi lengkapnya.

Alasan Mengubah File Word menjadi PDF

Alasan Mengubah File Word menjadi PDF

Pada dasarnya, setiap format dokumen pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Ketika kamu selesai mengerjakan sesuatu di Microsoft Word, maka akan tersimban dengan format Word. Penggunanya masih bisa mengeditnya sesuka hati.

Tidak hanya kamu saja yang bisa mengubah dokumen tersebut, melainkan pihak lain juga. Tentunya selama memiliki dokumen Word yang sudah dibuat.  Oleh karena itu, disarankan untuk mengubahnya menjadi format PDF terlebih dahulu.

Format PDF tidak bisa diedit semudah mengedit dokumen Word. Kamu bisa mengkonversi isi dokumen ke PDF baik berupa tulisan maupun gambar di dalamnya.

Dan untuk kesimpulannya tak heran jika saat ini berbagai pendaftaran online, ebook, CV, dan tugas akhir harus dikonversi ke PDF terlebih dahulu sebelum dikirim.

Cara Convert Word ke PDF di Komputer/Laptop

Saat ini kamu dimudahkan untuk mengelola dokumen dengan berbagai jenis software dan aplikasi. Namun banyaknya pilihan tersebut mungkin membuat sebagian orang bingung. Oleh karena itu, penting untuk mengenali aplikasi dan situs apa saja yang mudah digunakan sekalipun untuk pemula.

Berikut beberapa cara convert Word ke PDF yang mudah dilakukan di komputer atau laptop.

1. Menggunakan Microsoft Word

Pada dasarnya, metode ini mungkin bisa dibilang yang paling mudah jika kamu sedang menggunakan laptop. Hampir semua versi Microsoft Word mendukung penyimpanan dokumen ke pdf. Jadi, kamu bisa melakukan cara ini di berbagai spesifikasi laptop.

  • Nyalakan komputer/laptop lalu buka software Microsoft Word.
  • Klik File lalu New untuk membuat dokumen baru.
  • Apabila hendak membuka file yang sudah ada, pilih
  • Klik File lalu Save atau Save As jika ingin menyimpan dokumen yang sebelumnya sudah ada.
  • Pada bagian Save as Type, klik *.pdf.

Pada bagian Save as Type, klik pdf

  • Ubah nama file jika dibutuhkan.
  • Klik

Meski kamu tidak langsung mendapati file tersebut dalam bentuk PDF, pada dasarnya sudah tersimpan dalam format PDF. Jadi, gunakan aplikasi PDF reader atau viewer yang biasa digunakan ya.

Baca juga ulasan sebelumnya mengenai cara merubah JPG ke PDF dengan mudah di hp dan pc.

2. Menggunakan WPS Office

Terkadang beberapa komputer atau laptop memang tidak terinstall aplikasi pengolah kata dari Microsoft. Mungkin alasannya kaena harga software Microsoft Office yang cukup mahal bagi beberapa kalangan.

Dibanding memakai versi bajakan, kamu bisa menggunakan software pengolah kata yang gratis. Salah satunya adalah WPS Office yang cukup banyak dijadikan alternatif Ms. Office.

Software ini dikembangkan oleh vendor Kingsoft yang meliputi tiga aplikasi dalam satu paket, yaitu Writer, Spreadsheet, dan Presentatiin. Tidak perlu khawatir, setiap aplikasi tersebut sudah kompatibel dengan dokumen Word, Excel, dan Power Point buatan Microsoft.

Tidak hanya itu, aplikasi ini juga memungkinkan kamu mengkonversi dokumen Word menjadi PDF, berikut langkah-langkahnya.

  • Langkah pertama, buka dokumen Word yang ingin dikonversi menjadi PDF.
  • Pilih Menu lalu Export to PDF.

Pilih Menu lalu Export to PDF.

  • Selanjutnya beri centang pada bagian halaman yang ingin disimpan menjadi PDF.
  • Pada tahap ini, kamu juga bisa mengubah nama file sesuai kebtuhan.
  • Untuk menyimpannya, klik Export to PDF.

Meski WPS Office Writer kompatibel dengan software Microsoft Word, tidak semua font tersedia di aplikasi pengolah kata tersebut. Jadi, mungkin kamu akan mendapati font berubah secara otomatis ketika membukanya.

Jika hal ini terjadi, mungkin kamu harus meluangkan waktu lebih untuk mengedit ulang file tersebut. Menariknya, WPS Office ternyata juga menyediakan fitur mengubah file PDF ke Word. Fitur ini akan sangat berguna jika sewaktu-waktu file Word yang sudah kamu miliki terhapus.

Jadi, nanti tinggal mengkonversi kembali versi PDF lalu menyuntingnya ulang sesuai kebutuhan, sangat mudah bukan?

3. Menggunakan Google Drive

Siapa sangka, platform penyimpanan berbasis cloud seperti Google Drive ternyata bisa mengkonversi dokumen lho. Cara ini bisa menjadi alternatif pilihan karena hampir semua pengguna smartphone memang sudah memiliki akun Google.

Melalui akun tersebut, kamu jadi bisa mengakses berbagai produk Google. Misalnya Gmail, Google Map, dan tentunya Google Drive. Pada dasarnya, metode ini mirip ketika kamu menggunakan WPS Office.

Di dalam Google Drive, kamu bisa menggunakan tiga aplikasi, yaitu Docs, Sheets, dan Slides. Nah, masing-masing sudah kompatibel dengan file Microsoft Office. Jadi, kamu bisa mengubahnya menjadi format lain dengan syarat komputer atau laptop yang digunakan terkoneksi internet.

  • Langkah pertama, pastikan kamu sudah login ke akun Google yang dimiliki.
  • Unggah dokumen Word yang ingin dikonversi menjadi file PDF ke Google Drive.
  • Klik kiri dua kali pada dokumen yang diinginkan, bisa juga dengan klik Open with Google Docs.
  • Pilih File lalu arahkan kursor komputer/laptop ke Download.
  • Klik PDF Document (.pdf)*

Klik PDF Document pdf

  • Tunggu sampai dokumen terdownload secara otomatis.

Metode di atas tidak kalah mudah dengan yang sudah dijelaskan sebelumnya. Perlu diingat agar bisa mengakses Google Drive, kamu harus memiliki akun Google terlebih dahulu.

Setelah mengubahnya di platform ini, mungkin hasilnya tidak selalu kelihatan rapi. Terlebih jika dokumen Word kamu berisi banyak gambar atau desain. Jika hasilnya kurang rapi, luangkan waktu untuk mengeditnya agar hasilnya sesuai keinginan.

4. Menggunakan Situs Adobe Acrobat

Vendor Adobe memang terkenal dengan software editingnya yang berkelas. Tidak hanya itu, ternyata Adobe juga menyediakan layanan online untuk mengkonversi file lho. Layanan tersebut berupa situs online bernama Adobe Acrobat.

Tentunya, kamu perlu memiliki koneksi internet yang cukup stabil agar bisa menggunakannya dengan mudah. Biasanya metode ini kerap kali digunakan bagi mereka yang terburu-buru harus mengkonversi file PDF.

Tidak hanya simple, situs online ini bisa digunakan secara gratis oleh berbagai kalangan. Berikut langkah-langkah mengubah file Word ke PDF via Adobe Acrobat online.

  • Langkah pertama, buka browser lalu kunjungi tautan ini: https://www.adobe.com/acrobat/online/word-to-pdf.html.
  • Selanjutnya pada halaman tersebut klik Select File.

Selanjutnya pada halaman tersebut klik Select File.

  • Kamu juga bisa drag file Word yang ingin diubah ke PDF.
  • Cari dan temukan file tersebut di media penyimpanan perangkat.
  • Layanan Adobe Acrobat online akan mengkonversinya secara otomatis dari file Word ke PDF.
  • Untuk menyimpannya, silahkan klik Download hasil akhirnya.

5. Menggunakan Situs SmallPDF

SmallPDF pada dasarnya terkenal dengan fungsinya untuk memperkecil file PDF. Tidak hanya fitur itu saja yang disediakan situs ini. Kamu juga bisa mengubah format file Word ke PDF dan sebaliknya dengan mudah.

Tampilan situs ini cukup ringkas dan tidak banyak iklan sehingga banyak disukai pengguna internet. Kamu mungkin akan suka juga karena SmallPDF sangat simple dan gratis.

  • Kunjungi laman https://www.smallpdf.com/
  • Pada menu bagian atas, klik alat lalu Word to PDF.
  • Nah, disini kamu bisa langsung memasukkan dokumen word yang ingin diubah menjadi PDF.
  • Caranya dengan klik Pilih File lalu cari file Word tersebut.
  • Tunggu beberapa saat sampai proses konversi selesai dilakukan.
  • Download

6. Menggunakan Situs Free PDF Convert

Nah, situs ini juga memiliki tools yang fungsional untuk mengkonversi file. Kamu bisa mengkonversi file Word ke PDF tanpa banyak langkah yang harus dilalui.

  • Buka browser lalu kunjungi website https://freepdfconvert.com/
  • Pada halaman utama, masukkan dokumen Word dengan klik Pilih Dokumen Word.

Pada halaman utama, masukkan dokumen Word dengan klik Pilih Dokumen Word.

  • Tidak hanya itu, pengguna juga bisa drag file ke tempat yang sudah disediakan.
  • Tunggu proses konversi hingga selesai lalu download hasilnya.

Cara Convert Word ke PDF di Smartphone Android

Tentunya banyak hal yang bisa dilakukan hanya dengan Android di genggaman tangan. Tak terkecuali jika kamu ingin mengelola berbagai jenis file atau dokumen. Di Playstore sendiri sudah banyak aplikasi converter yang memungkinkan penggunanya mengubah file Word menjadi PDF.

Namun, pastikan aplikasi yang kamu pilih benar-benar berfungsi sesuai keinginan. Jangan sampai mendownload aplikasi yang salah sehingga malah memenuhi memori HP. Begitu pula jika ingin menggunakan situs converter online, pastikan memilih yang tidak banyak iklan di dalamnya.

Berikut beberapa cara convert Word ke PDF yang bisa dilakukan di smartphone Android.

1. Menggunakan Aplikasi Word to PDF Converter

Jika kamu mencari aplikasi converter Word ke PDF yang ringan, aplikasi ini adalah jawabannya. Ukurannya tidak sampai 2 MB sehingga akan sangat menghemat ruang penyimpanan. Bagi kamu yang menggunakan HP dengan RAM terbatas, sebaiknya gunakan aplikasi ini saja.

  • Buka Playstore lalu cari Word to PDF Converter atau bisa klik disini untuk mendownloadnya.
  • Pada tampilan utama, klik Choose File lalu pilih file Word yang ingin diubah menjadi PDF.
  • Setelah itu, klik Convert Now.

Setelah itu, klik Convert Now.

  • Tunggu sampai proses konversi Word ke PDF selesai.
  • Download hasilnya.

2. Menggunakan Aplikasi Convert Word to PDF

Aplikasi ringan selanjutnya untuk mengubah file Word ke PDF adalah Convert Word to PDF. Ukurannya yang hanya 4 MB membuatnya begitu ringkas dan bisa diinstall di berbagai spesifikasi smartphone.

  • Download dan install aplikasi Convert Word to PDF terlebih dahulu.
  • Setelah berhasil terinstall, pada menu Home klik Open File.

Setelah berhasil terinstall, pada menu Home klik Open File.

  • Masukkan file Word yang hendak dikonversi jadi PDF.
  • Klik Convert dan tunggu sebentar sampai proses konversi selesai.
  • Selesai, hasil konversi file tersimpan secara otomatis di smartphone kamu.

Baca juga ulasan sebelumnya cara convert PDF ke Word dengan mudah.

3. Menggunakan Aplikasi Word to PDF

Aplikasi yang dikembangkan Cometdocs.com Inc ini memiliki tampilan yang cukup ringkas sehingga mudah digunakan. Sesuai dengan namanya, kamu bisa mengubah file Word menjadi PDF hanya dengan beberapa langkah saja.

  • Langkah pertama, download aplikasi Word to PDF di Playstore.
  • Jika sudah terinstall, buka aplikasi converter tersebut.
  • Pada tampilan utama, tap ikon plus (+).

Pada tampilan utama, tap ikon plus +

  • Masukkan file Word yang akan dikonversi.
  • Tunggu proses konversi selesai, biasanya tidak memakan banyak waktu.
  • Download hasil konversi Word ke PDF.

4. Menggunakan SodaPDF

SodaPDF merupakan salah satu situs online untuk mengkonversi file Word ke PDF. Pada dasarnya, situs online converter seperti ini bisa diakses di komputer maupun smartphone. Kamu akan nyaman menggunakan situs ini karena tampilannya yang ringkas dan tidak banyak iklan.

  • Buka browser lalu akses situs https://www.sodapdf.com/
  • Pada tampilan utama, pilih tools untuk mengkonversi file Word menjadi PDF.
  • Klik Pilih File atau bisa juga drag ke tempat yang disediakan.

Klik Pilih File atau bisa juga drag ke tempat yang disediakan.

  • Setelah itu, cari file Word yang ingin diubah menjadi PDF.
  • Tunggu proses konversinya sampai selesai lalu.

Cara convert Word ke PDF pada dasarnya bisa dilakukan di desktop maupun smartphone. Jika kamu terburu-buru harus melakukan konversi ini, sebaiknya gunakan situs online saja.