Contoh Teks Deskripsi

Contoh Teks Deskripsi – Teks deskripsi merupakan teks yang berisi suatu penggambaran tempat, objek maupun peristiwa tertentu yang dijelaskan secara terperinci dan jelas. Contoh teks deskripsi bisa Kamu ketahui agar bisa membuatnya dengan mudah.

Untuk penulisan teks deskripsi ini mempunyai tujuan supaya pembaca seolah-olah bisa merasakan secara langsung apa yang diungkapkan pada teks tersebut.

Ciri-Ciri Teks Deskripsi

Ciri-Ciri Teks Deskripsi

Teks deskripsi ternyata juga mempunyai ciri-ciri yang perlu Kamu ketahui. Dengan mengetahui ciri-cirinya maka Kamu bisa membuatnya lebih mudah tanpa mengalami banyak kesulitan. Berikut ini ciri-ciri yang menggambarkan:

  • Menjelaskan ciri-ciri objek yang digambarkan, baik itu ukuran, bentuk, warna, keadaan maupun yang lainnya.
  • Objek yang digambarkan tersebut dituliskan secara terperinci dan secara jelas. Hal ini melibatkan alat indra.
  • Menggunakan sesuatu seperti tempat, benda, orang, maupun yang lainnya.

Struktur Teks Deskripsi

Perlu diketahui bahwa teks deskripsi ini dibangun berdasarkan dari tiga struktur seperti deskripsi bagian, identifikasi, maupun penutup atau simpulan. Masing-masing dari struktur mempunyai peran yang beragam. Untuk informasi lebih jelas simak penjelasan berikut:

1. Identifikasi

Identifikasi

Struktur teks deskripsi identifikasi ini adalah bagian awal dari sebuah teks deskripsi. Hal ini menjelaskan gambaran umum dari objek yang ingin dibahasnya. Sedangkan identifikasi dapat berisi mengenai sejarah, lokasi, makna, nama, maupun hal-hal lainnya yang bersifat secara umum.

2. Deskripsi Bagian

Deskripsi Bagian

Deskripsi ini berisi perihal penjelasan yang berhubungan dengan gambaran umum secara terperinci. Hal ini berdasarkan dari tanggapan si penulis. Untuk rincian objek yang digambarkan di bagian menu ini secara umum bisa dirasakan oleh panca indra. Contohnya seperti kondisi, warna, bentuk atau lainnya.

Baca Juga  Arti Mutualan Instagram

Deskripsi bagian bisa dikembangkan berdasarkan dari empat hal seperti pemfokusan. Hal ini berisi mengenai bagian objek yang paling disukai oleh pihak penulis. Deskripsi ini berisi mengenai terjadinya sesuatu hal yang dimulai dari awal sampai akhir. Contohnya seperti terjadinya hujan.

  • Bagian-bagian objek: seperti mobil ada roda, tempat duduk, lampu, mesin, atau lainnya.
  • Ruang : seperti gedung sekolah di ruang kelas, laboratorium, kantin, perpustakaan maupun lainnya.

3. Simpulan Atau Penutup

Simpulan Atau Penutup

Bagian penutup atau simpulan ini berada di bagian akhir teks deskripsi. Isinya merupakan kesimpulan dari sebuah objek yang sudah dideskripsikan. Untuk bagian ini pada biasanya memberikan kesan bagi penulis terhadap objek tersebut.

Simak juga: Teks Eksposisi

Langkah-Langkah Penyusunan Teks Deskripsi

Dalam penulisan teks deskripsi tentunya tidaklah dilakukan dengan cara yang sembarangan. Namun terdapat beberapa langkah yang perlu diperhatikan. Sebaiknya Kamu mengetahui contoh teks deskripsi terlebih dahulu supaya lebih memudahkan proses penyusunan.

Selain itu Kamu juga mempunyai pandangan perihal langkah penyusunan. Supaya tidak bingung lagi, silahkan mengikuti beberapa cara berikut:

1. Menentukan Topik Atau Tema

Menentukan Topik Atau Tema

Untuk langkah pertama Kamu harus menentukan topik atau tema terlebih dahulu sesuai yang ingin dideskripsikan. Berhubung teks ini merupakan deskripsi maka untuk tema atau topik harus berkaitan pada sebuah objek.

Objek yang dimaksud dapat bermacam-macam. Contohnya seperti tempat, benda, orang atau yang lainnya.

2. Mengumpulkan Informasi

Mengumpulkan Informasi

Untuk bisa memperoleh objek yang ingin dibahas maka kamu diharuskan untuk mengumpulkan informasi sebanyak mungkin. Informasi yang dimaksud yaitu berhubungan dengan objek tersebut. Beberapa informasi bisa Kamu peroleh dari beberapa macam sumber.

Contohnya melalui gabungan wawancara bersama nara sumber yang relevan terhadap objek yang hendak dibahas, melakukan studi perpustakaan dari jurnal, buku, internet, majalah atau sumber lainnya, melakukan pengamatan secara langsung terhadap objek yang ingin dibahas.

Baca Juga  Alat Musik Harmonis

3. Mempersiapkan Kerangka Teks Deskripsi

Mempersiapkan Kerangka Teks Deskripsi

Penyusunan selanjutnya yang bisa dilakukan yaitu dengan mempersiapkan kerangka teks deskripsi. Pada biasanya kerangka teks deskripsi ini bisa disesuaikan dengan struktur yang sudah dipelajari. Sedangkan kerangka ini nantinya berisi poin-poin penting yang berasal dari sumber yang hendak dibahas.

4. Mengembangkan Tulisan

Mengembangkan Tulisan

Setelah mempunyai kerangka yang telah dibuat maka cara penyusunan selanjutnya yaitu dengan mengembangkan tulisan sesuai poin-poin yang telah ditulis. Silahkan menuliskan gambaran secara mendetail dan jelas.

Dengan begitu maka teks yang kamu buat mampu memenuhi tujuan dari teks deskripsi itu sendiri. Contohnya membuat pembaca seolah-olah bisa merasakan secara langsung dari objek yang sedang dibahas.

Simak juga: Teks Anekdot

Jenis Teks Deskripsi

Jenis Teks Deskripsi

Untuk teks deskripsi ini bisa dikembangkan menjadi tiga jenis teks seperti, subjektif teks, deskripsi spasial, maupun objektif.

  • Teks deskripsi subjektif : teks deskripsi yang mana dalam penggambaran objek berdasarkan atas kesan yang dimiliki penulis paragraf tersebut.
  • Teks deskripsi spatial : di dalam teks deskripsi tersebut objek yang dijelaskan hanya berupa sebuah tempat, benda, ruang, maupun lainnya.
  • Teks deskripsi : objektif pada teks deskripsi ini memberikan penjelasan mengenai objek yang digambarkan apa adanya berdasarkan dari keadaan objek yang sesungguhnya. Dengan begitu pembaca dapat membayangkan keadaan tanpa adanya penambahan opini yang berasal dari penulis itu sendiri.

Contoh Teks Deskripsi

Jika Kamu sudah mengetahui beberapa informasi yang ada di atas, maka selanjutnya yaitu dengan mencoba menuliskan teks deskripsi. Berikut ini ada beberapa contoh teks deskripsi yang bisa membantu Kamu di antaranya:

1. Contoh Deskripsi Mengenai Sekolah

Contoh Deskripsi Mengenai Sekolah

Kelas 3 IPA menjadi seperti rumah bagi kami, karena kami dapat bertemu dengan teman-teman yang ramah, baik dan hangat. Di sana Kami juga memperoleh ilmu untuk meraih masa depan. Meskipun kelas tidak begitu luas yaitu hanya 7 x 6 M2, akan tetapi kebersihan dan kenyamanan kelas ini sangat terjaga.

Baca Juga  Pajak Penghasilan

Lantai kelas sudah dilapisi dengan keramik putih yang mengkilap dan bersih. Kelas kami mempunyai 31 buah kursi dan meja. Pada bagian depan terdapat 2 buah papan tulis besar berwarna putih dan samping kiri terdapat meja guru serta lemari besar.

2. Contoh Deskripsi Tentang Alam

Contoh Deskripsi Tentang Alam

Indonesia menjadi negara dengan kekayaan alam yang sangat melimpah ruah dari Sabang Sampai Merauke. Hampir seluruh pesona alam di Indonesia mampu menarik perhatian orang lain.

Sehingga tidak mengherankan jika banyak wisatawan asing yang jauh-jauh datang ke Indonesia untuk bisa menikmati keindahan alam bumi Pertiwi. Keindahan hutan yang ada di Indonesia tidak perlu diragukan lagi, karena hijau hamparan pohon memanjakan mata seakan terhipnotis.

Hewan dan tumbuhan endemik juga menjadi perburuan wisatawan untuk diabadikan momennya. Siapa sih yang tidak tergoda melihat keindahan alam di Indonesia?

3. Contoh Deskripsi Tentang Rumah

Contoh Deskripsi Tentang Rumah

Rumah Rachel berada tepat di depan rumahku dan di halaman depan terdapat pohon mangga. Sehingga membuat suasana rumah terasa segar. Bagian depan rumah Rachel dihiasi dengan bunga-bunga yang indah. Bagian dinding rumah berwarna putih dan jendela maupun pintu berwarna hijau.

Bagian lantai keramik mempunyai warna putih bersih, sehingga tampilan rumah Rachel sangat enak dipandang mata. Ditambah lagi dengan posisi barangnya yang tertata dengan rapi membuat siapapun yang singgah di dalamnya sangat betah.

Simak juga: Teks Ulasan

Teks deskripsi memang memaparkan atau menjabarkan sebuah objek tertentu melalui kata-kata yang bisa merangsang panca indra. Seolah-olah pembaca merasakan atau menyaksikan sendiri objek yang sudah dideskripsikan oleh penulis. Sama halnya seperti contoh teks deskripsi yang ada di atas.