Contoh Surat Pengunduran Diri

Contoh Surat Pengunduran Diri  – Alasan Jika kamu adalah seorang karyawan yang bekerja di sebuah perusahaan, dan ingin melakukan pengunduran diri dari perusahaan tersebut. Maka wajib bagi kamu untuk mengetahui bagaimana cara membuat surat pengunduran diri yang baik serta juga benar. Karena surat resign tersebut merupakan sebuah kesan akhir yang akan kamu berikan kepada perusahaan. Maka buatlah surat pengunduran diri yang baik serta juga benar.

Beberapa orang bertanya – tanya mengenai bagaimana cara membuat surat pengunduran diri yang baik serta juga benar. Kebetulan di ulasan kali ini kami akan memberikan tata cara membuat surat pengunduran diri yang baik, sopan dan terlihat elegan, serta kami juga akan memberikan beberapa contoh surat pengunduran diri atau resign kerja yang bisa kamu jadikan referensi untuk membuat surat pengunduruan diri itu sendiri.

Jika kamu penasaran mengenai tata cara membuat surat pengunduran diri, dan juga contoh surat pengunduran diri. Yuk mari simak dan juga ikuti ulasan yang tersedia berikut ini. Agar ilmu yang di sampaikan dapat kamu terima dengan baik. Dan jangan lupa untuk membaca artikel ini dari awal hingga akhir, agar tidak ada kekeliruan dalam pemahaman yang kamu terima. Ulasan nya adalah sebagai berikut ini.

Pengertian Surat Pengunduran Diri

Contoh surat pengunduran diri
Contoh surat pengunduran diri

Dari penamaan nya saja, tentunya kita akan mengetahui apa maksud dari surat resign ini. Surat pengunduran diri adalah suatu bentuk pernyataan untuk mengundurkan diri dari sebuah perusahaan ataupun pekerjaan. Selain juga untuk mengundurkan diri dari sebuah pekerjaan yang sedang kamu tempati,  surat pengunduran diri ini juga bisa berfungsi untuk mengundurkan diri dari suatu aktivitas yang sebelum nya sudah di lakukan.

Jika kamu ingin melakukan pernyataan untuk pengunduran diri, Ada baiknya pengunduran diri tersebut kamu nyatakan secara tertulis dan juga resmi. Jika kamu menyatakan pengunduran diri tersebut melalui lisan,  Artinya kamu sudah menyalahi aturan yang ada. Karena penyampaian pengunduran diri melalui lisan dianggap sebagai salah satu cara yang tidak sopan ketika kamu melakukan pengunduran diri.

Surat pengunduran diri ini biasanya ditunjukkan untuk bagian yang mengurusi persoalan mengenai karyawan atau yang biasa di sebut sebagai HRD ( human resources Development ) yang ada di perusahaan tersebut. Maka dari itu kamu harus membuat surat pengunduran diri ini yang sesuai dengan ketetapan yang ada. Seperti yang akan kami contohkan di bagian contoh surat pengunduran diri pada ulasan ini.

Tujuan Surat Pengunduran Diri

Contoh surat pengunduran diri

Sebelum kamu mengundurkan diri, tentunya kamu harus mengetahui terlebih dahulu apa tujuan surat pengunduran diri yang akan kamu berikan. Karena kamu harus memiliki sebuah alasan yang logis ketika kamu memutuskan untuk mengundurkan diri dari sebuah perusahaan ataupun organisasi. Hal tersebut yang akan mendukung kamu pada saat memberikan pernyataan kepada atasan kerja kamu. Karena hal itu merupakan keputusan besar yang di ambil.

1. Tetap terlihat professional ketika bekerja

Dengan kamu membuat dan memberikan surat pengunduran diri ini, menunjukkan jika kamu memiliki rasa professionalitas yang tinggi di dalam suatu pekerjaan. Karena seorang karyawan tidak seharusnya menghilang begitu saja, pada saat dia akan melakukan pengunduran diri. Tentunya harus ada tahapan yang ia tempuh, salah satunya adalah dengen membuat surat pengunduran diri tersebut.

2. Mempermudah perusahaan mencari karyawan baru

Jika seorang karyawan tanpa surat pengunduran diri menghilang begitu saja, tentunya akan banyak pertanyaan yang ada di sebuah perusahaan. Akan tetapi jika kamu memberikan surat pengunduran diri terlebih dahulu sebelum melakukan pengunduran diri. Tentunya perusahaan akan dengan mudah mengambil langkah agar bisa mencari karyawan baru, sebagai pengganti karyawan yang telah mengundurkan diri.

3. Memberikan informasi karyawan

Surat pengunduran diri ini juga bertujuan untuk menginformasikan kepada karyawan, bahwa karyawan yang mengundurkan diri, sudah tidak lagi memiliki sangkut paut dengan perusahaan. karena surat itu merupakan bentuk dari selesainya proses kerja dan segala hal yang berkaitan antara karyawan dan juga perusahaan.

Alasan Pengunduran Diri

Contoh surat pengunduran diri

Seperti yang sempat di singgung sebelum nya, bahwasanya untuk membuat surat pengunduran diri, perlu adanya alasan – alasan yang akan menunjang dari pada surat tersebut. Agar kamu akan tetap di anggap sebagai seorang yang professional dengan sebuah pekerjaan. Berikut ini kami akan memberikan beberapa contoh alasan yang bisa kamu gunakan ketika akan melakukan pengunduran diri.

1. Berbenturan dengan keluarga

Salah satu alasan yang biasanya menjadi penyebab sebuah pengunduran diri,  karena adanya benturan antar keluarga dan juga perusahaan yang di mana seorang karyawan diharuskan untuk memilih keluarga sebagai pilihan yang tepat.

Contoh kutipan nya seperti  “ Adapun alasan yang saya miliki untuk mengundurkan diri dari perusahaan ini dikarenakan, saya di haruskan untuk berpindah kota, Karena adanya suatu hal yang urgent. Saya harap bapak dan ibu bisa menerima keputusan saya untuk melakukan pengunduran diri dari perusahaan ini. Semoga perusahaan ini semakin berkembang dan juga semakin berjaya ”

2. Faktor lingkungan yang ada di pekerjaan tidak nyaman atau tidak mendukung proses kerja

Terkadang lingkungan yang kita dapatkan di sebuah perusahaan, membuat kita tidak merasa nyaman ketika berada disana. Dan juga ada beberapa lingkungan yang tidak mendukung pekerjaan yang sedang kita lakukan. Biasanya ini yang menjadi alasan ketika seseorang mengundurkan diri dari sebuah pekerjaan.

Contoh kutipan nya seperti  “ Adapun alasan yang saya miliki untuk mengundurkan diri dari perusahaan ini dikarenakan, Saya merasa ruang lingkup di perusahaan ini tidak mendukung saya dalam melakukan sebuah pekerjaan. Karena kenyamanan merupakan hal penting yang perlu didapatkan di dalam suatu perusahaan. Semoga kedepan perusahaan ini semakin berkembang dan bisa memfasilitasi karyawan – karyawannya “

3. Upah tidak sesuai dengan keinginan karyawan

Upah atau gaji yang tidak sesuai dengan pekerjaan yang di lakukan pun menjadi hal yang biasanya menjadi pertimbangan ketika melakukan pengunduran diri dari suatu pekerjaan. Tentunya seorang karyawan perlu mendapatkan hak nya sesuai dengan kewajiban yang dia berikan.

Contoh kutipan nya seperti  “ Adapun alasan yang saya miliki untuk mengundurkan diri dari perusahaan ini dikarenakan, Upah yang saya terima tidak sesuai dengan gaji yang diberikan oleh perusahaan ini,  Serta seringkali gaji yang diberikan oleh perusahaan ini tidak tepat pada waktunya “

4. Perpindahan tempat tinggal atau domisili

Yang seringkali menjadi alasan atas pengunduran diri seorang karyawan antara lain adalah dengan berpindahnya karyawan tersebut dari tempat tinggal asalnya, atau domisili asal karyawan tersebut. Ini merupakan sebuah alasan yang logis untuk di jadikan sebagai salah satu faktor dari pengunduran diri tersebut.

5. Meneruskan studi atau kuliah

Ada beberapa karyawan yang memang berencana untuk bisa meneruskan studi nya atau melanjutkan ke jenjang perkuliahan. Maka ini yang bisa menjadi salah satu alasan yang cukup logis untuk di pakai pada saat pengunduran diri.

6. Ketidak sesuaian antara kesepakatan awal dengan kesepakatan awal

Beberapa perusahaan seringkali tidak konsisten dengan kesepakatan-kesepakatan yang telah ditentukan sejak awal,  antara perusahaan tersebut dengan karyawan yang akan bekerja di perusahaan itu sendiri. Hal ini yang biasanya menjadi alasan seorang karyawan berniat untuk mengundurkan diri dari sebuah perusahaan

7. Mencari tantangan dan pengalaman baru

Dan alasan terakhir yang bisa kamu gunakan untuk melakukan pengunduran diri dari sebuah perusahaan adalah,  Kamu bisa beralasan bahwasannya Kamu adalah seorang yang menggemari sebuah tantangan dan juga haus akan pengalaman. Maka dari itu kamu ingin mencari tantangan dan juga baru yang tidak di dapatkan di perusahaan tersebut.

tulah tadi beberapa alasan yang bisa kamu gunakan ketika kamu akan melakukan pengunduran diri dari sebuah perusahaan. Ingat bahwasanya alasan yang logis itu sangat diperlukan ketika kamu ingin melakukan pengunduran diri dari sebuah perusahaan

Format Surat Pengunduran Diri

Contoh surat pengunduran diri

Ketika kamu ingin membuat sebuah surat pengunduran diri, untuk dapat menghasilkan surat pengunduran diri yang baik serta juga benar, maka kamu diharuskan untuk memahami format-format yang terdapat di dalam surat pengunduran diri tersebut. Tentunya surat pengunduran diri tersebut Disertakan dengan bahasa-bahasa yang sopan, formal, dan juga resmi. Karena surat akan di tujukan kepada atasan atau pimpinan perusahaan.

Penulisan yang kamu tulis dalam tersebut semakin singkat akan semakin baik, Akan tetapi dengan singkatnya tulisan tersebut tidak menghilangkan substansi yang ingin kamu sampaikan dari surat tersebut kepada pimpinan ataupun atasan yang berada di perusahaan tersebut

Berikut ini kami akan menjabarkan beberapa hal yang perlu kamu perhatikan mengenai format dari penulisan surat pengunduran diri.  agar surat pengunduran diri kamu terlihat sopan, formal, dan juga resmi. Jika kamu penasaran mengenai format-format yang ada di surat pengunduran diri tersebut.

Yuk mari simak dan juga pahami penjabaran yang ada pada paragraf berikut ini tentang contoh surat pengunduran diri atau resign kerja.

  • Keterangan tanggal dan tampat di buat nya surat tersebut terletak di pojok kanan atau kiri surat
  • Nama lengkap dan tanda tangan dari s pembuat surat
  • Isi surat pengunduran diri dan alasan untuk mengundurkan diri yang logis
  • Pemberian materai pada surat
  • Alamat tempat pengiriman surat yang menggantung di sisi kiri atas.

Contoh Surat Pengunduran Diri

Contoh surat pengunduran diri

Setelah kita membahas mengenai hal-hal apa saja yang terdapat di dalam surat pengunduran diri. Seperti yang telah kami janjikan diawal bahwasannya kami akan memberikan beberapa contoh resign yang bisa diedit dan bisa kalian jadikan sebagai referensi surat pengunduran diri yang baik  serta juga benar. Jika kamu penasaran mengenai contoh surat pengunduran diri yang bisa diedit, yuk mari simak dan juga pahami contoh surat pengunduran diri yang ada pada contoh berikut ini.

1. Contoh Surat pengunduran Diri Secara Umum

SURAT PERNYATAAN PENGUNDURAN DIRI

Bandung, 28 mei 2019.

Kepada Yth.

Bapak / ibu Supervisor

Dep. Keunagan

Jaya Makmur Sentosa.

DI tempat.

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan disini,

 

Nama : Agus salim

Tempat, Tanggal lahir : Sumenep, 24 agustus 1983.

Jabatan : Staff keuangan

Nomor Karyawan : 201920482

 

Dengan ini saya bermaksud untuk mengajukan permohonan pengunduran diri dari PT Jaya Makmur Sentosa. Adapun Keinginan saya untuk mengundurkan diri adalah karena saya berkinginan untuk dapatberwirausaha.

Saya mengucapkan beribu-ribu terima kasih Ih yang sebesar-besarnya kepada bapak supervisor Departemen Keuangan. Yang telah membimbing dan juga memberikan pengajaran kepada saya,  semasa Semasa saya berada di Departemen Keuangan, PT. Jaya Makmur Sentosa. Mohon maaf bila Selama saya bekerja di perusahaan ini, Banyak sekali kekurangan dan juga kesalahan yang saya lakukan baik yang disengaja dan juga tidak disengaja. Saya memohon untuk bapak / ibu, agar bisa membuka kan pintu maaf yang sebesar-besarnya.

Demikianlah surat pengunduran diri ini saya buat dengan penuh kesadaran dan tanpa adanya paksaan dari pihak manapun. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih, wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Hormat saya

Agus Salim

2. Contoh Surat Pengunduran Diri Sederhana

SURAT PERNYATAAN PENGUNDURAN DIRI

Tasikmalaya, 12 Februari 2017.

 

Kepada Yth,

Bapak / Ibu HRD

  1. Jaya Raya

Di Tempat.

 

Dengan Hormat,

Assalamualaikum Warahmatullahi wabarakatuh.

Dengan mengajukan surat ini, merupakan suatu bentuk pemberitahuan resmi yang saya berikan kepada bapak / ibu HRD, bahwa saya akan mengundurkan diri dari perusahaan ini. Sebagaimana perjanjian yang tertera dalam kontrak kerja,  saya tidak satu 1 satu bulan sebelum masa kontrak saya di perusahaan ini selesai.

Saya merasa benar-benar menikmati masa-masa saat saya bekerja di PT. Jaya Raya, Semoga kedepannya perusahaan ini akan terus berkembang dan juga sukses di masa yang akan mendatang. Saya mengajukan permohonan pengunduran diri ini dikarenakan akan melanjutkan dan memajukan karir saya.

Saya ingin mengungkapkan banyak sekali rasa Terima kasih karena saya ada kesempatan untuk bekerja dan juga belajar di perusahaan ini selama kurang lebih 3 tahun. Mohon maaf yang sebesar-besarnya jika Semasa saya bekerja di perusahaan ini masih banyak kekurangan dan juga kesalahan yang telah saya lakukan.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat, tanpa adanya paksaan dari pihak manapun dan penuh dengan rasa sadar. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.  Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

4. Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja

SURAT PERNYATAAN PENGUNDURAN DIRI

 

Bogor, 13 juni 2018

Yth. Piminan

PT. Super grosir indo

Bogor

 

Yang bertanda tangan di sini:

Nama : Salim ramdhan

Alamat : Jl. Ciwaringin RT 05/08 Kel. Ciwaringin, Kec. Bogor tengah, Kota bogor.

Jabatan : Staff operasional

 

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Dengan adanya surat pernyataan ini saya bermaksud untuk menyatakan pengunduran diri dari jabatan saya selaku Staff operasional terhitung dari tanggal 13 juni 2018.

Sebelumnya saya pribadi ingin mengucapkan rasa Terima kasih yang sebesar-besarnya karena telah diberikan kesempatan kerja serta dukungan untuk dapat belajar di perusahaan ini. Ilmu dan kesempatan yang saya dapatkan disini tentunya akan sangat bermanfaat untuk saya kedepannya.

Saya juga mengucapkan permohonan maaf yang sebesar-besarnya kalau semasa saya berada di perusahaan ini,  ada kesalahan dan juga hilang yang saya lakukan kan . Saya memohon untuk dibukakan pintu maaf yang sebesar-besarnya Kepada kawan-kawan yang berada di departemen yang sama ataupun yang lainnya.

Demikianlah surat Pengunduran diri ini saya buat dengan tanpa adanya sebuah paksaan dari pihak manapun dan juga penuh kesadaran.Terima kasih mobile taufik wal hidayah wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

 

Hormat saya,

Salim ramdhan

 

4. Contoh Surat Pengunduran Diri Karena Pindah Domisili

SURAT PERNYATAAN PENGUNDURAN DIRI

 

Jakarta, 14 april 2019

Yth. Pimpinan perusahaan

PT. Global industries

Jakarta

 

Yang bertanda tangan di sini:

Nama : Lutfi irawan

Alamat : Jl. Salemba Tengah No.22, RT.1/RW.4, Paseban, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10440

Jabatan : Manajer keuangan

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Melalui surat ini ini saya menyatakan untuk melakukan pengunduran diri dari Jabatan saya selaku manajer keuangan di PT. Global Industries terhitung mulai tanggal 14 april 2019. Surat pengunduran diri ini saya buat dikarenakan adanya beberapa hal mengenai perpindahan domisili dari tempat tinggal saya yang sekarang menuju tempat yang akan saya tuju.

Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada ada pihak perusahaan yang telah mengizinkan saya untuk dapat belajar dan juga berkontribusi dalam kemajuan perusahaan ini. Semoga kedepan perusahaan ini semakin berkembang dan semakin Jaya. Tentunya ilmu yang saya dapatkan di perusahaan ini akan sangat berguna untuk saya kedepannya.

Saya juga mengucapkan permohonan maaf yang sebesar – besarnya dan memohon kepada rekan-rekan saya dan juga atasan-atasan saya agar Membuka pintu maaf yang sebesar-besarnya bila Semasa saya bekerja di perusahaan ini terdapat kesalahan – kesalahan baik yang disengaja ataupun yang tidak disengaja.

Terima kasih atas perhatiannya, wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh .

 

Hotmat saya,

Lutfi irawan.

5. Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Organisasi

SURAT PERNYATAAN PENGUNDURAN DIRI

Bogor, 30 Juli 2017

 

Yth. Ketua Umum

Karang Taruna Kota Bogor

Bogor

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Dengan adanya surat ini, Saya ingin menyampaikan bahwasanya, Saya akan mengundurkan diri dari karang taruna Bogor kota sebagai ketua divisi sumber daya manusia. Dikarenakan adanya keperluan yang mengharuskan saya untuk berpindah domisili dari kota Bogor, ke kota lain. Terhitung sejak tanggal 30 Juli 2017.

Saya sangat mengucapkan banyak-banyak terima kasih kepada  kawan-kawan yang telah memberikan banyak sekali saya ilmu, pengajaran, dan juga pengalaman dalam berorganisasi.  tentunya ilmu yang saya dapatkan di organisasi ini akan sangat berguna untuk saya melangkah ke depan. Dan saya juga mengucapkan mohon maaf yang sebesar-besarnya, Jika Semasa saya menjadi ketua divisi sumber daya manusia di organisasi karang taruna kota Bogor masih banyak sekali memiliki kekurangan. Mohon maaf juga jika saya ya memiliki kesalahan – kesalahan kepada kawan-kawan di Karang Taruna Kota Bogor ini. Saya mohon kepada kawan-kawan semua agar membukakan pintu maaf yang sebesar-besarnya untuk segala kesalahan baik di sengaja maupun yang tidak di sengaja.

Semoga dengan mengundurkan dirinya Saya dari sini tidak akan menjadi penghalang untuk proses berkembangnya Karang Taruna Kota Bogor ini serta rekan  – rekan organisasi yang akan terus berkembang menjadi orang yang lebih hebat lagi, amiin.

Demikian surat pengunduran ini saya sampaikan, terima makasih atas perhatiannya nya. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

 

Hormat  Saya,

Rudi hermawan.

 

6. Surat Pengunduran Diri Dalam Bahasa Inggris

Contoh surat pengunduran diri

PERSONAL RESPECTION STATEMENT LETTER

Dear Human Resource Manager.

Mr. Thifal Pratama

 

With respect,

With this,

I intend to apply for resignation from PT. IMAGAZINE. PROJECT. The reason I resigned was because of my entrepreneurial desire.

 

I would like to thank profusely to Mr / Ms HRD Production Department of PT. IMAGAZINE. PROJECT who has been providing guidance to me. I’m sorry if during work, I made a lot of mistakes, whether on purpose or not. I hope that PT. IMAGAZINE. PROJECT is getting more and more successful.

 

This is my resignation letter. For your attention and forgiveness, I thank you.

Yours sincerely,

Elang ananda

 

7. Contoh Surat Pengunduran Diri Sementara

SURAT PERNYATAAN PENGUNDURAN DIRI SEMENTARA

Jakarta, 19 maret 2020

Kepada Yth,

Bapak / Ibu Direktur

PT. Makmur Sejahtera.

Di tempat.

Dengan penuh hormat,

Saya yang bertanda tangan berikut ini,

 

Nama : Sri Astuti

Tempat, Tanggal lahir : Jakarta, 20 Juni 1982

Nomor Pegawai : 290184762

Jabatan : Staff Divisi Industri

Bekerja Sejak : 2018

Dengan ini saya bermaksud untuk mengundurkan diri sementara dari PT. Makmur Sejahtera Selama kurang lebih 4 bulan. Karena tanggung jawab saya sebagai seorang ibu yang akan melaksanakan proses lahiran, dan mengurusi bayi saya yang baru saja lahir.

Saya sangat mujarab kan Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada bapak /  ibu beserta  segenap karyawan dan juga direksi PT. Makmur Sejahtera. Saya sangat berharap akan ketersediaan Bapak atau Ibu untuk menerima permohonan pengunduran diri sementara yang saya buat ini, sehingga saya dapat kembali bekerja seperti semula setelah 4 bulan Masa perizinan saya selesai.

Demikian surat pengunduran diri sementara saya sampaikan. Atas perhatian nya saya ucapkan terimakasih.

 

Hormat saya

Sri Astuti

 

9. Contoh Surat Pengunduran Diri Dari BANK

Karawang, 16 Desember 2017 

Kepada Yth,

Direktur PT. Maxi chips

Jalan Cijeruk Selatan, No. 45

Karawang.

Dengan penuh hormat,

Melalui surat ini saya atas nama :  Rudy Habibie bermaksud untuk mengajukan surat pengunduran diri dari jabatan saya sebagai Staff Divii produksi PT. Maxi Chip Terhitung sejak hari ini, tanggal 16 Desember 2017. Adapun alasan yang saya miliki untuk mengundurkan diri dari perusahaan ini adalah karena di terimanya saya di perusahaan lain. Sehingga saya tidak dapat melanjutkan kerja di PT. Maxi Chips.

Saya mengucapkan banyak-banyak terima kasih,  karena telah kesempatan selama 4 tahun untuk dapat bergabung dan juga belajar di PT. Maxi Chips ini. Semoga ke depan PT. MAxi Chips semakin berjaya dan berkembang. Saya juga ingin mengucapkan permohonan maaf yang sebesar – besarnya jika semasa saya bekerja di PT. Maxi Chips ini, Memiliki banyak kekurangan dan juga ke khilafan. Mohon untuk Bapak / Ibu agar bisa membukakan pintu maaf yang sebesar – besarnya.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan penuh kesadaran dan tanpa adanya penekanan dari pihak manapun. Atas perhatian nya saya ucapkan terimakasih.

Hormat saya,

Rudy Habibie.

Semarang, 13 November 2019

10. Contoh Surat Pengunduran Diri Dari bank

SURAT PERNYATAAN PENGUNDURAN DIRI

Kepada Yth,

Bapak / Ibu HRD

Bank Rakyat indonesia Cabang Semarang.

Jalan Dr. Sudirman, No. 24

Semarang.

 

Dengan hormat,

Bersamaan dengan dikirimnya surat ini,  saya selaku karyawan Bank Rakyat Indonesia Cabang Semarang  bermaksud untuk mengundurkan diri. Saya yang bertanda tangan berikut ini, atas nama :

 

Nama : Miftahul Jannah

Alamat : Jl. Gunung semeru, No. 57, Semarang.

 

Adapun alasan saya mengundurkan diri dari Bank Rakyat Indonesia Cabang Semarang ini yaitu, keluarga besar saya akan berpindah ke luar kota di karenakan adanya keperluan mendesak.

Tidak lupa juga saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya, Khususnya kepada Bank Rakyat Indonesia Cabang Semarang,  yang telah memberikan kesempatan kepada saya selama 4 tahun ini,  untuk dapat bergabung dan juga belajar di  BANK ini. Banyak sekali ilmu dan juga pengajaran yang saya dapatkan selama bekerja di sini, yang tentunya akan sangat bermanfaat untuk saya kedepannya.

Saya juga mengucapkan mohon maaf yang sebesar-besarnya bila Semasa saya bekerja di Bank Rakyat Indonesia Cabang Semarang ini masih banyak memiliki kekurangan dan juga kehilafan baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja.  saya mau kepada bapak /  Ibu untuk bisa membukakan pintu maaf yang sebesar-besarnya .

Demikianlah surat pengajuan pengunduran diri ini saya buat dengan penuh kesadaran dan juga tanpa adanya tekanan dari pihak manapun.  Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

 

Hormat saya

Miftahul Jannah

 

11. Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Pabrik

SURAT PERNYATAAN PENGUNDURAN DIRI

Karawang, 16 Desember 2017 

 

Kepada Yth,

Direktur PT. Maxi chips

Jalan Cijeruk Selatan, No. 45

Karawang.

 

Dengan penuh hormat,

Melalui surat ini saya atas nama :  Rudy Habibie bermaksud untuk mengajukan surat pengunduran diri dari jabatan saya sebagai Staff Divii produksi PT. Maxi Chip Terhitung sejak hari ini, tanggal 16 Desember 2017. Adapun alasan yang saya miliki untuk mengundurkan diri dari perusahaan ini adalah karena di terimanya saya di perusahaan lain. Sehingga saya tidak dapat melanjutkan kerja di PT. Maxi Chips.

Saya mengucapkan banyak-banyak terima kasih,  karena telah kesempatan selama 4 tahun untuk dapat bergabung dan juga belajar di PT. Maxi Chips ini. Semoga ke depan PT. MAxi Chips semakin berjaya dan berkembang. Saya juga ingin mengucapkan permohonan maaf yang sebesar – besarnya jika semasa saya bekerja di PT. Maxi Chips ini, Memiliki banyak kekurangan dan juga ke khilafan. Mohon untuk Bapak / Ibu agar bisa membukakan pintu maaf yang sebesar – besarnya.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan penuh kesadaran dan tanpa adanya penekanan dari pihak manapun. Atas perhatian nya saya ucapkan terimakasih.

 

Hormat saya,

Rudy Habibie.

12. Contoh Surat Pengunduran Diri Untuk Melanjutkan Studi

Contoh surat pengunduran diri

Bandung, 27 Juni 2019

 

Kepada Yth,

Bapak / Ibu Direktur,

  1. Mandalika Sentosa.

Di tempat.

 

Dengan penuh hormat.

Saya yang bertanda tangan berikut ini :

 

Nama : Julian Syahputra

Nomor Pegawai : 903791SB

Jabatan : Staff Operasional

Dapartemen : Industri

Bekerja : Sejak 2016

 

Dengan adanya surat ini saya bermaksud untuk mengajukan permohonan pengunduran diri dari PT. Mandalika Sentosa. Adapun alasan atas pengunduran diri saya yaitu dikarenakan saya akan meneruskan kuliah saya ke jenjang S2. Agar kedepan lebih bisa berkontribusi dengan maksimal di barengi dengan ilmu yang saya miliki. 

Tak lupa saya sampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya karena PT. Mandalika Sentosa sudah menerima saya sebagai karyawan di sini. Dan juga saya telah diberikan kesempatan untuk bergabung dan belajar bersama kawan-kawan yang berada di perusahaan ini. Semoga kedepan perusahaan ini semakin berkembang dan semakin berjaya,  serta rekan-rekan karyawan di perusahaan ini sejahtera.

Mohon maaf yang sebesar-besarnya jika Semasa saya bekerja di perusahaan ini masih banyak kekurangan dan juga kehilafan yang saya lakukan. Untuk itu saya memohon untuk dibukakan pintu maaf yang sebesar-besarnya.

Demikian surat permohonan pengunduran diri ini saya buat tanpa adanya paksaan dan juga tekanan dari pihak manapun, serta saya membuatnya dengan penuh kesadaran. Atas perhatian nya saya ucapkan terimakasih

 

Hormat saya

Julian Syahputra

 

14. Contoh Surat Pengunduran Diri Sebagai Tenaga Profesional

Bogor, 29 Juli 2018

Kepada Yth,

Chief Finnancial Officer

  1. Bara Jaya

Di tempat.

 

Dengan penuh hormat,

Saya selaku tenaga ahli auditor keungan atas nama :

 

Nama : Sahril Adhari

Tempat, Tanggal lahir : Bogor, 19 april 1989

Jabatan : Auditor Keuangan

Perusahaan : Rumah Audit

 

Bermaksud untuk mengajukan sebuah permohonan mengundurkan diri dari proyek auditor laporan keuangan PT. Bara Jaya Tahun 2018. Adapun alasan atas keluarnya saya dari PT Bara Jaya ini, Karena saya menemukan adanya pihak internal yang saya rasa tidak kooperatif dalam bekerja. Perlu dipahami bahwasanya, Jika tidak terjalinnya hubungan kerjasama yang baik antara pihak perusahaan dan juga pihak auditor eksternal,  maka proses audit tidak akan berjalan dengan semestinya. Saya harap untuk ke depan semoga PT Bara Jaya  bisa bertindak profesional agar tidak kembali terjadi hal serupa.

Mohon maaf bila Semasa saya bekerja di perusahaan ini ada kesalahan dan juga kehilafan yang saya lakukan baik disengaja maupun yang tidak disengaja. Terima kasih untuk rekan – rekan yang telah bersedia untuk bekerja sama dalam menjalankan proses auditor keuangan ini.

Sekian surat pengunduran diri dari saya,  atas atas nama atas berarti saya saya ucapkan terimakasih

Hormat saya,

Sahril Adhari S,kom

15. Contoh Pengunduran Diri Dari Instansi Swasta

Bogor, 13 Februari 2016

Kepada Yth,

Bapak / Ibu HRD

Swajaya Lingga Semesta

Di tempat.

 

Dengan penuh hormat,

Saya yang bertanda tangan berikut ini : 

Nama : Nanda Aulia

Tempat tanggal lahir : Bogor, 20 Juni 1985

Nomor Pegawai : 6662847

Jabatan : Wakil Manajer

 

Dengan adanya surat ini saya bermaksud untuk mengajukan permohonan pengunduran diri dari PT. Swajaya Lingga Semesta. Adapun Alasan saya ya atas pengunduran diri ini adalah dikarenakan saya akan berpindah kota sesuai dengan tempat atau lokasi dinas suami saya. Saya harap bapak /  ibu HRD bisa menerima keputusan yang saya ambil.

Mohon maaf yang sebesar-besarnya jika semasa saya bekerja di sini banyak sekali kekurangan dan juga kesalahan yang saya lakukan baik yang disengaja ataupun yang tidak disengaja. Saya memohon kepada bapak dan juga Ibu agar bisa membukakan pintu maaf yang sebesar – besarnya kepada saya.

Tentunya Saya mengucapkan banyak-banyak terima kasih kepada bapak dan juga ibu yang telah menerima saya untuk bergabung dan bekerja di perusahaan ini.  Semoga kedepan perusahaan ini semakin berkembang dan juga semakin berjaya, serta karyawan yang ada di perusahaan ini menjadi semakin Sejahtera.

Demikian surat pengunduran diri ini saya ya buat dengan tanpa adanya tekanan dari pihak manapun, serta dibuat dengan penuh kesadaran . Atas perhatian Bapak /  Ibu saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya

Nanda Aulia

 

16. Contoh Surat Pengunduran Diri Karena Pensiun

Palembang, 25 Maret 2018

 

Kepada Yth.

Bapak / Ibu Pimpinan PT. Nusantara Indah Sentosa

 

Dengan penuh hormat,

Bersamaan dengan surat ini saya atas nama :  Zainuddin Muktasir Nafi Rohim Bermaksud untuk mengundurkan diri dari PT Nusantara Indah Sentosa sebagai Manajer Industri. Dikarenakan saya akan ingin pensiun dini, Dimohon kepada bapak dan juga Ibu agar dapat menerima keputusan yang saya buat serta mengizinkan saya untuk mengundurkan diri dari perusahaan.

Saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada bapak dan juga ibu yang sudah menerima saya untuk dapat bergabung dan juga belajar di perusahaan ini. Semoga kedepan perusahaannya semakin berkembang dan semakin berjaya, Serta karyawan yang ada di perusahaan ini menjadi lebih sejahtera.

Jangan lupa pula saya mengucapkan mohon maaf yang sebesar-besarnya kepada bapak dan juga Ibu serta rekan – rekan karyawan, bila Semasa saya bekerja di sini masih terdapat banyak sekali kekurangan yang ada di diri saya Dan juga kehilafan yang saya lakukan. Jadi saya mohon kepada bapak dan juga Ibu untuk dapat membukakan pintu maaf Yang sebesar-besarnya.

Demikian surat ini saya buat dengan penuh kesadaran dan tanpa adanya tekanan dari pihak manapun. Atas perhatian Bapak dan juga Ibu saya ucapkan terima kasih .

Hormat saya,

Zainuddin Muktasir Nafi Rohim

Ada beberapa ulasan menarik lainnya seperti contoh kata pengantar makalah, contoh soal psikotes dan contoh cv lamaran kerja yang baik dan benar. Semoga bermanfaat.

Akhir kata

Itulah tadi ulasan kami mengenai contoh surat pengunduran diri, untuk mengundurkan diri dari sebuah perusahaan ataupun organisasi. Semoga ulasan kali ini dapat bermanfaat untuk kamu para pengunjung setia blog toraccino.id. Dan semoga kamu selalu di berikan keberkahan dalam menjalankan ibadah puasa di bulan yang suci ini. Mohon maaf bila ada kekurangan, sampai jumpa di ulasan ulasan kami selanjutnya.