Contoh CV Lamaran Kerja

Contoh CV Lamaran Kerja – Pekerjaan merupakan suatu kegiatan yang dapat menghasilkan uang, untuk menunjang kehidupan dari hari ke hari , minggu ke minggu, sampai tahun ke tahun. Saat ini banyak sekali jenis pekerjaan yang bisa kamu coba. Mulai dari dunia Teknlogi sampai dengan retail. Beberapa pekerjaan bahkan memiliki penghasilan yang sangat memuaskan, sehingga kamu bisa mewujudkan segala mimpi dan juga cita – cita kamu.

Untuk melamar suatu pekerjaan, salah satu hal yang penting yang mesti kamu miliki adalah CV (Curiculum Vitae) atau yang biasa juga di sebut dengan daftar riwayat hidup. Cv juga menjadi salah satu faktor penentu dalam hal melamar kerja. Jikalau kamu mempunyai Cv menarik, maka besar kemungkinan kamu akan dapat di terima kerja oleh perusahaan yang sedang kamu lamar.

Nah pembahasan kali ini, kami akan mengulas beberapa hal mengenai Curuculum vitae atau daftar riwayat hidup, lalu kami juga akan membahas beberapa jenis cv lamaran kerja yang bisa kamu pakai untuk melamar pekerjaan. Serta kami juga akan memberikan beberapa contohnya. Jika kamu penasaran, yuk mari kita simak ulasan tersebut dengan seksama agar ilmu nya dapat tersampaikan dnegan baik.

Pengertian Tentang Curiculum Vitae atau CV

Pengertian Tentang Curiculum Vitae atau CV

Tentunya untuk seorang yang telah ada di akhir masa pendidikan, mengetahui apa itu curiculum vitae atau CV. Seperti yang di tuliskan di atas, CV atau daftar riwayat hidup ini sangat penting untuk melamar sebuah pekerjaan. Mengetahui cara membuat cv yang baik serta benar juga sama pentingnya dengan cv itu sendiri. Karena poin ini lah yang akan menjadi pertimbangan HRD di tempat kamu melamar kerja

Curiculum vitae atau yang biasa juga di sebut dengan daftar riwayat hidup ini adalah sebuah dokumen yang bisa kamu isi dengan beberapa data penting tentang diri kamu. Data yang ada di dalam cv tersebut meliputi biodata, riwayat pendidikan formal, riwayat pendidikan informal, pengalaman berorganisasi, prestasi yang pernah kamu miliki, minat dan keahlian, serta kamu juga bisa melampirkan sertifikat yang kamu miliki.

di bawah ini kami akan menjabarkan secara detail mengenai data apa saja yang ada di dalam sebuah curiculum vitae atau yang biasa juga disebut sebagai daftar riwayat hidup. Maka dari itu, mari simak ulasan berikut ini dengan seksama, agar kamu dapat mengerti hal – hal penting yang ada di dalam cv tersebut

7 Hal Penting Yang Harus di Cantumkan ke Dalam CV

Hal Penting Yang Harus di Cantumkan ke Dalam CV

1. Data diri

Dari pengertian cv itu sendiri, cv ini merupakan sebuah data riwayat hidup seseorang, dan tentunya data yang paling penting dari cv tersebut adalah data diri kamu.  kamu perlu mencantumkan data diri kamu pada saat kamu sedang membuat sebuah cv atau daftar riwayat hidup.

Data diri tersebut meliputi ; nama panjang, alamat, nomor telepon yang bisa dihubungi, alamat email, alamat media sosial, dan lain – lainnya. Pastikan ketika kamu melamar kerja, media sosial kamu sedang dalam keadaan yang rapih. Karena hal tersebut merupakan cermina dari diri kamu. Kamu juga perlu mendeskripsikan dengan baik dan menarik mengenai usia, kondisi kesehatan, kemampuan berbahasa dan lain sebagainya.

2. Deskripsi diri

Bagian ini merupakan bagian bisa kamu pergunakan untuk mempromosikan diri kamu selaku pencari kerja kepada sebuah HRD yang ada di perusahaan yang membuka sebuah lapangan pekerjaan. cobalah untun dapat membuat HRD memiliki kesan yang menarik terhadap diri kamu ketika membaca nya.

Pastikan kamu mendeskripsikan diri kamu dengan tepat, tanpa melebih-lebihkan yang nantinya akan terkesan kurang menarik di mata perusahaan tersebut. Buatlah deskripsi diri kamu secara singkat dan juga ringkas, agar tidak terkesan bertele – tele ketika sedang di baca oleh pihak perusahaan tersebut.

3. Riwayat pendidikan dan pelatihan

Sebagai seorang pelamar kerja, mencantukan riwayat pendidikan sangatlah penting. Karena hal tersebut merupakan bagian yang biasanya menjadi syarat utama dalam melamar pekerjaan. Untuk penulisan nya, kamu bisa menggambarkan nya secar detail dari mulai jenjang pendidikan SD, SMP, SMK / SMA sampai dengan perguruan tinggi berikut dengan taun masuk dan keluarnya kamu dari pendidikan tersebut

Selain pendidikan formal, kamu juga bisa memasukkan jenjang pendidikan informal kamu. Pendidikan informal ini merupakan hal yang dapat menunjang pendidikan formal kamu, dan akan menjadi nilai plus di saat kamu sedang melamar pekerjaan, terlebih jika pendidikan tersebut berkaitan dengan posisi pekerjaan yang di lamar. Beberapa pendidikan informal yang bisa kamu masukkan seperti pelatihan – pelatihan , dan sebagainya.

4. Pengalaman organisasi

Organisasi merupakan hal yang cukup penting untuk kamu ikuti. Karena di sebuah organisasi kamu akan di tempa dalam segala hal. Mulai dari pencarian jatidiri, pengembangan softskill, managemen team dan masih banyak lagi. Hal – hal tersebut cukup berguna ketika kamu memasuki dunia kerja. Karena dari pengalaman tersebut, perusahaan dapat menilai keaktifan kamu sebagai pelamar pekerjaan

Di dalam cv tersebut kamu bisa menuliskan pengalaman kamu dalam berorganisasi mulai dari nama organisasi yang pernah kamu jalani, jabatan yang kamu dapatkan di organisasi tersebut, dan juga tahun masa jabatan kamu. Ini yang menjadi tolak ukur keaktifan kamu sebagai pelamar kerja oleh pihak perusahaan, Jadi tuliskan lah pengalaman organisasi kamu secara mendetail.

5. Keahlian tambahan

Selain beberapa point di atas, kamu juga bisa menambahkan keahlian tambahan yang kamu miliki ke dalam sebuah cv lamaran kerja. Keahlian tambahan yang biasa juga di sebut dengan sebutan soft skill ini merupakan hal yang akan menjadi pertimbangan untuk kamu bisa di terima di sebuah perusahaan. kamu bisa menggambarkan keahlian tambahan tersebut secara detail dan juga ringkas.

Keahlian tambahan yang biasanya di cari oleh sebuah perusahaan seperti pengetahuan bahasa inggris dan juga bahasa asing nya dengan mencantumkan sertifikasi Bimbingan belajar yang pernah kamu ikuti. Cantumkan sertifikasi apapun yang menurut kamu sejalan dengan posisi pekerjaan yang sedang kamu lamar. Contoh kamu akan melamar bagian pemrograman, maka kamu dapat mencantumkan sertifikasi menenai basis data dan sebagainya.

6. Prestasi yang pernah di capai

Untuk sebagian besar orang, prestasi merupakan hal yang membanggakan, mengingat untuk mendapakannya, kamu membutuhkan sebuah perjuangan yang cukup panjang. Hal tersebut juga di artikan sebagai nilai tambahan yang sangat baik untuk menunjang pendidikan dan juga  keahlian tambahan yang kamu miliki. Maka dengan demikian kamu bisa mencantumkan nya di dalam cv lamaran pekerjaan kamu.

Ceritakan lah dengan singkat dan juga ringkas mengenai pretasi kamu itu. Jelaskan prestasi seperti apa yang kamu miliki, kapan kamu mendapatkan prestasi yang kamu miliki, sampai dengan siapa yang mengadakan ajang prestasi tersebut, Jika prestasi itu adalah prestasi non akademik. Jika prestasi yang kamu punya merupakan prestasi akademik, kamu bisa menuliskan tahun berapa kamu mendapatkan nya, dan saat jenjang pendidikan mana.

7. Pengalaman kerja dan referensi perusahaan

Untuk kamu yang sudah pernah bekerja di suatu perusahaan, kamu bisa mencantumkan pengalaman kerja di perusahaan tersebut ke dalam cv lamaran kerja kamu. Deskripsikan dengan baik terkait jabatan apa yang kamu miliki di perusahaan tersebut, lalu pada tahun berapa kamu bekerja di perusahaan itu, dan kamu juga bisa mencantumkan referensi atau surat pengalaman kerja yang kamu dapatkan dari perusahaan tersebut.

Pengalaman kerja akann menadi nilai plus saat kamu melamar pekerjaan di suatu perusahaan, terlebih jenis perusahaan tersebut serupa dengan pekerjaan kamu yang lain nya. Dengan demikian kamu akan di klaim sebagai orang yang berpengalaman di dalam bidang tersebut oleh perusahaan yang sedang kamu lamar.

Cara Menulis CV Untuk Lamaran Yang Baik dan Benar

Cara Menulis CV Untuk Lamaran Yang Baik dan Benar

Setelah kamu mengetahui hal – hal apa saja yang bisa kamu cantumkan di dalam cv lamaran kerja tersebut. Penting juga bagi kamu untuk mengetahui sistematika penulisan yang baik untuk di terapkan di dalam cv lamaran kerja kamu. Jika kamu tidak memiliki gambaran mengenai format cv lamaran kerja, kamu bisa melihatnya contohnya yang banyak tersedia saat ini untuk di jadikan sebagai acuan dari cv yang akan kamu tulis.

Berikut ini kami akan menjabarkan mengenai cara menuliskan cv yang baik serta benar, untuk nantinya bisa kamu terapkan ke dalam cv lamaran kerja kamu. Maka dari itu, mari simak dengan seksama mengenai hal – hal berikut ini :

1. Gunakan Kertas putih polos

Ada baiknya, untuk membuat cv yang menjadi berkas kelengkapan sebagai syarat melamar kerja, kamu bisa menuliskan nya di dalam kertas putih polos. Kertas yang bisa kamu gunakan untuk membuat cv lamaran kerja tersebut adalah kertas A4 80 gram. Agar perusahaan terfokuskan ke dalam substansi dari cv lamaran kerja yang kamu miliki.

2. Buatlah tampilan yang rapih dan indah

Meskipun membuat nya sesuai dengan format yang ada, kamu juga harus membuatnya dengan tampilan yang rapih agar nantinya cv lamaran pekerjaan kamu dapat terlihat indah yang akan menarik perhatian dari pihak perusahaan tersebut. Tips untuk kamu yang menulis nya menggunakan tulis tangan kamu bisa memberikan garis kiri dan kanan kertas kamu untuk menjadi batas penulisan cv lamaran kerja kamu.

3. Perhatikan Pemilihan font (jenis huruf)

Untuk font yang di gunakan di dalam cv sendiri, biasanya menggunakan jenis – jenis font yang terbilang formal seperti times new roman, dan juga arial, dengan ukuran 11 atau juga 12 pt. Karena hal ini sangat mempengaruhi kesan yang ada pada cv lamaran kerja kamu.

4. Gunakan tata bahasa, tanda baca, dan ejaan yang sesuai dengan EYD

Untuk menuliskan sebuah cv, kamu perlu menggunakan tata bahasa dan ejaan yang baik, agar nantinya dapat mudah di mengerti oleh pihak perusahaan yang sedang kamu lamar. Gunakan lah juga bahasa – bahasa yang memberikan kesan bahwa kamu memiliki sebuah pemikiran yang intelek.

5.  Gaya eksplisit lebih baik

Gunakanlah penulisan sebuah kalimat yang jelas, jangan mencantumkan kiasan – kiasan yang rumit untuk di mengerti. Tuliskanlah sebuah data yang seseuai dengan fakta sehingga kedepan tidak akan menimbulkan sebuah pemahaman yang ambigu.

6. Buat dengan tidak lebih dari 2 halaman

Buatlah sebuah cv dengan tidak lebih dari 2 halaman, cobalah untuk menghindari pembahasan yang bertele – tele, dan menulai menuliskan cv lamaran kerja kamu secara ringkas dan juga mendetail sehingga tidak menimbulkan hasil yang berlembar – lembar.

Jika kamu menerapkan 6 langkah di atas, maka akan tecipta sebuah cv yang menarik untuk di baca oleh sebuah perusahaan. Jika cv lamaran kerja kamu sudah di tuliskan dengan benar, maka besar kemungkinan perusahaan tersebut akan menerima lamaran pekerjaan kamu. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa melihat beberapa contoh dari cv lamaran pekerjaan seperti di bawah ini.

Contoh CV Lamaran Kerja Terbaik Berdasarkan dengan Formatnya

Contoh CV Lamaran Kerja Terbaik Berdasarkan dengan Formatnya

Dalam membuat sebuah cv perlu kita ketahui mengetahui model atau design dengan jenis pekerjaan yang kita inginkan. Aspek visual tentunya akan menjadi salah satu hal yang dapat menarik perhatian dari sebuah perusahaan yang sedang kita lamar kerja, terkait kualitas yang kita miliki.

Jika kamu penasaran dengan contoh cv lamaran kerja berdasarkan dengan format dan juga design nya. Kami akan menjabarkan nya, tentunya untuk kamu para pengunjung setia blog ini. Maka dari itu, mari simak ulasan di bawah ini dengan seksama. Beberapa contoh nya adalah sebagai berikut.

1. Contoh CV Lamaran Kerja Sederhana

Model cv yang pertama adalah cv yang memiliki model design yang sederhana, rapih, dan juga bersih. Cv seperti ini mudah sekali untuk kamu buat di dalam sebuah software bernama microsoft word, ataupun software lainnya yang serupa. Cv seperti ini cocok untuk kita yang menyukai sebuah design yang simple.

Jika kamu berniat untuk membuat cv semacam ini, kamu bisa mendapatkan beberapa template nya (file .doc)  yang sudah banyak tersedia di internet, yang dapat kamu download, lalu di gunakan untuk membuat cv atau daftar riwayat hidup kamu. Kamu akan menemukan template tersebut dengan sangat mudah.

2. Contoh CV Lamaran Kerja Formal

Cv formal seperti ini memiliki design yang terkesan simple, rapih, dan juga sedikit kaku. Kamu bisa menambahkan sedikit desain berupa aksen warna yang di terapkan ke dalam cv tersebut. Cv seperti ini cocok untuk kamu yang akan melamar sebuah perusahaan besar yang bersifat administratif seperti akuntan, manajemen, ataupun administrasi

3. Contoh CV Lamaran Kerja Kreatif

Berbanding terbalik dengan cv lamaran kerja formal, jenis cv yang seperti ini justru di tujukan untuk sebuah perusahaan yang bergerak di bidang kreatif. Maka cv yang kita buat pun dapat kita kreasikan sesuai dengan kreatifitas yang kamu miliki. Kamu bisa manembahkan beberapa ornamen – ornamen ke dalam cv kamu, agar terlihat lebih menarik dan juga kreatif.

Untuk membuat cv semacam ini, kamu bisa mengandalkan software design grafis seperti adobe illustrator, corel draw dan masih banyak lagi. Cv seperti ini cocok untuk kamu yang akan melamar kerja perusahaan yang bergerak di bidang desig, photograpy dan perusahan lain nya yang sejenis dengan bidang tersebut.

4. Contoh CV Lamaran Berbahasa Inggris

Cv yang menggunakan bahasa inggris ini di tujukan untuk sebuah perusahaan yang memang mengharuskan kamu untuk membuat sebuah cv berbahasa inggris. Di indonesia sendiri ada beberapa perusahaan yang mengharuskan kamu untuk membuat surat lamaran dan juga cv berbahasa inggris.

Perusahaan yang mengharuskan untuk menggunakan cv berbahasa inggris biasa nya adalah sebuah perusahaan yang di miliki oleh orang asing, atau juga perusahaan yang lingkup pekerjaan nya kebanyakan menggunakan bahasa inggris. Namun beberapa perusahaan lokal pun ada yang mengharuskan kamu untuk membuatnya dalam bahasa inggris.

5. Contoh CV Lamaran Kerja Tulis Tangan

Untuk membuat sebuah cv dengan menggunakan tulis tangan pada dasarnya tidak jauh berbeda seperti pembuatan cv pada dasarnya. Struktur yang di gunakan di dalamnya pun serupa dengan cv pada umumnya, seperti data diri, riwayat pendidikan, riwayat organisasi, dan lainnya.

Beberapa orang menganggap penulisan cv atau lamaran menggunakan tulis tangan menunjukkan sebuah kesopanan. Namun untuk membuat sebuah cv dengan tulis tangan, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan. Hal – hal tersebut adalah sebagai berikut ini :

  • Buat cv dengan rapi

Tidak semua orang memiliki keterampilan untuk dapat membuat sebuah tulisan tangan dengan rapih, namun kamu bisa mengakali nya dengan membuat sebuah garis di sisi sebelah kiri dan juga kanan kertas. Garis tersebut akan berfungsi sebagai batas dari tulisan kamu tersebut.

  • Tulis informasi penting secara rinci

Seperti cv pada umumnya, kamu harus memperhatikan informasi yang kamu berikan, jikalau kamu mempunyai sebuah informasi penting terkait diri kamu yang perlu di ketahui oleh perusahaan. Maka sampaikan informasi tersebut secara terperinci, agar dapat tersampaikan dan di mengerti dengan baik.

  • Buat cv sekreatif mungkin

Dan terakhir, untuk kamu yang akan melamar suatu pekerjaan di bidang kreatif, kamu tidak perlu ragu untuk menambahkan hiasan dari kreatifitas yang kamu miliki, agar terlihat lebih menarik. Namun dengan begitu jangan menghilangkan kesan formal dari cv tersebut, serta harus tetap memperhatikan bahasa indonesia yang baik serta benar sesuai dengan EYD.

Contoh CV Lamaran Kerja Menarik Dalam Berbagai Versi

Contoh CV Lamaran Kerja Menarik Dalam Berbagai Versi

Selain contoh cv di atas berdasakan dengan format nya, beberapa di bawah ini adalah cv lamaran kerja dalam berbagai versi sesuai dengan jenis pekerjaan apa yang sedang kamu lamar. Hal itu di karenakan setiap kepentingan memiliki cv yang berbeda. Untuk itu, mari simak ulasan berikut ini dengan seksama.

1. Contoh CV Lamaran Kerja Dokter Rumah Sakit

Cv atau curiculum vitar yang di buat untuk melakukan pelamaran kerja di rumah sakit, memiliki panduan tersendiri yang harus di buat dengan formal dan juga resmi. Berikut ini adalah contoh cv lamaran kerja untuk dokter di sebuah rumah sakit.

CV lamaran kerja dokter rumah sakit

Curriculum vitae

DATA DIRI

  • Nama : Lutfi setiawan
  • Tempat tanggal lahir : Medan, 20 mei 1984
  • Alamat : Perum bumi serdang damai, Jl. mutiara III no 10, marindal, medan
  • No hp : 087882634895
  • Jenis kelamin : Laki – laki
  • Agama : Islam
  • Kewarganegaraan : Indonesia
  • Status : Belum nikah
  • email : lutfisetiawan1@gmail.com
  • Hobi : menulis
  • Kesehatan : baik
  • Pendidikan terakhir : Pendidikan dokter fakultas kedokteran Universitas indonesia

PENDIDIKAN FORMAL

  • 1991-1998 SDN 2 Medan
  • 1998-2001 SMPN 12 Medan
  • 2001-2004 SMAN 4 Medan
  • 2004-2010 Fakultas kedokteran Universitas gadjah mada

PELATIHAN DAN SEMINAR

  • Pelatihan BCLS Di UGD Rs saiful anwar malang
  • Pelatihan EKG Di Rs Husada Utama

PENGALAMAN KERJA

  • Dokter jaga UGD Rs siloam medan
  • Dokter prakter pribadi
  • Dokter pengganti puskesmas kalibaru

PRESTASI

  • Olimpiade ilmiah Tingkat fakultas, juara 1 tahun 2005
  • Juara 2 karya ilmiah pemuda Se-Indonesia, tahun 2006
  • Juara lomba cerdas cermat di universitas gadjah mada antar fakultas, Juara umum tahun 2008

Demikianlah daftar riwayat hidup yang saya buat secara sadar dan sebenar – benarnya agar di jadikan pertimbangan untuk lamaran pekerjaan yang saya ajukan dan bisa menjadi pendukung untuk di terimanya saya di perusahaan  yang bapak/ibu pimpin, Atas perhatian nya saya ucapkan terimakasih

Terimakasih atas perhatian nya

Tanda tangan

Lutfi Setiawan

Itulah contoh cv lamaran kerja dokter di rumah sakit. Harus jelas dan juga di tuliskan semua data pendukung yang sesuai dengan posisi pekerjaan yang dilamar di rumah sakit. Dengan data pendukung yang sesuai, maka besar kemungkinan untuk dapat di terima di rumah sakit tersebut.

2. Contoh cv menarik untuk kerja di bank

Kedua adalah contoh dari cv untuk melamar sebuah pekerjaan di bank, yang juga di buat dengan formal dan resmi. lowongan pekerjaan di bank sendiri biasanya tidak mementingkan pendidikan terakhir, asalkan memenuhi kriteria yang di cantumkan di sana. Berikut adalah contoh cv menarik untuk lowongan kerja di bank.

CV Menarik Untuk Kerja Di Bank

CURRICULUM VITAE

DATA DIRI

  • Nama: Anisa rahmawati
  • Tempat, Tanggal Lahir : Badung, 19 juli 1991
  • Kewarganegaraan : WNI
  • HP :  08217498573
  • Jenis Kelamin :  Perempuan
  • Status Perkawinan : Belum menikah
  • Agama    :  Islam
  • Kesehatan :  Baik
  • Alamat Lengkap : Jl. Buah batu No.39
  • Pendidikan Terakhir : S1 Sastra Indonesia, Universitas Indonesia

RIWAYAT PENDIDIKAN

  • 1997 – 2000 : SDN 1 Badung
  • 2000 – 2003 : SMP Negri 2 bandung
  • 2003 – 2006 : SMA Negri 2 Badung
  • 2006 – 2013 : Program Sarjana Sastra Indonesia, Universitas Indonesia

PENGALAMAN KERJA

  • Bekerja di PT. BANK BCA Tbk. yogyakarta sebagai teller januari 2013 – juli 2016
  • Bekerja di KSP Mudah Yogyakarta sebagai Audit September 2016 – Februari 2017
  • Bekerja di PT. Indah sentosa sebagai Kepala Keuangan Februari 2017 – Sekarang

PRESTASI

  • Juara Atlet Remaja PON jawa barat (2007)
  • Atlet Pelatda Provinsi jawa barat ( 2005 – 2010 )
  • Seleksi Atlet Pelatnas cabor renang ( 2007 – 2010 )
  • Juara cerdas cermat antar cahasiswa cniversitas indonesia (2010)

Demikianlah daftar riwayat hidup yang saya buat secara sadar dan sebenar – benarnya agar di jadikan pertimbangan untuk lamaran pekerjaan yang saya ajukan dan bisa menjadi pendukung untuk di terimanya saya di perusahaan  yang bapak/ibu pimpin, Atas perhatian nya saya ucapkan terimakasih

Hormat saya,

Anisa rahmawati

Itulah Contoh CV yang cocok untuk di gunakan dalam melamar pekerjaan di bank, cv tersebut berisikan substansi yang lengkap dan juga lugas. Buatlah cv semenarik mungkin untuk dapat menarik minat HRD sehingga memiliki besar kemungkinan untukdapat di terima di bank yang di tuju.

3. Contoh cv fresh graduate

Beberapa perusahaan sering sekali membuka lowongan pekerjaan untuk fresh graduate. Hal ini di karenakan memiliki potensi gaji yang lebih kecil, dan juga seorang fresh graduate akan mendapatkan ilmu baru yang mungkin belum pernah mereka jumpai. Berikut ini adalah contoh cv untuk lamaran pekerjaan

CV Fresh Graduate

CURRICULUM VITAE

DATA DIRI

  • Nama: Zahra febrianti
  • Tempat Tanggal Lahir: Malang, 30 Juni 1987
  • Alamat: Jalan Simogunung kramat Timur Nomor 6, Surabaya
  • No Hp: 089658493781
  • Jenis Kelamin: Perempuan
  • Agama: Islam
  • Kewarganegaraan: Indonesia
  • Status: Belum menikah
  • Email: Febrianti12@gmail.com
  • Hobi: Masak
  • Kesehatan: Baik
  • Pendidikan Terakhir: Pendidikan D3 Pariwisata Universitas Merdeka Malang

PENDIDIKAN FORMAL

  • 1993-1998 SDN 1 Landungsari Malang
  • 1998-2001 SMP 3 Malang
  • 2001-2004 SMA 2 Malang
  • 2004-2010 Fakultas Pariwisata Unmer Malang

PENDIDIKAN INFORMAL

  • Bimbingan belajar Bahasa Inggris Di Kampung Inggris Pare
  • Bimbingan belajar Komputer Microsoft Word Dan Excel

PRESTASI

  • Olimpiade IPS kelas Universitas, Juara 1 Tahun 2005
  • Juara 3 karya Ilmiah pemuda Antar Se Indonesia Tahun 2006
  • Juara umum lomba Cerdas Cermat di lingkup Universitas negri malang Tahun 2008

Demikianlah daftar riwayat hidup yang saya buat secara sadar dan sebenar – benarnya agar di jadikan pertimbangan untuk lamaran pekerjaan yang saya ajukan dan bisa menjadi pendukung untuk di terimanya saya di perusahaan  yang bapak/ibu pimpin, Atas perhatian nya saya ucapkan terimakasih

Tanda Tangan

(Zahra Febrianti)

Itulah tadi contoh cv lamran kerja fresh graduate yang baru mulai memasuki dunia kerja. Perbedaan untuk cv fresh graduate adalah tidak adanya pengalaman kerja yang tertera di dalam cv tersebut. Untuk menambah nilai plus sebagai gantinya mencantumkan prestasi dan pendidikan informal yang di miliki

4. Contoh cv untuk Guru taman kanak-kanak (TK)

CURRICULLUM VITAE

DATA DIRI

  • Nama: Susi susanti
  • Tempat Tanggal Lahir: Bogor, 17 Juni 1985
  • Alamat: Jalan merdeka No.34
  • No Hp: 087878264723
  • Jenis Kelamin: Perempuan
  • Agama: Islam
  • Kewarganegaraan: Indonesia
  • Status: Belum menikah
  • Email: Susi12M@gmail.com
  • Hobi: Membaca
  • Kesehatan: Baik
  • Pendidikan Terakhir: Pendidikan D3  PGTK Universitas Pendidikan Indonesia

PENDIDIKAN FORMAL

  • 1993-1999 SDN Polisi 5
  • 1999-2002 SMPN 14 Bogor
  • 2002-2003 MAN 1 Kota bogor
  • 2004-2010 Fakultas Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia

PENDIDIKAN NON FORMAL

  • Bimbingan belajar Bahasa Inggris
  • Bimbingan belajar Bahasa Jepang
  • Bimbingan belajar Komputer

PENGALAMAN KERJA

  • Guru taman kanak-kanak(TK) Harapan Bangsa 2010-2012
  • Pengajar Bimbingan Belajar Membaca 2012-2014
  • Guru taman kanak-kanak(TK) Raudhotul athafal  2014 – sekarang

PRESTASI

  • Juara 1 Tahun 2003
  • Juara 2 lomba Puisi MAN Se Bogor Tahun 2002
  • Juara umum lomba Menyanyi Universitas Antar Fakultas Tahun 2008
  • Juara 3 lomba Menari Di Universitas Tahun 2009

Demikianlah daftar riwayat hidup yang saya buat secara sadar dan sebenar – benarnya agar di jadikan pertimbangan untuk lamaran pekerjaan yang saya ajukan dan bisa menjadi pendukung untuk di terimanya saya di perusahaan  yang bapak/ibu pimpin, Atas perhatian nya saya ucapkan terimakasih

Tanda Tangan

Susi susanti

Itulah tadi mengenai contoh cv lamaran kerja yang di buat untuk melamar pekerjaan sebagai Guru taman kanak-kanak(TK). Jangan sekali – kali untuk menuliskan suatu hal yang bohong di dalam cv tersebut. Buat semakin unik untuk menunjukkan kreativitas kamu untuk melamar sebagai Guru taman kanak-kanak(TK)

5. CV Sederhana Untuk Satpam

Untuk melamar menjadi seorang satpam, di butuhkan cv yang sederhana dan juga ringkas, terkait data diri kemampuan beladiri, dan data pendukung lainnya, Seperti contoh cv yang ada di bawah ini :

CURRICULUM VITAE

DATA DIRI

  • Nama: Eka saputra
  • Tempat Tanggal Lahir: Bogor, 13 Maret 1991
  • Alamat: Jalan raya semplak, No.43 Kelurahan semplak.
  • No Hp: 085634872143
  • Jenis Kelamin: Laki-laki
  • Agama: Islam
  • Kewarganegaraan: Indonesia
  • Status: Belum Menikah
  • Email: Saputraek1@gmail.com
  • Hobi: Berlatih bela diri
  • Kesehatan: Baik
  • Pendidikan Terakhir: SMK Tri Dharma 2 Bogor

PENDIDIKAN FORMAL

  • 1997-2003 SDN Semplak 2
  • 2003-2007 SMP PGRI 8 Bogor
  • 2007-2010 SMK Tri Dharma 2 Bogor

PENDIDIKAN NON FORMAL

2012 Pendidikan Dan Pelatihan Satpam Di Tanggerang

2013 Bimbingan belajarBahasa Inggris Di LIA

PENGALAMAN KERJA

  • Satpam Komplek taman yasmin
  • Satpam Rumah Sakit Swasta

PRESTASI

  • Kejuaraan Pencak Silat Daerah Juara 1 Tahun 2005
  • Lomba Pencak Silat Kota bogor Tahun 2006

Demikianlah daftar riwayat hidup yang saya buat secara sadar dan sebenar – benarnya agar di jadikan pertimbangan untuk lamaran pekerjaan yang saya ajukan dan bisa menjadi pendukung untuk di terimanya saya di perusahaan  yang bapak/ibu pimpin, Atas perhatian nya saya ucapkan terimakasih

Tanda Tangan

Eka Saputra

Itulah tadi contoh cv lamaran kerja terbaik yang bisa di gunakan untuk melamar kerja sebagai satpam. Di buat dengan sesederhana mungkin dengan menonjolkan keunggulan di bidang bela diri.

Cara Membuat CV Yang Baik dan Menarik

Pembuatan cv merupakan salah satu proses awal yang mesti kamu lakukan sebelum melamar sebuah pekerjaan di sebuah perusahaan yang kamu inginkan.  Untuk mendapatkan respon yang baik dari perusahaan, kita di haruskan untuk membuat Cv yang menarik. Agar kamu bisa mendapatkan sebuah pekerjaan yang sangat kamu idam – idamkan.

Namun masih banyak dari kamu yang bertanya – tanya tentang bagaimana cara membuat sebuah cv yang baik serta menarik. Namun kamu tidak perlu khawatir lagi akan hal itu, kami akan menjabarkan langkah / cara yang bisa kamu gunakan untuk membuat sebuah cv lamaran kerja yang menarik. Maka dari itu, yuk mari simak ulasan berikut ini.

1. Lakukan job research

Langkah awal adalah dengan cara melakukan job research yang bertujuan untuk mencari informasi terkait dengan perusahaan dan juga pekerjaan yang akan kamu lamar. langkah awal ini dapat memudahkan kamu untuk menentukan langkah selanjutnya. Berikut adalah beberapa hal yang mesti kamu perhatikan dalam melakukan job research.

  • Cari informasi mengnai syarat melamar kerja : catat dan ingat perihal informasi – informasi mengenai syarat dan juga berbagai hal lainnya yang harus di penuhi terkait dengan untuk pelamaran sebuah pekerjaan, seperti keterampilan yang mesti di miliki, usia, pengalaman bekerja, dan lain – lainnya.
  • Gali informasi tentang perusahaan sebanyak banyaknya : Dalam sebuah profil perusahaan biasanya terdapat visi dan juga misi serta nilai – nilai yang di junjung tinggi oleh perusahaan tersebut. Secara etos kerja karyawan kamu di haruskan mencermati terlebih dahulu terkait dengan perusahaan tersebut.

2. Cari informasi mengenai cv

Seperti yang kamu lakukan sekarang, mencari sebuah informasi mengenai cv yang meliputi cara pembuatan cv yang dan menarik,  langkah – langkah membuat cv dan hal – hal lainnya merupakan sebuah usaha untuk menggali informasi mengenai cv itu sendiri.  Walaupun secara global kamu sudah paham apa itu cv, akan tetapi kamu juga perlu selalu upddate informasi mengenai cv tersebut.

Umumnya, hal – hal yang terdapat di dalam cv adalah sebagai berikut

  • Identitas Pribadi : Nama lengkap, alamat, nomer telepon, dan alamat email
  • Pendidikan : Pendidikan terakhir, jurusan,  dan ipk
  • Personality : Sifat dan perilaku yang kamu miliki (Deskripsi diri)
  • Pelatihan : Berisikan pelatihan yang kamu ikuti selama 2 – 3 tahun terakhir.
  • Informasi lain mengenai diri kamu : Hobi, ataupun sebuah referensi yang mencakup perihal pekerjaan tersebut.

3. Mulai membuat cv

Setelah kamu memiliki informasi terkait dengan perusahaan dan juga informasi terkait dengan Curricullum vitae (Cv), Maka langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan mulai membuat sebuah cv berdasarkan pengetahuan dan juga informasi yang sudah kamu gali tadi. Berikut ini adalah beberapa langkah untuk mulai membuat sebuah cv.

  • Cantumkan identitas diri di bagian teratas : Bagian pertama yang kamu harus tulis adalah mengenai data diri kamu yang meliputi nama,  tempat tanggal lahir, alamat, dan lain sebagainya. Jangan lupa juga untuk menyantumkan foto terbaru kamu agar terlihat lebih professional.
  • Tuliskan jenjang pendidikan : hal selanjutnya yang perlu kamu cantumkan di dalam cv adalah jenjang pendidikan formal. Kamu juga bisa mencantumkan pendidikan informal seperti pelatihan, Bimbingan belajar dan lain sebagainya.
  • Deskripsikan keterampilan dan juga pencapaian kamu : Keterampilan dan pencapaian yang kamu miliki sangat perlu untuk kamu cantumkan, sebagai nilai plus dari diri kamu. Kamu bisa menggambarkan nya dengan diagram ataupun grafik untuk menyatakan secara cermat terkait dengan keterampilan dan juga pencapaian kamu.
  • Sebutkan secara spesifik pengalaman kerja dan juga pelatihan : Setelahnya, kamu juga perlu mendeskripsikan dengan jelas dan juga mendetail terkait dengan pengalaman kerja dan juga pelatihan yang penah kamu ikuti.

4. Koreksi kembali cv kamu

Setelah kamu membuat cv, alangkah baiknya kamu membaca dan mengkoreksinya kembali, kamu bisa menambahkan sesuatu ke dalam cv tersebut agar nantinya terlihat lebih menarik. Bagian ini adalah hal yang dapat menaikkan kualitas cv kamu secara mutlak

  • Perbaiki tata bahasa : saat sedang membaca ulang cv yang sudah kamu buat, kamu juga perlu memperbaiki tata bahasa yang di rasa kurang tepat. Hindari penggunaan bahasa gaul dan lebih kedepankan pengejaan kata yang sesuai dengan EYD
  • Bawalah kata – kata yang lebih singkat dan efektif  : Ringkas kembali kata – perkata yang telah kamu tuliskan di dalam cv kamu untuk menghindari pembahasan yang bertele – tele

5. Analisa cv kamu

Setelah kamu mengoreksi kembali cv kamu yang terkait dengan penggunaan bahasa yang formal juga menarik. Alangkah baiknya juga kamu menganalisa cv kamu dari berbagai pola pandang. Langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah sebagai berikut ini :

  • Baca kembali cv tersebut seolah kamu ada lah seorang HRD
  • Minta orang lain untuk membaca cv kamu : Untuk memantapkan kembali cv yang kamu buat tadi, kamu bisa melakukan nya dengan cara meminta orang lain untuk membacakan kembali dan beri penilaian terhadap cv kamu.

Kesalahan Dalam Menuliskan CV Lamaran Kerja

Dalam membuat cv Detail adalah suatu faktor penting untuk menjadi penentu dari diterima atau tidak nya lamaranmu oleh suatu perusahaan. Namun setelah mengetahui komponen – komponen yang di perlukan di dalam sebuah cv. Terkadang masih saja ada kesalahan – kesalahan yang di lakukan oleh pembuat cv tersebut. Berikut adalah kesalahan yang sering terjadi dalam penulisan cv

  • Salah ketik atau typo : Inilah mengapa, pengecekan ulang merupakan suatu hal yang penting dalam membuat sebuah dokumen, terlebih dokumen tersebut merupakan dokumen yang penting. Kamu di haruskan untuk membaca kembali isi dari dokumen tersebut untuk menghindari adanya typo dalam penulisan
  • Format terlalu kreatif : Membuat sebuah cv harus di sesuaikan dengan tempat dimana kamu melamar kerja. Jika perusahaan tersebut bergerak di bidang kreatif seperti design, dan sebagainya. Kamu bisa menerapkan nya untuk membuat Format yang kreatif, Namun jika perusahaan tersebut bergerak di bidang administratif, Buatlah sebuah cv yang formal dan juga ringkas.
  • Data yang di tulis tidak valid : Tuliskanlah sebuah data yang sesuai dengan fakta dan juga memiliki dukungan dari sebuah dokumen. Seperti data yang di dukung oleh KTP, Data pendidikan, Sertifikat, ijazah, dan lain – lainnya.
  • Satu cv untuk semua lamaran : seperti yang tadi sudah di bahas kita perlu membedakan antara perusahaan satu dengan perusahan lainnya, Cv yang di gunakanpun perlu seperti itu.
  • Terlalu bertele – tele : Cv bukanlah suatu karya tulis berupa prosa yang harus di tulis dengan bertele – tele. Buatlah sebuah cv yang ringkas namun mendetail, Agar HRD tidak merasa bosan ketika membacanya.
  • Baca kembali dan analisis cv kamu : Cobalah untuk mengevaluasi hal – hal yang terdapat di dalam cv, agar cv kamu dapat terkesan lebih menarik untuk di baca

Akhir Kata

Itulah tadi pembahasan kami mengenai contoh cv lamaran kerja, Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kamu yang sedang berjuang mendapatkan suatu pekerjaan. Semoga kita selalu di berikan rezeki yang berlimpah untuk melakukan kebaikan-kebaikan di muka bumi ini. Terimakasih telah membaca ulasan ini, dan sampai berjumpa di ulasan-ulasan www.toraccino.id selanjutnya.

Leave a Comment