Cara Vlookup Beda Sheet

Cara Vlookup beda sheet atau beda dokumen ternyata masih bisa dilakukan. Seseorang hanya perlu melakukan proses penamaan pada tabel yang nantinya akan digunakan untuk melakukan proses pencarian. Selain itu mereka juga bisa memasukkan nama dokumen dari Microsoft Excel yang lain.

Karena proses ini terbilang cukup rumit seseorang harus memperhatikan dengan baik bagaimana penulisan rumus yang tepat. Apabila penulisan rumus tidak dilakukan dengan tepat maka akan mengalami kesalahan. Apalagi data yang akan digunakan jumlahnya cukup banyak.

Untuk mengetahui bagaimana cara Vlookup beda sheet ada baiknya untuk menyimak artikel di bawah ini. Dengan melakukan proses penyimakan, kamu harus mengetahui kapan saja harus mengganti bagian tabel acuan dan kapan saja harus mengganti kolom.

Rumus Vlookup Standar dan Beda Sheet

Rumus Vlookup Standar dan Beda Sheet

Apabila ingin melakukan proses pencarian data secara vertikal dengan memanfaatkan Microsoft Excel. Seseorang bisa melakukan proses itu memanfaatkan rumus standar atau rumus pencarian beda sheet.

1. Rumus Standar

Apabila ingin menggunakan rumus standar karena data dan tabel acuan berada dalam halaman yang sama. Kamu bisa menggunakan rumus di bawah ini.

VLOOKUP(NilaiYangDicari; TabelReferensi; Nomorkolom; [RangeLookup])

2. Rumus Beda Sheet

Sementara itu apabila rumus yang digunakan untuk melakukan proses pencarian beda sheet, bisa memanfaatkan rumus di bawah ini.

VLOOKUP(NilaiYangDicari; TabelReferensi; Nomorkolom; [RangeLookup])

Khusus pada bagian TabelRefensi, kamu harus memberikan nama terlebih dahulu. Pemberian nama ini cukup penting untuk menghindari terjadinya kesalahan karena ketika menggunakan rentang data peluang mengalami kesalahan besar.

Selain itu apabila terpaksa menggunakan rentang data karena tidak tahu bagaimana cara memberikan nama pada tabel. Kamu harus memberikan tanda absolute ($) pada bagian depan dari tabel tersebut untuk menghindari adanya perubahan karena akan digunakan untuk sheet yang berbeda.

Baca Juga  Cara Bayar BPJS Lewat ATM BRI

Cara Vlookup Beda Sheet

Cara Vlookup Beda Sheet

Apabila ingin manfaatkan cara Vlookup beda sheet, ada baiknya untuk mengikuti beberapa cara di bawah ini.

  • Kamu harus menyiapkan terlebih dahulu tabel yang nantinya digunakan sebagai acuan untuk melakukan proses pencarian data.
  • Usahakan tabel sudah diberi nama terlebih dahulu yang memudahkan proses untuk melakukan proses pencarian.
  • Selanjutnya pada sheet yang berbeda, siapkan juga sel yang nantinya akan digunakan sebagai acuan.
  • Gunakan rumus di bawah ini:

VLOOKUP(NilaiYangDicari; TabelReferensi; Nomorkolom; [RangeLookup])

Contoh: VLOOKUP(S3; tabel_cari; 2; 1)

  • Setelah memasukkan data di atas selanjutnya kamu bisa langsung menekan tombol enter. Hasil yang muncul adalah nilai dari proses pencarian.
  • Ulangi lagi cara di atas apabila ingin melakukan pencarian pada sel yang berbeda.

Proses pencarian otomatis dalam jumlah banyak juga bisa dilakukan. Karena tidak akan ada perubahan pada tabel yang sudah diberi nama. Kamu hanya perlu menekan bagian bawah dari sel yang sudah diberi rumus lalu ditarik ke bawah agar formula yang digunakan sama.

Hal yang Harus Diperhatikan

Hal yang Harus Diperhatikan

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan terlebih dahulu apabila ingin melakukan proses pencarian Vlookup beda sheet. Simak selengkapnya di bawah ini.

  • Untuk melakukan proses pencarian diwajibkan memberikan nama pada tabel yang dipakai sebagai referensi. Hal ini sangat wajib untuk dilakukan apalagi jumlah kabel yang nantinya digunakan ada banyak.
  • Pastikan untuk memberikan nilai absolut pada tabel yang tidak diberi nama. Ini dilakukan untuk menghindari adanya perubahan data.
  • Pastikan terlebih dahulu untuk melakukan proses pengecekan pada tabel yang digunakan sebagai acuan.
  • Bagian akhir dari formula harus menggunakan angka satu yang menunjukkan jika nilai itu benar dan harus dimunculkan.
  • Hal terakhir yang tidak kalah penting adalah dengan selalu melakukan proses pengetikan formula secara manual untuk menghindari adanya kesalahan. Setiap versi dari Microsoft Excel biasanya memiliki sedikit perbedaan sehingga kamu harus menguasai seluruhnya.
Baca Juga  Koin Tiktok Lite Tidak Berputar

Simak juga: Cara Menghitung Rumus Diskon di Excel

Fungsi Vlookup Beda Sheet

Fungsi Vlookup Beda Sheet

Fungsi Vlookup beda sheet ternyata cukup banyak sehingga bisa dimanfaatkan untuk melakukan proses pencarian data. Berikut beberapa fungsi selengkapnya yang bisa dimanfaatkan oleh semua orang.

1. Pencarian yang Cepat

Pencarian dilakukan dengan memanfaatkan fungsi Vlookup. Proses pencarian ini bisa dilakukan secara otomatis sehingga hasil yang didapatkan akan cepat dan tepat. Artinya tidak akan ada kesalahan sama sekali pada datang yang dimunculkan ketika melakukan proses pencarian.

Proses pencarian dengan memanfaatkan cara ini akan memudahkan kamu menggunakan banyak sekali data dalam satu kali waktu. Karena data yang tidak terbatas ini maka proses pencarian bisa dilakukan ke berbagai jenis sektor lalu dimunculkan dalam satu tempat.

Misal pencarian untuk data tertentu berasal dari sheet pertama, lalu selanjutnya berasal pada sheet keempat atau yang lain. Jadi semua data bisa berjalan dengan cepat sesuai dengan perintah yang diinputkan oleh seseorang.

2. Menghindari Data Menumpuk

Salah satu alasan mengapa seseorang lebih sering melakukan proses pencarian data Vlookup dengan memanfaatkan sheet lain adalah untuk menghindari adanya data yang menumpuk. Jadi pengguna akan memindahkan beberapa data yang digunakan sebagai acuan di halaman yang berbeda.

Coba bayangkan jika data yang diminta berada di halaman yang sama dengan beberapa data lain yang dimanfaatkan sebagai database. Kemungkinan besar akan menumpuk dalam satu halaman dan bisa menyebabkan seseorang mengalami kesulitan ketika akan membacanya.

Itulah kenapa seseorang lebih memilih untuk memindah data atau tabel yang digunakan sebagai acuan di bagian sheet lain. Jadi mereka tidak akan mengalami kesulitan ketika akan melakukan proses pencarian data dan membaca data yang keluar.

Baca Juga  Cara Bayar Listrik Lewat ATM BNI

3. Memudahkan Proses Pengecekan

Pengecekan data bisa berjalan dengan lebih mudah apabila memanfaatkan cara Vlookup beda sheet. Itulah kenapa seseorang disarankan untuk melakukan proses pembacaan terlebih dahulu terhadap rumus yang digunakan.

Apabila rumus sudah sesuai dengan keinginan bisa langsung memanfaatkan fungsi itu untuk melakukan proses pengecekan. Pada bagian pengecekan biasanya diberikan informasi yang detail sehingga data bisa dibaca dengan lebih mudah bahkan oleh pemula.

4. Menampilkan Data Sesuai Kriteria

Selanjutnya adalah proses menampilkan data sesuai dengan kriteria. Proses menampilkan data ini bisa dilakukan sesuai dengan kriteria yang diinginkan oleh pengguna. Misal menginginkan kriteria sesuai dengan nama atau sesuai dengan ID.

Proses menampilkan data ini bisa berjalan dengan cepat dan tidak akan mengalami masalah sama sekali. Selama rumus yang digunakan sudah sesuai, tidak akan ada masalah sama sekali yang akan didapatkan. Bahkan bisa dimodifikasi lagi untuk menampilkan data lanjutan.

Yang paling penting adalah kamu bisa melakukan proses penyambungan data ke sheet lain atau dokumen Microsoft Excel lainnya. Jadi proses pengambilan data tidak akan mengalami keterbatasan. Semua bisa dilakukan secara real-time dan cepat.

Cara Vlookup beda sheet ternyata cukup mudah untuk dilakukan. Seseorang hanya perlu mengikuti rumus yang sudah ada lalu melakukan proses penggantian pada nama tabel hingga melakukan penggantian pada kolom. Selebihnya tidak perlu melakukan apapun karena sudah akan berjalan secara otomatis.

Simak juga: Rumus Vlookup Excel

Proses pencarian ini mungkin akan memakan waktu cukup lama apabila kamu belum terbiasa dengan rumusnya. Jadi manfaatkan dengan baik waktu yang di miliki saat ini untuk memahami bagaimana rumus itu ditulis. Selanjutnya bisa langsung diaplikasikan pada data.