Cara Reset iPhone

Selain memang untuk mengatur ulang iPhone ke setelan pabrik. Pastinya ada banyak alasan kenapa kamu ingin tahu cara reset iPhone. Ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk melakukan reset yakni Soft, Force dan Factory Reset.

Soft Reset merupakan metode untuk mematikan dan menyalakan ulang ponsel iPhone. Force Reset adalah cara untuk mengatasi masalah pada iPhone yang tidak bisa di tangani oleh Soft Reset dan Factory Reset yaitu metode untuk mengembalikan iPhone ke setelan pabrik dan semua data akan hilang.

Berikut dibawah ini merupakan beberapa metode yang bisa kamu gunakan untuk melakukan reset iPhone untuk semua series, sebagai berikut:

Cara Hard Reset/Factory Reset iPhone Lewat Pengaturan

Apabila kamu mau perangkat iPhone kembali ke pengaturan bawaan pabrik maka bisa menggunakan cara hard reset. Seperti yang sudah disinggung di atas kalau Factory Reset merupakan suatu metode untuk menghapus semua data kamu mulai dari foto, video, aplikasi dan lain sebagainya.

Sebelum kamu menggunakan cara ini ada baiknya kamu melakukan backup terlebih dahulu ke iCloud atau memakai Finder untuk kamu yang mempunyai perangkat Mac. Jadi ketika mau datanya kembali hanya perlu memulihkan saja dari iCloud atau Finder. Berikut cara melakukan factory reset:

  • Langkah pertama masuk ke Pengaturan terlebih dahulu.
  • Kemudian pilih General atau Umum dan cari bagian Reset.

Kemudian pilih General atau Umum dan cari bagian Reset.

  • Kemudian pilih reset yang dibutuhkan. Untuk hard reset kamu bisa memilih Erase All Content and Settings. Apabila ponsel kamu menggunakan kata sandi, nantinya akan diminta untuk mengisi dan konfirmasi penghapusan data.

Kemudian pilih reset yang dibutuhkan. Untuk hard reset kamu bisa memilih Erase All Content and Settings.

  • Silahkan kamu tunggu prosesnya sampai selesai.
  • Selanjutnya akan diminta untuk memasukkan kata sandi Apple ID. Ini supaya akun dan Find My iPhone dihapus dalam perangkat tersebut.

Cara Soft Reset iPhone Lewat Tombol

Bagi yang belum tahu , kalau soft reset mempunyai metode yang berbeda-beda untuk masing-masing tipe perangkat iPhone. Ini bisa terjadi lantaran tidak semua tipe iPhone mempunyai Home Button.

1. Soft Reset iPhone X, XS, XR, 11, & 12

Soft Reset iPhone X, XS, XR, 11, 12

Pada tipe iPhone ini kamu hanya perlu menekan dan melepaskan tombol volume naik secara cepat. Kemudian tekan dan lepas tombol volume turun secara cepat juga. Silahkan kamu tunggu sampai tampil logo Apple tampil dan lepas tombolnya.

2. Soft Reset iPhone 8 & SE

Soft Reset iPhone 8 SE

Pada tipe ini kamu hanya perlu menekan dan melepaskan tombol volume naik cepat. Lalu tekan dan lepas tombol volume turundengan cepat juga. Kemudian kamu tekan dan tahan tombol pada sebelah samping. Nantinya akan tampil logo Apple, silahkan lepaskan tombolnya.

3. Soft Reset iPhone 7

Soft Reset iPhone 7

Untuk iPhone series 7 untuk melakukan soft reset, kamu hanya perlu menekan dan menahan tombol volume turun dan sleep secara bersamaan hingga beberapa saat, hingga tampil logo Apple, kemudian lepaskan tombol tersebut.

4. Soft Reset iPhone 6s atau SE (Generasi 1)

Soft Reset iPhone 6s atau SE (Generasi 1)

Karena iPhone seri ini masih mempunyai tombol Home Button, kamu bisa menekan dan menahan tombol Sleep dan tombol Utama secara bersamaan. Silahkan tunggu beberapa saat sampai tampil logo Apple, kemudian lepaskan kedua tombol tersebut.

Cara Force Restart iPhone

Cara reset iPhone berikutnya adalah menggunakan metode Force Reset. Dimana metode ini berguna untuk mengatasi permasalahan perangkat yang hang, macet total dan lain sebagainya. Namun tenang, dengan cara ini kamu tidak akan kehilangan data yang terdapat di dalam ponsel iPhone.

Metode ini hanya akan memaksa ponsel iPhone kamu untuk mati kemudian nyala kembali. Dan yang perlu kamu tau, force reset pada setiap tipe iPhone itu berbeda-beda. Untuk lebih jelasnya ada di bawah ini.

1. Force Reset iPhone 11, XS, X, SE 2020, & 8 (Series)

Force Reset iPhone 11, XS, X, SE 2020 8 Series

Pada tipe iPhone ini kamu hanya perlu menekan dan melepaskan tombol volume secara cepat. Kemudian tekan dan lepaskan tombol volume down secara cepat juga.

Setelah itu, tekan dan tahan tombol Power sampai tampil logo Apple. Nantinya perangkat akan melakukan reboot dengan sendirinya dan akan kembali normal lagi.

2. Force Reset iPhone 7 series

Force Reset iPhone 7 series

Silahkan kamu tekan dan tahan tombol Volume Down dan Power secara bersamaan. Kemudian tunggu sampai logo Apple tampil dan lepaskan kedua tombol itu.

Nantinya iPhone kamu akan memulai dengan sendirinya dan akan kembali berjalan normal.

3. Force Reset iPhone 6 series, SE, 5 series & Tipe Sebelumnya

Force Reset iPhone 6 series, SE, 5 series Tipe Sebelumnya

Kamu tekan tekan dan tahan tombol Home dengan Power secara bersamaan. Tunggu sampai tampil logo Apple. Kemudian lepaskan kedua tombol itu.

Setelah itu, perangkat iPhone akan memulai ulang dengan sendirinya dan dapat dipakai kembali secara normal.

Cara Reset iPhone Dengan Find My iPhone

Find My iPhone merupakan sebuah layanan yang bisa dipakai untuk mencari mereset, mengunci perangkat iPhone dari jarak jauh. Untuk reset dengan cara ini berikut langkah-langkahnya:

  • Langkah pertama buka iCloud.com di komputer kamu.
  • Kemudian masuk ke akun iCloud kamu atau ID Apple.
  • Silahkan klik Find iPhone. Lalu pilih opsi All Devices.
  • Selanjutnya pilih perangkat yang sudah di nonaktifkan dan klik Erase iPhone.

Selanjutnya pilih perangkat yang sudah di nonaktifkan dan klik Erase iPhone.

  • Nantinya iPhone kamu akan diatur kembali dan data didalamnya akan hilang.

Cara Reset iPhone Dengan Any Fix

Any Fix adalah salah salah satu software yang bisa digunakan untuk memulihkan sistem operasi iOS. Metode ini cocok digunakan untuk perangkat iPhone yang terkunci face ID tidak berfungsi dan lupa kode sandi layar.

Tidak hanya itu saja, Any Fix juga bisa loh untuk mengatasi berbagai masalah sistem iOS dan masalah iTunes.  Jadi, kalau kamu memperoleh masalah bisa menggunakan metode ini untuk menyelesaikannya. Berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama download terlebih dahulu software Any Fix on di perangkat komputer.
  • Kemudian lakukan install seperti biasa di perangkat Mac atau PC.
  • Setelah itu sambungkan iPhone kamu ke perangkat Mac atau komputer. Lalu pilih reset device.

Setelah itu sambungkan iPhone kamu ke perangkat Mac atau komputer. Lalu pilih reset device.

  • Selanjutnya pilih mode hard reset untuk mereset iPhone kamu yang terkunci atau lupa kode.
  • Langkah berikutnya kamu hanya perlu mengikuti petunjuk yang ada di layar untuk mengalihkan perangkat ke Mode Recovery.
  • Kemudian download Firmware sesuai tipe ponsel iPhone kamu.
  • Terakhir, software Any Fix akan melakukan reset. Silahkan tunggu sampai prosesnya selesai.

Cara Reset iPhone Dengan PhoneRescue

PhoneRescue adalah aplikasi yang berfungsi untuk menghapus data atau mereset iPhone. Untuk langkah-langkah memakai aplikasi ini berikut dibawah ini:

  • Pertama Download dan install PhoneRescue untuk iOS di Mac atau PC kamu.
  • Hubungkan iPhone kamu ke perangkat Mac atau PC lewat kabel USB.
  • Lalu klik iOS Repair Tools Mode dan klik panah kanan.

Lalu klik iOS Repair Tools Mode dan klik panah kanan.

  • Silahkan pilih repair mode dan mode ini terbagi menjadi dua Advanced dan Standar Mode.
  • Kamu pilih mode yang dibutuhkan. Mode Standar akan memperbarui iOS kamu ke versi terbaru dan semua data akan hilang. Jika Advanced Mode tidak akan menghilang semua data di iPhone kamu.
  • Kemudian masuk ke Mode recovery. Silahkan pilih periksa info perangkat.
  • Lalu klik tombol Unduh firmware untuk iPhone.
  • Setelah proses unduhan selesai. PhoneRescue akan mereset iPhone kamu.
  • Terakhir tunggu sampai prosesnya selesai.

Bagaimana? Sangat mudah bukan cara reset iPhone? Silahkan kamu gunakan metode mana yang memang dibutuhkan untuk mengatasi permasalahan iPhone kamu. Itu saja dan sampai jumpa di artikel lainnya di toraccino.id