Cara Registrasi IDM

Cara Registrasi IDM – Internet Download Manager atau IDM adalah software PC yang bermanfaat untuk manajemen download file dari internet. Software ini bisa untuk download file dari internet dengan kecepatan stabil. Namun sebelumnya, kamu harus tahu cara registrasi IDM terlebih dahulu agar bisa menggunakannya.

Ya, dengan registrasi ke IDM permanen, kamu akan bisa menggunakan IDM selamanya, tidak hanya free trial selama 30 hari saja. Ada banyak cara registrasi IDM, seperti membeli lisensinya langsung, menggunakan serial number hingga menggunakan patch IDM.

Namun, diantara melakukan registrasi tersebut banyak yang bertanya apakah bisa cara registrasi IDM tanpa serial number? Tentu jawabannya adalah tidak bisa, karena untuk melakukan registrasi diperlukan Serial Number atau lainnya.

Sekilas Tentang Internet Download Manager (IDM)

Ada beberapa pencerahan yang harus kamu ketahui tentang asal usul IDM, kapan dibuat, fungsi atau kegunaannya dan masih banyak lainnya. Berikut ini merupakan pengertian IDM atau Internet Download Manager yang harus kalian ketahui.

1. Pengertian IDM

Pengertian IDM

Internet Download Manager (IDM) adalah software yang bermanfaat untuk download file dari internet, yang juga dilengkapi dengan resume download. Fitur ini memungkinkan pengguna bisa menjeda dan meneruskan download sesuai kebutuhan.

Software ini dikembangkan di Amerika Serikat oleh Tonec. Inc, yang juga menawarkan kecepatan download yang maksimal. Berkat software ini, kamu bisa download film maupun game besar dalam waktu yang singkat.

Dibandingkan dengan software sejenis, IDM memiliki keunggulan yang tidak dimiliki software lainnya. Ya, IDM memiliki fitur untuk membagi data yang sedang diunduh menjadi beberapa bagian. Nah, setelah semua selesai di-download, bagian-bagian yang terpisah tersebut akan dijadikan satu menjadi file yang utuh.

Tidak heran, proses yang bernama multipart membuat proses download file dari internet bisa dilakukan dengan cepat. IDM bahkan berani mengklaim, bahwa kecepatan download file menggunakan IDM lebih cepat 500% dibandingkan software sejenis.

2. Fungsi Internet Download Manager (IDM)

Fungsi Internet Download Manager (IDM)

Fungsi utama dari software ini adalah untuk mengunduh file dari internet, bisa berupa foto, video, aplikasi, game hingga dokumen. IDM memungkinkan pengguna download file-file di atas dengan cepat dan stabil, meskipun sedikit bergantung pada kualitas provider internet yang digunakan.

Intinya, aplikasi ini sangat memudahkan, khususnya bagi kamu yang harus mengunduh file dengan segera. Hebatnya lagi, IDM juga bisa digunakan untuk mengunduh video dari Youtube (dan platform lain) secara otomatis, kamu tinggal memencet tombol IDM untuk mulai download video.

Keunggulan Internet Download Manager (IDM)

Keunggulan Internet Download Manager (IDM)

Internet Download Manager memiliki banyak keunggulan, yang membuatnya menjadi software download manager paling sering digunakan. Setidaknya, ada 4 keunggulan utama yang ditawarkan oleh IDM, yaitu :

1. Kecepatan Download Meningkat 5 Kali

Kecepatan Download Meningkat 5 Kali

Keunggulan utama yang dimiliki oleh IDM adalah kecepatan download-nya yang luar biasa, bahkan bisa meningkat 5 kali dibandingkan jika tidak menggunakan IDM. Hal ini berkat teknologi termutakhir yang berada di dalamnya, yaitu Intelligent Dynamic File yang cerdas.

Artinya adalah, IDM menyediakan layanan download yang dinamis, sehingga bisa dijeda dan diteruskan sesuai dengan kebutuhan pengguna. Tenang, ketika download dijeda, maka tidak perlu lagi mengulangi dari awal, karena akan diteruskan dari progres download terakhir.

2. Fitur Resume Download

Fitur Resume Download

Berikutnya ada fitur resume download, fitur yang paling digemari oleh pengguna IDM. Berkat fitur ini, kamu bisa meneruskan download yang terhenti akibat kendala teknis seperti internet bermasalah, PC mati tiba-tiba, koneksi tidak stabil dan lain sebagainya.

Jadi, ketika ada gangguan, kamu tidak perlu khawatir karena bisa meneruskan download hingga selesai tanpa harus mengulangi dari awal.

3. Manjemen Waktu Download

Manjemen Waktu Download

IDM juga memungkinkan pengguna bisa mengatur kapan waktu download yang diinginkan oleh pengguna. Mereka bisa memilih untuk langsung download sekarang atau ditunda ke waktu yang diinginkan. Pengguna juga bisa sinkronisasi file yang terunduh di komputer ke lokasi lain berkat cloud storage.

4. Meminimalisir Risiko Terkena Virus

Meminimalisir Risiko Terkena Virus

IDM akan secara otomatis menjalankan antivirus seperti Avast, McAfee, Spybot dan semacamnya sehingga file yang terunduh bebas dari indikasi terkena :

  • Trojan
  • Malware
  • RAT
  • Adware
  • Phising
  • Bloatware dst.

Cara Registrasi IDM Permanen dan Gratis

Internet Download Manager bisa kamu nikmati gratis selama 30 hari, yang masuk ke dalam program free trial. Selama itu, kamu bisa memanfaatkan IDM dengan maksimal untuk download file apa pun yang kamu inginkan.

Nah, setelah 30 hari berakhir, kamu harus upgrade atau beli lisensi agar terus bisa menggunakan IDM. Lisensi IDM resmi bisa kamu beli dengan harga sekitar Rp254.000,00, yang akan berfungsi selamanya atau life time tanpa harus membeli lagi setiap bulan atau tahun.

Sebenarnya, jika kamu tidak mau membeli lisensi resmi, maka bisa download ulang IDM untuk kemudian menggunakan free trial selama 30 hari. Kamu bisa melakukan hal ini selama yang kamu mau, jika tidak merasa keberatan dengan hal tersebut.

Selain dua acara di atas, ada cara registrasi IDM lain yang juga bisa kamu coba. Sebenarnya cara ini tidak disarankan karena illegal dan adanya risiko masuknya virus ke komputer. Namun jika penasaran dan ingin mencobanya, maka bisa menyimak panduannya di bawah ini :

Registrasi bisa kamu lakukan gratis dan berlaku selamanya, tanpa harus memasukkan serial number, yaitu dengan menggunakan patch IDM. Dengan cara ini, IDM yang terpasang di komputer akan menjadi full version, jadi bisa digunakan selamanya tanpa ada notifikasi serial number yang tidak berlaku.

Berikut tutorial cara registrasi IDM permanen gratis selamanya di laptop atau pc :

  • Pastikan kamu telah menggunakan Internet Download Manager versi terbaru, kamu bisa mengeceknya di tab Help lalu pilih Check for Updates. Jika masih versi lama, kamu harus mengunduh yang versi terbaru terlebih dahulu.
  • Sekarang download patch IDM melalui link berikut (file bisa dicurigai sebagai virus, jadi kamu harus menonaktifkan antivirus maupun Windows Defender di komputer).
  • Setelah patch IDM ter-download, ekstrak patch IDM di lokasi yang kamu inginkan.

Setelah patch IDM ter-download, ekstrak patch IDM di lokasi yang kamu inginkan.

  • Jika IDM masih terbuka, jangan lupa untuk menutupnya terlebih dahulu.
  • Selanjutnya klik kanan pada 3x_Crack_17.8 dan pilih Run as administrator.
  • Selanjutnya pilih Yes untuk memberikan izin administrator.
  • Setelahnya akan muncul jendela IDM Crack, kamu tinggal klik Crack untuk aktivasi IDM gratis permanen tanpa serial number.

Setelahnya akan muncul jendela IDM Crack, kamu tinggal klik Crack untuk aktivasi IDM gratis permanen tanpa serial number.

  • Tunggu proses cracking dan patching hingga selesai, jika sudah akan muncul tulisan IDM Patched yang berarti IDM telah berhasil diaktivasi.
  • Terakhir pilih Finish untuk menutup jendela IDM Crack.

Terakhir pilih Finish untuk menutup jendela IDM Crack.

  • Karena proses aktivasi IDM telah selesai, kamu bisa mengaktifkan antivirus dan Windows Defender kembali.
  • Selesai, sekarang Internet Download Manager sudah bisa digunakan kembali secara gratis dan permanen tanpa harus memasukkan serial number.

Untuk memastikan apakah Internet Download Manager benar-benar sudah diaktifkan atau belum, kamu bisa mengeceknya sendiri di software IDM, caranya :

  • Buka Internet Download Manager.
  • Masuk ke menu Registration.

Masuk ke menu Registration.

  • Setelahnya akan pop up jendela, jika ada tulisan Full Registered, berarti IDM di komputer telah menjadi full version.

Dengan menggunakan patch IDM di atas, kamu tidak perlu lagi memasukkan serial number acak yang tersebar di internet. Cukup download patch IDM, dan IDM akan berubah menjadi full version dengan ajaib.

Enaknya pake IDM itu bisa menyimpan video tiktok di PC, dan bisa kamu lihat tutorial cara download video tiktok tanpa watermark dengan mudah.

Baca juga: Cara Download PPT di Slideshare

Cara registrasi IDM di atas bisa menjadi alternatif jika kamu keberatan untuk membeli lisensi resmi IDM atau malas install dan reinstall IDM untuk mendapatkan free trial. Hati-hati ketika mengunduh patch IDM, pastikan itu bukan virus yang justru membahayakan komputer.