Cara Merubah JPG ke PDF

Cara Merubah JPG ke PDF – Pengguna memang terkadang harus mengubah file format JPG ke PDF atau convert JPG to PDF karena saking banyaknya halaman yang telah dipindai dalam penyimpanan menggunakan format JPG, sehingga sulit untuk dibaca.

Ada banyak cara merubah JPG ke PDF yang bisa kamu pilih sebelum mengirim file foto dalam bentuk PDF ke orang lain. Kalau bisa dikirim dalam bentuk JPG, kenapa harus repot-repot diubah ke format PDF? Karena biasanya file PDF-lah yang diminta waktu kamu melamar kerja atau pengajuan beasiswa.

Kamu akan diminta untuk mengirim foto tapi dalam format PDF biar semua file yang diunggah punya format yang sama, yaitu dokumen PDF. Untungnya, sekarang kamu bisa mengubah JPG ke PDF secara offline atau online, baik dari laptop atau komputer dan dari smartphone. Gimana caranya?

Cara Merubah File JPG Menjadi PDF di PC Windows

Cara pertama mengubah file JPG ke PDF bisa kamu coba di komputer atau laptop Windows. Cara-cara dibawah ini udah dicoba di komputer dengan sistem operasi Windows 10. Kalau kamu pakai versi Windows yang lain, kamu bisa coba-coba sendiri untuk tahu berhasil atau enggaknya cara-cara ini.

1. Mengubah file JPG ke PDF secara online

Cara ini adalah yang paling gampang dan efektif untuk kamu coba karena kamu nggak perlu pakai aplikasi apapun. Ada banyak banget situs web yang bisa kamu pakai untuk convert file JPG ke PDF. Yang paling populer adalah iLovePDF dan Smallpdf. Ini dia cara merubah JPG ke PDF via online:

  • Buka situs web Smallpdf di smallpdf.com di Chrome, Firefox, atau aplikasi web browser bawaan laptop atau komputer kamu.
  • Setelah situs web terbuka, kamu bisa lihat banyak pilihan converter dari file PDF dan menjadi file PDF. Pilih tool converter JPG to PDF.

Setelah situs web terbuka, kamu bisa lihat banyak pilihan converter dari file PDF dan menjadi file PDF. Pilih tool converter JPG to PDF.

  • Buka File Explorer di PC kamu, cari file JPG yang mau kamu jadikan PDF. Kalau udah ketemu kamu bisa drag file JPG itu dan drop di bagian ‘Taruh gambar di sini’.

Buka File Explorer di PC kamu, cari file JPG yang mau kamu jadikan PDF. Kalau udah ketemu kamu bisa drag file JPG itu dan drop di bagian

  • Selanjutnya, kamu bisa mengatur ukuran kertas PDF, orientasi kertas (landscape atau portrait), dan ukuran marginnya.
  • Selesai mengatur kertas, tinggal klik aja tombol yang bertuliskan Buat PDF Anda Sekarang.
  • Tunggu sampai proses converting dari JPG ke PDF selesai.
  • Kalau udah selesai kamu klik aja tombol Unduh File untuk menyimpan hasil konversi ke PC kamu. Atau kamu bisa langsung kirim ke email, upload file PDF ke Google Drive, atau upload hasil konversi ke Dropbox.

Nggak cuma mengubah foto jadi file PDF aja, situs web ini juga nyediain piihan buat kamu yang butuh menggabungkan beberapa file PDF jadi satu. Jadi kamu bisa ngirim semua data yang dibutuhkan hanya dalam satu file PDF aja.

2. Mengubah JPG jadi PDF secara offline

Tenang, cara merubah JPG ke PDF ini juga nggak butuh aplikasi tambahan kok meskipun secara offline. Sekali lagi, cara ini udah dicoba di PC Windows 10 dengan bantuan aplikasi Photos bawaan Microsoft Windows 10.

  • Pertama, buka File Explorer dan cari foto yang mau kamu ubah jadi dokumen PDF.
  • Kalau udah ketemu fotonya, pilih foto itu terus klik kanan. Pilih Buka dengan atau Open with. Terus pilih aplikasi Photosbawaan Windows 10.
  • Kalau aplikasi Photos udah terbuka, tinggal klik aja pilihan Print yang diwakili logo printer di sebelah kanan atas jendela Photos.
  • Di sebelah kiri akan muncul menu drop down yang isinya printer yang tersambung dan pilihan lainnya. Kamu klik aja menu dropdownnya terus pilih Microsoft Print to PDF.
  • Kamu juga bisa atur settingan lain, misalnya ukuran kertas PDFnya, ukuran fotonya, dan juga margin halamannya.
  • Kalau udah selesai diatur, klik tombol Print yang ada di sebelah kiri bawah jendela Photos.
  • Isi nama file sesuai dengan keinginanmu, dan pastiin bagian ‘Save as type’-nya udah bener, yaitu PDF Document (*.pdf).

Isi nama file sesuai dengan keinginanmu, dan pastiin bagian Save as type

  • Langsung klik Save dan file foto kamu akan langsung tersimpan sebagai dokumen PDF.

Gimana, gampang banget dan nggak butuh kuota internet sedikitpun untuk konversi foto jadi dokumen PDF. Tapi pastiin Windows kamu udah di update jadi Windows 10 ya demi kelancaran konversi foto.

3. Cara merubah JPG ke PDF menggunakan Microsoft Word

Kalau laptop kamu kurang memenuhi syarat untuk diupgrade ke Windows 10, kamu bisa pakai cara yang ketiga ini. Cara ini sama gampangnya dengan cara yang kedua. Bedanya adalah bisa diterapkan di semua versi Windows, nggak cuma di Windows 10 aja.

  • Buka aplikasi Microsoft Word di PC kamu dan buat file atau dokumen baru.
  • Buka File Explorer dan cari foto yang mau diubah ke PDF. Drag and drop foto itu ke app Microsoft Word. Kamu juga bisa masukin foto dengan cara klik tab Insert di app Microsoft Word terus pilih Pictures dan pilih foto yang mau dikonversi.

Buka File Explorer dan cari foto yang mau diubah ke PDF. Drag and drop foto itu ke app Microsoft Word.

  • Setelah file foto terbuka di Microsoft Word, kamu atur aja ukuran dan settingan foto sesuai keinginan.
  • Selesai mengatur foto, klik pilihan File di sebelah kiri atas jendela Microsoft Word. Klik pilihan Save as di menu File.

Selesai mengatur foto, klik pilihan File di sebelah kiri atas jendela Microsoft Word. Klik pilihan Save as di menu File.

  • Tentukan folder untuk menyimpan file PDF barumu. Isikan nama file di bagian File name. Langkah paling penting adalah mengklik menu drop down di samping bagian Save as type. Klik pada pilihan PDF.
  • Klik tombol Save dan file fotomu akan otomatis tersimpan dalam bentuk PDF.

Segampang itu mengubah file foto jadi PDF tanpa menggunakan aplikasi tambahan atau kuota internet.

Cara Meruba JPG jadi PDF di smartphone (Android, iPhone)

Gimana kalau file foto yang mau kamu ubah ada di smartphone sedangkan kamu lagi nggak ada akses ke laptop atau PC? Kamu bisa kok mengubah foto itu langsung jadi PDF tanpa harus memindahkannya ke PC atau nge-root smartphonemu dulu. Ikuti aja langkah-langkah di bawah ini.

4. Mengubah File JPG ke PDF menggunakan Aplikasi JPG to PDF Converter

  • Download dulu aplikasi buatan Weeny Software yang bernama JPG to PDF Converter. Pasang appnya di smartphone yang ada file fotonya.
  • Kalau udah terinstal, jalankan aplikasi JPG to PDF Converter lalu klik pilihan Files untuk membuka file foto yang mau kamu ubah.

Kalau udah terinstal, jalankan aplikasi JPG to PDF Converter lalu klik pilihan Files untuk membuka file foto yang mau kamu ubah

  • Tandai foto-foto yang mau kamu convert, lalu klik tombol bertuliskan Done yang ada di sebelah kanan atas layar smartphonemu.
  • Kamu bisa atur orientasi landscape atau portrait dan halaman PDF yang nantinya akan berisi foto-foto itu. Ada juga fitur Image Compression yang bisa kamu pakai untuk memperkecil ukuran foto dan fitur Password Protection untuk melengkapi dokumen PDF dengan password.
  • Tap tombol di bagian bawah Convert to PDF untuk memulai proses konversi otomatis. Kalau proses konversi udah selesai, file PDF yang baru akan langsung tersimpan di memori internal.

Tap tombol di bagian bawah Convert to PDF untuk memulai proses konversi otomatis.

Cara merubah JPG ke PDF lain yang bisa kamu coba di smartphone tanpa install aplikasi adalah dengan menggunakan iLovePDF atau Smallpdf. Kamu nggak perlu download aplikasi apapun, cukup siapin kuota internet untuk mengkonversi foto ke PDF secara online.