Cara Menutup Kartu Kredit BRI

Cara menutup kartu kredit BRI sangat mudah, setidaknya ada 2 cara yang bisa digunakan untuk menutup kartu kredit tersebut. Cara pertama adalah dengan datang langsung ke kantor cabang pembantu (KCP) terdekat atau dengan menggunakan layanan Call BRI. Kamu bisa pilih cara mana yang akan kamu gunakan.

Kartu kredit BRI ini banyak digunakan oleh orang yang memang memiliki kebutuhan atau gaya hidup tinggi dengan budget yang minimal. Mereka bisa gunakan kartu kredit untuk bisa mendapatkan semua yang mereka butuhkan dengan cara yang lebih mudah (kredit). Hanya saja, dalam beberapa alasan banyak orang yang ingin menutup dan berhenti menggunakan kartu kredit BRI ini.

Nah kamu juga mungkin mengalami hal yang sama hingga akhirnya kamu ingin menutup dan berhenti menggunakan layanan kartu kredit BRI ini. Jika kamu belum tahu prosedur penutupan kartu kredit dari BRI, berikut ini saya jelaskan tahapan-tahapannya.

Cara Menutup Kartu Kredit BRI di KCP (Kantor Cabang Pembantu)

Cara Menutup Kartu Kredit BRI

Cara menutup kartu kredit BRI ini merupakan pilihan paling mudah dan paling direkomendasikan. Kenapa? Karena kamu bisa langsung menutup kartu kredit BRI kamu secara langsung tanpa ini dan itu. Kamu bisa langsung terputus hubungan kamu dengan kartu kredit BRI hai itu juga tanpa menunda waktu verifikasi dan lain sebagainya.

Kamu juga bisa tahu informasi tambahan mengenai proses penutupan kartu kredit dan hal-hal lain terkait produk bank BRI dari pihak customer services mereka. Jika kamu ingin tutup kartu kredit BRI kamu di kantor cabang pembantu (KCP) BRI, berikut adalah langkah-langkah penutupannya:

1. Kunjungi kantor cabang BRI

Tahap pertama, kamu harus datang dulu ke kantor cabang BRI terdekat di kota kamu. Jangan lupa untuk membawa buku tabungan dan kartu kredit BRI yang akan kamu tutup serta persyaratan lainnya yang dibutuhkan, seperti:

  • Kartu kredit BRI
  • Buku tabungan BRI
  • Kartu tanda pengenal KTP/SIM/Paspor
  • Sejumlah uang (biaya tagihan kartu kredit BRI)

Pastikan semua ini kamu bawa ke kantor cabang BRI yang akan kamu gunakan untuk mengurus penutupan kartu kredit. Jangan sampai ada yang lupa dan ketinggalan.

2. Ambil Antrean ke CS

Setelah sampai di kantor cabang BRI, silahkan kamu ambil antrean menuju CS jangan ke teller. CS ini akan bantu proses penutupan kartu kredit BRI dengan baik hingga selesai. Ambil nomor antrean di depan pintu masuk atau kamu bisa minta ke satpam yang ada di KCP BRI.

3. CS Memproses Penutupan Kartu Kredit

Setelah nunggu antrean, kamu akan dipanggil ke CS. Nah pada proses ini kamu bisa langsung sampaikan maksud dan tujuan kamu untuk menutup kartu kredit BRI kamu. CS akan proses pemintaan kamu sesuai dengan prosedur penutupan kartu kredit.

  • Sampaikan maksud dan tujuan kamu
  • Serahkan kartu kredit, buku tabungan dan data diri kamu ke CS
  • Kemudian sampaikan alasan kamu kenapa ingin menutup kartu kredit BRI. Gunakan alasan yang logis
  • CS biasanya akan menawarkan produk atau layanan lain yang bisa kamu pertimbangkan. Tapi saran saya, hiraukan saja penawarannya
  • CS akan proses permintaan kamu. Tunggu beberapa saat.

Baca juga: Cara Aktivasi mToken BRI

4. Bayarkan Semua Tagihan

Sebelum admin atau CS memproses lebih lanjut penutupan kartu kredit kamu, terlebih dahulu ia akan cek sisa tagihan yang belum terbayarkan. Nah, jika masih ada sisa tagihan yang belum dibayarkan, silahkan kamu bayarkan terlebih dahulu.

Karena kartu kredit BRI kamu akan bisa ditutup jika kamu sudah membayar semua kewajiban kamu termasuk membayar sisa tagihannya. Jika kamu tidak membayarkannya, maka kamu tidak akan pernah bisa melakukan penutupan kartu kredit BRI kamu tersebut.

5. Isi Formulir Penutupan Kartu Kredit

Proses cara menutup kartu kredit BRI selanjutnya, kamu harus mengisi formulir penutupan kartu kredit. Admin atau CS akan berikan formulir permintaan penutupan kartu kredit BRI untuk kamu isi dan kamu lengkapi dengan baik dan benar.

Silahkan kamu isi formulir tersebut dengan lengkap menggunakan data diri kamu yang benar sesuai dengan data diri kamu yang digunakan ketika kamu daftar membuat kartu kredit BRI. Jangan sampai ada yang salah ketika proses pengisiannya.

6. Terima Bukti Penutupan Kartu Kredit BRI

Customer Services (CS) akan proses penutupan kartu kredit kamu sesuai dengan permintaan. Prosesnya tidak akan lama hanya 5-10 menit saja selagi jaringan lancar dan tidak ada gangguan. Setelah proses penutupan Kartu Kredit BRI selesai do proses, CS akan berikan bukti penutupan kartu Kartu Kredit BRI kamu.

Simpan baik-baik bukti penutupan Kartu Kredit BRI tersebut dikhawatirkan kamu akan membutuhkannya suat saat sebagai bukti yang syah atas penutupan Kartu Kredit BRI kamu melalui kantor cabang BRI.

Cara Menutup Kartu Kredit BRI Via Call Center BRI

Selain dapat dilakukan melalui kantor cabang BRI, proses penutupan Kartu Kredit BRI juga dapat dilakukan melalui call center BRI. Cara ini cocok sekali digunakan oleh kamu yang tidak memiliki waktu banyak untuk mengurus penutupan Kartu Kredit BRI melalui kantor cabang.

Proses ini juga terbilang mudah, hanya saja kamu harus memiliki pulsa yang cukup untuk melakukan panggilan ke call center BRI. Jika kamu ingin menutup kartu kredit BRI melalui call center BRI, silahkan ikuti langkah seperti berikut:

  • Silahkan telepon call center BRI di 14017 atau 1500017
  • Call center akan memberikan pilihan bahasa yang akan kamu gunakan. pilih bahasa Indonesia agar lebih mudah dipahami
  • Call center akan memberikan pilihan yang tersedia. Silahkan kamu pilih layanan untuk berbicara dengan layanan care Office BRI
  • Kamu akan terhubung dengan customer care BRI. Silahkan kamu sampaikan tentang keinginan kamu untuk menutup kartu kredit BRI kamu
  • Petugas call center BRI akan melakukan verifikasi beberapa data seperti: Nama lengkap, jenis kartu kredit, nomor kartu kredit, limit kartu kredit, tanggal lahir kamu, dan ibu kandung yang tertera di tabungan BRi kamu
  • Petugas akan melakukan pengecekan dan kesesuaian data kamu. Jika ada tagihan yang belum dibayarkan, silahkan kamu bayarkan terlebih dahulu. Petugas tidak akan dapat melakukan penutupan kartu kredit BRI kamu sebelum kamu melunasi biaya tagihannya
  • Setelah kamu konfirmasi pembayaran semua tagihannya, maka admin akan melakukan penutupan kartu kredit BRI kamu
  • Proses penutupan kartu kredit BRI sampai seleasi, melalui call center BRI membutuhkan waktu hingga 20 hari kerja
  • Nasabah akan diberikan bukti penutupan kartu kredit. Silahkan simpan bukti penutupan tersebut untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca juga: Cara Bayara BPJS lewat ATM BRI

FAQ:

  • Apa syarat Menutup Kartu Kredit BRI?

Syarat penutupan kartu kredit BRI adalah harus melunasi semua biaya tagihan dan denda jika terlambat bayar. Syarat administrasinya berupa kartu kredit, buku tabungan dan KTP.

  • Apakah penutupan kartu kredit BRI ada biayanya?

Penutupan kartu kredit BRI dapat dilakukan secara gratis. Kecuali jika ada tagihan yang belum dibayar, maka harus dilunasi terlebih dahulu.

  • Bagaimana jika menutup kartu kredit tanpa membayar tagihan?

Kartu kredit tidak akan bisa ditutup selama masih ada tagihan yang belum dibayarkan.