Cara Mengatasi Black Screen Windows 10

Cara Mengatasi Black Screen Windows 10 – Black screen merupakan salah satu masalah yang biasa terjadi pada sistem operasi Windows, termasuk juga dengan Windows 10. Baik itu black screen yang masih menampilkan bar menu, hanya cursor mouse saja, hingga layar yang hanya berupa tampilan warna hitam saja.

Mungkin bagi orang awan ini masalah serius yang harus langsung dibawa ke tukang servis. Namun jangan terburu-buru dahulu, Anda bisa mencoba beberapa cara mengatasi black screen pada Windows 10 yang akan dijelaskan di bawah ini.

Cara Mengatasi Black Screen di Windows 10

Permasalahan berupa black screen di Windows 10 ini tentu saja bukan karena tanpa alasan. Banyak hal yang bisa menyebabkan black screen. Pastinya Anda perlu mengatasi masalah ini sesuai dengan penyebabnya. Untuk itu, langsung saja simak penjelasan yang akan dijelaskan sebagai berikut ini.

1. Merestart Graphic Driver

Hal paling umum yang biasa membuat layar di Windows 10 menjadi black screen secara mendadak, adalah ketika selesai dan menutup game atau aplikasi lain dalam mode full screen. Ini bisa terjadi karena koneksi dengan display tiba-tiba terputus atau bisa juga refresh rate monitor yang mengalami bug.

Nah, untuk mengatasi masalah tersebut, Anda bisa merestart graphic driver dengan menggunakan tombol shortcut. Dengan tujuan supaya Windows dapat mendeteksi ulang dan koneksi ke display bisa disambungkan kembali.

  • Pertama, tekan kombinasi tombol shortcut Win key + Ctrl + B.

Pertama, tekan kombinasi tombol shortcut Win key Ctrl B.

  • Setelah itu, Anda hanya perlu menunggu selama beberapa saat tanpa menekan tombol apapun.
  • Jika cara ini berhasil, maka layar akan tampil kembali seperti keadaan normal.

2. Melepas Device yang Tidak Diperlukan

 

Terlalu banyak device yang aktif pada Windows 10 juga bisa membuat memori perangkat menjadi cepat penuh, dan kinerjanya akan semakin berat. Jika hal ini terjadi, maka salah satu dampak yang dihasilkan adalah tampilan layar menjadi hitam total.

Untuk mengatasi masalah tersebut, sebenarnya tidak terlalu susah. Anda bisa mencoba untuk melepas semua device yang sekiranya sudah tidak diperlukan lagi. Contohnya saja seperti printer, kamera, bluetooth, dan berbagai device yang menggunakan port USB.

3. Mengganti Display Project

Pemilihan display project yang tidak tertuju pada layar utama juga bisa membuat layar Windows 10 menjadi black screen. Biasanya ini terjadi setelah Anda menghubungkan laptop pada monitor eksternal atau proyektor.

Cara mengatasi black screen karena masalah ini adalah dengan mengembalikan tampilan Windows ke layar utama. Anda juga hanya bisa mengandalkan tombol shortcut, karena cursor mouse tidak bisa digerakkan.

  • Untuk melakukannya, Anda bisa menggunakan tombol shortcut Win + P agar pilihan display projection muncul.

Untuk melakukannya, Anda bisa menggunakan tombol shortcut Win P agar pilihan display projection muncul.

  • Kemudian gunakan tombol P untuk mengganti display projection.
  • Tekan tombol P sampai pada pilihan PC screen only.
  • Nantinya tampilan Windows akan kembali muncul.

4. Install Ulang Graphic Driver

Penyebab black screen pada Windows 10 yang berikutnya adalah karena graphic driver yang bermasalah. Apabila masalah ini terjadi pada PC atau laptop Anda, maka cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan menginstall ulang driver grafis melalui Safe Mode.

  • Langkah pertama, silahkan tekan kombinasi tombol Windows + X, lalu pilih opsi Device Manager.
  • Kemudian klik menu Device Adapter, dan klik kanan pada opsi driver.
  • Lanjut dengan mengklik tombol Uninstall.

Lanjut dengan mengklik tombol Uninstall.

  • Terakhir, restart PC atau laptop Anda dan secara otomatis Windows 10 akan menginstall ulang graphic driver yang digunakan ketika terhubung dengan internet.

5. Uninstall Update Windows

Jika black screen terjadi setelah Anda melakukan update pada Windows 10, maka “back roll” perlu dilakukan untuk menghapus update yang saat ini digunakan. Langsung saja, berikut ini cara menghapus update pada Windows 10.

  • Pertama, silahkan masuk ke dalam Control Panel dan pilih menu Program and Features.
  • Klik menu View Installed Update dan pilih update yang terbaru.

Klik menu View Installed Update dan pilih update yang terbaru.

  • Terakhir, klik tombol Uninstall dan restart PC atau laptop.

Bagi ada yang menggunakan dedicated VGA, biasanya perlu menginstall driver secara manual. Nah, Anda bisa melakukannya dengan menggunakan VCD driver yang biasa diberikan ketika VGA tersebut dibeli. Jika tidak ada, Anda bisa mendownload driver di website vendor secara terpisah.

6. Clean Boot Secara Manual

Istilah Clean Boot digunakan untuk proses booting dengan menggunakan services yang sangat minim atau clean state. Tujuan dari Clean Boot ini adalah mencari tahu penyebab dari masalah yang terjadi. Nah, Anda bisa menggunakannya untuk mengatasi black screen di Windows 10 dengan cara berikut.

  • Pertama tekan kombinasi tombol Win + R untuk membuat jendela Run.
  • Lalu ketik kata kunci msconfig dan klik OK.
  • Jika sudah masuk ke dalam jendela System Configuration, pilih tab Services.
  • Kemudian centang untuk opsi Hide all Microsoft Services, pilih Disable all, dan klik OK.

Kemudian centang untuk opsi Hide all Microsoft Services, pilih Disable all, dan klik OK.

  • Langkah berikutnya buka Task Manager, klik pada tab Startup, dan disable semua startup program yang ada di dalamnya.
  • Selanjutnya restart PC atau laptop Anda ke mode normal.
  • Nantinya PC atau laptop akan masuk ke dalam mode clean boot secara otomatis.
  • Jika sudah, hidupkan kembali salah satu services yang tadi Anda disable dan restart PC atau laptop lagi.
  • Cek apakah masalah black screen sudah hilang atau belum.
  • Jika belum, matikan service lain dan restart lagi.
  • Ulangi hal-hal tersebut hingga masalah bisa diatasi.

7. Mengganti Backlight yang Mati

Mengganti Backlight yang Mati

Terjadinya black screen pada Windows 10 ternyata juga bisa dikarenakan oleh faktor eksternal. Salah satu hal yang sangat berpengaruh adalah backlight. Jadi jika lampu backlight mati, tentu saja layar PC atau laptop Anda akan bermasalah.

Jika Anda berani dan mampu mengganti backlight sendiri, maka langsung saja lakukan. Tapi jika tidak yakin, maka sangat disarankan untuk membawa ke tempat service untuk meminimalisir resiko terjadinya masalah tambahan.

8. Ganti Dengan Monitor Lain

Ganti Dengan Monitor Lain

Mungkin cara mengatasi black screen ini hanya bisa dilakukan oleh para pengguna PC saja. Pasalnya Anda perlu mencoba untuk mengganti monitor yang digunakan, dengan monitor lain yang kesehatannya masih terjamin. Hal ini bisa dilakukan, jika menu bios Windows sama sekali tidak muncul.

Jika masalah ini terjadi pada Windows, maka tampilan menu bios tetap muncul. Namun jika sejak pertama kali PC dihidupkan layar sudah blank warna hitam, maka besar kemungkinan masalah ini terjadi karena monitor yang digunakan rusak.

Ketika monitor sudah coba diganti dan layar masih hitam, maka cobalah untuk mengganti kabel yang menghubungkan PC dengan monitor. Cobalah untuk memindah port-nya, misalnya saat ini menggunakan port HDMI, maka coba gunakan kabel lain yang dapat masuk ke port DVI, VGA, dan laun sebagainya.

Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk mencari tahu apakah masalah layar hitam tersebut berasal dari kabel atau port yang rusak. Banyak kasus black screen terjadi karena adanya masalah pada kabel dan juga port yang digunakan oleh perangkat monitor.

Memang tidak ada hal pasti yang menjadi penyebab dari black screen di Windows 10. Jadinya, Anda perlu menyesuaikan cara mengatasi black screen yang digunakan sesuai dengan penyebab dari masalah tersebut. Terimakasih sudah bersama toraccino.id dan tunggu artikel selanjutnya yah.