Cara Membuat Email

Email merupakan salah satu akun yang sekarang memiliki banyak fungsi, terutama sebagai rujukan kontak dalam bisnis. Karena email sangat penting dan adanya kemungkinan akan lebih penting di masa mendatang, kamu perlu mengetahui cara membuat email.

Pengetahuan itu akan sangat berguna karena kamu perlu membuat email sebagai akun yang wajib dimiliki. Tak usah bingung, berikut beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk membuat email di berbagai platform.

Cara Membuat Email Gratis, Mudah, dan Cepat

Ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan dalam bikin email gratis di beberapa layanan melalui hp atau laptop. Oke langsung saja simak ulasan berikut ini cara membuat email dengan mudah dan juga cepat tanpa kode verifikasi dan dengan verifikasi.

1. Melalui HP Android

Sekarang rata-rata HP Android mengharuskan penggunanya mempunyai email agar perangkat bisa digunakan. Pembuatan email di HP Android ini mengharuskan kamu sudah memiliki email sebelumnya dengan domain sendiri, terutama bagi para pemilik email bisnis.

Jika sudah memiliki email tersebut, berikut langkah-langkah yang bisa kamu lakukan.

  • Buka perangkatmu, masuk ke menu Settings lalu pilih Add Account.
  • Klik opsi Other yang ada di bagian paling bawah.
  • Ketikkan alamat email yang sudah kamu buat sebelumnya.
  • Pilih salah satu incoming server yang mau kamu gunakan, pilih POP3 atau IMAP.
  • Masukkan kata sandi atau password email.
  • Kamu akan dibawa ke tampilan Incoming server settings, cek kembali poin-poinnya, seperti:

Kamu akan dibawa ke tampilan Incoming server settings

  • Ussername, ini berisi alamat emailmu
  • Password, berisi kata sandi akun
  • Server, biasanya berisi (nama domainmu).com atau mail.(nama domainmu).com.
  • Port, bagian ini disesuaikan dengan layanan hosting yang kamu gunakan. Jika kamu menggunakan port default POP3 maka menjadi 110 tanpa SSL atau 995 dengan SSL.

Namun jika kamu memilih port IMAP, maka akan menjadi 143 tanpa SSL atau 993 dengan SSL.

  • Jika seluruh kolom sudah terisi, klik Next.
  • Di halaman Outgoing server settings, masukkan data yang sama dengan tampilan sebelumnya, namun untuk Port, masukkan 587 dan untuk Security type pilih SSL / TLS (Accept all certificates).

Di halaman Outgoing server settings, masukkan data yang sama

  • Klik tombol Next untuk memproses pembuatan email.
  • Pembuatan email selesai.

2. Membuat Akun Gmail

Untuk membuat akun email melalui Gmail, berikut langkah-langkah yang bisa kamu lakukan.

  • Masuk ke website Gmail melalui gmail.com.
  • Klik tombol Buat akun yang ada di sebelah pojok kanan atas.
  • Isilah data-data yang diminta, seperti Nama Depan, Nama Belakang, dan Nama Pengguna. Untuk nama pengguna, kamu bisa menggunakan kombinasi huruf, angka, underscore, dan titik.

Isilah data-data yang diminta, seperti Nama Depan, Nama Belakang, dan Nama Pengguna. Untuk nama pengguna, kamu

  • Masukkan Sandi dan lakukan Konfirmasi dengan memasukkan ulang kata sandi.
  • Klik tombol Berikutnya.
  • Masukkan nomor telepon kamu yang masih aktif untuk menerima kode verifikasi.

Masukkan nomor telepon kamu yang masih aktif untuk menerima kode verifikasi.

  • Klik tombol Berikutnya.
  • Lakukan verifikasi dengan kode yang sudah dikirimkan ke nomor teleponmu.
  • Isi data lanjutan berupa tanggal, bulan, serta tahun lahir kamu.
  • Pilih jenis kelaminmu lalu klik tombol Berikutnya.
  • Kamu akan dibawa ke halaman Privasi dan Persyaratan, gulir ke bawah lalu centang kotak Saya Setuju.
  • Akun emailmu sudah siap digunakan.

3. Membuat Email Perusahaan Gratis dengan Zoho

Zoho Mail merupakan platform yang cocok kamu gunakan untuk membuat email perusahaan atau organisasi tempatmu bekerja. Di website ini kamu bisa membuat email dengan domain nama perusahaanmu sendiri. Meskipun begitu, membuat email di sini gratis tanpa membayar sepeser pun.

Langsung saja, berikut cara membuat akun email di Zoho Mail.

  • Masuk ke website Zoho terlebih dahulu.
  • Pilih opsi Free Plan lalu klik tombol Get Started.

Pilih opsi Free Plan lalu klik tombol Get Started.

  • Masukkan domain yang ingin kamu gunakan, bisa juga memakai domain website.
  • Klik tombol Add.

Klik tombol Add.

  • Lengkapi informasi yang diminta dalam kolom-kolom, seperti nama, nomor telepon, akun administrator, dan konfirmasi nomor telepon.
  • Masukkan sandi di kolom Password dan tulis ulang sandi di kolom Re-enter Password.
  • Pilih negaramu, dalam hal ini Indonesia.
  • Klik kotak I agree to the Terms of Service and Privacy Policy, lalu klik Proceed.

Klik kotak I agree to the Terms of Service and Privacy Policy, lalu klik Proceed.

4. Membuat Email Yahoo!

Tak hanya Gmail, Ymail juga memiliki pengguna yang tidak bisa dibilang sedikit. Jika kamu ingin membuat email di Yahoo Mail, berikut langkah-langkah yang bisa kamu ikuti.

  • Buka web Yahoo Mail terlebih dahulu di browser kamu, atau gunakan aplikasi jika sudah menginstallnya.
  • Klik tombol Buat Akun atau Daftar.
  • Isi data-data yang diminta pada formulir pendaftaran, seperti nama depan, nama belakang, alamat email yang ingin dibuat, kata sandi, nomor ponsel, dan lain sebagainya.

Isi data-data yang diminta pada formulir pendaftaran, seperti nama depan, nama belakang,

  • Jika semua sudah terisi, klik Lanjutkan.
  • Klik Kirimi saya kode verifikasi via SMS pada laman yang muncul selanjutnya.
  • Setelah kode verifikasi dikirimkan ke nomor yang kamu masukkan, salin kode yang tertera di SMS.
  • Paste kode yang sudah disalin ke kolom verifikasi, lalu klik Verifikasi.
  • Proses pembuatan email Yahoo sudah selesai.

5. Memakai CPanel

Jika kamu hendak memubuat email dengan domain sendiri, maka cPanel adalah tempat yang tepat digunakan. Karena menggunakan domain sendiri, pastinya kamu harus membeli layanan hosting terlebih dahulu.

Jika sudah, kamu bisa langsung membuat email di cPanel dengan langkah-langkah berikut ini.

  • Buka cPanel kamu dengan memasukkan alamat https://namadomain/cpanel, masuk ke akun cPanel sesuai email yang dikirim pihak layanan hosting.
  • Masukkan “Email Accounts” di kolom pencarian, lalu pilih Email Accounts.
  • Untuk memulai pembuatan email, klik tombol Create yang ada di bagian kanan berwarna biru.

Untuk memulai pembuatan email, klik tombol Create yang ada di bagian kanan berwarna biru.

  • Pilih nama domain yang sudah tersedia di bagian Domain.
  • Tuliskan email yang ingin kamu buat di bagian Username.
  • Di bagian Security, klik Set password now dan masukkan password email. Masukkan password dengan kombinasi antara huruf kapital, huruf kecil, dan angka.
  • Kolom lain jangan diubah-ubah, biarkan terisi secara default, klik Create.
  • Tunggu proses pembuatan email sebentar dan email sudah bisa digunakan.

6. Membuat Akun Outlook

Outlook merupakan layanan dari Microsoft Corp. yang bisa kamu manfaatkan sebagai email. Ada banyak fitur menarik di layanan Outlook untuk mengirim email berupa pesan dan file. Untuk bisa membuat akun Outlook kamu tak perlu membayar sedikit pun.

Membuat akun Outlook pun tidak sesulit membuat email dengan domain sendiri dan tidak membutuhkan konfirmasi kode verifikasi.

Cara membuat email dengan Outlook adalah sebagai berikut.

  • Masuk ke Outlook terlebih dahulu di outlook.com.
  • Di halaman awal, pilih tombol Create free account.

Di halaman awal, pilih tombol Create free account.

  • Masukkan nama email yang akan kamu gunakan nantinya. Domain email sudah tersedia yakni @outlook.com, klik tombol Next.
  • Buat password atau kata sandi untuk akun emailmu. Gunakan kata sandi yang mudah diingat namun tidak mudah ditebak.
  • Klik Next untuk melanjutkan pembuatan email Outlook.

Klik Next untuk melanjutkan pembuatan email Outlook.

  • Masukkan nama depan dan nama belakang untuk akun Outlook.
  • Setalah selesai, klik Next.
  • Kamu akan diminta menambahkan detail akun seperti negara dan tanggal lahir. Masukkan detail tersebut lalu klik Next.
  • Masukkan kode Captcha di kolom yang tersedia sesuai gambar yang ditampilkan, lalu klik Next.
  • Pembuatan email Outlook sudah selesai dan siap digunakan.

Kamu bisa memilih salah satu cara membuat email yang dianggap mudah. Bagi kamu yang ingin membuat email bisnis, sebaiknya gunakan email dari layanan hosting agar terlihat lebih profesional.