Cara Ganti Password Gmail

Banyak orang yang sudah mempunyai akun gmail, namun tidak sedikit juga yang belum tahu cara ganti password Gmail. Mungkin salah satunya kamu bukan?

Sebenarnya sangat mudah di lakukan, bahkan tidak membutuhkan waktu lama. Tujuannya dari penggantian kata sandi gmail adalah supaya akun Anda tetap aman secara berkala dan terhindari dari tangan jahil yang tidak bertanggung jawab.

Gmail ini merupakan media yang sangat penting untuk selalu terjaga keamanannya, sehingga perlu mengaktifkan verifikasi 2 langkah dan hal lainnya supaya aman.

Namun terkadang pada saat kita memerlukan bantuan atau butuh bantuan orang lain, akun gmail kita disebarluaskan ke beberapa teman atau jasa yang bersangkutan, alhasil merekapun mengetahui kata sandi atau password gmail.

Nah, maka dari itu buat kalian yang belum mengetahui bagaimana cara mengganti password gmail baik itu di hp android dan ios serta perangkat laptop atau pc, bisa menyimak tutorial yang sudah kami sediakan berikut ini.

Cara Ganti Password Gmail

Untuk mengganti kata sandi akun gmail, ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan. Penasaran seperti apa caranya, yuk langsung simak ulasannya dibawah ini.

1. di Komputer

Metode pertama yang saya gunakan untuk mengubah password gmail adalah melalui perangkat komputer. Nah bagi kamu yang belum dengan langkah-langkahnya, silahkan simak panduannya dibawah ini:

  • Pertama, pastikan kamu telah login gmail.
  • Apabila sudah silahkan kamu masuk ke Google Account.
  • Setelah itu, klik opsi Info Pribadi dan pilih Sandi.

Setelah itu, klik opsi Info Pribadi dan pilih Sandi.

  • Nantinya kamu akan disuruh melakukan login ulang.
  • Silahkan kamu masukkan password saat ini. Lalu klik opsi Berikutnya.
  • Setelah itu masukkan password baru yang kamu inginkan. Kamu isikan password baru dan konfirmasikan password baru. Jumlah karakter yang digunakan minimal 8. Kamu bisa mengkombinasikan angka, huruf,  maupun simbol  supaya password aman.

Setelah itu masukkan password baru yang kamu inginkan.

  • Kamu sudah berhasil merubah kata sandi gmail lama menjadi password baru.

2. di HP Android atau iPhone

Cara ganti password gmail selanjutnya adalah dengan menggunakan smartphone Android. Bagi kamu yang belum paham dengan caranya silahkan simak ulasannya dibawah ini.

  • Pertama buka aplikasi gmail di ponsel kamu.
  • Kemudian klik foto profil yang di sebelah pojok kanan atas.
  • Setelah itu pilih Kelola Akun Google kamu.
  • Jika sudah masuk ke halaman akun Google kamu, silahkan klik tab Info Pribadi, lalu pilih opsi Sandi.
  • Nantinya kamu akan disuruh untuk melakukan login ulang.

Nantinya kamu akan disuruh untuk melakukan login ulang.

  • Setelah login, silahkan kamu isi kata Sandi yang mau kamu gunakan, lalu klik ubah Kata Sandi.
  • Dengan panduan diatas kamu sudah berhasil merubah password akun gmail dengan gampang di perangkat Android.

Tips Membuat Password Gmail

Bagi kamu yang memang telah yakin jika kata sandi yang di pakai sudah aman, mungkin tips dibawah ini tidak terlalu berguna. Akan tetapi untuk kamu yang membutuhkan tips membuat kata sandi akun Gmail, maka simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

1. Pakai Password yang Unik

Pakai Password yang Unik

Seperti yang kamu tahu jika pihak Google membebaskan kita untuk membuat password seperti apapun. Maka dari itu, kamu harus memanfaatkan supaya akun Gmail bisa aman dengan cara membuat password yang unik.

Supaya kata sandi yang kamu bikin bisa unik, bisa dengan menggunakan kombinasi antara angka, simbol dan huruf. Dengan demikian, orang lain yang mau usil dan tidak bertanggung jawab akan mengalami kesulitan untuk bisa melihat kata sandi akun Gmail kamu.

2. Pakai Password Random

Pakai Password Random

Biasanya kata sandi random jauh lebih aman bila dibandingkan dengan password biasa yang dapat dibaca. Ini karena kata sandi random sangat sulit untuk dibaca. Untuk membuat kata sandi random, kamu bisa menggunakan layanan yang disediakan oleh internet.

Kamu bisa mengetik kata sandi generator di Google dan pilih opsi yang paling atas. Kamu bisa memilih sendiri berapa jumlah karakter yang akan dipakai dan dapat melakukan generate kata sandi berkali-kali hingga menemukan password yang sesuai dengan kemauan kamu.

Penting untuk kamu yang memakai password ini harus menulis ulang di di perangkat ponsel atau di catatan. Pasalnya kalau sampai kamu lupa kamu akan kesusahan login gmail, hingga pada akhirnya akan berganti kata sandi lagi.

3. Hindari Penggunaan Tanggal

Hindari Penggunaan Tanggal

Kebanyakan orang kalau mau membuat password yang mudah diingat, termasuk kamu bukan? Bahkan dari kita yang sering menggunakan tanggal lahir pada kata sandi.

Percaya atau enggak, seseorang yang mau iseng akan menghack akun Gmail, sebagian besar memakai tanggal lahir sebagai password untuk percobaan pertama.

Maka dari itu, sebaiknya kamu menghindari pemakaian tanggal lahir untuk password akun Gmail. Silahkan kamu gunakan password yang keamanan benar-benar tinggi.

Cara Mengganti Password Gmail yang Lupa

Tidak sedikit dari kita yang terpaksa membuat akun Gmail baru gara-gara lupa kata sandi. Padahal kamu tidak perlu melakukan hal itu, pasalnya ada cara untuk mengatasinya.

Penasaran seperti apa? Berikut dibawah ini adalah panduan cara ganti password Gmail yang lupa di smartphone.

  • Pertama buka akun Gmail di aplikasi smartphone kamu.
  • Kemudian tap ikon profile dan pilih opsi Manage Your Google Account.

Kemudian tap ikon profile dan pilih opsi Manage Your Google Account.

  • Setelah itu buka menu Personal Info dan pilih opsi Password.
  • Pada tahap selanjutnya kamu pilih opsi Lupa Kata Sandi?
  • Pada halaman pemulihan ini, kamu benar-benar tidak ingat kata sandi lama akun Gmail. Kamu bisa mengatasinya dengan memilih Coba cara lain.
  • Nantinya akan muncul opsi pemulihan seperti verifikasi HP, kunci layar, kirim kode verifikasi melalui email dan kirimkan kode verifikasi melalui telepon atau SMS.
  • Di sini saya memakai opsi pemulihan akun dengan cara kirimkan kode verifikasi melalui SMS.
  • Setelah itu kamu akan memperoleh SMS yang berisi kode verifikasi Google.
  • Silahkan kamu copy kode verifikasi tersebut pada kolom yang disediakan. Kemudian tap tombol Berikutnya.
  • Kemudian masukkan password baru sebanyak 2 kali. Lalu tap tombol Simpan Password, supaya proses mengganti kata sandi Gmail yang lupa berhasil.

Kemudian masukkan password baru sebanyak 2 kali. Lalu tap tombol Simpan Password, supaya proses mengganti kata sandi Gmail yang lupa berhasil.

Mengubah Password Akun Google Secara Berkala

Berikut beberapa keuntungan mengganti kata sandi akun Gmail secara berkala:

1. Keamanan Tinggi

Keamanan Tinggi

Keuntungan pertama yang bisa kamu dapatkan apabila mengganti akun Gmail secara berkala adalah mendapatkan keamanan yang tinggi. Bahkan kamu bisa memperoleh perlindungan data yang bagu dengan aksi spamming.

2. Satu Login untuk Semua

Satu Login untuk Semua

Apabila kamu telah mempunyai akun Gmail dan sudah login di satu perangkat. Maka secara otomatis bisa langsung login semua dari Youtube, Google Play, Blogger, dan lain sebagainya yang menggunakan akun Gmail, tanpa harus login lagi.

3. Penyimpanan Besar

Penyimpanan Besar

Untuk satu akun saja, Gmail akan memberikan space kuota yang sangat besar sekitar 2828 MB. Sehingga kamu tidak perlu susah payah untuk menghapus email yang masuk. Yang terpenting kuota ini bisa kamu pakai secara gratis.

4. Fitur Lengkap

Fitur Lengkap

Tidak hanya menyediakan software pada pihak ketiga, namun juga memberikan fitur lengkap sehingga akan memudahkan kamu dalam mengajak atau memberikan email pada pihak lain.

Bahkan tidak hanya itu saja, namun juga mempunyai berbagai macam fitur yang bisa disesuaikan dengan keperluan kamu seperti layanan hangout, pesan berbintang dan lain sebagainya.

5. Tanpa Iklan

Tanpa Iklan

Salah satu kekurangan akun pengirim surat elektronik adalah banyaknya iklan yang sangat mengganggu. Namun jika kamu menggunakan akun Gmail maka tidak akan menjumpai iklan muncul. Sehingga membuat kamu nyaman dan pastinya akun beserta data di dalamnya juga lebih aman.

Cara ganti password Gmail baik di perangkat komputer atau smartphone Android sangat mudah dilakukan bukan? Silahkan kamu pilih perangkat mana yang tidak ribet. Dan terimakasih sudah bersama kami toraccino.id, semoga bermanfaat.