Cara Download Scribd

Buat kamu yang tidak tahu cara download Scribd di hp atau pc bisa menyimak artikel toraccino hingga selesai, karena disini kamia akan memberikan panduan lengkap mengenai bagaimana cara download file di scribd, biaya langganan dan lain sebagainya.

Bagi pelajar ataupun mahasiswa, mungkin sudah tidak asing dengan Scribd. Pada dasarnya, layanan ini tersedia dalam bentuk website maupun aplikasi. Jadi, kamu bisa mengunduh berbagai jenis file untuk tujuan akademis. Namun, belum semua penggunaya tahu cara download Scribd.

Pada dasarnya, pengguna Scribd sendiri sudah mencapai 50 juta orang. Namun, tidak semua orang yang mengunjungi situs tersebut memahami cara mendownload karya tulis di dalamnya. Padahal, hal ini penting dilakukan agar kamu bisa mendapatkan berbagai referensi ilmiah yang berkualitas.

Apa Itu Scribd?

Apa Itu Scribd

Sebelum memahami cara download Scribd, sebaiknya kenali platform ini terlebih dahulu. Scribd merupakan website berbagai ebook, dokumen, dan audio book yang dikembangkan oleh Trip Adler, Jared Friedman, dan Tikhon Bernstam pada Maret 2007 lalu.

Kamu perlu mendaftar akun untuk bisa mengirimkan dokumen yang didukung berbagai macam format. Tidka hanya itu, penggunanya juga bisa menyimpan dokumen yang dibutuhkannya dalam bentuk iPaper.

Pengguna akun Scribd sudah mencapai 50 juta lebih dengan lebih dari 50.000 karya tulis yang dimuat setiap harinya. Scribd mendukung format dokumen berupa .doc, .pdf, .xls, .ppt, .txt, dan masih banyak lagi.

Adapun penggunanya perlu membayar biaya berlangganan sebesar $9.99 atau  Rp. 70.000 per bulan. Kamu juga bisa menggunakan versi trial yang tersedia selama 30 hari.

Keunggulan Scribd

Ada bebr

1. Buku Beraneka Ragam

Buku Beraneka Ragam

Tidak sedikit yang menggunakan aplikasi Scribd untuk membaca buku favoritnya. Jadi, kamu tidak hanya bisa mendapatkan karya tulis ilmiah saja. Ada banyak pilihan buku yang tersedia di Scribd.

Misalnya buku fiksi, nonfiksi, pengembangan diri, psikologis, binsis, teknologi, dan lain sebagainya. Khusus pelanggan Scribd, kamu bisa mengakses koleksi buku tersebut secara unlimited.

2. Banyak Koleksi Audio Book

Banyak Koleksi Audio Book

Tidak hanya berbagai jenis buku yang disediakan, kamu juga bisa mengakses audio book lho. Scribd menyediakan lembar musik dari berbagai genre di dunia. Baik musik klasik maupun musik hits, kamu bisa memainkannya dengan leluasa jika sudah berlangganan.

3. Tersedia Artikel Tanpa Batas

Tersedia Artikel Tanpa Batas

Kamu yang sudah berlangganan di Scribd juga bisa mendapatkan akses artikel tanpa batas lho. Terutama dari berbagai majalah kenamaan di seluruh dunia, misalnya People, Bloomberg Business Week, Time, Newyork Magazine, Men’s Health, Enterpreneur, The Atlantic, dan masih banyak lagi.

4. Perpustakaan Digital Terbesar di Dunia

Perpustakaan Digital Terbesar di Dunia

Scribd memang begitu populer, terutama di kalangan akademisi dan bagi yang hobi membaca buku. Bisa dibilang layanan ini merupakan perpustakaan digital terbesar di dunia. Terlebih jika kamu berlangganan di Scribd, maka berbagai akses layanan di dalamnya begitu memuaskan.

Platform ini menyediakan lebih dari 50 juta dokumen, termasuk laporan resmi pemerintah, laporan medis, studi kasus, disertasi akademis, dan masih banyak lagi.

Cara Download Scribd

Setelah mengetahui hal seputar Scribd, mungkin saat ini kamu ingin mendownload satu atau beberapa dokumen di dalamnya. Platfrom ini memang akan sangat membantu untuk mengerjakan tugas, laporan, skripsi, dan masih banyak lagi.

Termasuk bagi kamu yang hobi baca buku, membaca buku dari Scribd merupakan pilihan yang tepat. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendownload file di Scribd lewat hp ataupun pc/laptop.

1. Menggunakan Akun Scribd

Metode ini memungkinkan kamu mendownload langsung dari situs Scribd itu sendiri. Dengan menggunakan akun Scribd, tentu berbagai dokumen bisa dengan mudah didapatkan tanpa bantuan aplikasi ketiga.

Jadi, mau tidak mau kamu harus login terlebih dahulu. Apakah nantinya akan dikenakan biaya berlangganan di Scribd? Seperti yang telah disebutkan di atas, layanan ini menyediakan masa trial selama 30 hari. Jadi, kamu bisa memanfaatkannya untuk mendapatkan berbagai jenis buku.

Metode ini termasuk mudah dan aman dilakukan. Tentunya, dijamin kamu bisa mendapatkan file sebanyak-banyaknya selama masih dalam masa trial.

  • Buka situs Scribd atau aplikasinya yang bisa didapatkan secara gratis di Playstore.

Buka situs Scribd atau aplikasinya yang bisa didapatkan secara gratis di Playstore.

  • Setelah itu, cari file yang ingin didownload. Agar lebih cepat, kamu bisa mencarinya melalui fitur pencarian.
  • Klik tombol Download lalu kamu akan diarahkan untuk login.
  • Pada tahap ini, kamu bisa login menggunakan akun Google maupun media sosial Tidak hanya pengguna Gmail, kamu juga bisa login menggunakan email selain Gmail.
  • Akan ditampilkan halaman berupa tawaran membership.
  • Klik Free trial 30 days atau Percobaan selama 30 hari.

Klik Free trial 30 days atau Percobaan selama 30 hari.

Pada masa trial ini, kamu bisa mengunduh berbagai jenis file di Scribd tanpa dikenakan biaya apapun. Namun, penggunanya juga harus mengupload sebuah file terlebih dahulu. Jadi, platform ini awalnya memang menerapkan sistem barter file.

Disarankan untuk mengupload dokumen berbentuk karya tulis ilmiah. Apabila tidak memulikinya, upload saja surat maupun makalah.

2. Menggunakan Situs Scribddownloader.org

Metode ini populer digunakan bagi mereka yang terbiasa mendownload file dari Scribd. Jadi, kamu akan menggunakan Scribd Downloader yang tersedia di internet. Salah satu situs yang menyediakannya adalah scribddownloader.org.

Cara ini cukup ringkas sehingga banyak disukai. Cara kerjanya adalah kamu bisa mendownload file dokumen Scribd gratis tanpa aplikasi secara langsung dengan menyisipkkan “downloader.org” pada website Scribd. Daripada penasaran, berikut langkah-langkahnya yang bisa diikuti.

  • Langkah pertama, buka situs Scribd terlebih dahulu melalui tautan berikut ini: https://id.scribd.com.
  • Setelah itu, cari dokumen yang ingin diunduh lalu Copy Linknya.
  • Buka tab baru di browser lalu kunjungi website https://scribddownloader.org.
  • Paste link yang sudah dicopy ke kolom yang sudah disediakan.

Paste link yang sudah dicopy ke kolom yang sudah disediakan.

  • Klik pilihan
  • Tunggu sampai proses download selesai dilakukan.
  • Selesai, kini kamu bisa membaca dokumen yang didapatkan dari Scribd secara onliine.

3. Menggunakan DLSCRIB.com

Bagi kamu yang ingin mengunduh dokumen dari Scribd tanpa daftar akun, metode ini bisa menjadi pilihan. Caranya dengan menggunakan website dlscribd.com downloader yang cukup populer bagi mereka yang suka mengunduh file Scribd. Kualitas dari situs downloader ini jadi tidak perlu diragukan.

Pada dasarnya, website yang satu ini sudah dilengkapi dengan server download yang lebih cepat dan bebas virus. Jadi, kamu bisa menggunakannya secara aman dan mudah. Adapun langkah-langkah untuk menggunakannya adalah sebagai berikut.

  • Langkah pertama, buka browser yang sering digunakan contohnya Google Chrome.
  • Masuk ke website Scribd lalu pilih file yang ingin didownload.
  • Setelah ketemu, salin tautan dari dokumen tersebut.
  • Buka tab browser baru lalu buka situs dlscribd.com.
  • Tempelkan tautan yang sudah dicopy sebelumnya pada kolom Document URL.
  • Pada kolom dengan keterangan “By using this tool,…” silahkan klik tombol biru berupa Generate Download Link.

Pada kolom dengan keterangan “By using this tool,...” silahkan klik tombol biru berupa Generate Download Link.

  • Beri centang pada dialog Captcha yang ditampilkan.
  • Proses mengunduh file Scribd akan segera dilakukan, tunggu sampai ukuran file PDF ditampilkan.

4. Menggunakan DocDownloader.com

Situs untuk mendownload file di Scribd berikutnya adalah docdownloader.com. Tampilannya cukup ramah bagi pengguna yang mengakses situs ini. Tidak hanya itu, pada dasarnya situs ini bersifat multifungsi sehingga tidak hanya bisa mendownload file dari Scribd saja.

Melainkan juga dari Academia, ISSUU, dan Slideshare. Jadi, situs ini penting  diketahui pelajar dan mahasiswa agar bisa mendapatkan referensi yang tepat untuk tugas-tugasnya.

  • Buka browser lalu akses situs Scribd.
  • Setelah itu, cari dan pilih dokumen Scribd yang ingin diunduh.
  • Copy alamat URL dari dokumen yang dibutuhkan tersebut.
  • Buka tab baru lalu kunjungi halaman https://www.docdownloader.com.
  • Pastikan kamu sudah berada di opsi Scribd Downloader.
  • Tempel link yang sudah dicopy pada kotak yang disediakan.
  • Pilih Get link dan tekan

Pilih Get link dan tekan

  • Klik centang pada kotak dialog Captcha yang ditampilkan.
  • Langkah berikutnya, Download PDF dan tunggu proses unduhannya sampai selesai.

5. Menggunakan Auto Generate Link

Metode berikutnya untuk mendownload file di Scribd adalah dengan memanfaatkan Auto Generate Link Scribd. Untuk mendapatkannya, kamu bisa klik disini. Pada dasarnya, mesin pencari Google akan mengarahkan kamu ke berbagai auto generate link yang tersedia.

Situs-situs tersebut merupakkan situs generate yang memungkinkan penggunanya mendownload berbagai jenis file dari banyak sumber. Jadi, tidak hanya yang berasal dari Scribd saja, melainkan dari Youtube, SoundCloud, ZippyShare, dan lain sebagainya.

Bagi kamu yang merasa penasaran dengan metode ini, berikut langkah-langkah download file scribd tanpa biaya langganan gratis yang bisa diikuti.

  • Langkah pertama, buka browser lalu kunjungi situs Scribd.
  • Selanjutnya, cari dan pilih dokumen file yang ingin didownload.
  • Copy alamat URL dokumen tersebut.

Copy alamat URL dokumen tersebut.

  • Buka website autogeneratelink untuk Scribd.
  • Tempelkan link yang sudah dicopy pada kolom yang disediakan.
  • Klik Generate lalu tunggu prosesnya hingga selesai.
  • Langkah terakhir, klik

6. Menggunakan Ekstensi Browser

Metode selanjutnya adalah menggunakan ekstensi browser, yaitu grease monkey. Jadi, ekstensi ini bisa digunakan pada browser Mozilla Firefox yang ada di perangkat kamu. Ekstensi ini akan membantu kamu mendapatkan file di Scribd secara gratis dan tanpa mendaftar akun.

Pada dasarnya ekstensi greade monkey sendiri memiliki banyak fungsi. Salah satunya untuk menampilkan dokumen download dan mengubah tampilan sebuah website. Jika ekstensi ini belum tersedia di browser kamu, sebaiknya unduh terlebih dahulu di situs mozilla.org.

Bagi kamu yang belum pernah menggunakan ekstensi ini, berikut langkah-langkah cara download Scribd secara gratis tanpa login yang bisa dilakukan.

  • Buka brower Mozilla Firefox yang ada di komputer atau laptop.
  • Setelah itu, unduh ekstensi grease monkey di halaman
  • Jika halaman berhasil terbuka, klik Opsi Unduh Skrip.
  • Tunggu sampai proses instalasi add-on Grease Monkey berjalan otomatis sampai selesai.

Tunggu sampai proses instalasi add-on Grease Monkey berjalan otomatis sampai selesai.

  • Jika sudah berhasil terpasang,buka website Scribd https//id.scribd.com.
  • Setelah itu, cari dan pilih file yang ingin didownload. Agar lebih mudah menemukannya, gunakan kolom search pada situs tersebut.
  • Jika sudah ketemu, buka dokumennya.
  • Pada file Scribd yang dipilih, akan muncul secara otomatis tombol Download dari ekstensi grease monkey yang sudah diterapkan di browser Mozilla.
  • Selesai, kini file Scribd tersebut bisa kamu buka secara offline.

Jika kamu tidak terbiasa menggunakan Mozilla Firefox, khusus untuk mendownload file Scribd ini kamu bisa menggunakannya. Biasanya browser yang satu ini sudah banyak dimiliki pengguna OS Windows.

FAQ

Apakah File Scrib bisa di Download?

Bisa, karena Scribd adlaah sebuah situs web yang diperuntukan untuk berbagi file atau dokumen dengan format iPaper. Jadi anda bisa mendownload file Scribd lewat hp ataupun pc dengan berbagai cara.

Apakah Scribd itu Berbayar?

Pada dasarnya layanan Scribd ini adalah situs berbayar dan maka dari itu walaupun anda sering melihat beberapa file dokumen di unduh secara gratis maka tetap saja akan bisa di unduh terkecuali anda sudah upgrade akunnya ke versi premium.

Berapa Biaya Langganan Scribd?

Dengan adanya metode berlangganan, pengguna Scribd bisa mengakses semua item yang ada seperti buku-buku, novel, majalah dan lain sebagainya. Jadi jika sudah berlangganan dengan membayar biaya langganan sebesar $9.99 atau  Rp. 70.000 per bulan maka bisa mengakses semua layanan di scribd.

Kesimpulan

Cara download file di Scribd memang bisa dilakukan dengan berbagai cara. Kamu hanya perlu memilih cara yang termudah dan sesuai dengan kondisi saat ini. Pada dasarnya, memilih versi trial akan menjadi pilihan yang tepat karena cara ini bersifat resmi dan aman.

Dengan demikian, kamu bisa mengumpulkan file sebanyak-banyaknya selama masih dalam masa trial. Jika ingin memperpanjang masa berlangganan, kamu bisa melakukannya dengan meneruskannya setelah masa trial.