Cara Bayar Listrik Lewat ATM BCA

Cara bayar listrik lewat ATM BCA – Bagi para pengguna layanan listrik pasca bayar, memiliki kewajiban untuk bayar tagihan listrik sebelum jatuh tempo (per tanggal 20 setiap bulan). Pembayaran tagihan listrik ini sangat mudah. Sekarang, semua bank bisa digunakan untuk membayar tagihan listrik dengan mudah, tidak terkecuali bank BCA.

Masyarakat bisa melakukan pembayaran tagihan mereka melalui bank BCA baik melalui SMS banking, Klik BCA, m_BCA ataupun dengan menggunakan mesin ATM BCA. Prosedurnya sangat mudah, bank BCA sudah menerapkan fitur pembayaran tagihan listrik secara khusus pada setiap layanan perbankan yang mereka gunakan.

Baik di mesin ATM, KlikBCA, m-BCA ataupun produk layanan perbankan BCA akan ada fitur pembayaran tagihan listrik yang bisa kau gunakan untuk bayar tagihannya dengan sangat mudah sekali. Kamu bisa bayar kapan saja dan dari mana saja sesuai dengan keinginan kamu sendiri. Sangat mudah bukan? Lantas bagaimana cara bayar listrik lewat ATM BCA?

Syarat-Syarat Pembayaran Listrik di ATM BCA

Tidak bisa langsung bayar begitu saja, ketika kamu akan melakukan pembayaran tagihan listrik pasca bayar, kamu harus tahu syarat pembayarannya. Karena biasa saja kamu malah tidak bisa melakukan pembayaran tagihan listrik dari ATM BCA karena kamu tidak memenuhi salah satu atau bahkan semua syarat yang  berlaku. Untuk bisa bayar tagihan listrik di mesin ATM BCA, pastikan kamu memenuhi syarat berikut;

  • Memiliki kartu ATM BCA
  • Mengunjungi mesin ATM BCA
  • Membawa ID struk tagihan PLN atau tahu ID pelanggan yang akan dibayarkan tagihan listriknya
  • Bersedia bayar biaya administrasi pembayaran tagihan listrik di ATM BCA
  • Memiliki saldo yang mencukupi

Note: “Biaya administrasi pembayaran tagihan listrik akan dimasukkan ke dalam jumlah tagihan listrik dan akan dipotongkan ke saldo kartu ATM BCA yang digunakan untuk bayar tagihan listrik”.

Langkah Cara Bayar Listrik Lewat ATM BCA

Cara bayar tagihan listrik lewat ATM BCA itu sangat mudah sekali. sama seperti bayar tagihan internet IndiHome ataupun bayar tagihan telepon. Kamu bisa bayar dari mesin ATM mana saja dengan mudah. Cukup dengan input ID pelanggan KWH kamu lalu kamu lakukan pembayaran sesuai dengan tagihan yang muncul pada mesin ATM.

Proses pembayarannya tidak akan memakan waktu yang lama, cukup dengan 5 menit saja kamu sudah selesai melakukan pembayaran tagihan listrik rumah kamu. Adapun prosedur cara pembayaran tagihan listrik pasca bayar di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Silahkan kamu kunjungi mesin ATM BCA terdekat dari rumah kamu. Jangan lupa bawa kartu tagihan listrik ataupun ID pelanggan (ID KWH) listrik pasca bayar kamu yang akan dibayar tagihannya
  • Setelah sampai di mesin ATM, kamu masukkan kartu ke slot kartu di samping kanan layar mesin ATM
  • Pilih bahasa Indonesia
Cara bayar listrik lewat ATM BCA
Cara bayar listrik lewat ATM BCA
  • Kemudian, masukkan 6 digit angka PIN kartu ATM BCA Pastikan kamu memasukkannya dengan baik, jangan sampai salah. 3 kali salah memasukkan PIN ATM, maka kartu ATM kamu akan di blokir dan tidak bisa digunakan

Cara bayar listrik lewat ATM BCA

  • Setelah itu akan muncul beragam jenis menu transaksi. Untuk melakukan transaksi pembayaran tagihan listrik, silahkan kamu pilih dan klik pada menu “pembayaran

Cara bayar listrik lewat ATM BCA

  • Akan muncul lagi beberapa menu pembayaran, di halaman menu ini kamu pilih pembayaran “Listrik/PLN

Cara bayar listrik lewat ATM BCA

  • Pilih menu “Pasca Bayar” karena kamu akan bayar tagihan listrik pasca bayar

Cara bayar listrik lewat ATM BCA

  • Kamu akan diminta untuk memasukkan ID pelanggan (IDPEL) KWH listrik rumah kamu. Silakan input 12 digital angka ID pelanggan KWH rumah kamu tersebut. Jangan sampai salah, karena jika salah tidak akan terbaca oleh mesin ATM

Cara bayar listrik lewat ATM BCA

  • Mesin ATM BCA akan melakukan pengecekan tagihan listrik pasca bayar kamu. Di layar mesin ATM kamu akan melihat data ID pelanggan dan jumlah tagihan KWH pasca bayar rumah kamu yang harus dibayarkan. Silahkan kamu cek terlebih dahulu, pastikan semuanya benar

Cara bayar listrik lewat ATM BCA

  • Tekan benar jika data tersebut benar untuk melakukan pembayaran
  • Tekan YA untuk konfirmasi pembayaran tagihan listrik
  • Mesin ATM akan proses pembayaran tagihan listrik sesuai dengan tagihan yang muncul
  • Jika berhasil, akan keluar struk sebagai bukti p pembayaran listrik yagn syah. Silahkan kamu simpan bukti pembayaran listrik tersebut

Note: “Langkah-langkah cara pembayaran tagihan listrik di ATM BCA ini mungkin bisa berubah di waktu yang berbeda (tergantung kebijakan BCA). Tapi secara keseluruhan, prosedurnya akan tetap sama.

Biaya Administrasi Pembayaran Listrik Via ATM BCA

Setiap orang yang melakukan transaksi pembayaran tagihan listrik atau transaksi pembayaran apapun melalui ATM BCA pasti akan dikenakan biaya administrasi, tidak terkecuali ketika kamu bayar tagihan listrik. Biaya administrasi (biaya admin) pembayaran listrik pasca bayar di mesin ATM BCA adalah Rp.3.000 per transaksi. Ini berlaku bagi siapa saja yang bayar tagihan listrik di ATM BCA.

Biaya administrasi ini akan disatukan dengan jumlah tagihan yang harus dibayarkan. Jadi misal tagihan listrik kamu adalah Rp.203.500, maka yang muncul di layar ATM BCA sebagai tagihannya adalah Rp.206.500 sudah terakumulasi dengan biaya administrasi pembayaran tagihan listrik kamu secara otomatis.

Besaran biaya administrasi pembayaran tagihan listrik ini berlaku bagi semua layanan perbankan BCA. Baik kamu bayar via mesin ATM, m-BCA, ataupun klik BCA, biaya administrasi yang harus kamu bayarkan dari transaksi pembayaran listrik ini adalah Rp.3.000 saja.

Gagal Bayar Tagihan Listrik di ATM BCA

Beberapa orang ada yang pernah mengalami kegagalan transaksi pembayaran tagihan via ATM BCA. Bukan tanpa alasan ada beberapa hal yang bisa menyebabkan seseorang GAGAL melakukan pembayaran tagihan listrik rumah mereka. Beberapa di antaranya yaitu:

  1. ID Pelanggan Diblokir

Faktor pertama bisa jadi ID pelanggan KWH kamu diblokir oleh PLN. Mungkin karena telat bayar ataupun karena hal teknis lainnya. Atau bisa jadi kartu ATM kamu yang diblokir oleh bank BCA. Pastikan dulu tidak ada masalah teknis tersebut sebelum bayar.

  1. Tidak Memiliki Saldo yang Cukup

Kalo yang satu ini sudah pasti kamu tidak akan bisa melakukan transaksi. Kamu wajib memiliki saldo sesuai dengan besaran tagihan KWH rumah kamu.

  1. Mesin ATM BCA Eror

Bisa jadi juga karena mesin ATM BCA yang kamu gunakan sedang eror. Biasanya mesin ATM BCA eror ini dikarenakan jaringan ATM yang lagi trouble, coba ganti mesin ATM.

Kata Terakhir

Jadi, cara bayar listrik lewat ATM BCA itu sangat mudah. Kamu tinggal datang ke gerai mesin ATM BCA, masukkan kartu ATM, cek tagihan listrik KWH rumah kamu, kemudian kamu konfirmasi pembayaran, selesai. Semudah itu saja, kamu bisa membayar tagihan listrik rumah kamu. Kamu bisa lakukan cara ini pada semua mesin ATM BCA.

Jika kamu bayar menggunakan mesin ATM lainnya juga pasti tidak akan jauh berbeda. Tapi jika kamu bayar tagihan listrik melalu m Banking BCA ataupun KlikBCA pasti ada beberapa menu atau tampilan yang beda dengan yang ada di mesin ATM.