Cara Bayar IndiHome di ATM BRI

Cara Bayar IndiHome di ATM BRI – Punya tagihan IndiHome dan bingung mo bayar di mana? IndiHome merupakan layanan internet di Indonesia yang paling ternama. Bukan hanya karena banyak pilihan paket internetnya tapi karena layanannya yang super keren.

Salah satunya, IndiHome memberikan layanan pembayaran yang mudah. Mulai dengan menggunakan rekening bank (internet Banking, SMS Banking, ATM), kantor Pos, dompet digital atau pun melalui Indomaret dan juga Alfamaret.

Kamu bebas memilih cara mana yang akan kamu gunakan untuk melakukan pembayaran tagihan internet IndiHome kamu. Namun salah satu yang paling mudah kamu gunakan adalah bayar IndiHome dengan menggunakan ATM BRI. Kenapa demikian? Karena ATM BRI dapat dengan mudah kita temukan, bahkan di perkampungan sekalipun.

Buat kamu yang ingin bayar tagihan IndiHome melalui ATM BRI tapi belum tahu caranya, artikel ini akan jadi panduan lengkapnya. Di sini akan saya jelaskan prosedur pembayaran tagihan IndiHome melalui mesin ATM BRI dengan mudah.

Syarat Bayar IndiHome di ATM BRI

Sebelum melakukan pembayaran tagihan IndiHome melalui mesin ATM BRI, ada beberapa syarat dan ketentuan yang penting dan harus diperhatikan ketika kamu akan bayar tagihan internet di ATM BRI. Syarat dan ketentuan ini penting sekali diperhatikan karena akan jadi penentu apakah kamu bisa bayar tagihannya ataukah tidak.

Adapun beberapa syarat dan ketentuan pembayaran IndiHome di mesin ATM BRI di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Memiliki saldo yang cukup di kartu ATM
  • Tagihan IndiHome belum jatuh tempo
  • Membawa ID pelanggan IndiHome
  • Tahu jumlah tagihan IndiHome
  • Berkunjung ke terminal ATM BRI

Cara Bayar IndiHome di ATM BRI

Jika kamu sudah memahami syarat dan ketentuan pembayaran IndiHome melalui mesin ATM BRI, sekarang kamu tinggal lakukan pembayarannya. Proses pembayaran IndiHome ini tidak akan memakan waktu yang lama, setelah kamu input pembayaran dari mesin ATM jika jaringannya lancar maka akan diproses secara otomatis dalam waktu 1×24 jam.

Tapi, terkadang bisa lebih lama jika ada masalah teknis yang terjadi baik pada pihak IndiHome ataupun dari jaringan satelit BRI. Nah untuk menjaga-jaga hal yang tidak diinginkan seperti itu, maka kamu harus menyimpan struk pembayaran IndiHome kamu tersebut. Karena itu merupakan bukti pembayaran yang syah.

Baca juga: Cara Aktivasi mToken BRI

Adapun proses cara bayar IndiHome di ATM BRI bisa kamu lakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Silahkan kamu kunjungi terminal ATM BRI terdekat dari rumah

Cara Bayar IndiHome di ATM BRI

  • Setelah sampai, silahkan masukkan kartu ATM ke mesin ATM
  • Lalu, pilih bahasa Indonesia agar lebih mudah melakukan transaksi

Cara Bayar IndiHome di ATM BRI

  • Setelah itu masukkan PIN kartu ATM kamu

Cara Bayar IndiHome di ATM BRI

  • Akan muncul beragam jenis pilihan transaksi penarikan tunai dan transaksi lainnya. Untuk melakukan pembayaran IndiHome, silakan kamu pilih dan klik menu lainnya

Cara Bayar IndiHome di ATM BRI

  • Akan muncul lagi beberapa jenis pilihan menu lagi. Silahkan pilih menu pembayaran/Pembelian
  • Pilih TV/internet berlangganan

Cara Bayar IndiHome di ATM BRI

  • Pilih telkom internet 

Cara Bayar IndiHome di ATM BRI

  • Berikutnya, kamu akan diminta untuk memasukkan nomor telepon. Silahkan masukkan ID IndiHome yang kamu miliki
  • Tekan BENAR

Cara Bayar IndiHome di ATM BRI

  • Akan muncul data ID IndiHome kamu di sana. Silahkan kamu cek dengan baik detail nama, hingga jumlah tagihan internet IndiHome yang sudah kamu gunakan
  • Untuk melanjutkan pembayaran, silakan kamu tekan YA

Cara Bayar IndiHome di ATM BRI

  • Proses pembayaran akan langsung dilakukan oleh mesin ATM
  • Jika berhasil, struk pembayaran akan keluar silahkan kamu ambil dan simpan struknya dengan baik
  • Tekan selesai untuk akhiri proses transaksi

Sampai pada tahapan ini, kamu sudah selesai melakukan pembayaran IndiHome kamu. Bukti pembayarannya harus kamu simpan dengan baik jangan sampai hilang. Karena itulah yang akan jadi bukti pembayaran yang syah.

Baca juga: Cara Bayar BPJS Lewat ATM BRI

Biaya Administrasi Pembayaran IndiHome di ATM BRI

Cara bayar IndiHome di ATM BRI memang sangat mudah, tapi ketika kamu bayar tagihan melalui mesin ATM BRI, maka kamu akan dikenakan biaya administrasi transaksi. Hal ini karena rekening bank BRI akan deteksi transaksi beda bank. Bukan hanya dari bank BRI saja, ketika kamu bayar IndiHome dari BCA, BNI ataupun Mandiri juga sama akan dikenakan biaya administrasi transaksi.

Biaya administrasi yang dikenakan setiap kali pembayaran IndiHome melalui mesin BRI adalah Rp.2.500/transaksi. Jadi setiap kali kamu akan melakukan transaksi pembayaran IndiHome di ATM BRI, maka kamu akan dikenakan biaya Rp.2.500 setiap kali kamu bayar tagihan IndiHome di ATM BRI.

Biaya administrasi ini bisa saja berbeda jika kamu bayar di mesin ATM lain. Bisa jadi biaya administrasinya lebih murah atau bahkan lebih mahal tergantung dari ketentuan yang diberikan oleh bank yang kamu gunakan. Jika kamu tidak ingin kena biaya admin, maka kamu bisa bayar melalui aplikasi my IndiHome ataupun melalui plasa telkom terdekat.

Denda dan Jatuh Tempo IndiHome

Perlu kamu ketahui pembayaran IndiHome ini ada batas jatuh temponya. Masa jatuh tempo pembayaran IndiHome adalah tanggal 20 setiap bulannya. Setiap tanggal 20 maka pengguna harus langsung melakukan pembayaran. Jika tidak dilakukan pembayaran pada masa waktu penggunaan 1 Minggu sejak jatuh tempo, maka internet kamu akan dimatikan.

Pihak IndiHome biasanya akan telepon dan melakukan penagihan ke nomor telepon IndiHome yang kamu gunakan. Jika setelah masa penagihan dilakukan tidak kamu bayarkan juga, maka modem akan dicabut dan ditarik kembali oleh pihak IndiHome.

Jika kamu bayarkan setelah masa jatuh tempo atau lebih dari batas maksimal pembayaran, maka kamu akan dikenakan denda pembayaran tagihan sebesar 5% dari total tagihan. Misalnya jika tagihan internet kamu adalah Rp.200.000 maka dendanya adalah Rp.200.000×5%=10.000. akan semakin mahal jika kamu semakin lama telat bayarnya.

Untuk bisa terhindar dari biaya denda ini, maka kamu harus bayar sebelum jatuh tempo atau sebelum tanggal 20 setiap bulannya. Jika kamu tidak pernah telat bayar tagihan IndiHome, maka internet kamu akan lancar dan bisa digunakan kapan saja.

Baca juga: Cara Menutup Kartu Kredit BRI

FAQ

  • Bisakah Bayar IndiHome di ATM BRI?

Bisa. Kamu tinggal datang ke mesin ATM BRI, masukkan kartu ke mesin ATM, pilih pembayaran, pilih IndiHome, lalu masukkan ID IndiHome, bayar, selesai.

  • Bagaimana cara bayar IndiHome lewat m Banking BRI?

Cara pembayaran IndiHome dari m banking BRI juga tidak jauh berbeda. Tinggal masukkan kode pembayaran IndiHome ke format m Banking.

  • Apakah bisa bayar IndiHome di BRILink?

Bisa. Kamu tinggal kunjungi saja BRIlink terdekat, serahkan ID pelanggan IndiHome kamu. Petugas akan cek biaya tagihannya. Bayar sesuai dengan tagihan yang muncul.

  • Pembayaran IndiHome paling telat tanggal berapa?

Pembayaran IndiHome paling telat adalah tanggal 20 setiap bulannya. Lebih dari tanggal 20 maka akan kena denda pembayaran sebesar 5% dari total tagihan.

  • Pembayaran IndiHome mulai tanggal berapa?

Pembayaran tagihan IndiHome dapat dilakukan mulai dari tanggal 5 hingga tanggal 20 setiap bulannya.  Lakukan pembayaran dengan tepat pada sebelum tanggal jatuh tempo.