Cara Bayar BPJS Lewat mBanking BCA

Bayar iuran BPJS bisa dilakukan dengan banyak cara, salah satunya melalui mBanking BCA. Cara bayar BPJS lewat mBanking BCA ini sangat mudah. Jika sebelumnya anda sudah baca artikel saya tentang “cara bayar BPJS lewat ATM BCA” nah kali ini akan saya jelaskan cara pembayarannya melalui mBanking.

Walaupun merupakan pembayaran yang sama serta dibayarkan dengan layanan BCA juga, tapi prosedur dan tahan pembayarannya jauh berbeda lho. Untuk itu akan saya jelaskan pada postingan yang berbeda agar kamu lebih mudah memahaminya. Untuk kamu yang belum tahu cara pembayaran iuran BPJS kesehatan melalui aplikasi mBanking BCA silakan ikuti baca artikel ini sampai selesai.

Syarat Bayar Iuran BPJS Kesehatan dari mBanking BCA

Untuk bisa menggunakan layanan mBanking BCA bayar iuran BPJS kesehatan, maka ada beberapa syarat dan ketentuan yang harus kamu perhatikan.  Karena walaupun kamu gunakan aplikasi mBanking BCA, belum tentu kamu bisa gunakan untuk bayar iuran BPJS lho. Ada beberapa syarat dan ketentuan yang mesti kamu perhatikan dengan baik.

Jika syarat ini kamu penuhi, maka kamu bisa bayar iuran BPJS kesehatan dengan mudah, kapan saja dan di mana saja tanpa pandang waktu dan tempat. Apa aja sih syaratnya? Berikut syarat yang harus kamu penuhi:

  • Aplikasi mBanking BCA bisa digunakan untuk transaksi financial
  • Memiliki saldo yang cukup untuk membayar iuran BPJS kesehatan
  • Memiliki pulsa yang cukup
  • Terkoneksi dengan internet dengan baik
  • Koneksi internet normal tidak sedang gangguan
  • Kartu BPJS kesehatan tidak dalam masa pemblokiran
  • Bersedia membayarkan biaya administrasi
  • Tahu nominal pembayaran BPJS kesehatan berdasarkan kelas

Pastikan bahwa kamu sudah sesuai dengan syarat di atas. Jika kamu memang sudah sesuai dengan syarat dan ketentuan di atas, sekarang kamu tinggal mulai proses pembayaran iuran BPJS dari layanan mBanking BCA.

Langkah Cara Bayar BPJS Lewat mBanking BCA

Bayar iuran BPJS kesehatan menggunakan layanan mBanking BCA sangatlah mudah dilakukan. Ini bisa jadi alternatif terbaik buat kamu yang memang sibuk, tidak sempat pergi ke kantor BPJS ataupun ke bank untuk bayar iuran BPJS.

Jika kamu menggunakan aplikasi mBanking BCA, maka kamu bisa bayar tagihan iuran BPJS kesehatan ini kapan saja dan dari mana saja. Tanpa harus antre, tanpa keluar rumah. Bahkan saat kamu istirahat kerja atau sesaat sebelum tidur sekalipun kamu bisa melakukannya dengan sangat mudah. Semudah itukah? YA memang semudah itu. Lalu bagaimana cara bayar BPJS lewat mBanking BCA?

Jika kamu baru pertama kali menggunakan layanan mBanking BCA untuk bayar tagihan iuran BPJS, berikut ini langkah-langkah yang benar untuk bayar tagihannya:

  • Silahkan kamu buka aplikasi mBanking BCA
  • Kemudian kamu login dengan akun yang sudah kamu miliki
  • Setelah itu kamu akan dihadapkan dengan beragam jenis menu transaksi
  • Silahkan kamu pilih m-Payment

Cara bayar BPJS lewat mBanking BCA

  • Akan muncul beberapa pilihan menu lagi, silahkan kamu pilih BPJS
  • Pilih BPJS kesehatan

Cara bayar BPJS lewat mBanking BCA

  • Klik lagi input nomor bayar

Cara bayar BPJS lewat mBanking BCA

  • Selanjutnya kamu akan diminta untuk memasukkan nomor ID BPJS kesehatan yang akan kamu bayarkan. Masukkan nomor pembayaran BPJS kesehatan kamu
  • Jika dirasa sudah benar, klik OK

Cara bayar BPJS lewat mBanking BCA

  • Lalu klik send

Cara bayar BPJS lewat mBanking BCA

  • Akan muncul detail tagihannya, silahkan cek
  • Jika dirasa sudah benar, Klik OK

Cara bayar BPJS lewat mBanking BCA

  • kamu masukkan PIN mBanking BCA kamu
  • Lalu klik OK

Cara bayar BPJS lewat mBanking BCA

  • Pembayaran selesai. Jika berhasil, maka akan muncul notifikasi pemberitahuan bahwa pembayaran BPJS kesehatan kamu sudah berhasil

Setelah proses pembayaran ini selesai, maka kamu akan diberikan struk transaksi pembayaran iuran BPJS kesehatan. Silahkan kamu screenshoot dan simpan bukti pembayaran ini untuk arsip. Di mana bisa kamu gunakan sebagai bukti pembayaran yang syah dari bank BCA.

Biaya Admin Bayar BPJS Lewat mBanking BCA

Setiap orang yang transaksi melalui mBanking BCA, terutama transaksi beda bank seperti bayar BPJS, beli pulsa, bayar tagihan listrik dan pembayaran lainnya yang notabene beda bank buka layanan antar BCA, maka akan dikenakan biaya administrasi, termasuk bayar tagihan BPJS kesehatan.

Walau begitu, biaya administrasi yang harus dibayarkannya ini tidaklah mahal. Kamu hanya akan dikenakan tarif transaksi pembayaran sebesar Rp.2.500 per transaksi. Jadi setiap kali kamu melakukan transaksi pembayaran tagihan iuran BPJS kesehatan maka kamu akan dikenakan tarif Rp.2.500 saja.

Tapi, biaya administrasi ini hanya berlaku bagi bank swasta saja. Jika kamu melakukan transaksi pembayaran BPJS kesehatan melalui bank BUMN seperti BRI, BNI, Mandiri dan BTN, maka tidak akan dikenakan tarif administrasi sama sekali (per Mei 2021).

Walau demikian, nasabah bank BCA masih dapat keuntungan karena kenyamanan transaksinya sangat bagus dan aksesnya juga lebih mudah. Para nasabah bisa melakukan transaksi dari mana saja, kapan saja dan tanpa ada gangguan dan masalah teknis dalam pembayaran iuran BPJS kesehatan. Hanya hitungan menit saja, pembayaran BPJS bisa langsung masuk.

Faktor Penyebab Pembayaran BPJS Via mBanking BCA GAGAL

Walau proses cara bayar BPJS lewat mBanking BCA sangat mudah dilakukan, pada beberapa kasus ada beberapa orang yang mengalami kegagalan saat melakukan pembayaran. Bukan tanpa alasan, ada banyak faktor yang membuat pembayaran yang mereka lakukan itu mengalami kegagalan. Bisa jadi dari masalah teknis aplikasi mBanking BCA ataupun masalah lain.

Setiap orang mungkin bisa saja mengalami masalah ini. Bahkan mungkin bisa terjadi kepada anda, kapan saja. Adapun beberapa faktor yang menyebabkan proses transaksi pembayaran BPJS kesehatan via mBanking BCA, yaitu:

  • Koneksi jaringan yang buruk: Ketika ini terjadi, aplikasi mBanking BCA akan Close sendiri walau saat transaksi berlangsung
  • Tidak bisa transaksi: Dikarenakan aplikasi mBanking BCA belum terdaftar di layanan financial
  • Transaksi GAGAL: Bisa diakibatkan oleh salah memasukkan PIN mBanking ataupun saldo tidak mencukupi

Masih banyak masalah teknis lain yang kerap kali terjadi. Tapi kebanyakan karena human eror pada saat melakukan proses pembayaran. Sebagai himbauan saja, ketika melakukan pembayaran tagihan iuran BPJS kesehatan, jangan terburu-buru, pastikan data pembayaran atas diri anda dan pastikan jaringan internet mendukung.

Simak artikel lainnya juga cara bayar BPJS lewat atm BRI dan tentang cara bayar BPJS lewat ATM BCA dengan mudah, cepat dan lengkap

Kesimpulan

Iuran BPJS kesehatan merupakan kewajiban setiap anggota untuk membayar setiap bulan. Iuran ini wajib dibayarkan tepat pada waktunya. Jika pembayaran terlambat, maka akan dikenakan denda berupa tagihan yang lebih besar. Bahkan pada tingkatan yang lebih parah, ID anggota atau peserta BPJS kesehatan akan diblokir dan tidak dapat digunakan untuk berobat ketika masuk ke rumah sakit baik negeri ataupun swasta.

Maka dari itu, BCA memberikan kemudahan dalam melakukan pembayaran tagihan iuran BPJS kesehatan. Aplikasi mBanking BCA akan mempermudah kamu dalam melakukan pembayaran tagihan iuran BPJS. Cara bayar BPJS lewat mBanking BCA ini bisa dilakukan oleh siapa pun dengan mudah. Tampilannya sangat user friendly sekali, sehingga para pemula sekalipun bisa menggunakannya dengan mudah.