Caption IG

Caption IG – Membuat kata kata untuk caption instagram yang keren, menarik, menyentuh hati, tema cinta, arti sahabat dan lain sebagainya itu wajib banget jika ingin followersnya bertambah. Maka dari itu untuk yang ingin bikin caption di instagram bisa melihat artikel ini hingga selesai.

Membuat caption IG bisa dilakukan oleh siapa saja. Namun, Tidak semua orang bisa membuat caption Instagram yang menarik serta sesuai dengan konten yang diposting. Jika hanya sekadar membuat caption, Semua orang bisa melakukannya tanpa memikirkan apapun.

Jika anda ingin membuat caption Instagram yang menarik dan sesuai dengan kebutuhan. Simak artikel ini nggak akhir. Anda akan tahu beberapa jenis caption IG dan juga tips untuk membuatnya agar sesuai dengan kebutuhan. Dengan begitu, antara gambar dan teks bisa saling melengkapi.

Contoh Caption IG yang Menarik

Beberapa caption yang akan ditampilkan di bawah ini menyala beberapa contoh saja. Anda bisa memodifikasi sesuai dengan kebutuhan dan tema dari konten yang sedang diunggah.

1. Tema Cinta

Tema Cinta

  • Sendiri belum tentu tidak bahagia, berdua bisa saja menciptakan prahara. Namun, berdua denganmu bisa menyelesaikan semua masalah yang memiliki.
  • Butuh saja untuk bisa menyukaimu. Namun, tidak cukup seumur hidupku untuk bisa melepas dan melupakan masa lalu.
  • Hanya ada dua jalan untuk menuju kebahagiaan. Pertama dengan nama-Nya. Kedua dengan menyebut namamu sebelum tidur.
  • Ibarat bunga, kamu adalah tulip. Adakalanya indah, adakalanya biasa saja, tapi selalu bangkit untuk menjadi yang terbaik. Untukku.
  • Cinta tidak menguasaiku, cinta tidak mendominasiku, cinta hanya tambah begitu saja tanpa bisa aku mengerti.
  • Kita tidak akan pernah puas untuk mendapatkan cinta. Kita pun tidak akan pernah bisa memberikan semua cinta.
  • Cinta adalah keseluruhan, dunia ini, kehidupan ini. Kita hanyalah beberapa potong di dalamnya yang berhak untuk menyatu.
  • Cinta sejati datangnya selalu diam diam. Namun, selalu sulit untuk dihapus meski hadir cinta yang baru.
  • Penampakan cinta bisa darimu membuatku berani melakukan apapun. Termasuk berani berkorban untuk mempertahankannya.
  • Cintamu akan terus bertambah, meski kau berikan pada orang yang kamu sayangi setiap hari.
  • Aku mencintaimu, inilah awal dan akhir dari segala hal yang aku miliki di dunia ini.

2. Tema Keluarga

Tema Keluarga

  • Membangun rumah jauh lebih mudah ketimbang membangun keluarga bisa saling menyayangi tanpa harus diminta.
  • Memasak adalah pekerjaan cinta yang bisa dilakukan semua orang untuk menghangatkan keluarganya.
  • Sekarang hal bisa mengubah kita menjadi lebih baik atau buruk. Namun, kita selalu mengawali dan mengakhiri apapun dalam keluarga.
  • Menjadi sebuah keluarga berarti memiliki kewajiban untuk tersenyum saat foto bersama.
  • Keluarga bukanlah sesuatu yang sangat penting. Keluarga adalah segalanya dalam hidup.
  • Tidak ada yang paling menyenangkan selain pulang ke rumah dan menikmati hidangan dimasak oleh ibu.

3. Tema Motivasi atau Quote

Tema Motivasi atau Quote

  • Tidak mungkin adalah sebuah opini semata.
  • Jika kamu ingin menjadi seorang yang sukses hanya ada satu cara yang bisa dilakukan, lakukan hal itu saat ini juga.
  • Investasikan usahamu pada mimpi terbesar. Saat terwujud, kamu akan menjadi orang yang paling bahagia di dunia.
  • Kita adalah apa yang sudah dilakukan selama ini. Apabila usaha yang dilakukan besar, kita adalah kesuksesan itu.
  • Berusahalah dalam diam. Tunggu hingga kesuksesanmu membuat gaduh banyak orang.

4. Caption IG Tema Promosi Produk

Tema Promosi Produk

  • Produk ini memiliki keunggulan … , kamu bisa mendapatkan hal itu jika mengonsumsi sebanyak … per hari.
  • Dengan bahan yang berkualitas, produk ini sudah memiliki standar yang tinggi.
  • … hanya diproduksi dengan jumlah terbatas karena dibuat secara handmade. Segera pesan dan nikmati keajaiban rasanya.
  • Sudah coba … belum? Artis x saja sudah mencobanya dan merasa ketagihan. Yuk, pesan sebelum stoknya kembali habis.

5. Tema Anak Muda

Tema Anak Muda

  • Bagi anak muda meraih mimpi adalah hal yang sangat sulit untuk dilakukan. Namun, tanpa usaha yang besar sulitnya hidup akan terus didapatkan hingga mereka tidak sadar hidupnya di ujung tanduk.
  • Kegagalan dalam membuat usaha memang menyakitkan. Namun, lebih menyakitkan lagi jika tidak memiliki apa-apa saat tua.
  • Persaingan harus dilakukan dengan siapapun sehingga memunculkan satu pemenang. Namun, terus berusaha untuk menjadi yang terbaik adalah jalan hidup yang harus dilakukan.
  • Apa mimpi terbesarmu saat? Apakah mimpi itu, jangan didiamkan nggak kamu melupakannya.
  • Anak muda tidak hanya mereka yang memiliki usia 20-an tahun. Anak muda adalah mereka yang memiliki jiwa pejuang dan mau berusaha untuk membuat hidupnya lebih baik.
  • Bukan anak muda namanya jika tidak mau berusaha.
  • Sebutkan tiga barang yang kamu pakai, hasil dari usaha sendiri.
  • Hidup tidak semudah, membuat Indomie dengan telur. Tapi, itu bisa lebih mudah jika saat muda kamu selalu berusaha.

6. Caption IG Tema Pantun atau Komedi

Tema Pantun atau Komedi

  • Buah duku buah pisang, jangan sok belagu kalau masih suka merengek minta uang.
  • Ikan hiu makan tomat, jangan halu kamu masih sering sambat.
  • Hidup itu tidak hanya sekedar membayar paylater di akhir bulan. Hidup itu harus dinikmati meski hutang tiada henti.

7. Tema Self Reminder

Tema Self Reminder

  • Kesalahan terbesar dalam hidup adalah selalu mengulanginya dan merasa hal itu adalah sesuatu yang biasa.
  • Tidak masalah mengeluh dengan apa yang terjadi. Namun, jangan lupa untuk berusaha mengubahnya Karena tanpa usaha tangisanmu akan sia-sia.
  • Memiliki Tuhan adalah sebuah keajaiban yang tidak bisa diungkapkan. Namun, memiliki semangat yang tinggi bisa membuatmu menjadi apapun yang diinginkan.
  • Berusaha keras adalah hal terbaik yang bisa dilakukan. Namun, berusaha dengan pikiran yang jernih akan menghindarkan kamu dari kegagalan.
  • Kehidupan tidak bisa diulang lagi. Itulah kenapa, pelajari hidup ini dengan baik meski kamu tidak selalu beruntung dalamnya.

8. Caption IG Tema Pelesir

Tema Pelesir

  • Pantai adalah sebuah keindahan yang diciptakan oleh dari surga.
  • Melakukan petualangan tidak akan pernah membuatku puas. Apa lagi, selalu disambut dengan ombak dan heningnya suasana malam berbalut bintang.
  • Ada beberapa surga yang sudah diturunkan Tuhan. Pertama, makanan enak yang bisa disantap setiap hari. Kedua, petualangan yang selalu hadir setiap ku butuhkan.
  • Mencintai alam bukan hanya dilakukan dengan menjelajahinya. Namun, menghormati apapun yang ada serta menjaganya.
  • Ada dua tempat yang sulit dicapai oleh manusia di seluruh dunia. Pertama, pantai yang selalu indah. Kedua, hutan yang bernyanyi setiap malam.

9. Tema Ulasan Makanan

Tema Ulasan Makanan

  • Makanan ini rasanya kalau benar di luar nalar. Kok bisa mereka mengombinasikan beberapa bahan menjadi produk yang luar biasa ini.
  • Jangan sampai ketinggalan, produk ini macet dinikmati mumpung sedang promo.
  • Kualitas dari makanan ini sangat istimewa. Mencobanya adalah kesalahan terindah yang aku lakukan.
  • Rasa pedasnya, luar biasa dan bisa bikin kamu nangis sampai pagi.

Tips Membuat Caption Instagram yang Sesuai Kebutuhan

Sebelum membuat caption Instagram ada beberapa hal atau tips yang harus Anda lakukan. Dengan melakukan hal di bawah ini, caption yang Anda buat bisa menarik hingga menjual produk.

1. Menentukan tujuan pembuatan konten

Menentukan tujuan pembuatan konten

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum membuat caption adalah menentukan tujuan pembuatannya. Apakah pembuatan caption digunakan untuk keperluan promosi, branding, atau sekedar menyapa orang lain saja.

Tujuan ini akan menentukan bagaimana isi dari konten apakah berisi elemen copywriting atau sekedar basa-basi yang tidak ada isinya. Dengan tujuan yang jelas, isi caption akan sesuai dengan kebutuhan.

2. Siapa orang yang menjadi sasaran content?

Siapa orang yang menjadi sasaran content

Setelah menentukan tujuan dari pembuatan caption atau tulisan, selanjutnya tentukan sendiri siapa orang yang akan menjadi sasarannya. Demografi dari targetnya apakah pria, wanita, usia muda, atau lainnya.

Dengan mengetahui demografi ini. Bahasa yang digunakan untuk membuat konten akan tepat. Bisa dengan menggunakan bahasa yang cukup luwes atau menggunakan bahasa yang formal karena targetnya masyarakat kelas atas.

3. Perhatikan awalan caption

Perhatikan awalan caption

Perhatikan awal dari caption yang dibuat. Biasanya awalan kata caption tidak akan terlihat semuanya atau hanya beberapa karakter saja. Sisanya baru akan terlihat jika melakukan klik.

Menyiasati konten yang sebagian besar tersembunyi, bagian awalan dari caption harus dibuat lebih menarik atau memiliki komponen clickbait. Jadi, begitu seseorang melihat konten itu mereka akan tertarik untuk melihatnya lebih jauh.

4. Pertimbangkan panjang dan pendek caption

Pertimbangkan panjang dan pendek caption

Anda harus mempertimbangkan panjang dan pendek dari caption saat membuatnya. Ucapkan yang terlalu pendek akan sulit memasukkan semua informasi yang penting. Sementara itu, caption yang terlalu panjang juga rentan untuk tidak dibaca dan dilewati begitu saja oleh orang lain.

Buat caption yang standar sehingga informasi tetap bisa dimasukkan semuanya. Namun, orang lain tidak akan bosan dan tetap membaca seluruh isinya dari awal hingga akhir.

Kemampuan bahasa dari seseorang sangat dibutuhkan untuk meramu diksi yang tepat agar tulisannya menarik perhatian. Jika ada elemen copywriting akan lebih baik lagi.

5. Selalu cantumkan kontak yang jelas

Selalu cantumkan kontak yang jelas

Satu hal penting yang tidak bisa dilupakan begitu saja adalah selalu mencantumkan kontak yang jelas pada bagian akhir dari caption. Apalagi anda menggunakan caption untuk berjualan produk.

Kontak itu bisa bermanfaat jika ada seseorang yang mendadak ingin membeli atau penasaran dengan konten yang dibagikan. Jadi, mereka bisa langsung memanfaatkan kontak tersebut untuk melakukan komunikasi tanpa perlu melakukan DM.

6. Jangan lupa menambahkan tagar

Jangan lupa menambahkan tagar

Semua caption harus memiliki tagar yang berhubungan dengan panjang tersebut. Adanya  tanda pagar akan memudahkan orang lain dalam melakukan pencarian. Buat tanda pagar yang sesuai dengan konten atau jenis produk yang dimiliki.

7. Berisi copywriting dan call to action

Berisi copywriting dan call to action

Copywriting adalah seni menulis yang didalamnya berisi banyak sekali materi. Dengan kemampuan ini, seseorang bisa menjual produk atau meningkatkan branding melalui cerita yang menarik, data yang tepat, hingga diakhiri dengan call to action.

Kombinasi ini akan membuat pembaca dari caption menjadi tertarik dan tidak sadar sudah melahap semuanya. Setelah membaca keping tersebut mereka akan tertarik dan melakukan call to action yang diberikan.

Tips di atas bisa digunakan untuk Anda yang ingin membuat caption Instagram secara profesional. Terlebih caption tersebut memang digunakan untuk jualan. Untuk caption standar, tips di atas bisa dipakai sebagian agar konten tetap menarik.

Membuat caption IG harus disesuaikan dengan konten yang sedang diposting. Caption juga melengkapi apa yang ditampilkan oleh gambar atau infografis. Jadi, caption bisa memiliki muatan yang kuat termasuk berisi copywriting yang sangat kuat.

Lihat juga beberapa nama efek nstagram yang lagi hits dan filter ig yang bagus untuk video Instagram, pokoknya tambah kece deh postingan kamu. Buruan dipakai yah.

Meski kelihatannya sangat sederhana, caption yang ada pada Instagram bisa digunakan untuk media promosi atau marketing. Itulah kenapa, saat ini Instagram banyak dipakai untuk media jualan serta meningkatkan branding dari produk atau perusahaan.