Aplikasi Edit Video PC

Aplikasi Edit Video PC – Pada kesempatan ini kami akan memberikan rekomendasi software edit video di pc, laptop atau komputer yang terbaik dan cocok untuk pemula serta profesional. Ada beberapa kelebihan dan kekurangan yang harus kamu ketahui seperti spesifikasi RAM, pas dan tidaknya untuk windows 7, 8 dan 10 serta lain sebagainya.

Aplikasi edit video PC umumnya memiliki sistem requirement yang cukup tinggi. Apabila komputer atau laptop yang Anda gunakan memiliki hardware yang biasa saja, kemungkinan untuk bisa memakai aplikasi ini sangat kecil. Bahkan, aplikasi bisa membuat gadget hang.

Meski sebagian besar aplikasi untuk menonton video memberikan syarat yang tinggi. Beberapa aplikasi ada yang menawarkan sistem ringan sehingga bisa dipakai oleh siapa saja. Untuk mengetahui apa saja aplikasi edit video PC terbaik dan gratis yang bisa dipakai, simak selengkapnya di bawah ini.

Rekomendasi Aplikasi Edit Video PC

Aplikasi edit video PC ada yang bisa digunakan secara gratis dan ada yang berbayar. Untuk mengetahui rekomendasi aplikasi video yang bisa dipakai, simak selengkapnya berikut ini.

1. Adobe Premiere Pro

Adobe Premiere Pro

Aplikasi untuk edit video yang pertama adalah Adobe Premiere Pro. Aplikasi ini dikeluarkan oleh perusahaan Adobe yang dikenal sangat ahli dalam mengeluarkan aplikasi penyuntingan.

Selama ini kita hanya mengenal aplikasi penyunting gambar saja. Padahal, Adobe juga menyediakan penyunting video. Bahkan dengan kualitas yang sangat mumpuni.

Keunggulan dari aplikasi ini adalah koleksi dari aset yang bisa digunakan seluruhnya. Saat melakukan proses penyuntingan, Anda bisa melakukan seluruh pekerjaan dengan mudah karena fiturnya yang cukup intuitif.

Jika ingin menggunakan aplikasi ini, Anda bisa mencoba terlebih dahulu aplikasi dalam bentuk trial. Selanjutnya jika ingin menggunakannya, biaya lisensi perbulannya sekitar Rp300.000.

2. Corel VideoStudio Ultimate

Corel VideoStudio Ultimate

Corel juga mengeluarkan aplikasi yang bisa digunakan untuk mengedit video memakai PC. Aplikasi ini bisa digunakan secara gratis selama 30 hari. Selanjutnya, Anda harus membayar lisensi sekitar 100 dolar.

Keunggulan dari aplikasi ini adalah banyaknya fitur untuk memodifikasi video atau gambar dengan sempurna. Dengan sumber yang seadanya saja, Anda bisa membuat video dengan tampilan yang sempurna.

Apabila video yang sudah direkam memiliki kualitas yang tidak bagus seperti agak goyang. Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk memperbaiki hal itu sehingga saat melihat video lebih stabil.

Kelebihan lain dari aplikasi ini adalah kemampuannya untuk memberikan masking pada video tertentu. Koleksi yang dimiliki cukup banyak sehingga memudahkan Anda untuk menyunting video sesuai dengan kebutuhan.

3. EaseUS Video Editor

EaseUS Video Editor

Ingin menggunakan aplikasi edit video dengan kualitas yang cukup mumpuni tapi gratis? Aplikasi EaseUS Video Editor bisa dipertimbangkan untuk dipasang pada semua jenis komputer Windows.

Aplikasi ini memiliki ukuran yang tidak terlalu besar sehingga saat dipakai lebih ringan. Komputer atau laptop yang anda miliki tidak akan mengalami hand khususnya saat melakukan render video.

Kelebihan dari aplikasi gratis ini adalah mampu mengedit video dengan berbagai efek menarik. Selain itu Anda juga bisa menambahkan elemen audio di dalamnya.

Aplikasi ini juga berjenis all in one. Dengan menggunakan software ini saja, Anda bisa melakukan pemotongan video, menggabungkan, hingga menambahkan beberapa efek seperti transisi dengan baik.

4. iMyFone Filme Video Editor

iMyFone Filme Video Editor

Untuk bisa menguasai aplikasi editor video ini ada tiga fitur yang harus dipelajari dengan baik. Pertama adalah fast editing. Dengan menggunakan fitur ini anda bisa menonton video dengan cepat dan hasilnya tetap memuaskan.

Fitur kedua adalah basic editing, aplikasi menyediakan cukup banyak alat untuk menyunting seperti memotong video hingga menggabungkan beberapa video dan media menjadi satu. Anda juga bisa menggunakan template yang sudah disediakan.

Terakhir adalah fitur advance editing, dengan menggunakan fitur ini anda bisa menambahkan beberapa media ke dalam layer yang saling bertumbukan. Bisa menambahkan animasi dan juga narasi dalam satu scene video.

5. Apple Final Cut Pro X

Apple Final Cut Pro X

Untuk Anda yang menggunakan Macbook, Apple pengembangan sendiri aplikasi yang bisa digunakan untuk menonton video. Dengan Apple Final Cut Pro X, Anda bisa menonton video dengan kualitas secara profesional.

Kelebihan dari aplikasi ini adalah banyaknya fitur premium yang diberikan. Hanya dengan berbekal satu aplikasi ini saja anda bisa menonton video dengan baik. Bahkan bisa membuat semacam dan film pendek.

Seperti halnya produk Apple yang lain, aplikasi ini dibanderol dengan harga yang cukup tinggi. Apa bedanya untuk bisa membeli lisensi satu visi dibutuhkan dana sekitar Rp4,2 juta.

6. HitFilm Pro

HitFilm Pro

Aplikasi HitFilm Pro sedikit berbeda dengan aplikasi penyuntingan video yang akan dibahas dalam artikel ini. Software ini diperuntukkan untuk penyuntingan video yang dipakai untuk pembuatan film.

Karena memiliki fungsi yang cukup profesional, hasil yang diberikan juga bisa lebih sempurna. Berbagai fitur dan efek yang ditawarkan juga tidak main-main mulai dari penyuntingan standar hingga ke elemen 3D.

Sekali lagi, ada harga selalu ada rupa atau sebaliknya. Untuk bisa menggunakan aplikasi ini Anda harus membelinya dengan harga sekitar Rp4 juta. Cukup tinggi dan sebanding dengan apa yang diberikan.

7. Adobe After Effects

Adobe After Effects

Aplikasi ini sebenarnya digunakan untuk proses akhir dari edit video. Dengan menggunakan aplikasi ini Anda bisa menambahkan berbagai caption, animasi, transisi, hingga kebutuhan lain sampai video benar-benar sempurna dan bisa disimpan.

Untuk penyuntingan video sederhana seperti membuat YouTube atau video pendek di Instagram. Aplikasi ini bisa dengan mudah digunakan karena sudah memiliki media atau aset yang cukup banyak.

Anda hanya perlu menggunakan beberapa fitur yang ada di sini dengan. Selanjutnya Bisa dicek previewnya terlebih dahulu sebelum disimpan untuk dibagikan ke media sosial yang diinginkan.

8. Lightworks

Lightworks

Aplikasi nonton video yang cukup ringan digunakan untuk komputer Windows adalah Lightworks. Hanya berbekal aplikasi unik saja Anda bisa membuat video dengan kualitas yang sempurna.

Berbagai fitur menarik dan efek ditawarkan sehingga Anda bisa dengan mudah bukan proses sunting. Bahkan, Anda juga bisa menambahkan berbagai efek seperti transisi dan juga suara.

Aplikasi ini bisa digunakan secara gratis hingga masa trialnya habis. Sementara itu jika ingin menggunakannya Anda bisa memilih resensi bulanan atau membeli lisensi selamanya dengan harga sekitar 437 dolar. Cukup tinggi tapi sebanding dengan fitur yang ditawarkan.

9. VSDC

VSDC

Aplikasi edit video dengan kualitas baik dan mendekati profesional umumnya memiliki lisensi yang tertinggi. Untungnya aplikasi bernama VSDC ini bisa digunakan secara gratis meski fitur yang ada di dalamnya sangat lengkap.

Keunggulan dari aplikasi ini adalah menawarkan kemudahan proses penyuntingan video. Apa lagi desain antarmuka dari aplikasi ini cukup sederhana dan intuitif. Pemula bisa dengan mudah mengikuti proses pembuatan video.

Hal penting dari semuanya adalah tidak adanya watermark yang dibubuhkan. Jadi, video yang dibuat akan terlihat sangat profesional.

10. AVS Video Editor

AVS Video Editor

Satu lagi aplikasi edit video yang memiliki ukuran cukup kecil dan ringan saat digunakan. Aplikasi ini memiliki fitur video cache yang akan membuat proses syuting video dengan kualitas HD berjalan dengan cepat.

Selain itu, menggunakan aplikasi ini anda bisa dengan mudah melakukan berbagai proses penyuntingan dasar seperti memotong, menggabungkan, tinggal menambahkan elemen media lain menjadi beberapa layer yang berlapis.

Aplikasi ini juga memiliki koleksi transisi yang sangat besar. Hanya ada sekitar 300 aset yang bisa digunakan sehingga video yang Anda buat tampak lebih sempurna.

11. Sony Vegas Pro

Sony Vegas Pro

Aplikasi ini sebenarnya dibuat khusus untuk editor video yang sudah berpengalaman. Isi dari aplikasi ini cukup rumit dan juga kompleks karena menyangkut banyak fitur yang membuat video bisa menjadi lebih menarik dan profesional.

Meski diperuntukkan untuk profesional, antarmuka dari aplikasi ini cukup sederhana sehingga pemula bisa menggunakan kartu pelajar. Bisa dengan melakukan penyuntingan sederhana dan menambahkan beberapa elemen animasi dan audio.

Aset yang dimiliki oleh aplikasi ini juga cukup banyak sehingga bisa dimanfaatkan dengan baik. Anda juga bisa menambahkan aplikasi dalam bentuk template sehingga tidak perlu melakukan proses penyuntingan lebih lanjut. Untuk bisa menggunakan aplikasi ini, Anda harus membeli lisensi terlebih dahulu.

12. Windows Movie Maker

Windows Movie Maker

Salah satu aplikasi bawaan dari komputer Windows yang bisa dimanfaatkan untuk menyimpan video standar. Aplikasi ini umumnya sudah terpasang secara langsung kan bisa digunakan untuk melakukan proses pengeditan.

Fitur yang ditawarkan cukup sederhana seperti melakukan pemotongan hingga menggabungkan beberapa video dan media. Selebihnya Anda bisa menyimpan video dan memilih format output yang sesuai dengan kebutuhan.

13. Avidemux

Avidemux

Aplikasi Avidemux merupakan software penyuntingan video gratis yang bisa digunakan pada komputer Windows. Meski gratis dan bisa digunakan secara bebas, aplikasi ini menawarkan fitur yang cukup mumpuni.

Anda bisa memanfaatkannya untuk melakukan penyuntingan standar seperti melakukan penggabungan beberapa video dengan media lain sampai pemotongan. Penambahan file audio juga bisa dilakukan pada aplikasi ini.

Aplikasi ini cocok sekali dipakai untuk pemula yang ingin belajar membuat konten untuk media sosialnya. Namun, Anda juga bisa memanfaatkannya untuk membuat video dengan kualitas yang lebih baik dan profesional.

14. Pinnacle Studio

Pinnacle Studio

Salah satu aplikasi edit video yang paling mudah digunakan dan ringan saat dipakai. Aplikasi Pinnacle Studio memudahkan anda untuk menggabungkan beberapa video dan media gambar menjadi satu.

Aplikasi ini juga menawarkan beberapa efek dan juga template yang hasilnya cukup menarik. Dengan menggunakan efek itu, video yang dibuat bisa lebih terlihat profesional dan tidak monoton.

Untuk bisa menggunakan aplikasi ini, Anda harus membayar lisensi mulai dari 50-100 dolar. Tergantung jenis paket yang dipilih.

15. Filmora

Filmora

Untuk Anda yang pernah menggunakan FilmoraGO versi Android, ini saatnya menggunakan Filmora versi PC yang memiliki koleksi aset yang lebih besar. Selain itu, kualitas video yang dihasilkan juga bisa maksimal.

Aplikasi ini bisa digunakan untuk menonton video secara profesional dengan antarmuka yang sederhana. Aplikasi juga menyediakan berbagai fitur menarik yang cukup intuitif sehingga pemula sekalipun bisa membuat video dengan mudah.

Untuk pengguna Android yang ingin menggunakan aplikasi edit video kami sarankan dengan Kinemaster Pro atau Alight Motion Pro, soalnya aplikasi tersebut merupakan pilihan terbaik untuk kebutuhan editing video.

Kesimpulan

Memilih aplikasi sunting video PC yang sesuai dengan kebutuhan sebenarnya tidak terlalu sulit. Yang harus Anda pikirkan adalah jenis konten apa saja yang akan dibuat dengan aplikasi tersebut. Apakah ingin membuat video untuk keperluan profesional atau sekadar belajar saja.

Apabila ingin menanting untuk kebutuhan profesional dan juga pekerjaan, tentu aplikasi yang digunakan harus memiliki kualifikasi yang tinggi. Selain itu, aplikasi tersebut umumnya berbayar dengan harga lisensi mulai ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Memilih aplikasi edit video PC juga harus disesuaikan dengan jenis laptop atau komputer yang dipakai. Jangan sampai, pc yang dimiliki tidak bisa membuka aplikasi tersebut karena terlalu berat.