Aplikasi Edit Suara

Para content creator saat ini sudah marak di dunia maya demi mencari penghasilan melalui cara modern. Maka, untuk menghasilkan kualitas audio yang baik kamu membutuhkan aplikasi edit suara yang terpercaya. Pasti akan membantu kontenmu memiliki kualitas suara yang baik.

Untuk aplikasi tersebut bisa digunakan oleh para profesional atau pemula dan ada yang tersedia secara gratis dan berbayar. Aplikasi berbayarnya pasti membawa fitur premium yang tidak terdapat pada aplikasi gratisan. Namun, kegunaannya akan tetap membantumu dalam editing audio.

Aplikasi Edit Suara Berkualitas Terbaik untuk PC dan HP

Kamu pasti akan senang dengan menggunakan aplikasi voice editing di bawah ini. Hal tersebut karena akan membantumu dalam membuat konten yang lebih menarik lagi. Demi menghasilkan konten berkualitas serta menarik maka investasikanlah waktu dan tenaga untuk mempelajari aplikasi ini.

1. Adobe Audition

Adobe Audition

Adobe Audition bisa kamu download dan instal di PC untuk membuat editing semakin baik dan mudah. Untuk mulai menggunakannya maka bisa mencoba aplikasi secara gratis sambil belajar mempelajari lebih dalam mengenai fitur-fitur di dalamnya.

Jika kamu sudah mulai merasa cocok dan nyaman menggunakannya maka bisa mulai berlangganan dengan investasi uang mulai dari 300 ribu setiap bulannya.

Bisa dibilang bahwa aplikasi ini merupakan aplikasi terbaik yang pernah ada untuk editing audio. Fitur yang ada di dalamnya sangat banyak sehingga cocok digunakan oleh profesional maupun pemula karena semakin tahun akan semakin upgrade untuk fitur-fitur bawaannya.

Beberapa fitur yang bisa dikenalkan yaitu multi-track editing serta mixing yang akan membuat aktivitas editing video akan semakin mudah serta efisien. Selain itu, fitur yang bisa digunakan adalah auto ducking yang mendukung teknologi AI.

Baca Juga  Aplikasi Desain Baju

Auto ducking tersebut termasuk fitur unggulan yang dapat digunakan untuk menurunkan volume background sound dengan menambahkan suara vokal, ucapan, dan semacamnya.

2. Audacity

Audacity

Instal Audacity di laptop atau PC kamu dan temukan pengalaman editing suara yang menarik. Kamu bisa mendapatkannya secara gratis namun tetap sistem operasinya sangat cocok untuk kamu gunakan. Fitur dan efek yang ditampilkan sangat beragam sesuai dengan kebutuhan editing suaramu.

Beberapa efek yang dapat kamu gunakan yaitu bass, treble, distorsi, penghapusan noise, serta didukung lebih banyak efek lainnya. Tak hanya efek saja, karena Audacity dilengkapi dengan alat analisis yang mendukung editing suara yaitu beat finder, finder silence, finder suara, dan lainnya.

Sangat beruntung jika kamu menggunakan aplikasi ini karena mendukung banyak format bahkan hampir semua format file audio. Beberapa yang didukung yaitu MP3, WAV, AIFF, PCM, OGG Vorbis, FLAC AC3, AMR, MP4, WMA, dan format lainnya yang masih banyak lagi.

Baca juga: Aplikasi Animasi 2D

3. Reaper

Reaper

Salah satu software yang mendukung editing suara yaitu Reaper yang dikenal sebagai software terkuat serta memiliki banyak fitur dan lebih terjangkau dibandingkan software lain. Namun, kamu tetap harus membandingkannya.

Untuk sebuah permulaan maka Reaper hadir untuk beberapa trek serta didukung dengan multichannel sebanyak 64 saluran di setiap treknya.

Keunggulan lain yang dimiliki yaitu bisa digunakan untuk merekam audio secara langsung ke mono, stereo, hingga file-file audio multikanal. Hal tersebut bahkan bisa digunakan bersama dengan merekam ke beberapa disk untuk redundansi data pada waktu yang bersamaan.

Untuk user interfacenya tidak semudah Adobe Audition atau aplikasi lainnya sehingga cocok digunakan bagi para profesional. Selain itu, jika kamu ingin mencoba maka bisa menggunakan free trial sehingga bisa menyesuaikan terlebih dahulu sebelum sepenuhnya menggunakan aplikasi ini.

Baca Juga  Mlive Mod Apk

4. Ableton Live

Ableton Live

Software selanjutnya yang bisa digunakan untuk editing suara adalah Ableton Live yang mengklaim bisa mendukung audio serta trek MIDI tanpa batas. Dengan begitu maka kamu dapat memasukkan banyak lapisan trek dalam proyek editing suara kamu.

Selain itu, aplikasi ini bisa didownload dan diinstal pada PC atau Laptop yang mana sangat menunjang kegiatan editing suara. Ableton Live juga didukung dengan MIDI Capture, 256 mono input channels, serta 256 mono output channels.

Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan sampai dengan 70GB suara pra-rekaman serta 46 audi effect untuk proyek kamu, sangat menarik bukan?

5. Cubase

Cubase

Software Cubase ini merupakan asal Steinberg yang pantas kamu coba untuk menghasilkan audio dalam kontenmu lebih berkualitas. Keunggulan dari software ini ada memiliki equalizer frekuensi sehingga membuat frekuensi trekmu terasa sangat halus.

Selain itu, fitur lainnya yaitu Audio-ins yang dapat membuat kamu menggunakan filter maupun efek yang terpisah pada trek audio kamu.

Untuk menggunakan software PC/Laptop ini maka kamu bisa menggunakannya secara gratis sebelum kamu benar-benar membelinya. Jika sudah cukup mahir serta puas menggunakan trial free tersebut kamu bisa membelinya dengan harga 1,6 juta.

6. Presonus Studio One

Presonus Studio One

Bagi kamu yang ingin menggunakan software edit suara yang berbeda maka bisa menggunakan Presonus Studio One yang sangat berguna dengan banyaknya fitur-fitur keren.

Dengan menggunakan software ini maka kamu bisa mendapatkan sebuah gagasan dari prototipe yang cepat pada sebuah lagu. Untuk bisa membuat prototipe maka bisa menggunakan fitur Chord Track Studio One.

Terdapat chord track yang membawa fitur seperti modulasi kunci, substitusi akor serta fitur lainnya sehingga mendukung prototyping lebih mudah. Bagi pemula software ini kurang cocok sehingga lebih baik digunakan oleh profesional.

7. Ardour

Ardour

Selanjutnya ada software yang sangat bagus karena bisa digunakan di berbagai macam komputer/PC. Fitur yang ditawarkannya sangat beragam mulai dari membuat rekaman kamu lebih mudah dengan mikrofon serta perangkat MIDI.

Baca Juga  Rantai Koin APK

Selain itu, fitur unggulannya sangat mudah digunakan seperti pemotongan suara, crossfades, transposisi, swing, serta berbagai fitur unggulan lain. Menariknya, jika menggunakan software Ardour maka kamu bisa menggunakan undo dan redo tanpa batas sehingga bisa mudah bereksperimen.

8. GarageBand

GarageBand

Aplikasi GarageBand bisa kamu gunakan melalui HP iPhone yang kekinian. Pada dasarnya aplikasi digunakan untuk merekam kemudian mengedit rekaman dengan menghapus noise serta menambahkan instrumental pada audiomu.

Dengan menggunakan aplikasi ini maka kamu bisa belajar membuat musik kamu sendiri pastinya dengan mudah karena aplikasinya dirancang sangat sederhana untuk para pemula.

9. Opinion

Opinion

Bagi yang senang membuat podcast maka sangat cocok menggunakan Opinion. Aplikasi edit suara ini memang dirancang untuk memotong-motong percakapan yang tidak diinginkan pada rekaman kamu.

Bahkan cara editingnya sangat mudah karena  hanya tap-tap saja maka kamu sudah memotong bagian audio tersebut dan secara otomatis akan tersambung pada bagian yang tidak terhapus.

 10. WaveEditor for Android

WaveEditor for Android

Kabar baik, karena aplikasi WaveEditor bisa  digunakan di android untuk menghasilkan output editan dalam berbagai format. Untuk proyek lagumu maka bisa memotong, menambahkan, serta menjadikan satu dari banyaknya audio sehingga menjadi satu kesatuan.

Tak hanya itu, WaveEditor dibekali dengan fitur menarik seperti rekaman langsung, zooming, panning, serta selection. Kemudian, kamu juga dapat menambahkan macro processes seperti fade, reverse, serta invert. Dengan menggunakan fiturnya maka audio kamu akan semakin menarik dan berkualitas.

Baca juga: Aplikasi Edit Video PC

Dari banyaknya rekomendasi di atas untuk aplikasi edit suara maka bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan kamu saat ini. Apakah kamu seorang content creator youtube, podcast, atau channel lainnya bisa menggunakan aplikasi di atas, semangat berkarya.