Pengertian Analisis

Analisis adalah suatu istilah ataupun sebutan yang seringkali digunakan dalam berbagai macam bidang ilmu pengetahuan, contoh nya seperti bidang ilmu akuntansi, manajemen, pengetahuan alam, ilmu bahasa, dan berbagai bidang ilmu lain nya. Kata analisis memang sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat Indonesia,  di karenakan kata ini bukanlah sebuah kata ataupun istilah yang baru saja ada.

Setiap manusia pernah mencoba untuk menerapkan arti dan juga makna dari analisis ini sendiri sejak pada usia anak-anak,  meski mungkin beberapa orang tidak menyadarinya. Yang menjadi dasar atas munculnya prasangka baru, pendapat, ataupun ide, yaitu sebuah informasi dan juga wawasan baru yang diperoleh oleh manusia. Kemudian analisis ditetapkan menjadi suatu kunci utama di dalam bidang pendidikan.

Semua hal yang berhubungan dengan ilmu menerapkan suatu metode yang dinamakan dengan analisis untuk dapat memahami dan juga memecahkan suatu permasalahan. Pada ulasan kali ini kami akan membahas dan mengulas mengenai analisis yang meluputi : Pengertian analisis, pandangan menurut para ahli, contoh kebutuhan analisis, dan masih banyak lagi. Jika kamu penasaran, yuk mari simak dan pahami ulasan di bawah ini.

Pengertian Analisis

pengertian analisis

Dalam ilmu linguistik,  analisa ataupun yang biasa disebut dengan sebutan analisis merupakan sebuah pembelajaran mengenai bahasa untuk dapat memeriksa secara lebih mendalam mengenai struktur bahasa tersebut. Sedangkan di dalam kegiatan laboratorium,  arti kata analisis atau analisa dapat juga diartikan sebagai kegiatan yang dilakukan didalam sebuah laboratorium untuk dapat meneliti zat di dalam sampel.

Namun di dalam penggunaan dan juga pengembangannya, anak krisis akan menjadi sorotan terutama di golongan para ahli bahasa. Hal ini dikarenakan kata analisis merupakan sebuah kata yang dipinjam dari kelas kata bahasa asing yaitu analysis. Dari akhiran yang terdapat di dalam bahasa Inggris yang memiliki akhiran -isys, Ketika pakai ke dalam bahasa Indonesia melahirkan akhiran -isis.

Jadi tugas dari pada kita selaku anak muda yang menjadi salah satu penduduk negara Indonesia, Yang perlu kita luruskan untuk dapat menggunakan bahasa indonesia yang baik dan juga benar, yaitu penggunaan bahasa manapun untuk menciptakan sebuah praktek bahasa yang benar dan juga baik, demi kemajuan bangsa yang lebih baik lagi.

Analisis juga dapat didefinisikan sebagai sebuah uraian setelah proses pengkajian yang dilakukan dengan sebaik-baiknya. Pemecahan suatu persoalan yang dapat dimulai dengan dugaan-dugaan akan kebenarannya. 2 Pengertian tersebut lebih mendekat dengan sebuah proses berpikir yang sistematis dan juga menggunakan metode analitik.

Pengertian Analisis Menurut Para Ahli

pengertian analisis

1. Menurut Mohammad Afdi Nizar

Analisis adalah sebuah evaluasi mengenai kondisi ataupun situasi dari ayat-ayat yang bersangkutan dengan akuntansi ataupun alasan lain yang dapat memungkinkan timbulnya suatu perbedaan yang dapat muncul di dalam bidang tersebut.

2. Rifka Julianty

Analisis merupakan sebuah penjabaran pada pokok yang berlandaskan atas penelaahan dan juga pada bagian itu sendiri, Cerita berisikan suatu hubungan antar bagian untuk mendapatkan suatu pengertian yang tepat dan juga pemahaman dari arti keseluruhan.

3. Robert J Schreiter, 1991

Analisa adalah suatu kegiatan membaca teks yang melikalisasikan sebuah tanda-tanda dan juga menempatkan tanda-tanda tersebut ke dalam sebuah Interaksi yang dinamis serta pengharapan akan tersampaikan nya pesan-pesan yang ingin disampaikan.

4. Minto Rahayu

Analisa atau yang biasa disebut dengan analisis merupakan sebuah cara untuk dapat membagi suatu objek ke dalam sebuah komponen-komponen ; Yang artinya menguraikan, melepaskan, menanggalkan, sesuatu yang terkait dan juga berpadu padan.

5. Husein Umar

Analisa atau yang biasa disebut dengan analisis merupakan sebuah proses kerja yang terdiri dari rentetan dan juga tahapan pekerjaan yang dilakukan,  sebelum melaksanakan sebuah riset / penelitian yang melalui rangkaian penulisan laporan

6. Hanif Al Fatta

Merupakan sebuah tahapan awal dalam mengembangkan suatu sistem yang memiliki tahapan fundamental dan sangat menentukan kualitas dari sebuah sistem informasi yang tengah berada di dalam proses pengembangan.

7. Effrey Liker

Analisa atau yang biasa disebut dengan analisis yaitu merupakan suatu waktu untuk dapat mengumpulkan bukti – bukti baru dan juga menemukan sebuah sumber dari suatu permasalahan yang merupakan akar dari permasalahan itu sendiri.

8. Syahrul

Analisis Berartikan sebuah kegiatan evaluasi terhadap suatu situasi ataupun kondisi dari sebuah pos-pos ataupun ayat-ayat yang bersinkronisasi dengan bidang ilmu akuntansi dan juga alasan-alasan yang dapat memungkinkan adanya perbedaan yang bermunculan.

9. Anne Gregory

Analisis merupakan sebuah langkah awal dari rangkaian proses perencanaan.

10. Kamus Akuntansi

Analisis merupakan suatu tahapan dalam melakukan sebuah evaluasi terhadap situasi dan juga kondisi dari ayat-ayat yang dapat berkaitan dengan bidang ilmu akuntansi serta alasan-alasan yang dapat memungkinkan adanya perbedaan baru yang bermunculan.

11. Menurut Dwi Prasostowo Darminto

Analisis dapat diartikan sebagai penjabaran dari sebuah pokok atas bagian – bagian nya dan juga penelaahan dari sebuah bagian itu sendiri. Analisis juga bisa dikatakan sebagai hubungan antara bagian yang memperoleh suatu pengertian yang tepat dan juga pemahaman arti dari keseluruhan.

12. Menurut Komarudin

Analisis yaitu merupakan suatu kegiatan dalam berpikir untuk dapat menyebarkan kan satu hal mengenai keseluruhan yang kemudian di jadikan sebuah komponen, Sehingga kita dapat mengenal tanda-tanda dari komponen tersebut,  hubungan antar komponen,  n&n juga fungsi dari masing-masing komponen dalam satu kesatuan yang terpadu.

13. Menurut Wiradi

Analisis merupakan sebuah kegiatan yang berisikan aktivitas dalam membedakan, mengurai, serta memilih dan juga memilah sesuatu untuk dapat di golongkan dan juga di kelompokkan berdasarkan dengan kriteria tertentu, kemudian dicarikan sebuah taksiran makna dan juga kaitan nya.

Fungsi Dan Tujuan Analisis

pengertian analisis

Berdasarkan sebuah rumusan yang didefinisikan sebelum nya, Kita dapat menarik kesimpulan bahwasanya analisis ini memiliki sekurang-kurangnya tiga tujuan dan juga fungsi utama. Akan tetapi secara spesifik,  hal tersebut akan bergantung terhadap bagaimana proses dari penggunaan metode analisis itu sendiri. Berikut ini kami akan menjabarkan mengenai fungsi dan juga tujuan analisis secara garis besarnya :

  • Analisis memiliki sebuah fungsi dan juga tujuan untuk dapat menentukan suatu keputusan. Yang dimaksudkan dalam hal tersebut ialah pengambilan sebuah keputusan yang berdasarkan dengan prediksi, dugaan, ataupun teori, dari sebuah hal yang sebelumnya dapat kita pahami dengan metode analisis.
  • Analisis memiliki tujuan untuk dapat memperoleh suatu pemahaman yang lebih mendetail terkait dengan suatu hal. Pemahaman yang diperoleh tersebut nantinya dapat dijabarkan kepada publik,  sehingga publik mendapat sebuah informasi yang bermanfaat dan juga tepat dari proses analisis tersebut.
  • Analisis juga berfungsi untuk dapat menguraikan sesuatu menjadi sebuah komponen-komponen kecil yang diduga memiliki sebuah keterkaitan satu sama lain. Kemudian uraian dari pada komponen tersebut dapat lebih mudah untuk di pahami, baik secara keseluruhan ataupun bagian – bagian nya.

Pemahaman yang mendalam mengenai suatu hal tidak mungkin dapat diperoleh dengan sebuah cara yang mudah. Tentunya perlu adanya tahapan-tahapan tertentu untuk dapat sampai sebuah titik terang dari pemahaman tersebut. Oleh karena itu di dalam proses analisis akan dibutuhkan sebuah langkah-langkah yang sistematis dalam pelaksanaannya. Berikut ini kami akan menjabarkan secara singkat mengenai langkah-langkah yang dimaksud.

Langkah pertama adalah dengan mengumpulkan materi-materi atau data-data penting yang sesuai dengan topik pembahasan dan yang akan dianalisis.  lalu kemudian memeriksa sebuah data mencatatnya menurut klasifikasi tertentu dan juga mengidentifikasikannya . Hasil dari proses tersebut kemudian diuji kembali agar mengetahui kualitas pencatatan data dan juga identifikasi dari data tersebut.

Setelah itu data yang sudah diuji, akan sampaikan kepada publik dalam bentuk yang yang mudah untuk dipahami, biasanya di sajikan dalam bentuk diagram ataupun sebuah tabel. Selanjutnya baru dapat diperoleh prediksi, teori, dan juga kesimpulan. Akan tetapi hasil dari data tersebut masih perlu dilakukan pengujian kembali agar dapat diketahui tingkat dari kebenarannya.

Baca juga: Pengertian Periklanan

Jenis Jenis Analisis

pengertian analisis

Jenis-jenis yang terdapat di dalam sebuah analisis dapat dikategorikan berdasarkan dengan teknik penggunaannya.  namun sebelum,  perlu mengenai perbedaan analisis ini yang berlandaskan kepada metode pengumpulan data ataupun metode penelitian yang digunakan di dalam suatu proses analisis tersebut.

Jenis analisis terbagi menjadi dua bagian atau dua jenis metode penelitian, Yaitu adalah metode penelitian kualitatif dan juga metode penelitian kuantitatif. Setiap metode penelitian tersebut memiliki teknik dan juga metode analisis yang berbeda-beda,  serta terdiri dari berbagai jenis. Berikut ini kami akan menjelaskan mengenai metode penelitian kuantitatif yang akan kami jabarkan sebagai berikut ini :

1. Analisis Deskriptif

Analisis deskriptif sendiri menggambarkan sebuah data yang didapatkan dengan apa adanya,  menggunakan suatu variabel umum di dalam statistik,  seperti media atau nilai, standar deviasi atau ukuran keragaman data, modus atau nilai yang paling sering muncul, dan juga mean atau rata-rata dari sebuah nilai.

2. Analisis Komperatif

Analisis komparatif merupakan sebuah metode ataupun teknik dari analisis yang berbandingan,   antar suatu tema dengan sebuah tema yang lainnya, ataupun beberapa kelompok yang terdapat di dalam tema pada kelompok – kelompok dari sebuah subjek yang berbeda – beda. Hasil yang dapat diperoleh dari analisis ini dapat ditemukannya suatu perbedaan ataupun persamaan dari beberapa hal yang dibandingkan.

3. Analisis korelasi

Analisis korelasi merupakan kebalikan dari jenis analisis komperatif, Analisis korelasi ini mencarikan sebuah keterkaitan antar beberapa tema yang berbeda – beda. Lalu kemudian teman-teman tersebut tidak pernah diuji ataupun di dibuktikan kebenarannya.

4. Analisis Kausalitas

Analisis kausalitas sendiri merupakan analisis yang yang bertujuan untuk dapat menemukan sebuah keterkaitan. Akan tetapi jenis analisis kausalitas ini lebih tertuju kan kepada sebuah pencarian informasi mengenai bagaimana suatu hubungan antara sebuah tema dengan tema yang lainnya, agar satu sama lain dapat saling mempengaruhi.

Metode penelitian kuantitatif sendiri menggunakan sebuah informasi ataupun data-data yang biasanya diolah menggunakan metode matematis atau au diproses dalam sebuah bentuk statistik. Metode penelitiankuantitatif ini biasanya digunakan pada pemahaman terhadap sebuah ilmu pasti seperti fisika, kedokteran, teknik, ekonomi, dan lain sebagai nya.

Sedangkan metode kualitatif lebih sering mengutamakan suatu pengolahan data yang di lakukan secara mendalam. Data-data tersebut biasanya berbentuk sebuah hasil dari sumber-sumber literatur, wawancara, observasi, dan lain sebagainya. Karena hal tersebut metode yang satu ini lebih banyak menggunakan sebuah teknik analisis deskriptif.

Perbedaan Analisa dan Analisis

pengertian analisis

Dalam sebuah pelaksanaannya,  kita seringkali menjumpai istilah dari analisa ketimbang analisis. Hal tersebut bisa menjadi suatu hal yang cukup membingungkan jika di hadapkan dengan orang – orang awam. Akan tetapi kebingungan tersebut sebetulnya tidak perlu di jadukan sebuah masalah yang pelik.

Analisa dan juga analisis bukanlah sesuatu hal yang berbeda. Penulisan dari kedua istilah analisa dan analisis memanglah berbeda,  ada akan tetapi pada umumnya memiliki suatu makna yang tidak berbeda ataupun sama. Perbedaan yang terdapat dalam penulisan tersebut terjadi dikarenakan proses penyempurnaan ejaan terus dilakukan sampai dengan saat ini.

Analisis sendiri merupakan suatu bentuk dari penyempurnaan sebuah kata atau istilah analisa. Kedua-duanya merupakan kata yang berasal dari bahasa Inggris yaitu analysis. Bidang bahasa yang terdapat di Indonesia memiliki pendapat bahwasanya sebuah kata yang berasal dari sebuah bahasa asing, harus dituliskan atau dicatat semirip mungkin dari kata aslinya.

Itulah mengapa kata analisis di resmikan menjadi sebuah ejaan yang tergolong ejaan tidak baku. Kemudian istilah tersebut digantikan dengan sebutan analisis. Sama halnya dengan sebuah penulisan kata Resiko yang merupakan sebuah kata yang berasal dari bahasa Inggris yaitu risk. Saat ini kata tersebut telah disempurnakan menjadi sebuah kata yaitu risiko.

Baca juga: Metode Penelitian

Pengguanaan Kata Analisis Di Dalam Istilah

pengertian analisis

Proses analisis memiliki hubungan yang begitu dekat dengan bidang-bidang ilmu pengetahuan yang lainnya. Maka dari itu, dalam masing – masing disiplin ilmu, Proses dari sebuah analisis ini dilakukan dengan cara yang berda – beda, antara proses satu dengan proses yang lain nya. Resapan dari analisis ini dalam berbagai macam bidang, akan dijabarkan dalam poin – poin yang terdapat di bawah ini :

Dalam Bisnis

Seorang pengusaha tidak bisa sembarangan dalam mengambil sebuah keputusan. Tentunya sebelum ia mengambil sebuah keputusan perlu diadakan adanya analisis bisnis, dengan menerapkan sebuah evaluasi yang menyeluruh terhadap berbagai aspek yang dapat mempengaruhi kemajuan kinerja dari sebuah perusahaan.

Aspek – aspek yang di maksud dalam hal ini meliputi performa keuangan, posisi, kinerja partner, perencanaan dan juga strategi, atmosfer bisnis, suasana kerja, serta performa dari karyawan yang bekerja di perusahaan tersebut. Di karenakan hal tersebut, proses analisis keuangan merupakan sebuah bagian dari suatu analis binis. Karena di anggap sebagai hal yang sensitif untuk di campurtangankan.

Melalui sebuah analisis bisnis yang terdapat di dalam unsur – unsur tadi, sebuah perusahaan bisa mengetahui kelemahan dan juga kekuatan yang di milikinya, serta ancaman dan juga peluang yang mungkin terjadi di suatu masa. Karena hal itu, perusahaan jadi bisa untuk mempersiapkannya dengan cara mengambil sebuah keputusan yang cerdas dan juga tepat untuk dapat meraih sebuah kemajuan.

Dalam Bahasa

Dunia linguistik atau yang biasa disebut dengan sebutan dunia bahasa juga menerapkan sebuah analisis. Metode yang terdapat di dalam nya biasanya di manfaatkan untuk dapat mendalami struktur dari suatu bahasa yang tengah di gunakan oleh sekelompok masyarakat di suatu daerah tertentu, dalam media tertentu, ataupun dalam situasi tertentu, baik yang meluas maupun yang terkesan khusus

Metode pendekatan yang terdapat di dalam analisis pasar terbagi menjadi 3 bagian. Yang pertama adalah pendekatan pankronis, pendekatan pankronis merupakan sebuah pendekatan yang mencampurkan dua macam metode pendekatan, yaitu pendekatan sinkonik, dan juga pendekatan diakronis. Metode ini menggunakan data – data atau informasi dalam suatu bentuk statistik yang di kategorikan berdasarkan sebuah klasifikasi tertentu, Untuk dapat memahami sebuah fenomena bahasa agar lebih objektif.

Metode pendekatan yang kedua merupakan metode pendekatan diakronis, yaitu sebuah metode yang berisikan kebalikan dari metode singkronis. Metode analisis ini menggunakan sebuah penelusuran data ataupun informasi mengenai bahasa dari zaman ke zaman. Metode ini umumnya dilakukan untuk dapat memahami sejarah dari sebuah bahasa yang memiliki perubahan hingga bisa digunakan pada masa yang sekarang ini.

Metode terakhir yaitu Metode pendekatan sinkronik,  Metode pendekatan sinkronik merupakan sebuah metode yang menggunakan sebuah variabel berjenis waktu.  yang dimaksud di dalam hal tersebut artinya analisis dalam metode ini dilakukan kepada sebuah fenomena – fenomena tertentu yang berkaitan dengan bahasa serta yang terjadi di dalam suatu waktu tertentu.

Dalam Ilmu Kimia

Seorang kimiawan yang melakukan analisis terhadap suatu zat,  umumnya untuk dapat mengatahui dan menguraikan komposisi apa saja yang terdapat di dalam zat tersebut. Hal ini mencakup jenis senyawa penyusun ataupun jumlah konsentrasi serta sebuah pengembangan eksperimen terhadap zat-zat kimia tersebut.

Dalam ilmu di bidang kimia,  sebuah rangkaian analisis baru bisa di laksanakan setelah melalui rangkaian experimen pengayakan untuk memilah dan juga memilih suatu unsur yang terdapat di dalam zat tersebut. Metode yang digunakan untuk dapat memisahkan komposisi di dalam sebuah zat ada 2, yaitu metode instrumental dan juga metode klasik

Metode klasik berisikan mengenai distilasi, ekstraksi, dan lain sebagainya. Ataupun melalui sebuah mengamatan dari titik lelehnya, volume, massa, bentuk, bau, dan juga warna nya.Sedangkan sebuah metode instrumen tersendiri merupakan metode yang di perlukan tambahan berupa alat pemilah, contoh nya seperti spektroskop dan lain sebagai nya.

Dalam Ilmu Kesehatan

Fungsi analisa di dalam bidang ilmu kesehatan memiliki fungsi yang serupa dengan ilmu di bidang kimia. Seorang analis yang terdapat di dalam kedua bidang tersebut,  sama-sama bekerja dalam sebuah laboratorium. Dalam kasus yang serupa,  apa seorang analis kesehatan juga diharuskan untuk melakukan sebuah penguraian terhadap suatu zat di dalam jaringan, sama halnya seperti analis kimia.

Akan tetapi analisis kesehatan ini memiliki ruang lingkup dari penelitian yang lebih luas. Contoh dari ruang lingkup penelitiannya adalah seperti sistem kekebalan tubuh atau yang biasa disebut juga dengan imunologi,  pemeriksaan organ organisme dalam tubuh atau yang biasa disebut dengan parasitologi,  identifikasi penyakit, serta pemeriksaan darah atau hematologi.

Analisis dalam bidang kesehatan juga memungkinkan dunia medis bisa melakukan identifikasi organisme yang berukuran super mini atau yang biasa disebut dengan mikrobiologi,  contoh mikro seperti virus,  bakteri, dan juga jamur atau fungi. Oleh karena itu profesi dari seorang analis kesehatan bisa juga dimanfaatkan di dalam bidang industri makanan.

Dalam Sistem Informasi

Dalam sebuah sistem informasi sendiri,  Sangatlah diperlukan guna mengetahui kebutuhan dari sebuah sistem yang akan dibangun. Analisis dalam sistem informasi merupakan sebuah cara untuk dapat mengidentifikasi suatu permasalahan pada suatu rencana sistem,  yang dapat dicarikan dan juga ditemukan solusi dari permasalahan tersebut

Langkah-langkah yang dilakukan untuk melakukan sebuah Analisis sistem informasi,  tidak dengan sebuah proses analisis pada umumnya. Proses analisis ini dimulai dari langkah mengidentifikasi suatu masalah,  kemudian memahami dan juga menentukan pola kerja dari sebuah sistem, selanjutnya menganalisa permasalahan yang tengah terjadi.

Untuk melakukan analisis di dalam sebuah sistem informasi, di perlukan banyak sekali data yang terdiri dari berbagai macam aspek. Karena hal itu seorang analisis di dalam bidang sistem informasi tidak hanya harus memahami mengenai pemrograman dan juga komputer saja,  akan tetapi juga di haruskan untuk memahami teknik olah data, wawasan bisnis yang menyeluruh, aplikasi sistem sampai dengan ilmu komunikasi.

Dalam Keuangan

Sebuah laporan keuangan merupakan suatu instrumen penting yang perlu diperhatikan dalam mengambil sebuah keputusan bisnis. Uraian yang terdapat di dalamnya memuat banyak Data ataupun informasi terkait dengan performa keuangan suatu perusahaan. Mulai dari sumber dana, ekuitas, aset, margin laba,  sampai dengan efektivitas kinerja sebuah perusahaan dalam meraih profit .

Dikarenakan memuat banyak sekali informasi penting,  laporan keuangan sendiri merupakan sebuah subjek yang sangat tepat untuk di analisa . Terlebih ketika akan melakukan mengambil sebuah keputusan di dalam kepentingan bisnis perusahaan. Analisis keuangan pada umumnya menggunakan data-data dari laporan pendapatan dan juga laporan neraca.

Melalui proses analisis keuangan,  setiap tidak sebuah dapat mengetahui posisi keuangannya dalam periode waktu tertentu . Kemudian sebuah perusahaan dapat memahami sejauh mana kinerja nya,  kelebihan dan juga kekurangannya, serta perusahaan tersebut membutuhkan suatu pengembangan yang seperti apa.

Karena hal itu,  para pejabat perusahaan yang berfungsi sebagai penentu arah dari sebuah perusahaan, tidak dapat mengambil sebuah keputusan tanpa dilakukan nya proses analisa keuangan terlebih dahulu. Analisis menjadikan sebuah perusahaan dapat terhindar dari suatu keputusan yang didasarkan pada intuisi ataupun dugaan murni yang tidak bisa dipastikan.

Dalam Jurnal

Untuk sebuah jurnal sangatlah penting bagi para mahasiswa yang pada umumnya akan bergelut dengan sebuah aktivitas yang terkait dengan pembuatan jurnal. Karena hal itu nantinya Mahasiswa dapat menuliskan sebuah jurnal secara lebih komprehensif dan juga sistematis.

Analisis jurnal cukup diperlukan untuk dapat mengetahui fokus pembahasan dari sebuah jurnal . Selain itu juga dapat mencari sebuah kelemahan dan juga kelebihan dari suatu jurnal,  Al baik berdasarkan data yang digunakan ataupun hasil laporan yang diputuskan di dalam sebuah penelitian. Setelah mengetahui kekurangan dan kelebihannya,  Nantinya seorang mahasiswa dapat menemukan sebuah perbaikan penulisan untuk jurnalnya.

Terkadang untuk membuat seorang tulisan seorang penulis memerlukan sumber yang di angkat dari sebuah jurnal. Salah satu fungsi analisis jurnal juga dapat dilakukan atau dapat berfungsi untuk mencari sumber-sumber yang tepat dan juga sesuai berdasarkan tema tulisan yang tengah dikerjakan oleh seorang penulis.

Baca juga: Teks Ulasan

Contoh Analisis

pengertian analisis

  • Model yang di gunakan

Sistem pembelajaran pada siswa sekolah dasar.

  • Isi :

Secara teoritis, konsep dari sebuah pecahan merupakan suatu topik yang dapat di katakan lebih sulit jika di bandingkan dengan sebuah bilangan bulat ( Mark, 1988 ). Karena di dalam mempelajari sebuah konsep pecahan memiliki kemungkinan akan terjadinya miss konsepsi yang terjadi kepada para siswa. Selain pembelajaran mengenai pecahan yang memang dapat di katakana sulit.

Seorang aanak yang berada di dalam lingkungan sekolah dasar, selalu saja mempunyai suatu keinginan – keinginan agar dapat bermain, Karena pada dasarnya hal itu merupakan sebuah bagian dari diri anak itu sendiri. Contoh nya dapat kita perhatikan di dalam kehidupan sehari – harinya, ketika sedang menontoh sebuah film kartun atau pun membaca sebuah komik.

Untuk itu kita perlu memikirkan sebuah sistem pembelajaran yang dapat memberikan kesan yang menyenangkan serta disesuaikan dengan kapasitas dari masing – masing siswa – siswi tersebut. Agar nantinya seorang siswa yang berada di di bangku sekolah dasar dapat mencerna dan juga memahami ilmu dengan mudah,  tanpa adanya paksaan ataupun dorongan dari luar dirinya.

Hal ini ini selaras dengan yang disampaikan oleh Risman ( 2003 ), Untuk dapat menyelenggarakan sebuah sistem pendidikan yang menyenangkan bagi anak-anak, sehingga anak-anak tersebut bisa terus-menerus mendapatkan prestasi. Ada 3 C yang perlu menjadi perhatian para guru, yaitu children atau anak – anak nya itu sendiri, content atau materi yang di sampaikan, dan juga context atau situasi.

Lebih lanjutnya Risman menjabarkan mengenai perlakuan yang tepat dan juga sebuah materi yang sesuai tidak akan menghasilkan suatu hal yang positif apabila tidak didukung dengan sebuah situasi si yang tepat ataupun menyenangkan . Berdasarkan uraian yang diberikan dari latar belakang tersebut, Diperlukan adanya suatu tindakan dari pihak sekolah ataupun guru untuk dapat menerapkan dan juga mencari suatu model pembelajaran.

Model dari suatu pembelajaran yang diharapkan merupakan model pembelajaran yang efektif dan juga bisa menjadi alternatif untuk dapat meningkatkan serta mengembangkan pemahaman yang di miliki oleh para siswa terhadap sebuah konsep pecahan dengan tetap harus memperhatikan perkembangan dari tingkat jiwa anak tersebut.

  • Saran

Siswa yang duduk di bangku sekolah dasar merupakan seorang yang masih senang dengan masa kanak – kanaknya. Yang artinya mereka lebih senang ketika bermain ketimbang belajar, hal ini yang perlu menjadi perhatian dari pada guru dan juga orang tua untuk dapat mengantisipasinya. Ada baiknya jika metode pembelajaran untuk siswa di bangku sekolah dasar di modifikasi menjadi sebuah model ataupun metode pembelajaran yang terkesan menyenangkan dan tidak membosankan.

Para pengajar bisa memanfaatkan kreatifitas dan juga inovatifitas yang dimilikinya untuk membuat sebuah sistem pendidikan yang menyenangkan. Contoh nya dengan menggunakan infocus sebagai media pembelajaran yang bisa di fungsikan untuk menampilkan gambar ataupun video pembelajaran. Dalam hal ini memang di perlukan adanya sebuah hubungan kerja sama yang baik antar orang tua dengan para pengajar.

Contoh Analisis Jurnal Pendidikan

  • Model yang di gunakan :

Pengaruh Model Pembelajaran Arias Berbantuan Media Karaktur Terhadap Pemahaman Konsep IPA

  • Isi

Model pembelajaran Arias merupakan salah satu model yang sangat cocok untuk dapat digunakan guna memaksimalkan sebuah penanaman dan juga Pemahaman konsep ilmu pengetahuan alam pada siswa kelas 4 SD. Sebuah model atau metode the dari pembelajaran Aries adalah metode pembelajaran yang sistematik, sederhana, bermakna, serta dapat dimanfaatkan oleh para pengajar sebagai suatu dasar untuk melakukan aktivitas pembelajaran dengan sangat baik

Untuk dapat menunjang model pembelajaran Arias ini, diperlukan adanya suatu media sebagai sarana pembelajaran visual yang dapat dipandang, dilihat, disimak, dan juga diperhatikan oleh para siswa yang tentunya akan membuat proses belajar mengajar menjadi lebih menarik. Penggunaan media tersebut dikarenakan para siswa lebih menyukai gambar ketimbang tulisan,  an-nahl ini dapat menambah semangat belajar para siswa.

Media karikatur yang dapat digunakan di dalam proses belajar mengajar Contohnya seperti gambar alam ataupun gambar makhluk hidup yang dijadikan sebagai objek pembelajaran. Secara tidak langsung gambar tersebut dapat menyebabkan pesan-pesan yang mendalam mengenai makhluk hidup dan juga lingkungannya.

Arias sendiri merupakan singkatan dari Assurance Yang berarti siswa tidak akan merasa malu lagi ketika menyampaikan sebuah Pengetahuan yang dimiliki oleh seorang siswa tersebut. Relevance Berarti kan bahwasanya siswa dapat mengembangkan suatu daya nalar yang dimilikinya. Interest Artinya siswa bisa menyampaikan sebuah ide ataupun gagasan melalui kegiatan diskusi secara berkelompok, membangkitkan minat dan juga bakat siswa ketika pembelajaran sedang berlangsung. Assessment Artinya memberikan sebuah kesempatan kepada para siswa untuk dapat melakukan presentasi, serta mengemukakan suatu pendapat. Satisfaction yang artinya siswa di berikan suatu penghargaan agar dapat memupuk rasa namhha terkait dengan prestasi yang telah digapai nya.

  • Hasil

Populasi yang termasuk ke dalam penelitian ini merupakan seluruh siswa kelas 4 di di gugus 10 Kecamatan Mengwi.  Kecamatan tersebut didistribusikan ke dalam 4 sekolah dasar yaitu SD No. 03 penarungan,  SD No. 02 penarungan, SD No. 01 penarungan, dan juga SD No. 05 penarungan. Dari hasil rata – rata pemahaman sebuah konsep mata pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, Di dapatkan informasi bahwa kelompok belajar siswa yang turut serta dalam mengikuti proses belajar mengajar dengan menggunakan model atau metode pembelajaran arias dengan berbantuan media karikatur memiliki persentase yang lebih tinggi di banding kelompok siswa yang mengikuti suatu pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran secara konvensional

  • Kelebihan

Siswa bisa mengkonstruksikan dan juga menemukan pengetahuannya sendiri, Bisa menanamkan rasa kepercayaan terhadap dirinya sendiri,  serta menyadari kekuatan dan juga kelemahan yang terdapat pada materi pembelajaran tertentu. Dikarenakan adanya keterkaitan antara kehidupan dan juga materi yang disampaikan oleh pengajar Membuat mereka percaya bahwasanya Apa yang sedang mereka pelajari akan berguna di kehidupan nyata, hal ini tentunya dapat mencegah sebuah rasa bosan. Selain daripada itu seorang siswa juga akan dituntut untuk mengembangkan kreativitas yang dimilikinya Sehingga nantinya kreativitas ini akan berguna untuk kehidupan siswa kedepannya. Jadi model area sangat direkomendasikan untuk para siswa yang duduk di bangku kelas 4 SD.

  • Kelemahan

Untuk dapat menerapkan model pembelajaran arias ini, di butuh kan fasilitan dan juga bahan pengajaran yang lengkap. Tentunya untuk dapat memenuhi kebutuhan tersebut, akan lebih banyak biaya yang di keluarkan ketimbang dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional. Karena hal ini pihak pengajar dan juga pihak kelembagaan sekolah perlu mengadakan diskusi yang akan menghasilkan sebuah solusi terkait dengan metode pembelajaran yang akan di terapkan.

  • Saran

Untuk dapat memberikan semangat dan juga menghindari rasa bosan dari para siswa, seorang pengajar perlu memberikan suatu metode ataupun model dalam pembelajaran yang lebih kreatif serta inovatif seperti salah satunya yaitu model Aries. Akan tetapi seorang pengajar juga diharapkan untuk dapat mengatur waktu dalam penggunaan modal tersebut, untuk meminimalisir adanya kebosanan di dalam diri siswa.

Selain daripada itu fasilitas dan juga bahan yang digunakan harus tetap dalam jangkauan biaya yang ekonomis. Secara tidak langsung seorang guru dituntut untuk dapat mengembangkan kreativitas dan juga imajinasinya. Selain itu seorang siswa juga perlu dituntut untuk tetap kritis bersungguh-sungguh dan juga Mandiri dalam mengikuti proses belajar mengajar.

Baca juga: Teks Anekdot

Akhir Kata

Itulah tadi ulasan kami mengenai pengertian analisis yang meliputi pengertian analisis, fungsi, contoh dari analisis dan lain sebagainya. Terimakasih telah membaca ualasan ini sampai dengan akhir, semoga kamu senantiasa ada dalam lindungan allah SWT, dan semoga ulasan kali ini dapat berguna untuk menambah wawasan serta pengetahuan yang kamu miliki. Sampai jumpa di ulasan-ulasan kami selanjutnya.

Leave a Comment