Alat Musik Harmonis

Alat Musik Harmonis – Musik merupakan sebuah suara yang tersusun sedemikian rupa sehingga menghasilkan Irama Nada harmonisan dan juga lagu. Musik merupakan sebuah jenis fenomena intuisi, memperbaiki, untuk mencipta, dan juga mempersembahkannya merupakan salah satu bentuk dari unsur seni. Beberapa ahli juga mengatakan bahwasanya musik merupakan gabungan dari suara vokal dan juga instrumental yang dihasilkan oleh instrumen musik itu sendiri.

Para peneliti dari University of Missouri sepakat bahwasannya mendengarkan sebuah musik dapat meningkatkan suasana hati. Hasil yang di dapatkan dari sebuah penelitian dan kemudian di publikasikan ke dalam the journal of positive psychologi mengungkapkan bahwasanya ada sebuah perbaikan dari mood  pendengar musik dan juga menurun nya tingkat stres selepas rutin mendengarkan musik selama kurun waktu 2 minggu.

Ada banyak sekali jenis instrumen musik harmonis yang tersedia saat ini, salah satu yang akan kami bahas hari ini mengenai alat musik harmonis yang meliputi pengertian, contoh, dan cara memainkannya. Jika kamu penasaran mengenai instrumen musik harmonis ini, Yuk mari simak dan juga pahami penjelasan kami mengenai instrumen musik harmonis yang akan kami bahas pada ulasan di bawah ini.

Pengertian Alat Musik Harmonis

Pengertian Alat Musik Harmonis

Pengertian alat musik harmonis itu sendiri adalah sebuah instrumen musik yang dapat menghasilkan tiga buah nada atau pun lebih secara bersamaan. Kemudian dari nada – nada tersebut akan menciptakan sebuah lagu yang terkesan sangat harmonis, Sehingga ketika kamu mendengarkannya, pendengaranmu akan terasa sangatlah nyaman.

Untuk kamu para pecinta musik, Tentunya kamu pasti mengetahui unsur-unsur penting yang terdapat di dalam musik itu sendiri. Ya betul ada 3 unsur yang terdapat di dalam seni musik, Yaitu yang pertama ritme, yang kedua Harmoni, dan yang ketiga adalah melodi. Ketiga unsur tersebut di hasilkan berdasarkan pengaturan nada yang kamu mainkan.

Sedangkan melodi sendiri merupakan sebuah ritme atau serangkaian nada yang ada di dalam sebuah musik. Secara harfiah melodi merupakan sebuah urutan yang terdapat di dalam nada dan juga jangka waktu dalam sebuah nada. Sebagai contoh yang mudah untuk dipahami yaitu dalam sebuah  band seorang pemain bass, seorang pemain drum, seorang pemain keyboard, dan seorang yang memainkan gitar, tentunya memainkan melodi nya masing-masing sesuai dengan instrumen musik yang mereka gunakan.

Sedangkan Harmoni sendiri adalah sebuah gabungan dari nada – nada yang dimainkan secara bersamaan dan membentuk sebuah kesatuan. Harmoni juga bisa diartikan sebagai rangkaian chord – chord yang dimainkan sehingga menghasilkan sebuah musik yang nyaman ketika didengarkan. Harmoni inilah yang biasanya membawa kamu ke dalam suasana yang disampaikan oleh musik itu sendiri.

Jenis Alat Musik Harmonis

Jenis Alat Musik Harmonis

Alat musik harmonis ini Tentunya memiliki berbagai jenis. Mulai dari yang cara memainkan nya di pukul, di goyang – goyangkan, di petik, dan lain sebagainya. Nah di bawah ini kami akan menjabarkan beberapa jenis alat musik  yang termasuk ke dalam kategori alat musik harmonis .Jika kamu penasaran mengenai alat musik harmonis ini, Yuk mari simak dan juga pahami beberapa jenis instrumen musik harmonis yang akan kami jabarkan di bawah ini :

Alat musik harmonis sendiri di bagi menjadi 2 bagian yaitu alat musik harmonis modern dan juga tradisional, Nah berikut ini kami akan menjabarkan mengenai alat musik berdasarkan dengan jenis nya. Yuk mari simak dan juga pahami pengertian dan juga contoh alat musik harmonis modern serta juga tradisional.

Contoh dan Fungsi Alat Musik Harmonis Tradisional

Contoh dan Fungsi Alat Musik Harmonis Tradisional

Alat musik harmonis tradisional merupakan sebuah instrumen musik  yang di ciptakan dan juga di kembangkan secara turun temurun. Alat musik tradisional ini biasanya di jadikan sebagai warisan dari nenek moyang yang pernah hidup di suatu tempat. Contoh nya seperti di daerah banten memiliki Alat musik tradisional berupa gendang.

Alat musik harmonis tradisional tersebut tetap di jaga agar tidak punah tergerus oleh gerusan zaman. Ini adalah salah satu kewajiban kita selaku kaum muda, untuk menjaga dan juga melestarikan budaya yang ada di indonesia. Salah satu nya adalah alat musik yang satu ini. Tidak perlu berlama – lama lagi, berikut ini adalah contoh dari alat musik tradisional :

A. Alat Musik Harmonis Tradisional Bonang

Alat musik harmonis tradisional yangpertama bernama bonang. Bonang ini merupakan sebuah alat musik yang di ciptakan dan juga di lestarikan oleh masyarakat jawa, tepat nya di jawa tengah. Alat musik yang satu ini biasanya di mainkan di setiap acara pagelaran gamelan jawa, dan juga di mainkan bersamaan dengan instrumen musik gong serta kendang. Instrumen musik harmonis tradisional bonang ini sangat berperan penting dari penguat rima pada lagu.

Alat musik harmonis tradisional bonang adalah sebuah alat musik yang terbuat dari bahan logam – logam an seperti besi, perunggu, atau pun besi. Instrumen musik  yang satu ini berbentuk menyerupai sebuah pot yang bulat yang memiliki sebuah tonjolan di bagian tengah nya. Cara untuk meainkan alat musik yang satu ini adalah dengan cara di pukul dengan menggunakan pemukul khusus untuk alat musik yang satu ini berbahan dasar kayu dan di lapisi dengan sebuah karet atau pun kain.

Di ujung tongkat pemukul tersebut di lipatkan sebuah karet atau pun kain. Pelapisan yang ini bertujuan untuk menghasilkan musik yang lebih halus ketimbang tidak menggunakan kain atau pun karet. Bonang sendiri memiliki 2 jenis, yaitu bonang barung yang berukuran lebih besar, serta bonang penerus yang memiliki ukuran lebih kecil.

Bonang barung yang terdapat di dalam sebuah bonang dan juga memiliki ukuran sedang, memiliki oktaf tengah sampai dengan oktaf yang tinggi. Bonang barung tersebut merupakan salah satu dari beberapa instrumen yang terdapat di dalam bonang.

Dalam sebuah teknik pukulan yang terdapat di dalam permainan instrumen musik bonang barung itu sendiri memiliki pukulan – pukulan atau pun pola – pola nada yang bisa mengantisipasi sebuah nada yang akan datang, dan selanjutnya di tuntun untuk menghasilkan suatu alat-alat pada sebuah lagu.

Bonang penerus merupakan sebuah bonang yang memiliki urutan yang paling kecil, dan memilikin oktaf yang tinggi. Pada teknik pukulan yang di gunakan di dalam bonang penerus ini memiliki kecepatan dua kali lipat lebih cepat di banding dengan bonang barung. Bonang penerus ini juga di fungsikan sebagai pelengkap atau pun pengisi kekosongan nada yang di hasilkan oleh bonang barung.

Cara yang bisa kamu lakukan untuk memainkan bonang penerus ini sama persis seperti memaninkan bonang barung. Sesuai dengan penamaan nya yaitu bonang penerus, bonang penerus hanya tinggal mengikuti nada – nada atau alur musik yang di hasilkan oleh bonang barung.

B. Alat Musik Harmonis Kolintang

Alat musik harmonis tradisional berikut nya adalah kolintang. Kolintan merupakan sebuah alat musik yang berasal dari sebuah daerah timur indonesia yaitu tepatnya di sulawesi utara. Alat musik harmonis tradisional ini di buat dengan bahan dasar balok kayu, yang kemudian di susun sesuai dengan tangga nada. Instrumen musik yang satu ini di mainkan dengan cara memukul nya dengan menggunakan pemukul khusus yang juga berbahan kayu.

Pada zaman dahulu kala ada sebuah desa yang namanya harum yaitu desa bernama To Un Rano yang saat ini di kenal dengan sebutan Tondano. Pada sebuah desa yang terletak di minahasa ini, ada seorang gadis yang cantik dan rupawan. Karena kecantikan nya tersebut, ia menjadi seorang yang tersohor atau terkenal ke setiap suudut desa tersebut. Karena kecantikan nya juga, banyak sekali pemuda yang jatuh hati kepadanya.

gadis yang cantik dan rupawan tersebut bernama lintang, ia memiliki suara yang indah dan juga merdu. Pada suatu hari ada sebuah pesta yang di khususkan untuk muda – mudi desa itu, acara tersebut di adakan di desa To Un Rano. Pada saat itu juga hadirlah seorang pemuda yang gagah dan juga sangat tampan, kemudian pemuda tersebut berkenalan dengan gadis bernama lintang itu. Nama dari pemuda tersebut adalah makasiga.

Makasiga memiliki sebuah keahlian dalam bidang ukir – ukiran. Seiring dengan berjalan nya waktu, makasiga memberanikan diri untuk meminang lintang. Kemudian lintang menerima nya dengan satu syarat yang harus di penuhi oleh makasiga, yaitu : Makasiga di haruskan untuk mencari sebuah alat musik yang memiliki suara lebih merdu dari pada seruling emas.

Karena makasiga memiliki keinginan yang kuat untuk meminang lintang, maka makasiga memutuskan diri untuk berkelana keluar masuk hutan untuk dapat mencari alat musik yang menjadi syarat untuk dapat meminang lintang. Untuk menghangatkan tubuh nya ketika malam tiba, makasiga membelah sebatang kayu yang kemudian ia jemur. Setelah kering, kayu tersebut ia ambil kemudian di pindahkan ke tempat lain dengan cara melemparkan nya.

Saat belahan kayu tersebut jatuh dan membentur tanah, terdengarlah sebuah bunyi yang teramat nyaring dan juga merdu. Saat itu makasiga menyadari satu hal ” kayu – kayu tersebut bisa ia gunakan untuk memenuhi syarat dari lintang ” . Karena nyaring dan juga merdunya kayu – kayu tersebut, Maka pemburu yang ada di dalam hutan tersebut mencari sumber dari bunyi yang merdu dan nyaring itu.

Pada saat itu makasiga sedang dalam keadaan sakit dan juga badannya kurus kering di karenakan terlalu fokus untuk mencari sebuah instrumen musik  yang akan di jadikan syarat meminang lintang, hingga ia lupa untuk sekedar makan dan juga minum. Dua orang pemburu tadi kemudian menemukan nya lalu membawanya kedesa. Kemdian setelah sampai desa keadaan nya makin parah, sehingga ia menghembuskan nafas terakhirnya.

Mendengar kabar tersebut lintang pun kemudian sakit, dan tak lama menyusulnya menuju alam baka. Cerita tadi merupakan sebuah cerita rakyat yang merupakan asal – usul dari terciptanya alat musik harmonis tradisional kolintang. Instrumen musik yang jika di mainkan akan menghasilkan bunyi yang nyaring serta merdu. Kayu yang biasa di gunakan untuk membuat instrumen musik  yang satu ini merupakan kayu telur, bandarang dan kayu sejenis nya.

C. Alat Musik Harmonis Tradisional Angklung

Angklung adalah alat musik harmonis tradisional yang  berasal dari Jawa Barat. Angklung sendiri merupakan sebuah alat musik yang terbuat dari bambu. Alat musik harmonis tradisional ini biasa dimainkan untuk mengiringi lagu-lagu yang  berasal dari suku Sunda. Cara yang bisa kamu lakukan untuk memainkan alat musik  yang satu ini dengan cara menggoyangkan nya.

Alat musik harmonis tradisional ini di kenal sebagai sebuah alat musik yang berkembang di sebuah daratan sunda. Sejarah alat musik  yang satu ini pun dimulai dari suku Sunda. Dalam tradisi adat suku Sunda di masa lampau, alat yang dihasilkan instrumen musik harmonis tradisional angklung biasa digunakan sebagai perayaan bercocok tanam atau lain sebagainya.

Pada masa itu alat musik  yang satu ini dimainkan dengan iringan sebuah lagu sebagai suatu bentuk pemanggilan kepada roh Dewi Sri. Sosok Dewi sendiri merupakan sebuah Dewi yang melambangkan kesuburan dan juga kemakmuran untuk kesejahteraan serta kelangsungan hidup masyarakt sunda pada zaman itu.

Hingga saat ini ada beberapa daerah yang masih melestarikan budaya tersebut,  karena budaya tersebut dianggap sebagai suatu budaya yang diturunkan dari leluhur masyarakat Sunda . Di luar dari pada itu semua tentunya kita sebagai warga negara Indonesia yang baik perlu melestarikan budaya – budaya yang ada di Indonesia.

Kata angklung sendiri berasal dari bahasa Sunda yang berbunyi “ Angkleung – angkleung “. Dalam sebuah kata tersebut memiliki sebuah arti yaitu gerakan pemain dengan mengikuti sebuah Irama. Dan juga kata klung merupakan sebuah Irama atau pun nada yang dihasilkan oleh alat musik harmonis tradisional tersebut.

Nada yang dihasilkan oleh alat musik  yang satu ini berasal dari bambu yang berbentuk tabung dengan ukuran yang berbeda-beda, sehingga ketika kamu memainkan instrumen musik  yang satu ini akan menghasilkan sebuah nada yang indah serta merdu. Untuk menciptakan suatu melodi angklung dimainkan secara kolektif atau dengan menggoyangkan nya sesuai nada yang ingin di hasilkan.

Cara memainkan alat musik harmonis tradisional ini adalah dengan memegang kerangka pada instrumen musik tersebut, kemudian menggoyangkan bagian bawahnya untuk dapat menghasilkan sebuah suara. Ada 3 buah teknik dasar yang bisa kamu gunakan ketika memainkan angklung, yang pertama yaitu kerulung ( getar ), Centok ( Sentak ), dan yang terakhir tengkep.

D. Alat Musik Harmonis Tradisional Sampek

Alat musik harmonis tradisional selanjutnya yaitu sampek atau sampe. Sampai ini merupakan sebuah instrumen musik  yang berasal dan berkembang di suku Dayak. Sumber bunyi yang dihasilkan oleh instrumen musik Mini berasal dari Senar atau yang biasa disebut dengan dawai,  cara memainkannya adalah dengan dipetik senar yang terdapat di instrumen musik tersebut.

Alat musik harmonis tradisional ini berbahan dasar kayu. Kayu yang dipakai untuk alat musik  yang satu ini biasanya merupakan kayu pilihan, Beberapa kayu yang biasa dipakai untuk membuat instrumen musik  yang satu ini diantaranya adalah kayu pelantan, kayu udau dan lain sebagainya. Tentunya kayu yang menjadi bahan dasar instrumen musik  yang satu ini merupakan kayu yang berkualitas.

Kayu yang biasanya dipilih sebagai bahan untuk membuat instrumen musik harmonis tradisional sampek ini mempunyai karakteristik yang tidak mudah rusak, tahan lama, tidak mudah pecah , kuat, dan juga keras. Hal tersebut dilakukan agar sampai yang dihasilkan bisa bertahan lama, dan juga agar dapat menghasilkan kualitas suara yang baik.

Umumnya alat musik yang satuini memiliki sebuah pengaturan yang berbeda-beda, Tergantung dengan oktaf yang ingin dihasilkan oleh pemainnya. Akan tetapi berbeda dengan gitar, Jika gitar dapat dimainkan dengan cara menggenjreng ketika memainkan nya, Alat musik harmonis tradisional sampek ini hanya dimainkan dengan cara dipetik.

E. Alat Musik Harmonis Tradisional Celempung Dan Siter.

Siter dan celempung merupakan salah satu alat musik petik yang terdapat di dalam galeman jawa. Instrumen musik yang satu ini juga memiliki hubungan dengan kecapi pada gamelan Sunda. Siter dan celempung ini merupakan alat musik harmonis tradisional yang masing-masing instrumen musik tersebut memiliki 13 dan juga 11 pasang senar, direntang kan diantara 2 buah kotak resonator.

Ciri khas alat musik  yang satu ini adalah satu senar disetting untuk sebuah nada pelog dan senar yang lainnya di setting untuk Nada slendro. Pada umumnya siter ini memiliki panjang kurang lebih 30 cm dan juga dimasukkan ke dalam sebuah kotak ketika sedang di mainkan, Sedangkan celempung sendiri memiliki ukuran panjang kurang lebih 90 cm dan memiliki 4 kaki yang berfungsi untuk menopang instrumen musik tersebut.

Alat musik harmonis tradisional celempung ini biasanya disetel dengan nada yang lebih rendah satu oktaf dari yang dimiliki oleh siter. Instrumen musik  yang satu ini di mainkan sebagai salah satu instrumen untuk melengkapi permainan musik yang di lakukan secara bersamaan (Penerusan) Sebagai suatu instrumen yang berfungsi untuk mengatur cengkok ( Pola melodi yang di dasari oleh balungan )

Senar siter sendiri dimainkan dengan menggunakan ibu jari,  sedang dapat untuk menahan ke senar yang lainnya di petik. Siter dan juga lambung memiliki berbagai macam jenis ukuran,  hal ini merupakan alat khas dari gamelan siteran, dan biasanya juga di pakai dalam gamelan jenis lain.

 F. Alat Musik Gambus

Gambus merupakan sebuah alat musik  yang  berasal dari tanah Riau. Gambus ini memiliki bentuk senar yang mirip dengan mandolin ataupun gitar . Yang menjadi pembeda antara gambus dengan instrumen musik  yang lainnya khusus nya gitar yaitu,  lubang yang terdapat di instrumen musik gambus ini ditutupi dengan menggunakan kulit ikan pari ataupun kulit kambing.

Senar yang dimiliki oleh alat musik harmonis tradisional gambus ini ada berbagai macam, Yaitu mulai dari 2 senar sampai dengan 12 senar, dengan setiap senar yang terdapat dalam gambus dapat berupa senar ganda atau pun bisa juga di buat sebagai senar tunggal, tergantung dengan keinginan dari pengguna instrumen musik harmonis tradisional gambus ini.

Alat musik harmonis tradisional gambus ini merupakan sebuah alat musik yang cara memainkannya dengan cara dipetik. Dalam sebuah orkestra gambus,  Biasanya diiringi oleh instrumen-instrumen musik lain seperti suling, kendang, dan juga instrumen musik orkes lainnya. Selain digunakan untuk penampilan orkes,  bambu juga biasanya digunakan sebagai pengiring dari tari Zapin yang  berasal dari tanah Riau .

Pemain gambus akan memainkan gambus nya Secara Solo lalu kemudian seorang penari akan mulai menari ketika lagu dimulai sesuai dengan aksen lirik yang dibuat.Seorang penari akan terus-menerus menari dengan diiringi lagu-lagu yang dihasilkan dari gambus dan juga selanjutnya akan diakhiri dengan permainan gambus selodang.

G. Alat Musik Harmonis Tradisional Kecapi.

Untuk sebagian orang tentunya tidak akan asing lagi dengan alat musik yang satu ini yaitu kecapi. Instrumen musik yang satu ini sempat dijadikan sebagai ikonik dari mata uang uang Indonesia.  Instrumen musik harmonis tradisional kecapi ini berasal dari wilayah Jawa Barat, Suara yang dihasilkan alat musik yang satu ini merupakan suara yang  berasal dari senar yang terdapat pada instrumen musik kecapi tersebut.

Kecapi sendiri di dalam bahasa Sunda tertujukan kepada sebuah tanaman bernama Sentul. Kayu yang terdapat di tanaman Sentul tersebut biasanya dijadikan sebagai bahan dasar untuk membuat alat musik harmonis tradisional kecapi. Alat musik  yang satu ini merupakan sebuah alat musik yang  berasal dari Sunda. Cara memainkan instrumen musik  yang satu ini adalah dengan cara dipetik .

Instrumen pada alat musik kecapi biasanya digunakan sebagai pengiring dari tembang Sunda atau yang biasa disebut dengan mamaos Cianjuran . Yang di mana iringan dari instrumen kecapi tersebut dapat menghadirkan kesan pilu dalam sebuah alunan lagu yang mendayu – dayu. Tentunya alat musik harmonis tradisional kecapi Ini menghasilkan suara yang nyaring dan juga merdu

Beberapa orang mengetahui kata kecapi merupakan sebuah nama buah bukan sebagai alat musik. Padahal Jika kamu terus lebih dalam instrumen musik  yang satu ini ini telah ada sejak berabad – abad lalu. Miris rasanya jika sebagai masyarakat Indonesia tidak mengetahui alat musik khas dari daerahnya sendiri. Untuk itu yuk mari kita lestarikan instrumen musik  yang  berasal dari Indonesia.

Sejarah alat musik kecapi ini memiliki beberapa versi.Versi pertama mengatakan bahwasanya instrumen yang terdapat di dalam instrumen musik kecapi tersebut, merupakan instrumen yang berasal dari guzheng Cina , Yang dimana pada versi tersebut instrumen musik  yang satu ini digunakan untuk mengiringi lagu-lagu dengan irama yang lembut serta mendayu – dayu.

Versi kedua yang mengatakan bahwasanya kecapi sendiri berasal dari Tanah Bugis tepatnya Makassar . Pada versi ini mengatakan bahwasanya awal mula kecapi ditemukan oleh seorang pelaut yang telah berlayar meninggalkan Pujaan hatinya.

Selama ia pergi untuk melaut sering kali terjadi badai yang menghasilkan sebuah gesekan antara pengait dan juga layar.  Dari gesekan tersebut menghasilkan sebuah suara dengan nada yang lirik, dimana nada tersebut ia gunakan sebagai pengobat rindu pada kekasih yang sedang di tinggalkan nya. Setibanya pelaut itu di daratan, dia berinisiasi untuk menciptakan alat musik yang hari ini dinamakan dengan nama kecapi

Kemudian hal tersebut disambut dengan antusiasme dari masyarakat,  kemudi masyarakat langsung berlomba-lomba alat musik kecapi dari bahan – bahan yang lebih sederhana. Meskipun pada wilayah Sunda belum dapat diketahui awal mula dari keberadaan alat musik tersebut, Akan tetapi banyak orang yang meyakini bahwasanya alat musik tersebut berasal dari tanah sunda.

H. Alat Musik Rebab

Rebab merupakan sebuah alat musik harmonis tradisional yang awal mulanya diperkenalkan oleh bangsa timur tengah pada saat pelaksanaan kerjasama dalam hal perdagangan di Indonesia. Alat musik tradisional harmonis ini seringkali dipakai di berbagai wilayah yang ada di penjuru Indonesia, untuk mengiringi sebuah acara adat ataupun hanya sekedar hiburan semata.

Rebab adalah sebuah alat musik yang cara memainkannya dengan digesek. Bunyi yang di hasilkan instrumen musik  yang satu ini merupakan hasil dari gesekan antara dawai dengan busur. Di wilayah Jawa Barat sendiri rebab ini mempunyai 2 sampai dengan 3 senar sehingga jika dimainkan akan menciptakan sebuah nada yang harmonis dan juga terkesan merdu.

Contohnya di wilayah Jakarta Rebab ini biasa digunakan sebagai pengiring dari acara adat ataupun kesenian Betawi. Alat musik  yang satu ini juga biasanya digunakan pada saat penampilan wayang kulit, ataupun topeng kulit yang merupakan kesenian tradisional khas betawi. Selain itu rebab juga di gunakan sebagai musik pengiring pada saat sinden sedang menyanyi dalam sebuah acara pertunjukan karawitan atau gamelan

I. Alat Musik Harmonis Tradisional Sasando

Sasando merupakan sebuah alat musik yang berasal dari daerah rote, Nusa Tenggara Timur ( NTT ). Cara yang bisa kamu gunakan untuk menggunakan alat musik  yang satu ini adalah dengan memetik 2 sampai dengan 3 senar bawahnya secara bertepatan atau bersamaan. Alat musik  yang satu ini tak kalah dengan instrumen musik  yang lainnya, Karena suara yang dihasilkan sangatlah merdu dan juga nyaring.

Sasando sendiri merupakan sebuah alat musik  yang berbahan dasar bambu,  yang dibuat menyerupai sebuah wadah resonansi dan juga dikelilingi bantalan kayu yang melingkari alat musik tersebut mulai dari bagian dasar sampai dengan penyangga senar. Jumlah senar yang dimiliki oleh sasando Mulai dari 28 senar sampai dengan 58 senar.

Pada zaman ini Sasando seringkali dibuat dengan menggunakan bahan sintetis dan juga memakai arus listrik ketika akan memainkannya . Hal tersebut tentunya dilakukan untuk melindungi eksistensi yang dimiliki oleh alat musik tradisional tersebut, dan juga sebagai wujud pelestarian budaya Indonesia yang saat ini kian hari kian melemah

Sasando ini adalah alat musik  yang dapat menghasilkan suara yang sangat bervariatif, karena hal tersebut alat musik yang satu ini bisa di gunakan sebagai pengiring lagu tradisional, pop, dan juga genre – genre musik lain nya yang bukan merupakan musik elektrik. Pada masyarakat NTT sendiri sasando seringkali di gunakan sebagai pengiring sebuah lagu, tarian, syair dan juga acara – acara hiburan lainnya.

Alat Musik Harmonis Modern

Alat Musik Harmonis Modern

alat musik modern adalah alat musik yang sudah mendapatkan sebuah sentuhan teknologi pada setiap proses pembuatan nya. dikarenakan hal itu dapat memudahkan para pemain nya ketika menggunakan alat musik tersebut. Berikut ini kami akan menjabarkan beberapa instrumen musik  yang masuk ke dalam kategori instrumen musik harmonis modern. Jika kamu penasaran, yuk mari simak contoh dari instrumen musik harmonis modern di bawah ini :

1. Alat Musik Modern Piano

Salah satu alat musik modern yang termasuk ke dalam alat musik harmonis yaitu adalah piano. Piano sendiri merupakan sebuah instrumen musik  yang sangat terkenal dan juga sering dimainkan dan secara orkestra Solo ataupun dalam pertunjukan Band. Cara memainkan alat musik  yang satu ini terbilang cukup, Karena kamu hanya diharuskan untuk menekan tombol tuts yang terdapat dalam papan piano.

Piano sendiri biasanya digunakan sebagai pengiring dari sebuah lagu ataupun pelengkap dari suatu alat yang terdapat pada sebuah lagu . Suara yang dihasilkan dari piano ini terkesan klasik dan juga dapat membuat para pendengarnya merasa nyaman ketika mendengarkan suara yang dihasilkan alat musik harmonis modern piano tersebut.

2. Alat Musik Harmonis Modern Gitar

Alat musik modern yang termasuk kedalam jenis alat musik harmonis selanjutnya adalah gitar. Gitar merupakan sebuah instrumen musik  yang sangat populer di berbagai kalangan mulai dari kalangan remaja sampai kalangan tua sering kali memainkan alat musik tersebut. Dalam sebuah gitar biasanya berisikan 4 sampai dengan 6 senar yang terdapat di gitar tersebut

Alat musik  yang satu ini berbentuk seperti Angka 8 dengan meher yang panjang serta kepala yang difungsikan untuk dapat mengatur kekencangan dawai. Ada dua jenis senar yang biasanya dipakai di alat musik tersebut,  yang ada senar string, yang terbuat dari kawat, dan yang kedua adalah senar nylon yang tentunya terbuat dari nylon

Ada 3 jenis gitar yang umumnya di mainkan oleh masyarakat indonesia. Yang pertama yaitu merupakan gitar akustik dengan ciri memiliki lubang di bagian tengah alat musik tersebut. Yang kedua adalah gitar listrik atau yang biasa disebut dengan gitar elektrik,  kita kita sebagai yang di hasilkan. Jenis gitar terakhir merupakan gitar yang memiliki 7 senar dan biasa digunakan oleh para pecinta musik rock.

3. Alat Musik Harmonis Modern Biola.

Biola merupakan alat musik yang cukup populer di berbagai belahan dunia, salah satunya di indonesia. Biola mempunyai sebuah bentuk yang unik, dan juga menghasilkan suara yang sangat merdu ketika di mainkan. Maka tak heran jika banyak orang yang gemar dalam memainkan alat musik  yang satu ini. Biola dapat di mainkan secara tunggal dan juga berkelompok.

Alat musik  yang satu ini hanya memiliki 4 senar, yang memiliki kunci G – D – A – E yang di setel dengan apik, Sehingga akan menghasilkan nada atau alat yang berbeda – beda. Selain kunci tadi, biola juga memiliki sebuah kunci yang mendasar yang biasa di sebut dengan kunci gram.

4. Alat Musik Harmonis Modern Marimba

Marimba merupakan alat musik  yang cara memainkan nya dengan cara di pukul. Marimba merupakan sebuah instrumen musik  yang biasa di mainkan di dalam kelompok musik perkusi. Alat musik harmonis modern ini di buat menggunakan kayu yang di tambahkan dengan pipa yang berfungi untuk resonator yang terdapat pada bagian bawah alat musik  yang satu ini. Marimba ini di pukul dengan menggunakan mallet yang sudah di lapisi dengan benang.

Marimba sendiri memiliki rangkaian nada yang menyerupai piano. Alat musik harmonis ini di mainkan dengan berbagai cara mulai dari solo, sampai dengan orkestra. Dalam pentas orkestra biasanya alat musik  yang satu ini di jadikan sebagai pelengkap instrumen musik  yang lainnya. Di karenakan marimba ini dapat mengisikan kekosongan nada yang di hasilkan dari kelompok orkestra.

5. Alat Musik Harmonis Modern Harmonika

Harmonika merupakan sebuah alat musih yang berbentuk persegi panjang dengan pangan 8 – 11 cm. Alat musik ini cara memaikan nya bisa dengan di hisap atau pun di tiup. Harmonika memiliki sejumlah lubang yang tentunya akan menghasilkan suara yang berbeda – beda pada tiap – tiap lubang nya. Instrumen musik harmonis modern yang satu ini biasa di sandigkan dengan gitar, sebagai pelengkap nada yang di hasilkan oleh gitar itu sendiri.

Harmonika ini biasa dimainkan di dalam sebuah pertunjukan band pada tipe musik seperti : County, Solo, Ansambel, Serta tim musik yang lain nya. Harmonika sendiri merupakan sebuah alat musik  yang  berasal dari cina, yang di sebut dengan ” Sheng ” . Alat musik tradisional ini sudah di kenal oleh masyarakat cina sekitar 5000 tahun silam, tapatnya pada masa kekaisaran Nyu – kwa.

6. Alat Musik Harmonis Modern Pianika

Semasa sekolah, tentunya kita telah di kenalkan dengan alat musik  yang satu ini yaitu harmonika. Harmonika merupakan sebuah alat musik yang cara memainkan nya dengan cara meniup selang udara, kemudian memencet tombol tuts untuk menghasilkan sebuah nada. Wujud dan juga bentuk instrumen musik  yang satu ini menyerupai piano, Akan tetapi dengan ukuran yang lebih kecil di bandingkan dengan piano.

Akhir Kata

Itulah tadi ulasan kami mengenai alat musik harmoni yang terbagi menjadi 2 bagian, yaitu alat musik harmoni tradisional, dan juga modern. Semoga ulasan kali ini bisa bermanfaat untuk menambah wawasan kamu mengenai alat musik yang ada di indonesia. Terimakasih telah menjadi pembaca setia blog ini, Dan sampai jumpa di ulasan – ulasan kami selanjutnya hanya di toraccino.id